2 Contoh Segmentasi Pasar di Tahun 2020

Anda ingin tahu contoh segmentasi pasar? Pada artikel ini kita akan membahas cara melakukan serta contoh dari segmentasi pasar. Bagi yang baru memulai, contoh segmentasi pasar adalah hal yang sangat diperlukan, agar dapat membuat segmentasi pasar dengan baik.

Seperti yang kita diketahui, sebelum memproduksi barang sebuah perusahaan perlu mencari tahu terlebih dahulu segmentasi pasar seperti apa yang ingin dituju.

Secara umum, segmentasi pasar diartikan sebagai pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, perilaku dan karakteristik. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai upaya untuk mengidentifikasi dengan cara menganalisis perbedaan para pembeli yang ada di pasar.

contoh segmentasi pasar target pasar
target pasar

Segmentasi pasar memiliki kaitan yang erat dengan penentuan target pasar. Bahkan dapat dikatan sebagai bagian yang tak terpisahkan. Oleh karena itu penting bagi anda, untuk mengetahui lebih jauh berbagai hal mengenai target pasar. Silakan baca artikel berikut :

Manfaat Segmentasi Pasar

Karena begitu luasnya karakteristik yang terdapat di pasar, maka penting sekali melakukan segmentasi. Lalu, apa saja manfaat dilakukannya segmentasi pasar untuk perusahaan, yaitu:

  • Pelayanan lebih jelas
  • Kondisi pasar akan lebih mudah untuk dibedakan
  • Kemungkinan untuk menemukan peluang baru.
  • Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan lebih jelas dan terarah.
  • Dapat melihat kompetitor dengan model segmentasi yang sama
  • Dapat digunakan sebagai bahan evaluasi target dan rencana bisnis

Cara Segmentasi Pasar

Perlu diketahui bahwa dalam mengidentifikasi segmen pasar tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada 3 tahapan prosedur yang dilakukan agar segmentasi pasar yang dilakukan dapat memberikan hasil yang optimal. Beberapa tahapan yang dimaksud di antaranya, yaitu:

  • Tahap Survey. Biasanya dilakukan dengan cara mewawancarai target pasar untuk mendapatkan berbagai informasi seperti sikap, motivasi, dan juga perilaku para konsumen
  • Tahap Analisis. Untuk tahapan ini biasanya berkaitan dengan data yang mengandung variabel-variabel yang berkorelasi tinggi dibuang. Selanjutnya akan dilakukan analisis kelompok untuk menghasilkan jumlah maksimum pada segmen yang berbeda.
  • Tahap Pembentukan. Pada tahap ini akan dilakukan pembentukan kelompok yang diklasifikasikan ke beberapa kelompok seperti sikap, perilaku, demografi pola media dan psikologi.

Contoh Segmentasi Pasar

Setelah membahas tentang manfaat dan tahapan segmentasi pasar, maka kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang contohnya. Nah, agar tidak salah dalam mengartikan tentang maksud dari segmentasi pasar itu sendiri, maka berikut akan disajikan beberapa contoh segmentasi pasar.

  • Segmentasi Pasar Samsung Galaxy Young

Dari namanya tentu kita sudah bisa menebak bahwa segmentasi pasar yang dituju oleh perusahaan ini adalah kalangan muda khususnya para pelajar dan mahasiswa. Memiliki desain yang tipis dan banyak pilihan warna yang menarik, smartphone keluaran Samsung ini tidak hanya ditujukan untuk kaum wanita saja.

Jika dilihat dari segmentasi geografisnya smartphone ini sudah dipasarkan hampir di seluruh Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya. Sedangkan dari segi psikologi, smartphone ini ditujukan untuk orang-orang yang selalu ingin terhubung langsung dengan internet, berfoto dan juga aktivitas multimedia lainnya.

  • Segmentasi Pasar Honda Beat

Siapa sih yang tidak mengenal merek sepeda motor yang sudah sangat terkenal di dunia ini. Seperti yang diketahui, baru-baru ini brand Honda baru saja mengeluarkan produk skuter otomatis yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Jika dilihat secara demografi, motor Honda Beat ini menargetkan segmen pasar untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Sedangkan secara psikologi, motor Honda Beat ini ditujukan untuk mereka yang menginginkan kenyamanan, praktis, dan juga bergaya saat berkendara. Dan jika dilihat secara geografis motor Honda Beat ini memiliki segmen 110 cc yang mana memiliki konsentrasi pemasaran di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Setelah mengetahui tahapan pelaksanaan beserta contoh segmentasi pasar tentu Anda sudah memiliki gambaran, bukan? Untuk itu pastikan untuk melakukan analisis segmentasi pasar secara mendalam agar nantinya hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment