Cek SEO

Website yang selalu berada pada rangking satu pada mesin pencarian merupakan salah satu pencapaian yang diinginkan seorang penulis online. Selain itu, traffic yang tinggi juga akan mendatangkan penghasilan yang besar pula karena banyaknya pengunjung yang datang ke halaman Anda. Sayangnya, tidak semua pemilik website atau pemain blog mampu melakukan pengoptimalan ini.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic dari sebuah website atau halaman blog pada mesin pencarian misanya Google. Pengoptimalan ini dilakukan pada halaman utama sebuah situs. Untuk dapat melakukan pengecekan SEO situs atau halaman blog Anda dapat memanfaatkan situs-situs berikut ini.

Situs untuk Cek SEO

  1. Google Webmaster Tools

Google tidak hanya memberikan pelayanan mesin pencarian terbesar di dunia saja, namun juga memiliki program khusus yang dapat digunakan untuk melakukan pengoptimalan situs. Software ini juga akan menunjukkan apakah situs Anda telah sesuai dengan yang diinginkan Google ataupun tidak. Selain itu juga akan menunjukkan bagaimana halaman Anda dicari di mesin pencarian.

Konten-konten yang Anda buat juga dapat diuji apakah sesuai dan berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan atau tidak. Untuk penggunaannya, Google webmaster tools ini dapat digunakan sebanyak 500 kali dalam seminggu. Hal ini tentu saja akan membuat Anda semangat menggunakannya.

  • Google analytics

Software ini dapat digunakan secara gratis maupun berbayar tergantung dari kebutuhan Anda. Untuk dapat menggunakannya Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Selain dapat digunakan pada websitenya juga dapat mengunduh aplikasinya baik pada platform Android dan iOS. Alat ini digunakan untuk memantau traffic data-data dari pengunjung website Anda.

Beberapa informasi yang dapat Anda dapatkan saat menggunakan software ini yaitu jumlah penonton halaman, jumlah pengunjung baru, jumlah pengunjung yang kembali, halaman yang dikunjungi dan lama waktunya, kata kunci yang mampu mendatangkan konsumen, presentasi bounce rate pada halaman website Anda.

  • Keyword tool

Keyword tool dikhususkan untuk Anda yang menginginkan kata kunci yang panjang dan menarik. Platform ini akan merekomendasikan kata kunci yang Anda inginkan dan memiliki jumlah kata yang cukup panjang. Salah satu cara untuk menaikkan traffic dari SEO ini yaitu dengan menggunakan kata kunci yang cukup panjang. Hal ini karena semakin panjang kata kunci yang digunakan semakin rendah tingkat persaingan.

Artinya, semakin unik kata kunci yang Anda ciptakan. Hal ini akan memberikan kemungkinan bahwa website atau halaman blog akan mudah untuk mendapatkan peringkat teratas. Kelebihan situs ini tidak hanya menyediakan kata kunci untuk Google saja, namun juga untuk YouTube, PlayStore, Blog, Amazon, eBay, Twitter bahkan instagram. Software ini dapat Anda gunakan secara gratis dan sesuai bahasa.

  • Check My Links

Situs untuk cek SEO berikutnya yaitu Check My Links. Pada situs ini konten yang Anda buat apat ditingkatkan SEO-nya sehingga kualitas dan kuantitas traffic website atau halaman blog dapat meningkat pula. Alat cek ini merupakan perpanjangan dari Google Chrome sehingga dapat terhubung pada Google secara keseluruhan.

Selain dapat mengoptimalkan SEO juga dapat mengecek apakah tautan eksternal dan internal masih aktif atau tidak. Hal ini karena berhubungan dengan kualitas suatu website atau halaman blog Anda. Pada laporan pengecekan tautan akan diberikan hasil bahwa tautan yang masih hidup akan ditandai dengan warna hijau dan jika mati akan ditandai dengan warna merah.

  • CopyScape

Website yang memiliki traffic tinggi merupakan website yang unik dan memiliki kekhasan sehingga ketika dilakukan pencarian pada mesin pencarian akan berada pada tingkat teratas. Salah satu hal yang membuat menarik adalah tidak adanya konten yang mengalami plagiat sehingga karya yang dihasilkan merupakan karya yang orisinal dan unik.

CopyScape merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengoptimalkan SEO dengan cara mengecek tingkat plagiat konten pada website atau halaman blog Anda. keunggulan situs ini yaitu dapat mengecek secara keseluruhan website atau halam blog Anda dalam waktu bersamaan dan singkat. Selain itu juga dapat menunjukkan apakah konten yang ada telah diplagiasi orang lain atau tidak.

  • Ubersuggest

SEO tools berikutnya yang direkomendasikan yaitu Ubersuggets. Situs ini merupakan situs optimasi SEO yang gratis dan terbaik. Pada aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencari kata kunci yang paling direkomendasikan dari mesin pencarian. Selain itu juga memberikan pelayanan ide-ide konten yang banyak diminati oleh pengunjung. Laporan efektivitas SEO per halaman juga akan ditunjukkan oleh situs ini.

Penilaian kinerja website secara keseluruhan juga dapat dinilai dengan menggunakan software ini. Selain itu, juga dapat memberikan data backlink kepada Anda. Fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk riset kata kunci yaitu keyword ideas, content ideas dan keyword.

  • Website grader

Website grader merupakan alat yang digunakan optimasi SEO keluaran dari HubSpot’s. Pertama kali dirilis pada tahun 2007. Alat ini dapat menunjukkan kepada Anda rekomendasi peningkatan SEO pada sebuah situs. Selain itu juga mampu menganalisis pemakaian SEO pada website atau halaman blog Anda serta relevansi SEO dari isinya.

Sistem laporan yang diberikan akan lebih personal dan lebih detail. Laporan yang diberikan kepada Anda didasarkan dari kinerja, kemudahan dalam penggunaan, SEO, dan tingkat keamanan pada website atau halaman blog Anda.

  • Google Developers

Google developers digunakan untuk mengecek kecepatan loading dari suatu website atau halaman blog Anda yang tampil baik pada komputer maupun telepon genggam. Kecepatan pembukaan halaman suatu website akan membuat semakin baik kinerja dan juga traffic situs tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan untuk peningkatan SEO pada website Anda.

Software ini merupakan situs gratis yang dapat Anda manfaatkan. Untuk penggunaannya Anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu, namun dapat langsung menyalin URL dari website atau halaman blog Anda. Maka secara otomatis akan menunjukkan data berupa angka terkait penilaian situs Anda. Selain itu, juga diberikan rekomendasi untuk memperbaiki beberapa hal yang memang perlu.

  • SEO SiteCheckup

Situs ini akan memberikan penilaian terkait skor SEO pada website atau halaman blog pribadi Anda. Selain itu, juga memberikan solusi terhadap perbaikan laman sehingga dapat melakukan optimasi terhadap SEO. Hal-hal yang berkaitan dengan SEO yang sering direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan yaitu keamanan, kecepatan dan kemudahan dalam menggunakannya.

Untuk menggunakannya, Anda dapat menyalin URL website atau halaman blog pribadi kemudian menaruhnya pada kotak teks. Selain itu, juga diperlukan melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Untuk versi gratisnya, situs ini dapat digunakan sebanyak lima kali sehari. Jika Anda menginginkan lebih banyak pengecekan, dapat beralih ke akun premium dengan melakukan pembayaran.

Itulah tadi beberapa situs yang direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan optimalisasi website dengan melakukan perbaikan pada SEOnya. Traffic yang tinggi akan dapat meningkatkan kualitas website Anda sehingga akan menjadi urutan pertama pada mesin pencarian.

2 thoughts on “Cek SEO”

Leave a Comment