Cara Membuat Blog di WordPress GRATIS

cara membuat blog di wordpress

Tahukah anda cara membuat blog di WordPress? WordPress menyediakan layanan situs web gratis bagi pengguna. Disini, siapapun bisa membuat blog baik secara gratis maupun berbayar. Memahami wordpress tidaklah sulit dan bisa menambah kemampuan seseorang. Terlebih lagi kini hampir semua website menggunakan dashboard berbasis wordpress.

Lebih jauh mengenai apa itu WordPress dan apa saja kelebihannya dibandingkan platform yang lain, silakan baca artikel berikut ini.

Jadi ketika sudah memahami bagaimana cara mengisi blog dengan wordpress seseorang bisa menjadi admin website berbasis wordpress pula. Berikut adalah cara membuat blog dengan wordpress, pengenalan dashboard, dan halaman WP admin.

Cara Membuat Blog di WordPress

Ada total tujuh tahapan yang perlu dilakukan saat membangun sebuah blog baru dari wordpress. Setiap tahapan bisa dilalui dengan cepat, bahkan kurang dari 2 menit. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat blog dengan WordPress mulai dari nol.

  1. Klik Buat Situs Web

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka browser kemudian ketikkan wordpress.com di address bar. Tunggu sejenak hingga halaman terbuka.

Di halaman tersebut akan muncul satu tampilan wordpress dengan tombol “buat situs web” di bagian tengahnya. Klik tombol tersebut.

  1. Masukkan Alamat Web

Langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat yang diinginkan. Perlu diketahui, sebab gratisnya wordpress maka alamat blog akan diikuti dengan kata wordpress.com.

Jadi, misalnya alamat blog adalah namakamu, maka alamatnya menjadi namakamu.wordpress.com. Ini berarti bahwa pengguna masih menjadi bagian dari domain wordpress.

Tambahan di belakang alamat ini sebenarnya bukan masalah besar. Terlebih jika memang pengguna ingin menggunakan blog untuk kepentingan pribadi.

  1. Memasukkan Alamat Email

Langkah ketiga dalam cara membuat blog dengan WordPress adalah memasukkan alamat email. Masukkan alamat yang aktif dan bisa dari layanan mana saja.

Tidak harus dari google atau yahoo. Yang terpenting adalah, alamat email tersebut aktif. Sebab ke alamat itulah konfirmasi pengguna akan dikirimkan. Berita penting terkait wordpress juga akan masuk ke email tersebut.

  1. Masukkan Nama Pengguna

Nama pengguna adalah nama yang digunakan untuk login sebagai admin blog. Masukkan nama yang dikehendaki. Misalnya adminblog, atau nama panggilan pengguna.

Pastikan untuk mengingat kombinasi nama dan password. Ini disebabkan, setiap kali akan login, pengguna harus memasukkan data tersebut.

  1. Masukkan Kata Sandi

Kata sandi bisa berupa huruf, angka, atau gabungan keduanya. Seperti halnya kata sandi lain, pengguna harus membuat kombinasi unik yang sulit ditebak.

Ini berkaitan dengan keamanan akun dan blog. Sebab jika mudah ditebak dan diretas, maka blog bisa diambil alih oleh orang lain.

Ini sangat berbahaya karena blog bisa disalahgunakan. Misalnya untuk menyebarkan ujaran kebencian bahkan penipuan.

Setelah selesai mengisi alamat blog, alamat email nama pengguna, dan password klik tombol Langkah berikutnya. Kemudian tunggu hingga berpindah ke halaman lain.

  1. Konfirmasi Alamat Blog

Langkah selanjutnya, adalah mengkonfirmasi alamat. Di halaman tersebut akan muncul beberapa pilihan nama yang mirip atau bahkan sama dengan alamat pilihan tadi.

Namun, tidak diikuti dengan kata wordpress melainkan langsung diakhiri .com atau domain lain. Memilih salah satunya berarti pengguna harus berlangganan atau membeli alamat tersebut. Jika ingin meneruskan tanpa membeli alamat berbayar, klik Tidak, Terimakasih.

  1. Pilih Template

Template akan mengatur warna tamilan, tata letak, dan jenis huruf di blog. WordPress memberikan pilihan template gratis dan berbayar.

Pilih salah satu sesuai dengan selera. Ketika pengguna bosan, maka ia bisa mengganti kapanpun saat dibutuhkan.

WordPress memang menerapkan sistem yang lebih menginginkan pengguna untuk membeli paket langganan tahunan mereka. Namun jika memang sudah mantap dan ingin menggunakan blog dan tema yang gratis, silakan klik Gratis.

Ketujuh langkah tersebut akan ditutup dengan halaman yang menunjukkan dashboard wordpress. Halaman ini berfungsi untuk memudahkan pengguna mengatur isi blognya.

Mengenal Dashboard WordPress

Dashboard memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengatur pos apa yang ditampilkan, berapa post yang dilihat, hingga pengaturan widget dan lain sebagainya. Berikut adalah penjelasan mengenai dashboard bawaan wordpress.

  1. Mulai Pos Pertama Anda

Ada sebuah tombol yang berguna untuk memulai posting. Klik tombol mulai pos pertama anda untuk membuat artikel atau mengunggah konten.

Disini, pengguna bisa memberikan konten berupa teks, gambar, link, atau konten lainnya. Semua konten dan post bisa diedit meski sudah diunggah. Jadi jangan khawatir jika terjadi kesalahan dan baru diketahui setelah diunggah.

  1. Tambahkan Blog WordPress Baru

Tombol ini berfungsi untuk menambah blog baru. Jika pengguna berrencana untuk membuka lebih dari satu blog di wordpress, maka klik tombol ini.

Selanjutnya, lakukan langkah dalam cara membuat blog dengan WordPress yang sudah disebutkan sebelumnya. Dalam waktu kurang dari setengah jam pengguna bisa memiliki lebih dari satu blog gratis.

  1. Tombol Lihat Blog

Hal ketiga yang tampak dari dashboard adalah adanya tombol lihat blog. Ketika pengguna mengklik tombol ini, maka ia akan melihat tampilan blog seperti saat pembaca atau pengunjung membukanya.

  1. Tombol Masuk Melalui WP Admin

Ada dashboard dengan wajah lain yang bisa diakses oleh pemilik blog wordpress, yaitu dari WP admin. Klik tombol ini, maka halaman akan berubah dan beralih pada tampilan dashboard standar ala wordpress.

  1. Statistik

Statistik bisa memberikan gambaran seberapa banyak kunjungan ke blog. Dari sini, pemilik blog bisa memantau pos mana yang disukai oleh orang-orang.

Berapa banyak pembaca yang datang ke blog, hingga beragam informasi penting lain terkait kepopuleran blog tersebut. Awalnya mungkin blog akan sangat sepi pengunjung. Namun jika pengguna rajin mengunggah konten, maka lama kelamaan akan ada pengunjung yang datang.

Mengatur Blog dari Admin WP

WordPress memiliki tampilan dashboard khas yang sama baik di blog maupun di website yang berbasis wordpress. Pengguna bisa melakukan berbagai pengaturan dari sana. Berikut adalah beberapa hal penting dalam dashboard tersebut.

  1. Informasi Akun

Pertama adalah informasi akun. Disini pengguna yang bertindak sebagai admin bisa login dan logout. Bagian ini bisa diakses dari tombol yang berada di pojok kanan atas dashboard.

  1. Informasi Konfirmasi Akun

Dibagian utama, biasanya terdapat bagian yang menunjukkan bahwa pengguna belum melakukan konfirmasi email. Untuk menghilangkan bagian ini, pengguna bisa masuk ke email dan mengkonfirmasi dengan cara klik tautan yang dikirimkan oleh wordpress.

  1. Penggunaan Penyimpanan

Dibawah bagian konfirmasi, ada keterangan berapa banyak memori yang sudah digunakan. Jadi saat pengguna menyimpan foto atau menggunakan widget, ada bagian memori yang digunakan. Setiap akun gratis memiliki penyimpanan hingga 3000 MB atau 3 GB.

  1. Bagian Menu

Selanjutnya, di sisi kiri dashboard ada beragam menu untuk mengatur isi dan tampilan blog. Mulai dari menambah pos baru, mengetahui daftar pos yang sudah dibuat, album dan lain sebagainya.

Cara membuat blog dengan WordPress sangatlah singkat dan mudah. Tak butuh waktu lama untuk membuatnya. Namun, butuh kedisiplinan dan tanggungjawab untuk selalu mengisi konten di dalamnya.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.