Ciri-ciri Artikel

Bagi seorang blogger atau pemilik situs, artikel adalah unsur penting yang membuat blog atau website dikenal oleh khalayak. Agar blog memiliki banyak pengunjung, artikel yang ada tentu harus menarik dan berkualitas. Untuk itu, blogger wajib mengenali ciri-ciri artikel yang baik.

Setiap hari ada puluhan bahkan ratusan artikel yang dipublikasi baik di internet maupun media cetak. Sebagian artikel berhasil menarik perhatian pembaca, tetapi sebagian lainnya kerap berakhir tanpa lirikan. Judul yang unik dan isi yang berkualitas merupakan faktor yang membuat sebuah artikel banyak dibaca.

Agar seorang blogger berhasil meningkatkan traffic pada situsnya, peningkatan kualitas artikel wajib dilakukan. Nah, meningkatnya kualitas artikel akan dapat dilakukan jika blogger memahami terlebih dahulu apakah artikel berkualitas itu.

Apa Itu Artikel Berkualitas?

Setiap penulis tentunya ingin menghasilkan artikel yang berkualitas sehingga bisa dibaca oleh banyak orang. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan artikel berkualitas? Apa perbedaannya dengan artikel biasa?

Secara umum artikel adalah sebuah karya tulis yang memiliki panjang tertentu dan berisikan tentang ide maupun fakta tertentu yang kemudian dipublikasikan di berbagai media. Sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila mampu memberikan manfaat bagi pembacanya.

Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas

Isi artikel memang menjadi penentu utama kualitas sebuah artikel. Namun, sebuah artikel dikatakan menarik dan berkualitas tidak hanya berdasarkan pada isi dan kebermanfaatannya semata. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri artikel yang menarik dan berkualitas:

1. Memiliki Judul yang Membangkitkan Rasa Penasaran

Judul merupakan pintu pertama yang membuat pembaca memutuskan untuk lanjut membaca atau mencari artikel lain. Sebuah artikel bisa dikatakan berkualitas apabila memiliki judul yang menggugah rasa penasaran dari pembaca.

Agar judul dapat membuat pembaca memutuskan untuk membaca artikel, penulis bisa membuat judul yang bombastis dan unik. Selain itu, penulis juga bisa menyisipkan unsur kebermanfaatan, kespesifikan, ketergesaan, dan keberhargaan konten agar judul lebih menarik.

2. Tidak Berbelit-Belit dan Mudah Dipahami

Ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Pembahasan dalam artikel berkualitas biasanya langsung pada tujuan dan tidak berputar-putar.

Hal ini akan menimbulkan rasa nyaman dalam membaca artikel karena pembaca secara langsung akan mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Selain itu, sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila mudah dipahami.

Penggunaan istilah yang sederhana dan umum, tetapi tetap menyajikan informasi yang berguna akan mengakibatkan artikel banyak dibaca.

3. Memiliki Tata Bahasa dan Ejaan yang Benar

Artikel bisa saja menyajikan informasi yang lengkap dengan judul menarik. Namun, apabila ejaan dan tata bahasa yang digunakan tidak tepat, maka sebuah artikel tidak bisa disebut sebagai artikel berkualitas.

Tata bahasa dan ejaan yang benar akan membuat artikel lebih menarik dan nyaman dibaca. Oleh karena itu, sebelum penulis mulai menulis artikel, sebaiknya penulis telah memiliki ilmu yang cukup mengenai ejaan bahasa Indonesia yang baik.

4. Kesesuaian Isi dengan Judul

Isi artikel yang sesuai dengan judul merupakan salah satu ciri-ciri artikel yang berkualitas. Judul yang tidak sesuai dengan isi artikel atau clickbait dapat merugikan pembaca. Hal ini dikarenakan pembaca tidak bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.

Selain isi yang sesuai dengan judul, artikel yang berkualitas juga harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca sesuai dengan judul yang tertulis.

Sebuah artikel merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara penulis atau blogger dengan pembaca. Melalui artikel pembaca bisa memperoleh informasi yang diinginkannya dan blogger pun bisa meningkatkan traffic situsnya.

Supaya blogger bisa menarik perhatian pembaca, artikel yang berkualitas dan menarik merupakan hal yang wajib ada pada blog atau situs. Dengan mengetahui ciri-ciri artikel yang menarik dan berkualitas, blogger bisa menghasilkan banyak artikel yang mengundang banyak pembaca.