projasaweb logo

Cara Menggunakan Google Adsense

Estimasi Waktu Baca 5 Menit

Saat ini era digital memang sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan kita.  Ketika kita mahir menangkap peluang dari era digital ini, bisa menjadi salah satu jembatan mendapatkan penghasilan yang tidak pernah disangka sebelumnya.  Salah satu caranya yaitu dengan menekuni blog atau sebuah konten yang disambungkan dengan google AdSense. Namun bagaimana cara menggunakan google AdSense yang benar dan efektif? 

Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi pada zaman ini. Dengan kehadiran internet, segala bentuk bisnis mulai bergerak ke arah digital dan perlahan meninggalkan gaya konvensional. 

Mulai dari transaksi jual beli, uang elektronik dan bentuk usaha yang lainnya. Kelebihan dari internet ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang! Caranya dengan memanfaatkan salah satu produk milik Google yaitu Google AdSense.

Pada dasarnya adanya sebuah google AdSense memang bisa menjadi sarana berbisnis dan tidak perlu adanya kualifikasi tang tinggi.  Dengan memanfaatkan website fan juga ketelitian serta keterampilan akan menjadi kunci suksesnya bisnis dibidang ini.  

Perlu diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih dari sebuah konten website,  tentu perlu adanya sebuah ilmu dan juga strategi. Hal ini dikarenakan semakin banyak pengunjung,  semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan. Kedekatan dengan para pembaca juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh terabaikan.  Nah, agar lebih paham dan tepat ketika menggunakan google AdSense untuk mendapatkan sebuah penghasilan ini, simak ulasannya berikut! 

Mengenal Apa Itu Google AdSense 

Pada dasarnya AdSense merupakan sebuah program yang dimiliki oleh Google incorporation yang berisi sebuah periklanan online. Adapun program ini menawarkan kepada individu dimana pemilik website untuk menampilkan sebuah iklan pada blog atau konten dalam website tersebut.  Ketika terdapat pengunjung yang mengklik iklan tersebut, pemilik website akan mendapatkan sebuah penghasilan. 

Namun sayangnya untuk bisa mendapatkan penghasilan dari google AdSense ini tidaklah mudah.  Anda harus mendaftarkan website yang dimiliki dan juga sesuai dengan standar yang telah ditentukan.  Pemahaman penggunaan AdSense secara optimal juga akan menentukan penghasilan yang didapatkan di kemudian hari.  

Dengan keterampilan dalam Google AdSense ini. Bisa menjadi sarana mendapatkan penghasilan yang sangat besar ketika bisa menggunakannya secara efektif.  Sayangnya banyak orang yang menggunakan Google Adsense ini namun tidak bertahan dalam rentang waktu yang panjang. Tentunya hal tersebut dikarenakan kurangnya keterampilan serta tidak berhasil dengan target yang sebelumnya ditetapkan. 

Mendaftar Google Adsense

Hal yang perlu dilakukan ketika hendak berhubungan dengan Google AdSense yaitu anda harus terdaftar.  Daftarlah dengan masuk ke halaman pendaftaran AdSense yang terdapatkan di menu ketika hendak membuat Google baru.  Ketika telah memiliki akun Google, tentu akan lebih mudah dan tidak perlu repot dalam mengisi form yang disediakan.  

Umumnya cara kerja google adsense ini terbilang sangat sederhana ketika mendaftarkan diri sebagai publisher.  Dengan memahami beberapa tips cara menggunakan google AdSense bisa menjadi salah satu yang menguntungkan kelak.  Untuk lebih lanjut cara mendaftar google AdSense ini, berikut ulasannya! 

1. Masuk Di Situs Resmi Google AdSense 

Ketika anda telah memiliki akun google,  hal ini akan memudahkan anda karena langsung pada proses pendaftaran google AdSense. Dengan menekan tombol sign in, dan masuk menggunakan akun yang telah dimiliki. 

2. Mengisi Formulir Yang Ada

Setelah sign in, anda akan diarahkan pada sebuah formulir berisi registrasi yang perlu diisi. Formulir tersebut meliputi beberapa data website dan jiga alamat email.  Isikan dengan benar karena nanti akan dikirimkan sebuah verifikasi dari google AdSense tersebut. 

3. Isikan Url Website

Untuk bisa menggunakan google AdSense ini,  perlu mengisikan URL website ataupun blog yang hendak dijadikan periklanan.  Jangan lupa untuk mengisikan region atau lokasi yang ada dan klik save serta continue.  

4. Masuk Pada Halaman Pendaftaran

Ketika telah mengklik save dan continue,  akan muncul sebuah pop up yang mana menjadikan langkah awal dalam pendaftaran google adsense ini.  Sebelum masuk ke pendaftaran, klik tombol get started dan isilah profil pada formulir yang ada. Pastikan data yang diisikan benar dan telah lengkap.  Klik submit untuk melanjutkan tahap pendaftaran berikutnya.  

5. Tunggulah Balasan Dari Google

Setelah mengisi formulir yang ada,  saatnya untuk menunggu email yang mana merupakan balasan dari Google.  Balasan tersebut biasanya berupa pernyataan mengenai permohonan dalam tahap under review atau dalam artian dalam proses persetujuan.  Biasanya Google akan melakukan peninjauan secara manual pada website anda dan bisa berlangsung hingga 7 hari.  

Hal Penting Selama Menunggu Persetujuan Google Adsense 

Meskipun dalam menunggu persetujuan dari google membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari,  anda tetap bisa mengelola website yang ada. Pastikan tetap mengisi secara rutin konten yang ada dan membuat website semakin berkualitas.  Hal ini biasanya akan menambah potensi disetujuinya permohonan yang dilakukan.  

Ketika menerima email yang telah disetujui oleh Google adsense, anda bisa langsung masuk ke akun google yang didaftarkan tersebut.  Namun sebaliknya, ketika email yang dikirimkan berupa penolakan, tentu menjadikan google adsense anda tidak bisa dibuka.  

Perlu diketahui bahwa meskipun telah mendapatkan persetujuan dari google adsense,  namun hal tersebut belum sepenuhnya diterima. Perlu melakukan beberapa langkah lagi hingga pemasangan iklan bisa dilakukan.  Pastikan sebelum memasang iklan untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang ada. Buatlah iklan yang sesuai dengan rekomendasi dari Google adsense itu sendiri dan sesuaikan dengan konten serta iklan yang dimiliki.  

Menyesuaikan Ukuran Iklan Pada Website Agar Diterima

Untuk bisa optimal dalam mengatur iklan,  sesuaikan iklan dengan ruang yang tersedia dalam website yang dimiliki.  Pastikan untuk menyimpan kode iklan pada posisi yang terbilang aman dan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan dalam program policies.  Perlu diketahui bahwa iklan yang diajukan dalam satu itemnya membutuhkan sekitar 7 hari review. Ketika periklanan ditolak, anda tetap bisa melakukan pengajuan ulang dengan ketentuan baru yang harus diperhatikan.  

Untuk iklan yang telah diterima,  akan muncul sebuah iklan pelangsing di website anda.  Tentunya hal ini menjadikan langkah awal anda mendapatkan penghasilan di era digital dari website yang dimiliki tersebut.  

Mengapa Pemasangan Google Adsense Ditolak? 

Dengan mempelajari cara menggunakan google adsense yang benar,  tentu akan jauh dari penolakan. Ada banyak alasan mengapa sebuah pengajuan Google Adsense ditolak.  Alasan terbesarnya yaitu ketika pemilik website tidak memperhatikan konyen yang dimilikinya. Tentunya hal tersebut menjadikan website tidak sesuai dengan aturan yang ada pada Adsense. Pastikan agar tidak ditolak memperhatikan term and condition agar pengajuan berlangsung lancar. untuk menghindari adanya penolakan dari Google adsense saat pemasangan,  simak ulasannya berikut ini! 

1. Pastikan Website Memperhatikan Nilai Estetika

Hal yang perlu diperhatikan saat mengajukan permohonan di Google Adsense yaitu perhatikan nilai estetika website yang ada.  Ketika website yang dimiliki terbilang baru, dipastikan ketika seseorang mengunjungi website akan nyaman dan mudah untuk dijelajahi.  Pilihlah layout yang rapi dan juga berisi sebuah kongen unik yang jelas serta memiliki pemahaman yang mudah. Pastikan website yang dimiliki telah berumur lebih dari 6 bulan agar pengajuan bisa berjalan lancar.  

2. Gunakan Top-Level Domain

Ketika anda memiliki nama domain sendiri,  hal ini akan memberikan peluang besar untuk lolos dalam pengajuan google adsense.  Lain halnya ketika anda menggunakan domain gratis seperti blogspot. Biasanya top level domain akan memiliki nilai plus dibandingkan dengan domain seperti halnya wordpress atau yang lainnya.  

3. Pastikan Konten Berkualitas Dan Bukan Plagiat

Keorisinilan sebuah konten akan menjadikan sebuah website lebih berkualitas.  Pastikan konten yang ada dalam website tersebut murni buatan sendiri. Kualitas dari konten juga perlu untuk diperhatikan seperti halnya unik serta menarik.  Pastikan tidak menyebarkan konten yang tidak pasti keberadaannya, hal ini karena akan merendahkan mutu website tersebut.  

4. Pastikan Website Harus Bersih

Buatlah sebuah website yang nyaman dan mudah untuk dijelajahi pengunjung.  Pastikan tidak ada sebuah pop up pada website yang akan menjadikan website tidak menarik dan merasa terganggu.  Jal ini akan menghasilkan pengunjung merasa tidak nyaman sehingga meninggalkan website anda.  

5. Perhatikan Jumlah Konten yang Ada Pada Website atau Blog Anda

Untuk setiap website,  pastikan memiliki konten minimal 20,  Artikel maupun halaman. Hal ini dikarenakan menjadi syarat minimal untuk mendaftarkan google adsense.  Sebuah website tidak diperkenankan untuk didaftarkan ketika tidak memiliki konten atau masih sedikit kartunya. 

6. Menambahkan Halaman Privacy Policy

Adanya sebuah privacy policy akan menjadikan sebuah website memiliki kualitas yang tinggi.  Bahkan ketika memasang sebuah privacy policy ini sesuai dengan ketentuan google adsense yang ada.  

Beberapa cara menggunakan google adsense tersebut memang memudahkan orang untuk memiliki penghasilan di era digital ini.  Dengan mengetahui bagaimana langkah efisien penggunaan tentunya akan menjadikan website terhindar dari pemblokiran google.  

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds