Contoh Pendahuluan Artikel

Artikel merupakan salah satu karya tulis yang paling sering beredar di masyarakat. Ada banyak sekali jenis artikel yang beredar di masyarakat, dan hampir semuanya memiliki pendahuluan. Karenanya tidak heran jika selain contoh artikel banyak juga yang mencari bagaimana contoh pendahuluan artikel yang baik untuk bisa membuatnya sesuai aturan. Adapun beberapa contoh dari pendahuluan artikel tersebut diantaranya :

1. Contoh Pendahuluan Artikel Ilmiah

Karena artikel ilmiah biasanya memiliki sifat yang lebih resmi maka pendahuluannya juga harus disesuaikan dengan sifat artikel ini. Apalagi karya tulis ilmiah seperti ini dalam bentuk apapun, baik itu artikel makalah, dan lainnya harus menyertakan pendahuluan yang sesuai kaidah penulisan. Adapun contoh pendahuluan artikel ilmiah yang baik diantaranya :

 Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak memiliki hutan lindung di dalamnya. Sayangnya keberadaan hutan lindung ini sering disepelekan dan tidak jarang dialihfungsikan begitu saja menjadi lahan komersil. Salah satunya adalah pengalihan lahan menjadi kebun kelapa sawit dengan metode pembukaan lahan yakni dibakar.

Memang tidak bisa dipungkiri juga jika kelapa sawit memberikan banyak sekali manfaat untuk masyarakat, baik itu dari segi komersil maupun dari segi konsumsi. Meskipun begitu hal tersebut tidak bisa menjadi alasan bagi pihak yang terlibat untuk melakukan pembukaan lahan dengan cara yang salah dan bisa mengorbankan banyak hal, termasuk keselamatan warga sekitar.

Hal ini tentu membuat pertanyaan baru muncul bagaimana kehidupan hewan-hewan dan tumbuhan yang sebelumnya menempati hutan tersebut apabila hutan tersebut sudah dialihfungsikan. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali hewan dan tumbuhan yang membentuk sebuah ekosistem di dalam hutan lindung tersebut.

Selain itu dengan pembakaran besar-besaran seperti itu, dan pengalihan hutan secara masif dampak besar lainnya pasti akan mengikuti. Seperti perubahan iklim drastis karena hilangnya hutan yang bisa menjaga kestabilan iklim, dan juga polusi udara yang disebabkan oleh kebakaran hutan tersebut.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka kali ini akan diamati bagaimana dampak pengalihan fungsi hutan lindung menjadi kebun kelapa sawit. Serta bagaimana kehidupan di sekitar hutan yang dialihfungsikan tersebut. Semuanya apakah mengalami perubahan besar atau tidak, dan apabila terjadi perubahan bagaimana cara mereka menghadapinya.
 
 

2. Contoh Pendahuluan Artikel Pendidikan

Selanjutnya adalah contoh pendahuluan artikel yang memiliki jenis pendidikan. Karena artikel jenis yang satu ini memiliki tema yang luas, maka pendahuluannya pun juga sifatnya luas. Untuk pendahuluan ini nantinya akan disesuaikan dari isi tulisan tersebut, dan harus sesuai. Adapun contoh pendahuluan untuk artikel dengan tema pendidikan yang mengangkat tentang kelayakan sekolah, diantaranya :

  
 
Latar Belakang

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting untuk membentuk sebuah individu yang lebih baik lagi. Dengan pendidikan yang baik, maka individu tersebut bisa memberikan kontribusi terhadap kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat sekitar, maupun negara supaya bisa menjadi lebih baik. Karena itu pendidikan haruslah sudah mulai diterapkan sedari dini, dan jangan sampai ada anak yang mengalami putus sekolah.

Sayangnya di Indonesia, cerminan pendidikan negeri ini sangat buruk. Tidak hanya dari segi rendahnya manusia yang berpartisipasi tapi juga rendahnya kualitas pendidikan di negeri ini. Dimulai dari tidak layaknya gedung sekolah, sampai sulitnya untuk mengakses gedung sekolah tersebut. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan dan menjadi cerminan buruk.

Permasalahan kelayakan fasilitas pendidikan di Indonesia ini sebenarnya bukan lagi hal yang baru, dan juga bukan hal yang sudah selesai. Bahkan memasuki awal tahun 2020 disaat pandemic covid-19 menyerang, semua bobrok pendidikan di negeri ini seakan ikut terbuka. Dimulai dari kurangnya kemampuan guru mengakses fasilitas, sampai kurangnya fasilitas penunjang untuk mendukung pendidikan di rumah.

Sayangnya meskipun pendidikan Indonesia masih memiliki kelayakan yang minim, namun seakan hal itu menjadi sesuatu yang bias. Pemerintah dianggap masih menangani permasalahan pendidikan yang sifatnya hanya sebatas permukaan tanpa mau melihat lagi ke dalam dasar permasalahannya. Sehingga hal ini dianggap sebagai masalah mudah, namun dengan penyelesaian yang tidak akan berujung.

3. Pendahuluan Artikel Persuasi

Kalau untuk jenis yang satu ini sifatnya lebih kepada mempengaruhi konsumen supaya mau untuk membeli sebuah produk, ataupun menggunakan jasa tertentu. Apabila melihat seperti itu, maka tentu pendahuluan artikelnya berbeda dengan yang lain. Kalau ingin membuat pendahuluan untuk artikel persuasi, maka bisa melihat contoh pendahuluan artikelnya yang ada di bawah ini.

  
 Latar Belakang

Kecantikan merupakan hal yang penting bagi setiap wanita. Hal ini dibuktikan dengan tidak pernah surutnya entusiasme perempuan terhadap dunia kecantikan, dan selalu lahirnya inovasi baru dalam dunia kecantikan. Meskipun begitu masih banyak wanita yang menutup mata perihal ragamnya kecantikan yang ada di Indonesia. Masih banyak perempuan Indonesia yang tertutup dengan standar awam seputar kecantikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa kecantikan di Indonesia itu sangat beragam, dan tidak bisa dibuat sama rata. Apalagi kecantikan juga bukan sesuatu yang bisa diukur seperti berat, ataupun panjang. Sehingga akan sangat aneh jika hal yang tidak bisa diukur dibuatkan sebuah standar, tentunya tidak akan ada dasar jelas yang menjadi landasan hal tersebut.

Karena itu selayaknya sebagai wanita Indonesia yang terkenal akan kecantikan yang beragam, wanita mulai berhenti untuk membuat dirinya sesuai dengan standar kecantikan yang ada. Mulailah menghargai segala kecantikan alami yang dimiliki, dan jangan pernah malu akan hal tersebut. Apalagi sampai ada niatan untuk mengubah wajah ataupun warna kulit, hanya karena ingin sesuai dengan standar yang ada.

Tidak ada lagi penyamarataan antara kecantikan yang satu dengan yang lainnya. Selayaknya sebagai wanita jangan pernah terpengaruh dengan trend standar kecantikan. Karena hal tersebut hanya akan menjadi sesuatu yang sia-sia saja jika dilakukan. Selain itu mengikuti trend seperti ini juga tidak akan ada ujung dan habisnya. Jadi sedari sekarang mulailah mencintai diri sendiri.

4. Pendahuluan Artikel Deskripsi

Lain lagi dengan artikel yang satu ini, kalau artikel yang satu ini adalah jenis artikel yang paling banyak ditulis dan paling banyak ditemukan. Karena memang jenis deskripsi merupakan artikel yang memiliki sifat universal. Oleh karena itu, untuk contoh pendahuluan artikel deskripsi ini ada banyak sekali, dan salah satu diantaranya adalah :

  
 Latar Belakang

Rasanya manusia sudah tidak bisa menutup mata lagi dan menyangkal akan kehadiran teknologi yang semakin banyak. Hal ini terjadi tentu karena manusia semakin ingin mempermudah hidupnya, dan salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan bantuan teknologi. Salah satu produk hasil teknologi yang paling pesat mengalami kemajuan adalah handphone.

Handphone sendiri pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper, dirinya merupakan bagian dari Motorola corp pada tahun 1973. Dipercaya penemuan yang pertama kali tersebut membawa manusia kepada peradaban yang baru dan mengubah dunia menjadi seperti sekarang. Pada awalnya ini hanyalah sebuah ide tentang sebuah inovasi komunikasi dengan ukuran yang lebih kedil dan juga fleksibel dibanding sebelumnya.

Akhirnya pada tahun 1983, handphone pertama kali ditemukan dan saat itu dijual dengan harga empat ribu dolar (Rp. 36 juta). Memang hal tersebut sangatlah berbeda dengan kondisi sekarang dimana harga handphone sudah beragam dan bentuknya juga beragam. Handphone sendiri merupakan teknologi yang paling dibutuhkan dan paling sering digunakan oleh manusia.

Handphone atau telepon genggam adalah alat komunikasi yang memiliki sifat portable sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Ponsel ini bekerja dengan memancarkan gelombang radio yang nantinya akan terhubung dengan gelombang yang dipancarkan oleh menara BTS. Nantinya switching office akan menerima sinyal yang dikirimkan oleh menara BTS ini, lalu gelombang akan memancar ke menara pemancar provider terdekat.

5. Contoh Pendahuluan Artikel Agama

Tidak bisa dipungkiri jika terkadang tema agama juga diangkat menjadi tema sebuah artikel. Adapun kata pengantar serta pendahuluan pada artikel ini haruslah sesuai, tidak hanya dengan temanya tapi juga dengan isi pembahasan artikelnya. Sebenarnya contoh pendahuluan artikel ini tidak terlalu berbeda dengan artikel lainnya, untuk lebih lengkapnya bisa lihat contoh yang ada di bawah ini.

  
 Latar Belakang

Pendidikan dengan menggunakan latar belakang agama memang sudah diterapkan sejak dahulu kala di Indonesia. Bahkan semenjak jaman penjajahan konsep pembelajaran yang berbasis agama ini sudah mulai ada dan banyak diterapkan. Hal ini bisa dibuktikan dengan lahirnya para tokoh agama, dan juga madrasah yang berdiri saat itu.

Semakin memasuki era modern pendidikan berbasis agama ini semakin bertahan di Indonesia, namun dianggap kurang memberikan dampak sebagaimana yang diinginkan. Bahkan tidak jarang jika sekarang malah semakin banyak bermunculan sekolah yang berbasis agama, namun memberikan pembelajaran yang tidak sesuai dengan ajaran agamanya sendiri.

Hal ini tentu menjadi perhatian serius, tidak hanya bagi pelaku pendidikan tapi juga bagi orang tua dari murid yang bersangkutan. Karena pendidikan dengan basis agama dianggap menjadi gerbang utama anak-anak dalam meraih cita-citanya sehingga tidak boleh dipandang remeh. Salah sedikit saja dalam memberikan pendidikan, maka masa depan anak yang menjadi taruhannya.

Melihat hal tersebut tentu masih ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk tetap menjaga ilmu dan keimanan anaknya bertahan. Salah satunya dengan membimbing dan menerapkan ilmu agama tambahan di luar jam sekolah. Menerapkan ilmu agama yang sesuai dengan kepercayaan serta bisa ditangkap dengan baik oleh anak dianggap menjadi jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.

6. Pendahuluan Artikel Eksposisi

Untuk jenis yang terakhir mungkin belum banyak yang mengetahui, walaupun sudah banyak tersebar di masyarakat. Namanya adalah artikel eksposisi yang memiliki tujuan untuk membuka lebih jelas suatu hal, artinya membeberkan fakta atau suatu hal dengan lebih jelas lagi. Sehingga tidak terjadi bias pada artikel yang ditulis ataupun multi tafsir, adapun contoh pendahuluannya ialah :

Latar Belakang

Hasil tambang menjadi salah satu kekayaan alam yang paling banyak dimiliki oleh Rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan sumber daya alam ini mempunyai persebaran yang merata dan tentunya sangat melimpah. Tentu ini bisa menjadi tumpuan masyarakat Indonesia apabila hasil tambang ini dikelola dengan benar.

Sayangnya beberapa tahun belakangan ini pemerintah seolah lepas tangan dalam hal penanganan tambang. Banyak tambang potensial yang jatuh ke pihak asing, namun dengan perjanjian yang bersifat merugikan rakyat sekitar. Tidak hanya bisa merugikan rakyat sekitar, tapi perjanjian ini juga bisa merugikan Rakyat Indonesia kedepannya, dan tentunya sektor ekonomi negara ini akan mengalami perlemahan.

Beberapa kerugian yang didapatkan diantaranya pembagian hasil yang tidak merata, serta eksploitasi yang berlebihan. Sayangnya eksploitasi berlebihan ini sama sekali tidak dibarengi dengan keuntungan yang diberikan kepada pihak Indonesia. Apabila kondisi seperti ini terus terjadi, maka bisa dipastikan bahwa dalam 10 tahun mendatang Indonesia akan benar-benar kehilangan sumber tambangnya.

Selain itu dikhawatirkan juga dalam beberapa tahun mendatang lingkungan di sekitar tambang tersebut akan mengalami kerusakan parah. Kerusakan ini bahkan kabarnya akan sulit ditanggulangi dan bisa mendatangkan bencana tambahan selanjutnya. Hal ini tentu akan menjadi celaka jika dibiarkan terus menerus tanpa penanganan yang serius dan juga tepat.

Jadi itulah tadi beberapa contoh pendahuluan artikel yang berasal dari berbagai tema dan juga berbagai jenis. Ternyata membuat pendahuluan seperti itu bukanlah hal yang sulit, dan semua orang bisa melakukannya. Oleh karena itu mulai sekarang jangan lupa untuk meletakkan pendahuluan dalam setiap penulisan artikel supaya artikel terlihat rapi dan sesuai dengan kaidah penulisan.