Cara Membuat Landing Page Profesional

Cara membuat landing page sebenarnya tidak sulit, hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian. Tentu saja hal ini dibutuhkan agar nantinya landing page yang dibuat sesuai dengan harapan dan nyaman untuk pengunjung yang datang. Landing page yang baik adalah landing page yang mampu memenuhi tujuan pembuatannya. Misalnya mengumpulkan lead, memaksimalkan penjualan atau  yang lainnya.

Tapi sebelumnya, untuk anda yang belum mengetahui jenis-jenis landing page serta kriteria landing page yang profesional,  silakan membaca artikel sebelumnya yang membahas banyak hal seputar landing page. Berikut ini linknya Apa Itu Landing Page.

Ok, sekarang saatnya kita langsung membahas tahapan bagaimana cara untuk membuat landing page yang profesional.

Tentukan Tujuan Utama Landing Page Anda

Ketika anda akan membuat sebuah landing page, hal pertama yang harus anda pikirkan adalah apa tujuan dari landing page tersebut. Sebagaimana telah disebutkan pada bagian awal,jika landing page terdiri dari banyak jenis tergantung fungsi atau tujuannya. Jika anda ingin membuat landing page yang fokus pada iklan, maka anda bisa membuat landing page jenis PPC Campaign. Namun jika anda ingin mengumpulkan data dari para pengunjung, maka anda bisa membuat landing page dengan jenis lead generation. Sesuaikan landing page yang akan anda buat dengan kebutuhan anda.

Persiapkan Informasi Visual Yang Ingin Dipasang

Selanjutnya anda bisa mempersiapkan informasi visual yang akan dipasang pada landing page. Infomasi visual ini bisa berupa gambar atau video yang menerangkan tujuan anda. Misalnya jika anda ingin menjual produk, maka informasi visualnya bisa berupa foto produk yang dijual atau video yang berkaitan dengan produk. Semua ini harus dipersiapkan terlebih dahulu agar ketika nanti ketika anda membuat landing page anda tinggal meletakkan dan menatanya saja. Jangan lupa untuk membuat gambar dan video yang semenarik mungkin.

Pastikan Anda Sudah Memiliki Website

Landing page adalah bagian dari website anda sendiri. Jadi untuk membuat dan menata landing page secara profesional, pastinya anda harus memiliki website terlebih dahulu. Untuk membuat sebuah website yang baik, anda harus mengetahui cara-caranya. Pastikan terlebih dahulu website anda adalah website yang bagus. Setelah itu, persiapkan juga konten-konten yang akan mengisi website anda.

Gunakan Format Dan Layout Yang Profesional

Membuat landing page yang baik artinya mengatur format dan layout dengan baik pula. Pilihlah format dan layout yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda. Sebagai saran, sebaiknya pilihlah tampilan layout yang sederhana namun berkesan. Anda tidak perlu memakai tampilan layout yang terlihat penuh hingga tampak penuh. Cukup pilih format layout yang sederhana namun mampu secara langsung menyampaikan apa yang anda maksudkan.

Cantumkan Informasi Yang Ingin Anda Berikan

Berikutnya silahkan cantumkan informasi yang ingin anda berikan kepada pengunjung landing page anda. Ingat, jika landing pagi ini bukan merupakan halaman yang beriakan konten yang panjang. Cukup berikan saja informasi penting yang ingin anda sampaikan. Jika anda menjual produk misalnya, tidak perlu menjelaskan secara detail spesifikasi produk anda disitu. Cukup gambarkan secara keseluruhan apa yang menjadi keunggulan produk anda. Bila anda memiliki visi dan misi atau motto, maka anda bisa memuatnya di page ini.

Beri Judul Pada Landing Page

Jangan lupa untuk memberikan judul pada landing page ini. Memilih judul untu sebuah landing page nyatanya gampang-gampang susah. Gampang karena ini hanya judul yang berupa kalimat pendek, susah karena ini harus sangat menarik dan bernilai lebih di mata pengunjung. Untuk memberikan judul ini anda tidak bisa asal-asalan. Anda harus memikirkan matang-matang judul apa yang pantas bertengger di landing page anda. Sebagai referensi, anda bisa melihat-lihat website yang memiliki landing page yang bagus. Pada umumnya landing page yang bagus adalah yang memiliki judul yang kreatif.

Tambahkan Call To Action (CTA)

Jangan lupa untuk menambahkan CTA (Call To Action) pada landing page anda. CTA (Call To Action) ini sangat dibutuhkan agar nantinya pengunjung website anda bisa dengan mudah menemui anda. Apalagi jika website anda adalah website yang bertujuan untuk mengajak pembeli membeli suatu produk. Pastikan CTA yang anda pasang adalah CTA yang nyaman dan tidak menyulitkan pengunjung. CTA ini bisa langsung anda hubungkan ke nomor media sosial yang anda miliki seperti Whatsapp atau BBM. Anda juga bisa memberikan alternatif lain seperti via email atau yang lainnya.

Bagikan Link Pada Calon Pengunjung

Berikutnya hal yang paling penting harus anda lakukan adalah bagikan link landing page anda pada calon pengunjung. Anda bisa memasangnya di media sosial anda agar banyak orang yang mengunjungi website anda. Pasang link di Whatsapp, Facebook, Instagram atau di BBM. Dimanapun itu pastinya tujuannya hanya satu yaitu menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Sehingga ketika nanti pengunjung mengklik link tersebutm, mereka akan langsung sampai pada landing page.

Lakukan Perbaikan

Terakhir anda bisa melakukan perbaikan ketika merasa ada yang kurang pada landing page anda. Mintalah pendapat dari pengunjung website anda. Tanyakan pada mereka apakah landing page anda terasa nyaman dan efetif untuk mereka atau sebaiknya. Jika mereka belum puas, maka anda bisa melakukan banyak perbaikan. Jangan merasa cepat puas dengan tampilan landing page yang telah anda buat. Tidak masalah untuk merubah tampilan page anda untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *