Apa Itu Content Marketing? Belajar Dasar Content Marketing 2020

Tahukan anda apa itu content marketing? Content marketing adalah strategi pemasaran yang wajib untuk pelajari.

Dari riset ContentMarketingInstitute (CMI) menunjukkan bahwa 91% pemasar B2B (business to business) menggunakan content marketing untuk menjangkau pelanggan. Dan 86% pemasar B2C (business to customer) menganggap pemasaran konten adalah strategi utama.

Apa Itu Content Marketing

Jika kita merujuk pada ContentMarketingInstitute, maka dapat kita ketahui bahwa pengertian content marketing adalah sebagai berikut.

Content marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang sudah ditarget dan, pada akhirnya, untuk mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang dapat menghasilkan keuntungan.

Mengapa anda harus mulai belajar dan beralih pada model pemasaran dengan menggunakan content marketing dibandingkan memakai metode yang lain? Berikut ini penjelasannya.

Teknik marketing ini juga termasuk ke dalam salah satu strategi digital marketing terbaik yang dapat anda terapkan. Silakan baca selengkapnya pada artikel berikut.

Kelebihan Content Marketing

Ada banyak kelebihan dari teknik marketing ini jika dibanding teknik digital marketing lainnya. Apalagi jika anda membandingkan dengan marketing tradisional. Berikut beberapa diantara kelebihannya :

Lebih Efektif

Motivasi setiap orang yang melakukan bisnis tentu saja untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

Tujuan tersebut akan sulit tercapai jika pelaku bisnis tidak membuat terobosan dengan sesuatu yang berbeda.

Dalam rangka memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat, seorang pemilik usaha harus pandai dan memiliki trik jitu untuk meraih hati calon konsumennya.

Masyarakat jaman sekarang sudah semakin selektif dan mudah bosan dengan sesuatu yang relatif sama.

Sehingga kuncinya adalah tampil beda agar lebih menarik perhatian. Content marketing yang unik akan lebih mudah masuk ke dalam ingatan orang sehingga akan lebih mudah dikenal.

Iklan produk yang dilekatkan pada sebuah konten menarik seperti tutorial misalnya pasti akan lebih diminati pemirsa atau pengunjung web.

Bahkan menurut demandmetric.com, teknik marketing ini dapat menghemat biaya marketing sebanyak 62% dibanding marketing tradisional. Content marketing juga dapat menghasilkan jumlah leads 3 kali lebih banyak dibanding marketing tradisional.

content marketing image
content marketing image

Jangka Panjang

Jika Anda melakukan bisnis pastinya ingin bisa berumur panjang bukan? Rasanya hampir tidak ada orang yang melakukan bisnis hanya untuk hitungan bulan atau berapa tahun saja.

Iklan konvensional memang bisa digunakan untuk mengenalkan produk dalam bisnis Anda kepada calon konsumen tetapi sifatnya cenderung hanya musiman saja.

Ketika iklan sudah lama tidak muncul maka orang bisa dengan mudah melupakan produk Anda.

Berbeda halnya jika cara menggaet konsumen dilakukan melalui pemasaran konten atau content marketing.

Dengan teknik ini Anda akan mendapatkan follower dan subcriber yang akan terus bisa melihat konten yang Anda buat dan posting.

Hal tersebut akan membuat produk milik Anda baik berupa barang maupun jasa akan selalu bisa dilihat dan di update oleh mereka yang menjadi pengikut web bisnis Anda.

Jelas dari sini bisa dilihat bahwa keberadaan content marketing akan membuat produk dalam bisnis yang Anda tawarkan bisa selalu dilihat dan diingat oleh orang dalam jangka waktu yang relatif lama.

Selama Anda selalu melakukan posting konten-konten baru ke dalam website disertai dengan SEO yang tinggi maka orang akan selalu dengan mudah menemukannya.

Anda tidak harus selalu memikirkan bagaimana caranya memasang iklan lagi dan lagi dimana biayanya juga tidak murah.

Tujuan Content Marketing

Menggaet Audiens Baru

Membuat konten untuk pemasaran bertujuan untuk menggaet audiens atau pemirsa baru agar mereka mengenal barang atau jasa yang Anda tawarkan. Bagaimana caranya agar audiens baru tersebut tertarik terhadap produk Anda.

Merubah Audiens Menjadi Konsumen

Tujuan kedua dari pembuatan konten marketing adalah agar orang atau audiens yang melihatnya menjadi memiliki keinginan untuk membeli apa yang Anda tawarkan.

Banyak orang yang pada akhirnya mencoba untuk membeli sebuah produk hanya karena penasaran dengan apa yang dilihatnya melalui iklan.

Sebenarnya hampir setiap hari kita melihat contohnya hanya saja mungkin tidak terlalu memperhatikan.

Contoh paling mudah dari bentuk konten pemasaran adalah foto atau video promosi produk yang diposting di Instagram.

Banyak perusahaan yang melakukan promosi pada akun media sosial mereka seperti restoran ayam cepat saji yang terkenal misalnya.

Bukan hanya berupa foto atau video saja melainkan bisa dalam bentuk tulisan atau bahkan bisa juga hanya kalimat pendek saja.

Yang terpenting adalah apapun bentuknya content marketing harus menarik audiens atau pemirsa.

Leave a Comment