Cek Plagiarisme Terbaik Tahun 2020

Anda harus tau cara cek plagiarisme. Karya yang asli atau orisinal merupakan salah satu keharusan dalam membuat suatu konten. Selain itu, keaslian dari suatu tulisan akan memberikan nilai positif tersendiri dan memiliki kekhasan yang dapat menarik perhatian pembaca.

Oleh karena itu, pengecekan masalah plagiarisme atau penjiplakan karya perlu dilakukan agar tulisan yang dihasilkan benar-benar terbebas dari plagiasi.Perkembangan teknologi saat ini memudahkan para penulis atau pembuat konten untuk melakukan pengecekan plagiarisme.

Berbagai situs untuk mengecek telah banyak dibuat untuk memudahkan . Situs ini dapat berbayar maupun gratis tergantung platform mana yang digunakan. Semakin detail hasil yang Anda inginkan, biaya yang dikeluarkan semakin banyak. Berikut beberapa situs untuk cek plagiarisme.

Cek Plagiarisme

Plagiarisma

cek plagiarisme plagiarisma
cek plagiarisme plagiarisma

Alat pendeteksi plagiarisme yang pertama yaitu Plagiarisma. Situs ini secara umum mudah digunakan dari segala kalangan mulai dari penulis, guru hingga siswa. Berbagai macam file yang dapat dibaca oleh web ini antara lain doc, docx, txt., html, xls, xlsx, rtf, pdf, pdb, epub, dan fb2. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengubah file ekstensi data untuk dilakukan pendeteksian pada situs ini.

Situs ini dapat mendeteksi lebih dari 190 bahasa di dunia. Selain itu, untuk pengecekan status plagiasi juga didukung oleh Google, Google scholar, Bing, Grammar check. Untuk menggunakannya file yang telah dicek dapat disalin kemudian dimasukkan ke kotak teks yang tersedia. Selain itu, juga dapat melampirkannya baik yang disimpan dalam komputer ataupun Google Drive. Dapat juga dengan menyalin URLnya.

Copyscape

cek plagiarisme copyscape
cek plagiarisme copyscape

Copyscape merupakan situs berikutnya untuk cek plagiasi yang dapat dipilih. Website ini merupakan situs online yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar jika menggunakan versi premiumnya.

Cara penggunaannya adalah dengan menyalin URL website yang ingin dilakukan pengecekan plagiasi. Kemudian secara otomatis akan melakukan pengecekan ada tidaknya plagiat pada web Anda.

Selain memberikan pelayanan untuk pengecekan plagiat, Copyscape juga menyediakan layanan lain. Misalnya Copyscape premium, Copysentry, premium API, free plagiarism banner dan free comparison tool.

Dupli Checker

cek plagiarisme duplichecker
duplichecker

DupliChecker merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengecek plagiasi secara online dan tidak berbayar alias gratis. Pengecekan dapat dilakukan pada satu artikel penuh dengan tipe file docs dan txt. Atau bisa juga dengan URL.

Cara penggunaannya yaitu Anda dapat menyalin file Anda kemudian memasukkan ke dalam kotak teks kemudian klik button check plagiarism. Secara otomatis akan menunjukkan hasilnya.

Atau anda juga bisa memasukkan url yang ingin anda cek pada kolom yang sudah disediakan.

Hasil dari pengecekan konten jika terdapat plagiat akan terlihat daftar dari tautan situs yang terplagiat dan halaman situs yang memiliki isi serupa dengan karya yang Anda buat. Untuk dapat menggunakan website ini, diharuskan membuat akun terlebih dahulu untuk mendaftar baru kemudian dapat memanfaatkannya.

Small SEO Tools Plagiarism Checker

cek plagiarisme smallseotools
smallseotools

Aplikasi cek plagiarisme online yang paling populer dan mudah digunakan adalah smallSEOtools ini. Penggunaannya yang mudah dan tanpa membuat akun terlebih dahulu membuatnya banyak dipilih oleh penulis dalam mengecek tingkat plagiasi. Selain itu, aplikasi ini juga tidak berbayar dan dapat digunakan sebanyak mungkin seharian.

Aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan website Anda untuk keperluan pengecekan secara otomatis. Hal ini akan mempermudah dalam melakukan pengecekan dan tidak perlu masuk website secara manual. Situs ini cukup informatif dalam memberikan hasil pengecekan dan mudah dipahami oleh penggunanya. Selain itu, juga akan ditunjukkan hasil plagiasi dengan menautkan dengan website lain yang terplagiasi.

Plagiarism Checker

Berdasarkan penamaannya sudah terlihat jelas bahwa situs Plagiarism checker berfungsi untuk mengecek tingkat penjiplakan suatu karya. Bagusnya, website ini juga mampu mendeteksi apakah situs Anda diplagiasi orang lain atau tidak.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Oleh karena itu, maksimal konten yang bisa dicek yaitu 32 kata.

Untuk mengecek satu artikel penuh, Anda dapat mengopinya dan menggunakan website ini berkali-kali secara gratis. Hasil dari pengecekan plagiasi ini yaitu jika ada kalimat yang sama dengan website lain, maka situs-situs yang memiliki kalimat sama tersebut akan muncul.

PlagScan

Situs cek plagiarisme berikutnya yaitu PlagScan. Situs ini menyediakan layanan pengecekan plagiasi secara online dan gratis. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini Anda perlu melakukan pendaftaran sebagai member kemudian baru dapat menggunakannya beberapa hari berikutnya setelah mendapat persetujuan.

Hasil dari pengecekan tingkat plagiasi ini dapat diunduh dan dicetak sesuai dengan keinginan Anda, misalnya dalam bentuk PDF. Selain itu, juga dapat berupa laporan berupa browser sehingga dapat digunakan untuk berkolaborasi dengan orang lain.

PlagTracker

PlagTracker merupakan salah satu situs yang memberikan pelayanan pengecekan plagiasi bagi karya yang Anda buat. Keunggulan website ini dapat digunakan secara gratis dari berbagai kalangan mulai siswa hingga pebisnis. Selain itu, aplikasi ini dapat mendeteksi enam bahasa populer di dunia yaitu Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, Prancis dan Romania.

Hasil pengecekan akan menunjukkan secara detail jika ada kalimat pada karya Anda yang terdeteksi plagiasi. Selain itu, juga menyertakan sumber-sumber yang sekiranya sama dengan konten yang dibuat.

Dustball

Dustball merupakan salah satu website paling sederhana yang memberikan pelayanan pengecekan plagiasi. Ketika Anda membuka website ini akan terlihat user interface yang begitu sederhana dengan menunjukkan adanya kotak teks yang dapat diisi dengan tulisan. Website ini dapat digunakan secara gratis, namun untuk pengecekan yang lebih akurat dapat menggunakan versi premiumnya dan membayar sejumlah uang.

Pembayaran yang dilakukan adalah untuk biaya perawatan dan penggunaan tanpa batas waktu. Hal ini karena, situs ini memberikan batasan penggunaan yaitu 1000 kali setiap harinya di seluruh dunia. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal menyalin file yang ingin dicek kemudian menaruhnya pada kotak teks dan klik check the paper maka secara otomatis akan melakukan pengecekan dan memberikan hasil.

Siteliner

Secara garis besar, situs Siteliner ini hanya dapat digunakan untuk mengecek plagiasi pada website atau halaman blog Anda. Hal ini karena kotak teks yang disediakan untuk menyalin URL sebuah website atau halaman blog. Keunggulan penggunaan ini adalah dapat melakukan pengecekan dalam sekali waktu pada website atau halaman blog yang telah berisi ribuan artikel sehingga dapat menghemat waktu.

Siteliner tidak hanya dapat melakukan pengecekan konten plagiasi saja namun juga memberikan layanan periksaan waktu loading rata-rata dari sebuah website, jumlah kata per lama, external links, internal links, adanya masalah link yang mengalami kerusakan dan inbound links pada setiap lama website atau halaman blog Anda.

PaperRater

Situs untuk cek plagiarisme yang terakhir yaitu PaperRater. Website ini dikhususnya untuk artikel atau tulisan yang hanya berbahasa Inggris saja. Jadi, jika Anda seorang pembuat konten berbahasa Inggris, aplikasi ini cocok digunakan. Namun, jika Anda memiliki konten berbahasa selain Inggris dan menginginkan untuk menggunakan aplikasi ini, maka diharuskan membayar sejumlah biaya.

2 thoughts on “Cek Plagiarisme Terbaik Tahun 2020”

Leave a Comment

Share via