5 Cara Membuat Landing Page Dengan Mudah

cara membuat landing page

Anda ingin tahu cara membuat landing page? Ini adalah artikel  yang tepat. Kita akan membahas tahapan membuat landing page. Baik yang gratis maupun yang profesional. So baca sampai tuntas ya, jangan setengah-setengah.

Untuk menghindari kesalahpahaman, yuk kita simak dulu apa itu landing page.

Apa Itu Landing Page

Jika merujuk pada wikipedia maka pengertian landing page adalah

Landing page adalah halaman web tunggal yang muncul sebagai tanggapan terhadap klik pada hasil pencarian kampanye mesin pencari, promosi pemasaran, email pemasaran, atau iklan online.

Pertanyaan, apakah anda ingin membuat landing page untuk kampanye mesin pencari, promosi pemasaran, email pemasaran, atau iklan online? Jika anda ingin membuat landing page untuk tujuan salah satu dari empat hal di atas maka langkah anda sudah benar. Landing page dirancang untuk tujuan khusus, dan tujuan itu hanya satu untuk setiap landing page.

Jika anda masih ragu terhadap beberapa hal yang saya sampaikan di atas, sebaiknya anda membaca artikel ini terlebih dahulu.

Pada artikel tersebut saya menjelaskan tentang pengertian landing page, jenis-jenis, trik landing page yang profesional dan masih banyak lagi, silakan membaca artikel tersebut untuk info lebih lanjut.

Pada bagian akhir dari artikel ini saya juga akan menjelaskan beberapa tools yang bisa digunakan untuk membuat landing page secara gratis dan tools untuk membuat landing page profesional.

Ok, sekarang saatnya kita langsung membahas tahapan bagaimana cara untuk membuat landing page yang profesional.

Tahapan Membangun Landing Page

Setelah anda memilih builder yang anda akan gunakan, sekarang saatnya memulai tahapan membangun landing page :

  1. Tentukan Tujuan Utama Landing Page Anda

Ketika anda akan membuat sebuah landing page, hal pertama yang harus anda pikirkan adalah apa tujuan dari landing page tersebut. Sebagaimana telah disebutkan pada bagian awal,

Jika anda ingin membuat landing page yang fokus pada iklan, maka anda bisa membuat landing page jenis PPC Campaign. Namun jika anda ingin mengumpulkan data dari para pengunjung, maka anda bisa membuat landing page dengan jenis lead generation.

Sesuaikan landing page yang akan anda buat dengan kebutuhan anda.

  1. Persiapkan Copy Yang Baik

Bagi anda yang belum tahu mengenai copy. Copy adalah teks yang dibuat khusus untuk tujuan pemasaran. Kegiatan pembuatan copy ini biasa disebut dengan copywriting.

Jangan pernah anggap remeh peranan copy. Jangan pernah membuat landing page tanpa copy yang baik.

Bagi anda yang ingin mempelajari copywriting secara lebih mendalam, silakan baca artikel berikut.

  1. Persiapkan Informasi Visual Yang Ingin Dipasang

Selanjutnya anda bisa mempersiapkan informasi visual yang akan dipasang pada landing page. Infomasi visual ini bisa berupa gambar atau video yang menerangkan tujuan anda.

Misalnya jika anda ingin menjual produk, maka informasi visualnya bisa berupa foto produk yang dijual atau video yang berkaitan dengan produk.

Semua ini harus dipersiapkan terlebih dahulu agar ketika nanti ketika anda membuat landing page anda tinggal meletakkan dan menatanya saja. Jangan lupa untuk membuat gambar dan video yang semenarik mungkin.

  1. Pastikan Anda Sudah Memiliki Website

Landing page adalah bagian dari website anda sendiri. Jadi untuk membuat dan menata landing page secara profesional, pastinya anda harus memiliki website terlebih dahulu.

Untuk membuat sebuah website yang baik, anda harus mengetahui cara-caranya. Pastikan terlebih dahulu website anda adalah website yang bagus. Setelah itu, persiapkan juga konten-konten yang akan mengisi website anda.

Bagi anda yang belum memiliki website, silakan menuju artikel berikut.

  1. Gunakan Format Dan Layout Yang Profesional

Membuat landing page yang baik artinya mengatur format dan layout dengan baik pula. Pilihlah format dan layout yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda.

Sebagai saran, sebaiknya pilihlah tampilan layout yang sederhana namun berkesan. Anda tidak perlu memakai tampilan layout yang terlihat penuh hingga tampak penuh. Cukup pilih format layout yang sederhana namun mampu secara langsung menyampaikan apa yang anda maksudkan.

  1. Cantumkan Informasi Yang Ingin Anda Berikan

Berikutnya silahkan cantumkan informasi yang ingin anda berikan kepada pengunjung landing page anda.  Jika anda menjual produk misalnya, tidak perlu menjelaskan secara detail spesifikasi produk anda disitu. Cukup gambarkan secara keseluruhan apa yang menjadi keunggulan produk anda. Bila anda memiliki visi dan misi atau motto, maka anda bisa memuatnya di page ini.

  1. Beri Judul Pada Landing Page

Jangan lupa untuk memberikan judul pada landing page ini. Memilih judul untu sebuah landing page nyatanya gampang-gampang susah. Gampang karena ini hanya judul yang berupa kalimat pendek, susah karena ini harus sangat menarik dan bernilai lebih di mata pengunjung.

Untuk memberikan judul ini anda tidak bisa asal-asalan. Anda harus memikirkan matang-matang judul apa yang pantas bertengger di landing page anda. Sebagai referensi, anda bisa melihat-lihat website yang memiliki landing page yang bagus.

  1. Tambahkan Call To Action (CTA)

Jangan lupa untuk menambahkan CTA (Call To Action) pada landing page anda. CTA (Call To Action) ini sangat dibutuhkan agar nantinya pengunjung website anda bisa dengan mudah melakukan tindakan yang anda inginkan.

Misalnya, jika yang dinginkan adalah tindakan pembelian, maka anda harus menyiapkan tombol “Beli Sekarang” dengan ukuran yang mudah dilihat, serta warna yang terang. Begitu juga jika yang diinginkan adalah registrasi.

  1. Bagikan Link Pada Calon Pengunjung

Berikutnya hal yang paling penting harus anda lakukan adalah bagikan link landing page anda pada calon pengunjung. Anda bisa memasangnya di media sosial anda agar banyak orang yang mengunjungi website anda.

Pasang link di Whatsapp, Facebook, Instagram atau di BBM. Dimanapun itu pastinya tujuannya hanya satu yaitu menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Sehingga ketika nanti pengunjung mengklik link tersebutm, mereka akan langsung sampai pada landing page.

  1. Lakukan Perbaikan

Terakhir anda bisa melakukan perbaikan ketika merasa ada yang kurang pada landing page anda. Mintalah pendapat dari pengunjung website anda. Tanyakan pada mereka apakah landing page anda terasa nyaman dan efetif untuk mereka atau sebaiknya. Jika mereka belum puas, maka anda bisa melakukan banyak perbaikan. Jangan merasa cepat puas dengan tampilan landing page yang telah anda buat. Tidak masalah untuk merubah tampilan page anda untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Tips Membuat Landing Page

Berikut ini beberapa tips membuat landing page yang dapat anda terapkan.

  1. Jangan Ada Bar Navigasi Pada Landing Page.

Ini adalah salah satu kesalahan paling umum dilakukan. Hanya 16% landing page yang tidak memiliki bar navigarsi.

Inti dari landing page adalah mempertahankan pengunjung pada satu halaman sehingga mereka dapat memusatkan perhatian mereka pada penawaran anda.

Dengan adanya bar navigasi, itu hanya membuat pengunjung segera keluar dari landing page.

  1. Jangan Membuat Lebih Dari SATU Penawaran Dalam Satu Landing Page.

Aturan utama landing page adalah satu penawaran per halaman. Faktanya, jika anda menempatkan lebih dari satu penawaran perhalaman dapat mengurangi konversi hingga 266%!

  1. Pastikan Landing Page Mobile Friendly.

Hanya 50% dari landing page yang sudah mobile friendly. Saat ini pengguna perangkat mobile sudah melebihi pengguna komputer. Jadi jika landing page anda tidak mobile friendly, maka anda akan kalah dalam kompetisi.

  1. Tambahkan Video Yang Releven.

Video yang relevan dapat meningkatkan konversi sebesar 86%. Jika Anda bisa memproduksi video penjelasan atau testimonial yang baik, cobalah memasukkannya ke landing page. Hal ini dapat menambah kredibilitas dan membangun kepercayaan para pengunjung!

Cara Membuat Landing Page Gratis

Landing page gratis merupakan pilihan yang tepat jika anda yang :

  • Baru belajar atau ingin belajar membuat landing page.
  • Tidak memiliki budget untuk pembuatan landing page.
  • Baru memulai bisnis.

Tapi jika bisnis anda sudah mulai berjalan, dan anda sudah mulai membangun brand, maka landing page gratis bukan pilihan yang tepat.

Ada beberapa pilihan layanan yang dapat anda gunakan untuk landing page gratis :

Warning : Setiap fitur gratis dibawah ini memiliki versi berbayar untuk layanan yang lebih baik.

  1. Membuat Landing Page Dengan Wix

Wix adalah platform pembuatan landing page yang sangat baik dan dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Wix menawarkan dua jenis landing page dengan fungsi yang berbeda yaitu Coming Soon dan Halaman Promosi.

Kelebihan WIX

      • Berbagai aplikasi tambahan, mulai dari Wix Stores, yang membantu Anda menjual produk, hingga Komentar, untuk mendapatkan feedback pengunjung.
      • Fitur “Pemesanan” yang memungkinkan Anda mengatur waktu meeting dengan pelanggan, yang ideal untuk bisnis jasa.
      • Setiap elemen dapat disesuaikan, sehingga Anda lebih mudah mendesain.
      • Jika Anda memerlukan bantuan, anda dapat menghubungi tim support Wix.
      • Anda dapat membangun beberapa landing page arahan sekaligus.
      • Tidak ada batasan jumlah landing page yang dapat Anda buat.
      • Anda dapat melacak kinerja landing page anda dan melakukan pengujian A/B.

Kekurangan WIX

      • Bandwidth terbatas.
      • Storage untuk penyimpanan file yang terbatas.
      • Jumlah menit video yang bisa diputar juga terbatas.
      • Tidak dapat terhubung dengan domain sendiri
      • Ada muncul iklan
cara membuat landing page dengan wix
cara membuat landing page dengan wix

Untuk mencoba landing page builder ini silakan menuju link berikut : Wix.

  1. Membuat Landing Page Dengan Carrd

Carrd adalah aplikasi untuk membuat landing page yang simple, gratis, responsif dan bisa digunakan untuk hampir semua keperluan. Carrd juga memiliki visual yang bagus hingga anda tidak akan kesulitan menggunakannya.

Kelebihan Carrd

    • Selain dengan template anda juga dapat mulai dari awal dengan desain sendiri.
    • Platform ini cepat
    • Antarmuka mudah digunakan dan intuitif
    • Ada menu untuk tindakan tambahan, termasuk panduan cara dan instruksi.
    • Memiliki jenis landing page yang banyak dan bervariasi.
    • Memiliki opsi untuk video background

Kekurangan Carrd

    • Jumlah landing page dibatasi hanya tiga untuk yang gratis.
    • Fitur form hanya untuk akun berbayar.
    • Templat bawaan tidak memberikan fleksibilitas, pengguna dibatasi untuk mengatur elemen.
    • Tidak bisa engeditan langsung, anda harus mengerjakannya pada menu disisi kiri.
    • Tidak ada opsi untuk pengujian A/B.
    • Tidak dapat terhubung dengan domain sendiri.
    • Ada muncul “Made with Carrd” .
cara membuat landing page dengan carrd
cara membuat landing page dengan carrd

Untuk mencoba landing page builder ini silakan menuju link berikut : Carrd.

  1. Membuat Landing Page Dengan Ucraft

Ucraft menawarkan dua jenis landing page yaitu landing page biasa dan landing page aplikasi. Ucraft memiliki berbagai fitur pemasaran bawaan, dan fitur all-in-one untuk e-commerce.

Kelebihan Ucraft

    • Anda dapat menghubungkan domain Anda secara gratis (sesuatu yang tidak ditawarkan oleh banyak pesaing)
    • Editornya minimalis dengan menunjukkan opsi di sidebar kiri
    • Ada fitur pratinjau landing page dalam mode desktop, tablet, dan smartphone
    • Ada live chat jika anda merasa butuh bantuan dari tim support

Kekurangan Ucraft

    • Prosesnya tidak cukup efisien.
    • Proses pendaftarannya agak panjang.
    • Loading untuk buildernya agak lama.
    • Hanya dapat membuat satu landing page dengan akun gratis.
    • Tidak ada opsi pengujian A/B
cara membuat landing page dengan ucraft
cara membuat landing page dengan ucraft

Untuk mencoba landing page builder ini silakan menuju link berikut : Ucraft.

Itulah tiga diantar banyak opsi yang dapat anda pilih untuk membuat landingpage tanpa berbayar. Sebenarnya masih banyak opsi yang bisa anda coba, tapi akan sangat panjang jika dibahas dalam artikel ini.

Cara Membuat Landing Page Profesional

Bagi anda yang ingin lebih serius menangani landing page, maka ada baiknya berinvestasi pada builder landing page profesional.

  1. Unbounce

Unbounce mungkin pilihan pertama dan terbaik yang bisa anda dapatkan. Sesuai namanya, builder ini dirancang untuk meminimalisir bounce rate dan mengubahnya menjadi konversi atau penjualan.

Kelebihan Unbounce

    1. Fitur lengkap
    2. Template yang banyak
    3. Editor yang fleksibel dan lengkap
    4. Fitur pengujian A / B terbaik di antara yang lain
    5. Juga ada fitur Unbounce Convertibles (popups)

Kekurangan Unbounce

    1. Bukan opsi termurah
    2. Butuh waktu untuk mempelajarinya
    3. Bukan untuk pemula

Perkiraan Biaya : mulai dari $79/bulan (sekitar 1.100.000/bulan)

cara membuat landing page profesional dengan Unbounce
membuat landing page profesional dengan Unbounce

Untuk mencoba landing page builder ini silakan menuju link berikut : Unbounce.

  1. Instapage

Seperti namanya, Instapage adalah tentang kecepatan. Anda dapat membuat landing page dalam hitungan menit. Builder lebih sederhana daripada Unbounce yang membuatnya mudah dipakai dan hampir tidak ada kurva belajar sama sekali.

Kelebihan Instapage

    1. Loading super cepat.
    2. Laporan analitik yang lengkap.
    3. Editor drag-and-drop yang bagus.
    4. Pilihan yang baik untuk pemula dan ahli.

Kekurangan Instapage

    1. Kurang lengkap / fleksibel jika dibanding Unbounce
    2. Tidak ada pilihan popup
    3. Pengujian A / B tidak tersedia untuk paket termurah

Perkiraan Biaya : mulai dari $68/bulan (sekitar 900.000/bulan)

cara membuat landing page profesional dengan Instapage
membuat landing page profesional dengan Instapage

Untuk mencoba landing page builder ini silakan menuju link berikut : Instapage.

  1. WordPress

Pilihan ini memiliki tingkat fleksibelitas yang sangat tinggi, biaya yang dibawah pilihan yang lain. Namun anda diharuskan memiliki kemampuan teknis untuk mengerjakannya.

Kelebihan WordPress

    1. Sangat fleksibel dan bisa dikostumasi
    2. Laporan analitik lengkap bisa terintegrasi dengan Google Analytics.
    3. Editor drag-and-drop yang profesional.
    4. Pilihan yang baik untuk pemula dan ahli.

Kekurangan WordPress

    1. Butuh kemampuan teknis yang baik

Perkiraan Biaya : mulai dari Rp. 350.000,- per tahun

cara membuat landing page profesional dengan WordPress
membuat landing page profesional dengan WordPress

Untuk mencoba landing page builder ini silakan menuju link berikut : WordPress.

Demikianlah beberapa cara membuat landing page yang dapat anda lakukan. Jika ada pertanyaan atau saran terkait cara bikin landing page, jangan ragu tinggalkan pesan dikolom komentar ya.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.