Cara Mengganti Tema WordPress

cara mengganti tema wordpress

Apakah Anda sedang belajar WordPress? Anda ingin belajar cara menggati tema WordPress? Anda ingin tampilan yang lebih baik untuk website Anda? Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengubah tema WordPress

Menurut W3Tech mengungkapkan bahwa WordPress telah, digunakan oleh lebih 60% pengguna CMS yang terdapat di seluruh dunia. Tentu saja WordPress mengalahkan bebargai CMS yang lain seperti Joomla, Drupal, Magento, Shopify dan yang lainnya.

Data lain juga menyebutkan bahwa lebih dari 35% website yang ada di seluruh dunia menggunakan WordPress sebagai platform utamanya.

Cara Mengganti Tema WordPress Dari Dashboard

Cara Pertama yang bisa Anda terapkan dalam mengubah tema atau template pada website yaitu dengan menggunakannya. Agar semakin memudahkan Anda, pastikan untuk mengikuti beberapa tahapannya berikut ini:

  1. Login WordPress

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan yaitu login WordPress terlebih dahulu. Silahkan untuk membuka nama domain/WP domain pada web browser. Selanjutnya Anda hanya perlu memasukan username dan password dengan benar.

  1. Memilih Menu Appearance

Jika Anda berhasil masuk ke bagian Dashboard WordPress, maka silahkan untuk memilih menu appearance yang tersedia dalam halaman awal. Selanjutnya klik Themes dan halaman Themes pun akan terbuka secara otomatis. Kemudian untuk mengganti tema atau template, And hanya perlu memilih menu Add New.

  1. Pilih Tema/Template yang Diinginkan

Jika Anda pengguna WordPress tentu saja sudah mengetahui bahwa tema atau template yang tersedia memiliki beberapa kategori yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kategori yang dimaksud seperti Featured (tema yang memiliki variasi fitur), Popular (tema yang seringkali digunakan oleh para user), dan Latest (tema terbaru).

Tidak hanya itu saja, terdapat tema favorite dan juga tema feature filter yang mana memilih temanya berdasarkan warna, layout, fitur, dan juga subjek. Jika masih belum merasa puas, Anda bisa mencari tema atau template pada kolom pencarian. Jika sudah, maka selanjutnya Anda hanya perlu menginstal nya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Aktifkan Tema WordPress

Setelah me-download semua tema yang Anda ingin, maka Anda perlu melakukan proses instalasi pada blog. Selanjutnya jika proses instalasi sudah selesai, maka Anda bisa memilih untuk Live Preview dan mencobanya terlebih dahulu. Jika Anda ingin langsung mengganti template WordPress maka bisa memilih menu activate yang tersedia.

Tunggu beberapa detik, maka tema atau template yang ada pada wordPress Anda sudah ganti secara otomatis. Bagaimana sangat mudah sekali, bukan? Pastikan untuk mencobanya ya!

Cara Mengganti Tema WordPress Manual

Setelah mempelajari cara mengubah tema atau template dengan menggunakan cara otomatis, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan cara yang manual. Bagaimana caranya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Login WordPress

Sebenarnya baik cara otomatis ataupun manual memiliki tahapan yang sama pada langkah awalnya. Nah untuk cara manual ini, Anda perlu login terlebih dahulu dengan menuliskan nama domain/wp-admin di web browser. Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan username dan password.

  1. Pilih Menu Appearance

Langkah selanjutnya yaitu memilih menu Appearance kemudian klik Themes. Setelah itu halaman Themes akan terbuka dan untuk menggantinya, silahkan klik menu Add New.

  1. Upload Tema WordPress

Untuk memasukkan file template yang masih berupa zip tadi, maka Anda bisa klik Upload Theme pada bagian atas. Selanjutnya klik choose File dan pilih tema yang sudah di download. Perlu diingat, pastikan file yang harus di upload adalah file template yang masih berupa zip.

Jika sudah selesai, silahkan untuk memilih menu install now. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu proses instalasi yang dilakukan selesai secara sempurna. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih menu activate dan tema yang sudah di download sebelumnya berhasil terpasang pada website.

Nah, Bagi Anda yang sudah memiliki file zip di laptop sebelumnya, maka cara mengganti tema WordPress secara manual hampir sama dengan cara sebelumnya, Bedanya, untuk cara yang kali ini tidak melalui dashboard WordPress melainkan melalui file manager  yang terdapat pada cPanel Anda.

Perlu diketahui bahwa untuk upload ke hosting harus menggunakan format zip atau .tar.gz. Untuk mengetahui bagaimana tahapannya, simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan login cPanel. Bagi Anda yang masih belum bisa langsung login cPanel degan mudah melalui  https://namadomain/cpanel. Setelah itu masukkan username dan juga password sesuai dengan email yang dikirim pada saat pertama kali melakukan pembelian hosting.
  2. Jika sudah maka Anda hanya perlu masuk ke menu file manager untuk men upload tema ke hosting. Setelah itu Anda akan diminta untuk masuk ke folder public_html/wp-content/themes. Selanjutnya pilih upload dengan memilih file yang sudah dimiliki.
  3. Kemudian Anda akan diminta untuk mengekstrak file tema dengan cara klik kanan pada file kemudian pilih menu extract. Tunggu hingga proses ekstrak selesai secara sempurna.
  4. Terakhir yaitu mengaktifkan tema atau template yang sudah di upload dengan cara masuk ke tab themes dan pilih activate.

Berbagai kemudahan bisa dalam membuat website bisa Anda dapatkan dengan WorPress. Agar bisa membuat WorPress Anda semakin menarik, maka tidak ada salahnya untuk mengganti tema atau template sesuai dengan kebutuhan. Nah itulah sedikit informasi singkat tentang cara mengubah tema atau template WordPress dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.