Daftar Buku Digital Marketing, Langkah Pertama Menuju Sukses

Setelah internet mulai booming, semakin banyak istilah baru yang muncul dan populer. Salah satunya adalah digital marketing. Agar lebih memahami seluk beluk mengenai pemasaran digital ini, cara paling mudah adalah belajar lewat buku digital marketing.

Bagi pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya agar lebih luas dan masif, ilmu digital marketing merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan menggunakan strategi pemasaran digital, target pasar akan lebih mudah dijangkau dan pebisnis pun bisa memperluas jangkauan usahanya.

Sayangnya, banyak marketer yang kurang memahami cara melakukan pemasaran secara online, sehingga fungsi internet tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Namun, sekarang ini terdapat banyak buku yang berisikan strategi melakukan digital marketing secara tepat.

Nah, bagi marketer yang ingin mulai menerapkan pemasaran digital, buku digital marketing berikut dapat membantu marketer sukses dalam memasarkan produknya secara daring.

1. Hit Marker: The Science of Popularity in an Age of Digital Distraction

Sebelum marketer mulai melakukan pemasaran digital, ada baiknya jika marketer membaca karya dari Derek Thompson dengan judul Hit Marker: The Science of Popularity in an Age of Digital Distraction.

Buku yang dikeluarkan pada tahun 2017 ini lebih menekankan pada aspek psikologi yang mempengaruhi ketertarikan seseorang pada suatu produk. Dalam buku ini juga dibahas mengenai kebenaran “viral” nya suatu produk.

Melalui buku ini marketer dapat memahami peranan keluarga, dan sahabat dalam proses viralnya suatu produk atau berita. Di dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana Facebook berubah menjadi media sosial dan juga media massa yang populer dan penting di zaman ini.

2. Jab, Jab Right Hook

Bagaimana cara menyentuh hati audience sehingga membeli produk yang ditawarkan merupakan kunci dari kesuksesan digital marketing. Di buku ini marketer bisa mengetahui rahasia sukses melakukan digital marketing dan mengalahkan saingan dalam hal penjualan.

Buku karya Gary Vaynerchuck ini juga membahas bagaimana pentingnya komunikasi dalam pemasaran digital tanpa mengesampingkan konten tulisan. Untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran digital, selain konten berkualitas, bagaimana konten bisa beradaptasi dengan berbagai platform media sosial juga sangat penting.

Marketer tidak perlu khawatir lagi mengenai cara digital marketing apabila membaca buku ini. Sebab, dalam buku ini dikupas tuntas cara membuat strategi untuk melakukan pemasaran lewat media sosial.

3. The Art of SEO

Digital marketing tidak akan pernah lepas dari SEO. Pemasaran produk dengan memanfaatkan SEO akan lebih mudah muncul di mesin pencari dibandingkan hanya melakukan pemasaran tanpa optimasi SEO.

Eric Enge, Stephan Spencer dan penulis buku The Art of SEO lain yang telah memahami pentingnya SEO dalam pemasaran digital. Oleh karena itu, pemasar dapat menemukan strategi yang tepat dalam mengeksekusi SEO.

Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana pentingnya peranan media sosial dan links sebagai wadah untuk memasarkan suatu produk. Marketer juga dapat menemukan cara untuk membentuk tim SEO yang kompeten lewat buku ini.

4. #Tetot, Aku, Kamu dan Media Sosial

Nama Ridwan Kamil atau Kang Emil pasti sudah tidak asing didengar. Gubernur yang terkenal dengan publikasinya di media sosial itu, turut serta membagikan tulisannya mengenai kehidupannya setelah terlibat dengan media sosial dalam buku #Tetot, Aku, Kamu dan Media Sosial.

Meskipun buku ini bercerita mengenai pengalaman Kang Emil dalam berhubungan dengan media sosial, ada banyak ilmu mengenai pemasaran digital di dalamnya. Melalui buku ini marketer bisa memahami besarnya peranan media sosial untuk branding.

Buku ini juga bercerita tentang bagaimana media sosial bisa menjadi media kontrol, dan media informasi serta media hiburan. Dari sanalah marketer bisa mengambil ilmu yang tersimpan dan mengubahnya menjadi strategi pemasaran digital yang jitu.

5. Top Of Mind : Use Content To Unleash Your Influence and Engage Those Who Matter To You

Setiap pebisnis atau marketer pasti menginginkan agar produk yang ditawarkan selalu menjadi prioritas konsumen. Terdengar sulit memang apalagi di tengah banyaknya saingan. Namun, melalui buku ini marketer bisa memposisikan produk yang ditawarkannya agar terus berada di pikiran konsumen.

Buku Top of Mind yang ditulis oleh John Hall ini berisi mengenai rahasia bagaimana meraih kepercayaan konsumen sehingga produk yang ditawarkan selalu terngiang. Melalui buku ini pula marketer bisa belajar bagaimana membangun relasi dengan konsumen yang menjadi pondasi kesuksesan dalam pemasaran.

Tidak hanya itu, buku ini juga menuliskan peranan digital marketing dan cara memanfaatkannya untuk memperluas target pasar. Dengan begitu, produk yang ditawarkan marketer akan lebih masif dan kredibel di mata konsumen.

6. Grit: Kekuatan Hasrat dan Keinginan

Apakah rahasia seseorang bisa sukses? Potensi kah atau kerja keras kah? Dalam buku Grit: Kekuatan Hasrat dan Keinginan, semua hal tersebut akan dikupas tuntas. Setelah membaca buku tersebut, marketer akan memahami bahwa potensi atau bakat alami bukanlah segalanya.

Untuk meraih kesuksesan yang luar biasa, potensi bukanlah satu-satunya hal yang dibutuhkan. Hasrat/ passion, kegigihan dan ketabahan justru menjadi kunci kesuksesan. Dengan ketiga hal tersebut, seseorang akan memahami keinginannya dan apa jalan yang harus diambil.

Dari buku ini marketer bisa mengambil hikmah bahwa untuk memasarkan produk secara online, markete harus memiliki passion di bidang pemasaran. Dengan begitu, marketer dapat mengambil langkah yang tepat untuk memasarkan produk secara daring.

7. Social Media Marketing 2020

Dewasa ini media sosial menjadi salah satu senjata untuk melakukan pemasaran berkat kemampuannya menarik audience dan cepatnya informasi dibagikan. Nah, di buku ini marketer akan diberitahu bagaimana cara melakukan personal branding yang penting bagi pemasaran di media sosial beserta tips-tipsnya.

Namun, sebelum melakukan personal branding marketer akan diajak terlebih dahulu untuk memahami dasar dari pemasaran melalui influencer. Melalui buku ini juga akan dijelaskan bagaimana cara menghasilkan uang melalui Instagram dan Youtube, dua platform paling tepat untuk melakukan pemasaran digital.

Apabila marketer berniat untuk memulai pemasaran digital melalui media sosial, buku ini merupakan buku yang tepat untuk dibaca.

8. Dynamic Digital Marketing

Bagi marketer yang berniat untuk memulai pemasaran secara online atau marketer yang sudah mulai melakukan pemasaran digital tapi tidak pernah berhasil, buku Dynamic Digital Marketing merupakan buku yang tepat untuk dibaca.

Buku karya Dawn McCruer ini berisi cara memasarkan sebuah usaha secara online agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana caranya agar brand usaha berada di hati konsumen, cara menarik audience agar menjadi konsumen dan menghasilkan keuntungan.

Melalui buku Dynamic Digital Marketing ini, marketer dapat mencapai kesuksesan dalam memasarkan produk secara online dan menghindari kegagalan. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman McCruer yang telah berkecimpung dalam dunia pemasaran digital selama 20 tahun.

9. The Power Of Digital Marketing

Pemasaran menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam suatu usaha. Tanpa dilakukannya pemasaran, konsumen tidak akan mengetahui keberadaan suatu produk. Karena itulah, marketer perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat agar produk bisa dikenal dan dicari konsumen.

Buku The Power of Digital Marketing membantu marketer untuk memasarkan produknya secara daring dengan tepat. Di dalam buku ini dijelaskan cara-cara melakukan promosi dan marketing dengan budget yang minim tetapi hasil maksimal.

Tidak hanya itu, buku karya GM Susanto ini juga berisikan tips-tips bagaimana cara meningkatkan penjualan hingga 10 kali lipat.

1o. Digital Marketing For Beginner

Bagi marketer yang baru saja menginjakkan kaki di dunia digital marketing, buku ini merupakan pilihan yang tepat agar terhindar dari kegagalan. Buku Digital Marketing For Beginner ditulis untuk memompa kepercayaan diri marketer ketika merilis produknya ke pasar secara daring.

Melalui tips-tips yang ada pada buku ini, marketer akan dituntun bagaimana caranya menghindari kegagalan dan sukses dalam melakukan pemasaran online. Selain itu, buku ini juga menjelaskan apa saja media sosial terbaik untuk melakukan pemasaran dan cara untuk membuat produk dikenal banyak orang.

Digital marketing merupakan pintu untuk membuat sebuah produk menjadi lebih mudah dikenal dan meluaskan pasar. Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran digital diperlukan strategi yang tepat.

Dengan membaca buku digital marketing, marketer akan selangkah lebih maju, sehingga lebih sukses dalam memasarkan produknya secara daring.

Leave a Comment