5 Tips Cara Merekrut Reseller Yang Efektif

Mengetahui cara merekrut reseller adalah hal penting bagi bisnis anda. Memiliki bisnis mandiri merupakan impian banyak orang. Menjalakan bisnis mandiri banyak sekali caranya, mulai dari bisnis secara offline sampai online. Pada era digital sekarang ini banyak pebisnis memanfaatkan media online untuk menjalankan bisnis. Pemilik bisnis juga dengan mudah melakukan kerja sama serta mudah dalam merekrut pegawai untuk produk jualan mereka. Salah satunya adalah merekrut reseller.

Jika produk-produk yang Anda jual merupakan produk yang potensial dan banyak dicari, maka reseller dengan mudah akan mendatangi Anda. Reseller yang banyak akan membuat penjualan Anda semakin meningkat sehingga keuntungan juga semakin banyak. Sayangnya, tidak banyak pemilik usaha mampu merekrut reseller dengan cara yang benar. Yuk simak cara merekrut reseller yang ampuh.

Cara Merekrut Reseller

  1. Mengenali reseller yang potensial

Reseller yang potensial bisa datang dari mana saja. Oleh karena itu, layanilah setiap konsumen dengan optimal. Siapa tahu orang-orang potensial tersebut bisa menjadi reseller Anda. Tips jika ada klien Anda yang benar-benar ingin menjadi reseller, kenalilah latar belakangnya. Misalnya dengan menanyakan identitas mereka.

Selain itu, pengalaman yang sebelumnya pernah mereka lakukan di bidang penjualan juga merupakan hal penting. Calon reseller yang pernah berbisnis otomatis memiliki jaringan yang luas dan pengetahuan yang baik di bidang penjualan. Mengetahui latar belakang mereka juga dapat mencegah Anda tertipu saat mereka melakukan kerjasama bisnis.

  1. Produk berkualitas

Produk yang berkualitas merupakan salah satu kunci penjualan yang sukses. Oleh karena itu, sebagai pengusaha sebisa mungkin hanya selalu menyediakan produk-produk yang berkualitas. Jika Anda konsisten hanya menjual produk yang berkualitas, maka konsumen akan kembali membelinya lagi. Kemungkinan juga akan mengajak teman-teman mereka untuk membelinya di toko online Anda.

Menyediakan produk yang berkualitas dan produk asli akan mampu membuat konsumen tetap percaya. Apalagi jika mereka hanya mengonsumsi barang asli. Jika banyak feed back yang positif pada toko Anda, bisa jadi akan menarik para reseller di luar sana dan calon konsumen lainnya. Selain itu, pelayanan yang cepat juga menjadi kunci untuk menjaga konsumen dan reseller tetap setia pada produk Anda.

  1. Produk favorit

Menjual produk berkualitas namun hanya sedikit peminatnya maka tidak akan mampu mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk memiliki usaha, lakukan riset pasar terlebih dahulu terhadap produk-produk yang akan dijual. Kemudian pastikan bahwa produk tersebut merupakan produk favorit atau memang diperlukan oleh banyak orang.

Record penjualan yang tinggi dan dapat dilihat oleh konsumen merupakan salah satu cara mudah untuk menarik calon konsumen baru dan reseller yang potensial. Semakin berkualitas dan menjadi favorit, maka semakin banyak konsumen dan reseller potensial mendatangi produk Anda untuk dijualkan kembali.

  1. Keuntungan menjadi reseller Anda

Ketika Anda merekrut reseller, pastikan Anda memberikan keuntungan-keuntungan yang menarik untuk membuat mereka yakin. Hal ini karena seorang reseller juga membutuhkan keuntungan dari hasil usaha mereka. Oleh karena itu, mereka akan memilih dengan cermat tempat mereka mengambil barang agar bisnis mereka berjalan dengan lancar dan mendapat keuntungan yang besar.

Misalnya dengan memberi harga khusus reseller dan memberikan bonus untuk pembelian dengan jumlah tertentu. Hal ini tentu saja akan membuat banyak calon reseller potensial mulai tertarik dengan sistem penjualan Anda. Selain itu, selalu memberikan informasi jumlah ketersediaan barang kepada konsumen dan reseller juga akan meningkatkan kepercayaan mereka.

  1. Membentuk tim

Pada dasarnya, reseller merupakan tim marketing yang potensial. Oleh karena itu, jika Anda merekrut reseller jangan lupa untuk membekali mereka cara penjualan yang efektif, strategi marketing yang jitu dan informasi-informasi lainnya. Posisikan mereka seperti rekan berbisnis Anda sehingga mereka tidak merasa tertekan dalam melakukan penjualan. Sebaliknya, mereka akan dengan sendirinya memasarkan produk Anda.

Membantu penjualan dan memberikan contoh pemasaran produk juga merupakan salah satu cara merawat reseller agar setia kepada Anda. Selain itu, membuat grup komunikasi juga dapat memantau perkembangan mereka. Dengarkan keluhan mereka saat memasarkan produk juga dapat membuat mereka betah untuk berbisnis dengan Anda. Intinya, menjaga komunikasi yang baik dengan reseller adalah kuncinya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merekrut reseller, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Share via