Cara Membuat Blog di Blogger : Panduan lengkap

cara membuat blog di blogger

Kali ini kita akan membahas cara membuat blog di blogger. Blog merupakan salah satu tempat untuk menuliskan dan membagi beragam informasi. Sejak internet menjadi kebutuhan masyarakat, banyak website yang menyediakan layanan blog gratis. Salah satunya adalah blogger.com atau sering disebut blogspot. Berikut adalah website blog gratis, cara membuat blog dengan blogspot dan kiat untuk mengatasi eror saat pembuatannya.

Penyedia Blog Gratis

Sebenarnya ada beberapa website yang menyediakan layanan blog gratis. Misalnya wordpress dan blogger.com. Keduanya termasuk mudah dikelola dan sederhana.

Platform blog gratis ini sangat cocok untuk pemula yang masih awam bahkan belum pernah menggunakan dan memiliki blog sendiri. Meski ada beberapa fitur yang dibatasi, namun semua fitur penting dan mendasar bisa diakses secara gratis oleh pengguna.

Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Website ini menyediakan layanan blog gratis dan sangat mudah digunakan. Langkah pembuatannya  juga sangat sederhana. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Buka Blogspot

Langkah pertama dalam cara membuat blog dengan blogspot tentu adalah dengan membukanya. Ketik www.blogger.com pada kolom alamat di browser. Kemudian tekan enter.

Tunggu sejenak hingga halaman blogspot terbuka sempurna. Pada halaman ini ada beberapa hal yang bisa dilihat. Misalnya tombol sign in, untuk masuk ke dalam layanan, tombol buat blog mu (create your blog) untuk membuat blog baru. Hingga beberapa penjelasan mengenai kelebihan blogspot dibanding dengan website blog lainnya.

  1. Klik Create Your Blog

Setelah melihat halaman perkenalan dari blogger.com, klik tombol create your blog untuk membuat blog baru. Kemudian halaman akan beralih ke email dari google.

Pada halaman dari google pemilik blog harus memiliki akun email google atau akun blogger. Jika belum memiliki maka bisa langsung mendaftar akun email google dengan klik tombol buat akun yang ada di halaman tersebut.

  1. Masuk ke Akun Email

Jika sudah memiliki akun gmail, maka yang harus dilakukan adalah sign in. Ketik alamat email dan kata sandi kemudian klik sign in atau masuk.

Setelahnya, akan muncul halaman konfirmasi untuk lanjut ke halaman milik blogger.com. Tekan tombol konfirmasi bertuliskan “lanjutkan ke blogger” tersebut.

  1. Buat Blog

Langkah berikutnya adalah mulai membangun blog pribadi. Jika sebelumnya email tersebut sudah digunakan untuk membuat blog, maka dalam halaman tersebut akan muncul daftar blog.

Jika belum maka halaman tersebut hany akan berisi sebuah tombol bertuliskan Blog Baru. Klik tombol tersebut untuk memulai pembuatan blog.

  1. Tentukan Judul

Seperti halnya sebuah artikel, blog membutuhkan judul. Pilih nama yang paling sesuai dengan keinginan. Akan lebih cocok jika judul blog mewakili isi konten.

Misalnya jika blog bertujuan untuk membahas game online, mak judul blog bisa menjadi Kumpulan Review Game Online. Kesesuaian ini akan membuat blog menjadi lebih mudah dipercaya dan disukai oleh pembaca.

  1. Tentukan Alamat Blog

Alamat ini berfungsi seperti alamat rumah. Pilihan alamat blog bisa sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya dengan nama lengkap, disamakan dengan judul blog atau dengan alternatif lain.

Asalkan tidak ada nama blog yang sama. Jadi jika nama yang dipilih ternyata sudah dipakai oleh akun lain, maka pengguna harus membuat alamat lain.

Kemudian, karena blogger ini gratis, maka alamat blog akan diikuti dengan kata blogspot.com. Jadi misalnya alamat yang dikehendaki adalah gameolreview maka, alamatnya menjadi gameolreview.blogspot.com.

Jika memang tersedia, akan muncul keterangan di bagian kanan bawah kolom isian alamat. Keterangan ini bertuliskan “alamat tersedia”.

  1. Pilih Template

Ini adalah salah satu kemudahan dari blog gratis. Cara membuat blog dengan blogspot yang sangat mudah disebabkan adanya beberapa pilihan template gratis ini.

Template merupakan tema utama dari sebuah halaman blog atau website. Disini pengguna bisa memilih tata letak, warna, jenis huruf dan pengaturan lain yang terkait dengan tampilan halaman blog.

Klik salah satu template yang disukai. Atau klik sembarang saja sebab setelah blog selesai dibuat, template ini masih bisa diubah-ubah.

  1. Klik Buat Blog

Setelah yakin dengan pilihan judul, alamat, dan template langkah selanjutnya dalam cara membuat blog dengan blogspot adalah klik buat blog. Tombol ini berfungsi untuk mengkonfirmasi pilihan dan isian yang sudah diinput sebelumnya.

Setelah mengikuti 8 langkah sederhana tersebut,blog sudah siap digunakan. Pengguna bisa membuat post mengunggah konten dan lain sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna harus mengenal dashboard blogger.com.

Dashboard Blogspot

Pengguna bisa mulai membuat isi blog melalui dashboard. Berikut ini adalah hal yang perlu diketahui dalam dashboard dan bagaimana memulai pembuatan pos.

  1. Tombol Pensil

Tombol bergambar pensil, berfungsi untuk memulak posting. Jika pengguna ingin membuat konten baru, maka tombol inilah yang harus di klik.

Ketika pengguna mengklik tombol post baru, maka ia akan langsung mengakses halaman berisi kotak dialog yang diisi dengan judul, dan isi artikel. Pengguna juga bisa menambahkan gambar, link atau tautan, serta mengatur gaya tulisan seperti cetak tebal, miring dan sebagainya.

  1. Tombol Pengaturan

Tombol disamping pensil bergambar dua kertas bertumpuk dan panah. Jika klik tanda panah, akan muncul banyak pilihan.

Ini merupakan pintasan untuk mengakses beberapa bagian blog. Misalnya ikhtisar (ringkasan blog), laman, komentar, pos, dan lain sebagainya.

  1. Tombol Lihat Blog

Dashboard bisa diibaratkan sebagai dapur dimana pengguna mengolah bahan tulisan yang akan diperlihatkan kepada pembacar. Tombol lihat blog, akan mengarahkan pengguna untuk melihat tampilan asli blog yang dilihat pembaca atau pengunjung.

Setelah membuat pos dan mengunggahnya, lebih baik jika langsung memantau seperti apa hasil dari unggahan. Jadi jika ada kesalahan penulisan atau kekurangan dalam pos tersebut pengguna bisa langsung memperbaikinya.

  1. Daftar Bacaan

Di bagian bawah tombol-tombol tersebut, ada bagian daftar bacaan. Ini menunjukkan beberapa blog yang diikuti oleh pengguna. Jadi jika ada pos baru dari blog yang diikuti, maka akan terlihat di bagian ini.

  1. Bagian Utama

Terakhir ada bagian yang berisi beberapa tombol penting. Ini berada di bagian kanan atas dashboard. Disini, terdapat tombol berisi 9 titik kotak yang memberikan akses ke gmail.

Selain itu ada tombol lonceng yang menunjukkan notifikasi dari blogger.com. Selain itu, di bagian ini pengguna bisa logout dari blog tersebut. Jika perlu login dari komputer lain jangan lupa untuk langsung log out atau keluar dari dashboard.

Kelima bagian tersebut bisa digunakan sebagai dasar dalam pengembangan blog. Dari sini pengguna bisa mengatur tampilan baik melalui template maupun adsense yang akan dipasang.

Mengatasi Masalah

Kadang, saat mengakses blog terdapat masalah dan muncul halaman eror berbunyi Halaman Yang Anda Minta Tidak Valid. Ini berarti Google mengira pengguna sebagai spammer. Jangan panik dan lakukan hal berikut.

  1. Putuskan Sambungan Internet

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah merestart sambungan. Caranya adalah matikan sambungan internet dari komputer.

Misalnya dengan klik bagian wifi, kemudian pilih disconnect. Tunggu beberapa detik atau menit kemudian sambungkan kembali.

Coba muat ulang halaman dan lihat apakah sudah ada perbaikan atau belum. Jika halaman masih eror coba lakukan langjah selanjutnya.

  1. Clear Cache Dan Cookies

Langkah ini bisa dilakukan dengan cara mengakses bagian pengaturan browser. Cari bagian lanjutan dari pengaturan dan klik bersihkan cache.

Setelah itu, keluar dari browser, kemudian buka kembali setelah beberapa saat. Mulai langkah pembuatan blog dari awal cara membuat blog dengan blogspot.

Berdasarkan langkah yang sudah disebutkan sebelumnya dan pengenalan terhadap dashboard, pengguna bisa membuat halaman blog dengan mudah dan cepat. Cara membuat blog dengan blogspot ini bahkan bisa dilakukan oleh orang yang baru belajar sekalipun.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.