Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Perkembangan internet yang semakin canggih melahirkan teknologi informasi baru yang semakin berkembang. Termasuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya melalui Google Adsense. Google Adsense memberikan peluang untuk mendapatkan uang dengan mudah. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin mengetahui cara mendapatkan uang dari Google Adsense.

Untuk mendapatkan uang dari internet, khususnya Google Adsense diperlukan sedikit kreativitas dan keahlian menarik pengunjung. Pasalnya Google akan membayar berdasarkan per klik pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Semakin banyak jumlah pengunjung yang mengklik iklan tersebut, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Sekilas Tentang Google Adsense

Sebelum mengetahui mengenai  cara mendapatkan uang dari Google Adsense, agar tidak bingung sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Adsense? Google Adsense merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Google dalam bentuk periklanan untuk bekerja sama dengan pemilik akun YouTube/Web/Blog yang memiliki jumlah pengunjung yang banyak.

Iklan yang dipasang melalui Google Adsense harus ada relevansinya dengan konten yang ditampilkan. Dengan demikian, bisa menarik minat pengunjung untuk melakukan klik pada iklan tersebut. Sebagai contoh, jika konten tersebut membahas mengenai cara menggunakan hijab, maka iklan yang ditampilkan pun akan mengiklankan produk hijab dan aksesorisnya.

Google akan membayar pemilik web/blog/YouTube yang memiliki jumlah pengunjung yang banyak, dalam dua cara perhitungan.  Yaitu pengunjung yang melihat iklan tersebut dan pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Adapun data pengunjung yang melihat iklan dihitung per 1.000 pengunjung dan yang mengklik iklan akan dihitung berdasarkan jumlah pengunjung yang mengklik iklan tersebut.

Perhitungan pembayaran akan dikalikan dengan  $1 – $5, tergantung pada jenis iklan, kualitas, dan wilayah atau domain publisher. Publisher merupakan istilah yang diberikan oleh Google Adsense kepada pemilik akun YouTube/web/blog. Selanjutnya publisher akan menerima sejumlah uang atas iklan yang ditampilkannya. Itulah  cara mendapatkan uang dari Google Adsense.

Platform yang Berpeluang untuk Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, Google Adsense akan membayar sesuai dengan jumlah pengunjung yang melihat iklan atau mengklik iklan. Dengan demikian, dibutuhkan banyak pengunjung untuk mengklik iklan tersebut. Adapun platform yang mendukung untuk ditampilkan Google Adsense yaitu:

1. YouTube

Platform ini terkenal sebagai salah satu sosial media yang dapat menghasilkan uang. Pemilik akun YouTube yang memiliki jumlah subscriber terbanyak bisa berpotensi untuk mendapatkan uang. Oleh sebab itu, saat ini terdapat istilah YouTuber  sebagai seseorang menghasilkan konten yang berkualitas dan memiliki jumlah pengunjung yang banyak.

YouTube dianggap sebagai platform yang mudah untuk mendapatkan uang melalui Google Adsense. Hal tersebut dikarenakan YouTube merupakan sosial media yang memiliki jumlah pengguna terbesar kedua setelah facebook. Disamping itu, banyak orang yang senang untuk mengakses YouTube karena konten yang ditawarkan jauh lebih menarik.

Berdasarkan jumlah subscriber yang banyak tersebut, bisa dijadikan peluang untuk menampilkan iklan di YouTube dan mendapatkan uang dari Google Adsense. Itulah sebabnya, banyak content creator YouTube yang berlomba-lomba untuk menciptakan konten yang menarik, sehingga dapat dijadikan cara mendapatkan uang dari Google Adsense melalui YouTube.

2. Web

Pemilik web pun bisa dijadikan media untuk menampilkan iklan Google, dengan cara membuat web tersebut dikunjungi oleh banyak orang. Dengan jumlah traffic yang banyak tersebut, dapat dijadikan peluang untuk dijadikan media cara mendapatkan uang dari Google Adsense melalui web.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat web tersebut menarik yaitu dengan membuat konten yang dapat membuat web tersebut berada pada urutan pencarian teratas pada mesin pencari Google. Maka dari itu, untuk meningkatkan pengunjung web harus membuat artikel SEO (Search Engine Optimization).

Artikel SEO akan membuat web tersebut berada di urutan teratas pada mesin pencari Google. Dengan demikian, bisa membuat web tersebut dikunjungi oleh banyak pengunjung. Hal tersebut merupakan kesempatan besar untuk mendapatkan uang melalui Google Adsense, karena jumlah pengunjung web yang banyak.

3. Blog

Platform lainnya yang dapat dijadikan media sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah melalui blog. Oleh sebab itu, pemilik blog harus menampilkan tulisan yang menarik, unik, dan bermanfaat agar dikunjungi pengunjung blog dalam jumlah banyak. Pengunjung yang mengunjungi blog tersebut, secara otomatis akan melihat iklan yang ditampilkan.

Blog pun akan lebih menarik jika menghasilkan beberapa tulisan yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pengunjung. Maka dari itu, membuat artikel yang menarik sangatlah penting dijadikan sebagai konten yang menarik di blog berupa tulisan. Blog akan lebih menarik jika tidak berupa tulisan murni. Menyisipkan beberapa gambar dan video membuat blog tersebut jauh lebih menarik.

Blog yang menarik berpotensi berada pada tingkat teratas pada mesin pencari Google. Dengan demikian, blog pun bisa berpeluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Dengan demikian memiliki potensi untuk mendapatkan uang melalui Google Adsense karena banyaknya pengunjung berkesempatan besar untuk melihat dan mengklik iklan tersebut.

Mendaftarkan Platform di Google Adsense

Apabila ingin memulai untuk mendaftarkan platform agar bisa menampilkan iklan yang ditayangkan oleh Google Adsense, publisher harus mendaftarkan terlebih dahulu di Google Adsense. Pastikan platform tersebut telah memenuhi syarat disetujui untuk ditampilkan iklan melalui Google Adsense. Pasalnya, Google cukup ketat dalam memberikan aturan sebagai syarat diterimanya di Google Adsense.

Hal tersebut dikarenakan persaingan antar platform saat ini semakin ketat, sehingga Google harus pandai untuk menyeleksi platform yang sesuai dengan kriterianya. Salah satu syaratnya, untuk akun YouTube yang bisa menampilkan Google Adsense adalah akun tersebut telah memiliki 1.000 pengunjung dan telah memiliki 4.000 jam tayang.

Demikian juga dengan syarat yang diberlakukan pada web atau blog yang akan didaftarkan pada Google Adsense. Web/blog tersebut harus memiliki jumlah pengunjung kurang lebih 1.000 pengunjung setiap harinya. Hal tersebut berarti, web/blog tersebut harus menampilkan konten yang menarik, baik berupa artikel maupun video yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pembaca.

Bisa ditarik kesimpulan, sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense, harus memiliki jumlah pengunjung yang banyak agar iklan tersebut bisa langsung dilihat otomatis oleh pengunjung. Dengan kata lain, pemilik platform harus membuat konten yang menarik untuk menarik atau bermanfaat bagi  pengunjung tersebut.

Membuat Konten yang Menarik

Konten yang menarik dan iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling berkaitan satu sama lain. Konten yang menarik dapat menarik pengunjung, dan otomatis langsung melihat iklan yang ditampilkan. Dengan demikian, membuat konten yang menarik sangatlah penting sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense.

Untuk membuat konten yang menarik, pemilik akun YouTube / Web / Blog harus pandai melihat berita atau topik yang saat itu sedang digemari. Misalnya, membuat konten tutorial hijab atau tutorial make up atau konten lainnya yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pengunjung, sehingga konten tersebut akan dicari oleh banyak pengunjung.

Pastikan dalam membuat konten tersebut merupakan karya orisinil, bukan jiplakan atau copas dari web lainnya. Apabila terpaksa, sertakan sumber berita tersebut sehingga tidak dianggap sebagai plagiasi. Semenarik apapun konten yang ditampilkan namun apabila berupa hasil jiplakan akan menurunkan minat pengunjung untuk mengunjungi platform tersebut.

Dalam membuat konten yang menarik dibutuhkan beberapa ide segar yang diharuskan untuk mengerahkan kreatifitas pemilik akun tersebut. Oleh sebab itu, hadirnya banyak YouTuber atau Blogger yang memiliki jumlah pengunjung yang banyak karena kreativitas mereka dalam menuangkan ide yang menarik perhatian pengunjung.

Letakan Iklan Pada Tempat yang Menarik Perhatian Pengunjung

Dengan membuat konten yang menarik, sehingga dapat menarik minat banyak pengunjung. Semakin banyak platform tersebut dikunjungi, semakin besar pula peluang untuk membuat platform tersebut berada di urutan pertama. Dengan demikian, semakin membuat platform tersebut dikunjungi oleh banyak orang. Pasalnya, pengunjung akan membuka platform yang berada di urutan teratas pada mesin pencari.

Apabila hal tersebut telah dilakukan, selanjutnya letakan iklan atau lay out yang mudah untuk dilihat oleh pengunjung. Misalnya di bagian atas bar pada window platform. Dengan demikian, sangat mudah bagi pengunjung untuk melihat iklan tersebut sambil mengunjungi platform  tersebut. Dengan demikian, sangatlah penting peletakan layout iklan dalam sebuah platform.

Dalam menempatkan layout iklan tersebut, perhatikan juga agar iklan tersebut tidak terlalu menutupi konten yang ingin dibaca. Pasalnya, konten yang tertutup iklan pun bisa menurunkan kualitas konten tersebut. Dengan demikian, pengunjung pun merasa enggan untuk berselancar berlama-lama dalam platform tersebut.

Walaupun ditujukan untuk menarik perhatian pengunjung, ketika menempatkan iklan tidak boleh diembel-embeli dengan tulisan mengiba, seperti ‘mohon untuk klik iklan ini’. Dengan membuat tulisan seperti itu, pengunjung pun semakin enggan untuk melihat apalagi mengklik iklan tersebut, karena tujuan utama pengunjung untuk menikmati konten tanpa terganggu dengan iklan.

Meningkatkan Terus Traffic Pengunjung

Cara mendapatkan uang dari Google Adsense secara berkala, dengan demikian bisa ditarik grafik bahwa jumlah pengunjung akan terus meningkat setiap bulannya, bahkan setiap harinya. Dengan pengunjung yang terus bertambah, membuat Google pun dapat langsung menilai bahwa platform tersebut memenuhi kriteria untuk dipasang Google Adsense.

Kembali lagi ke masalah konten, guna meningkatkan terus traffic pengunjung, pemilik platform harus terus berkreasi dan mengeluarkan ide-ide yang segar setiap harinya dalam membuat konten. Dengan demikian jumlah pengunjung atau traffic pun dapat terus bertambah. Walaupun tidak meningkat secara signifikan, namun pertambahan jumlah pengunjung bisa membuktikan bahwa web tersebut sangat berkualitas.

Google akan meragukan platform yang jumlahnya tetap atau tidak ada peningkatan. Hal tersebut bisa membuktikan bahwa platform tersebut tidak menarik dan kurang potensial untuk dipasang Google Adsense. Pasalnya, potensi pengunjung untuk melihat iklan tersebut akan berkurang. Terlebih jika pengunjungnya terus mengalami pengurangan.

Hal yang sangat penting agar platform yang didaftarkan disetujui oleh Google Adsense, dengan terus meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan demikian, dapat dijadikan peluang besar bagi pengunjung tersebut untuk melihat iklan yang ditampilkan. Pihak Google akan menilai kelayakan platform melalui jumlah pengunjung yang terus bertambah.

Mempromosikan Platform di Media Sosial Lain

cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah dengan terus meningkatkan jumlah traffic . Maka dari itu, mempromosikan platform di media sosial yang lain, merupakan cara tepat untuk terus meningkatkan jumlah pengunjung. Pemilik platform cukup membagikan link di media sosial lain, dan pengguna akun yang lain akan merasa diundang untuk melihat platform tersebut.

Sebagai contoh, jika ingin menaikan pengunjung atau subscriber YouTube maka harus membagikan link YouTube tersebut di media sosial lain, dimana berpotensi untuk menarik pengunjung baru melihat YouTube tersebut. Selain membagikan link, cara yang paling sering dilakukan oleh YouTuber  terkenal adalah membagikan penggalan video yang dapat membuat penasaran pengunjung untuk melihatnya.

Apabila ingin mempromosikan web/blog di media sosial lain harus disertai kalimat ajakan yang menarik, sehingga pengguna akun media sosial lain tertarik untuk mengunjungi web / blog tersebut. Sayangnya, mengunjungi blog kurang diminati karena animo pengunjung untuk membaca sangat kurang. Guna menyiasati hal tersebut, sebaiknya blog tersebut dilengkapi dengan gambar-gambar yang menunjang.

Mempromosikan platform di media sosial lain merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Pasalnya jumlah pengunjung yang banyak merupakan peluang untuk mengklik Google Adsense tersebut. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah dengan meningkatkan jumlah pengunjung.

Memantau Peningkatan Traffic Pengunjung

Setelah mendapatkan jumlah pengunjung atau traffic yang banyak, selanjutnya yang harus dilakukan terus memantau jumlah traffic. Pasalnya, traffic adalah aset awal sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense. Pemantauan terhadap pengunjung platform sangat penting untuk dilakukan agar memastikan jumlah pengunjung tidak berkurang.

Berkurangnya jumlah pengunjung merupakan salah satu ciri bahwa kualitas konten pada platform tersebut mengalami penurunan, sehingga dapat mengurangi pendapatan dari Google Adsense. Pasalnya, jumlah pengunjung yang berkurang berdampak pada berkurangnya jumlah pengunjung yang melihat dan mengklik iklan tersebut.

Pemantauan jumlah pengunjung bisa dijadikan tolak ukur untuk menentukan kemungkinan penghasilan yang didapat dari Google Adsense. Disamping itu, bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk membuat web yang lebih menarik dan disukai oleh banyak pengunjung. Betapa pentingnya jumlah pengunjung sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari Google Adsense, membuat pemantauan jumlah pengunjung tersebut sangatlah penting.

Memantau jumlah pengunjung guna memastikan bahwa  konten yang dihasilkan pun diterima oleh banyak orang. Dengan demikian berpotensi untuk mendapatkan uang dari Google Adsense. Maka dari itu, setelah mendapatkan jumlah pengunjung dalam jumlah pengunjung dalam jumlah banyak, selanjutnya adalah mempertahankan jumlah pengunjung tersebut.

Mematuhi  Syarat dan Ketentuan Google

cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah dengan melakukan pendaftaran platform berupa YouTube/Web/Blog pada Google Adsense dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Google. Dengan mematuhi Syarat dan ketentuan tersebut, Google akan berasumsi bahwa platform tersebut bersifat kooperatif.

Dengan menilai bahwa platform tersebut layak untuk diajak kerja sama, maka peluang untuk mendapatkan uang dari Google Adsense semakin terbuka lebar. Pasalnya, pengajuan untuk mendaftarkan pada Google Adsense akan disetujui. Maka dari Itu, cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah dengan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh Google.

Selain harus memiliki jumlah pengunjung yang mencapai 1000 pengung, salah satu cara mendapatkan uang dari Google Adsense lainnya yaitu dengan menghindari komentar yang bersifat spam. Komentar yang dianggap spam oloeh Google akan dinilai sebagai platform yang kurang baik. Dengan demikian, bisa mengurangi kualitas platform tersebut untuk layak diverifikasi sebagai media Google Adsense.

Google Adsense merupakan layanan periklanan yang diselenggarakan oleh Google. Itulah sebabnya cara mendapatkan uang dari Google Adsense harus memenuhi kriteria dan peraturan yang ditetapkan oleh Google. Maka dari itu, sudah kewajiban bagi setiap platform untuk mematuhi persyaratan yang ditentukan.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Untuk Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Selain mematuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Google sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense, platform pun harus menghindari beberapa hal yang dilarang oleh Google. Pasalnya, jika tetap melakukan hal tersebut, kemungkinan besar akun yang didaftarkan pada Google Adsense akan diblokir oleh pihak Google. Berikut ini adalah hal yang tidak diperbolehkan:

1. Tidak Membuat Konten yang Menimbulkan Provokasi

Walaupun bertujuan untuk menarik pengunjung sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense, namun sebaiknya untuk tidak membuat konten yang menimbulkan provokasi, isu SARA dan perpecahan politik. Konten tersebut memang menarik bagi sebagian orang, namun dapat memperkeruh suasana.

Konten yang menarik tidak harus memprovokasi atau mengandung unsur hoax yang dapat menimbulkan ujaran kebencian. Maka dari itu, membuat konten seperti itu, sangat dilarang oleh Google karena akan merugikan pihak-pihak tertentu dan membuat keresahan pada masyarakat luas.

Alangkah baiknya untuk menciptakan konten yang menampilkan perdamaian, tidak ada ujaran kebencian atau menyudutkan salah satu suku. Konten seperti ini pun bisa menarik banyak pengunjung dan dapat dijadikan salah satu cara mendapatkan uang dari Google Adsense.

2. Tidak Membuat Konten yang Mengandung Pornografi

Konten yang mengandung pornografi terkadang lebih mudah untuk mendapatkan perhatian pengunjung. Dengan demikian, banyak pemilik platform yang membuat konten mengandung unsur pornografi sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense. Padahal, hal tersebut akan dianggap spam oleh Google dan segera dilakukan pemblokiran.

Itulah sebabnya Google akan langsung melakukan pemblokiran pada konten yang mengandung unsur pornografi. Pasalnya, akan banyak menimbulkan masalah terhadap kelangsungan konten tersebut. Pasalnya, konten yang mengandung pornografi akan menuai banyak komentar negatif dari pengunjung yang pada akhirnya pengunjung pun tidak lagi akan mengunjungi web tersebut.

Membuat konten yang berbau pornografi, akan merusak psikologi anak di bawah umur bila melihatnya. Itulah sebabnya, Google akan melakukan pemblokiran terhadap konten yang mengandung unsur pornografi, sekalipun konten tersebut lebih mudah menarik perhatian pengunjung. Terlebih jika dibuat sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense yang cukup mudah.

3. Tidak Mengklik Iklan Sendiri

Beberapa pemilik platform, seringkali melakukan kecurangan dalam melakukan cara mendapatkan uang dari Google Adsense, dengan mengklik iklan sendiri guna mendapatkan jumlah pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Hal tersebut merupakan pelanggaran yang tidak boleh dilakukan.

Sekalipun iklan yang ditampilkan pada blog pribadi namun mengklik iklan sendiri merupakan sebuah pelanggaran. Google pun akan menganggap pemilik platform tersebut telah melakukan kecurangan dan pelanggaran. Dengan demikian, tidak akan dianggap sebagai platform yang tidak layak sebagai media Google Adsense.

Google pun akan melakukan pemblokiran pada pemilik akun yang melakukan kecurangan tersebut sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense. Pasalnya, setiap pengunjung yang mengklik iklan tersebut akan direkam otomatis oleh sistem Google.

4. Tidak Membuat Artikel/Konten Copas

Sekalipun konten tersebut menarik namun sebaiknya tidak melakukan plagiasi sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense. Artikel yang menjiplak atau copas dari artikel lain akan dianggap spam oleh Google. Hal tersebut sangat dilarang oleh Google dan pihak Google pun akan segera melakukan pemblokiran.

Konten yang dibuat dengan tidak orisinil, dapat membuat pengunjung tidak lagi mengunjungi platform tersebut. Dengan demikian, jumlah pengunjung pun akan semakin berkurang karena hal tersebut. Sementara, untuk mendapatkan uang melalui Google Adsense harus mendapatkan jumlah pengunjung yang terus meningkat.

Berdasarkan hal tersebut, jangan mencari cara singkat melalui penjiplakan dari konten lain agar cara mendapatkan uang dari Google Adsense bisa dilakukan dengan mudah. Disamping dapat melanggar hukum, karya yang tidak orisinil akan berdampak pada ditutupnya akun tersebut oleh Google dan itu tentunya akan sangat merugikan

5. Memasang Spyware

Spyware  merupakan perangkat yang dapat mencuri data pengunjung. Hal tersebut sangat dilarang dilakukan oleh Google. Pasalnya, hal tersebut berpotensi untuk dapat meningkatkan kejahatan cyber crime dan dapat dianggap sebagai virus yang dapat cara memasang mengancam sistem komputer pengunjung.

Dengan memasang perangkat ini akan dianggap sebuah kecurangan karena data pribadi pengunjung dapat terancam untuk diretas. Maka dari itu, Google pun akan bertindak tegas terhadap  pemilik platform yang memasang perangkat tersebut. Hal tersebut dilakukan karena Google menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung platform tersebut.

Sebagian orang melakukan cara mendapatkan uang melalui Google Adsense dengan cara memasang spyware agar mendapatkan uang dengan singkat. Namun hal tersebut merupakan cara yang curang karena akan mengambil data pengunjung untuk mengakses Google Adsense. Maka dari itu, Google pun bisa saja langsung melakukan pemblokiran apabila terbukti menggunakan perangkat tersebut.

Itulah hal yang dilarang dalam mendapatkan uang dari Google Adsense. Dengan mengetahui hal tersebut, dapat dijadikan tolak ukur untuk membuat platform yang diverifikasi oleh Google. Dengan demikian, tidak akan terjadi pemblokiran yang dilakukan oleh Google, yang dapat merugikan.

Mengetahui cara mendapatkan uang dari Google Adsense, sebaiknya juga harus mengetahui hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dengan demikian, tidak akan terjadi kerugian pada pemilik platform tersebut. Kerugian tersebut meliputi diblokirnya akun YouTube/Web/Blog dan juga tidak akan mendapatkan uang sama sekali dari Google Adsense tersebut.