Cara Membuat Postingan di WordPress

Kali ini kita akan belajar mengenai cara membuat postingan di WordPress. Seperti yang sudah Kita ketahui, WordPress merupakan salah satu blog engine yang memungkinkan para pengguna internet untuk dapat membuat konten artikel secara gratis, baik sebagai media promosi produk, media penyebaran berita, ataupun lainnya. Oleh karena itu, WordPress bisa menjadi pilihan cerdas bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis, terutama bisnis online.

Lalu, bagaimana agar konten yang Anda buat bisa menjalankan fungsinya secara maksimal? Tentunya Anda harus bisa membuat konten yang menarik dan berbeda dari lainnya. Namun sebelum itu, terlebih dahulu Kami ingin menginformasikan kepada Anda mengenai cara dan langkah-langkah membuat konten di WordPress. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini:

Cara Membuat Postingan di WordPress

Untuk lebih mudah memahaminya, saya sudah siapkan video panduannya :

video cara membuat postingan di wordpress

Pertama-tama, pastikan Anda sudah mengetahui beberapa alat dalam WordPress yang bisa digunakan untuk membuat konten, beberapa diantara alat tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Toolbar
    Toolbar adalah kolom menu yang berisikan beberapa alat untuk mengubah format tulisan pada postingan Anda. Beberapa menu yang letaknya di Toolbar dan seringkali digunakan adalah menu ‘B’ untuk mencetak huruf menjadi tebal, menu ‘I’ untuk mencetak huruf menjadi miring, menu u untuk mencetak huruf yang memiliki garis bawah, dan menu Insert Read More Tag yang berfungsi untuk memberikan garis bataas pada postingan Anda.
  2. Add Media untuk Memasukkan Gambar
    Di WordPress Anda juga bisa memasukkan gambar ataupun beberapamedia lainnya. Yaitu dengan cara masuk ke menu Toolbar dan mencari kolom ‘Add Media’. Nah, pada kolom ini, Anda cukup klik dan pilihan media yang ingin dimasukkan pun akan keluar.
  3. Post Format
    Untuk menu Post Format, Anda bisa mengubah postingan Anda menjadi berbagai bentuk, seperti misalnya video, gambar, Quotes, dan lainnya.
  4. Categories and Tags
    Menu yang satu ini berfungsi untuk memasukkan postingan Anda ke dalam topik tertentu, seperti topik pemasaran, konten umum, ataupun Theme.
  5. Featured Image
    Jika Anda ingin memasukkan gambar untuk menjadi header atau gambar utama dari postingan Anda, maka Anda bisa memasukkan gambar tersebut melalui menu ‘Featured Image’.
  6. Publish
    Adapula menu yang cukup penting untuk diketahui, yaitu menu ‘Publish’. Dalam menu ini Anda bisa menemukan beberapa fungsi, pertama adalah fungsi dari ‘Save Draft’ yang bisa menyimpan postingan Anda tanpa menerbitkannya. Kedua adalah ‘Preview’ yang berfungsi untuk melihat hasil dari postingan Anda ketika nantinya diterbitkan tanpa harus benar-benar terbit.
  7. Post
    Menu ini bisa Anda gunakan untuk memposting konten yang sifatnya selalu rutin diposting, seperti misalnya Anda membuat konten dan menerbitkannya setiap hari, maka konten tersebut bisa digunakan dalam bentuk Post.
  8. Page
    Sesuai dengan namanya, menu ‘Page’ bisa Anda gunakan untuk membuat halaman. Di sini, halaman bisa Anda masukkan secara manual sehingga Anda bebas menentukan urutannya.
  9. Category
    Category adalah sub-menu yang bisa Anda gunakan untuk membagikan postingan ke pada kategori tertentu. Jadi, Anda bisa membuat kategori dari postingan Anda sendiri, seperti misalnya konten yang membahas tentang diet maka bisa Anda masukkan ke dalam kategori ‘Kesehatan’.

Nah, itu dia beberapa menu yang bisa Anda gunakan untuk membuat postingan, mulai dari postingan yang murni berisikan artikel, gambar, ataupun video dan lain sebagainya. Pastikan juga Anda selalu posting berbagai konten dengan rutin agar semakin banyak pengguna internet yang mengunjungi blog WordPress Anda. Dengan demikian, tujuan Anda untuk pemasaran ataupun untuk hal lainnya pun bisa semakin cepat tercapai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment

Share via