Just another LandingpageID site

Cara Login ke cPanel Hosting

Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara untuk login ke cpanel. Cpanel merupakan tempat dimana kita dapat mengelola segala aspek mengenai hosting yang kita gunakan. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara loginnya.

Artikel ini merupakan bagian dari tutorial Cara Membuat Website Sendiri. Sebuah panduan gratis dimana anda diajarkan tata cara bagaimana membangun sebuah website dari nol.

Ada 3 alasan kenapa panduan Cara Membuat Website Sendiri ini pas untuk anda :

  • Khusus Pemula
    Jika anda adalah pemula, maka jangan khawatir panduan ini memang dibuat untuk anda. jadi akan gampang banget untuk di ikuti.
  • Sehari Jadi
    Jika anda serius mempraktekkan setiap langkah dalam panduan ini, maka besok anda sudah bisa membuat website sendiri.
  • Konsultasi Gratis
    Klo masih bingung juga, anda dapat konsultasi gratis langsung bersama saya. Caranya nanti akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bagi anda yang berminat mempelajarinya dari awal silakan klik tombol berikut.

Untuk yang pertama kali membuat website mungkin bertanya-tanya. Terus, setelah daftar domain dan hosting, mau ngapain lagi? Jawabannya adalah login ke cPanel hosting. Saat anda mendaftar, anda diminta untuk menyediakan email aktif. Hal ini bukan tidak beralasan. Email aktif ini penting agar anda dapat menerima informasi akun hosting, untuk ke langkah selanjutnya.

Jika anda sudah menerima email aktivitasi, di dalam email tersebut terdapat informasi akun hosting yang berisi alamat IP server, username dan password cPanel, dan petunjuk-petunjuk lain yang nantinya anda perlukan. Contohnya informasi tersebut seperti berikut:

  • Domain: domainku.com
  • IP Server: 30.30.20.20
  • Username: usernameku
  • Password: passwordku

Sebaiknya anda mencatat hal-hal tersebut demi kemudahan anda sendiri. Selain itu, menyimpan email tersebut dan menjaga kerahasiaannya sangat disarankan untuk menghindari tindakan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikutnya, anda dapat login ke cPanel jika domain anda sudah aktif dan bisa digunakan dengan mengetikkan pola berikut pada browser URL link. Ganti kata domainku pada contoh berikut dengan nama domain anda sendiri.

  • http:// http://[domainku]/cpanel
  • http://cpanel.[domainku]
  • http://[domainku]:2082

Berikutnya, anda dapat memasukkan username dan password yang sudah diberikan pada email aktivasi tadi.

Sering kali terjadi, kejadian dimana hosting dan domain sudah aktif, tetapi anda tetap belum bisa masuk ke cPanel. Jika ini terjadi, anda tidak perlu khawatir karena itu berarti domain dan hosting belum terhubung sempurna. Hal ini biasanya disebabkan oleh masa propagasi yang belum selesai, atau karena domain anda belum diarahkan ke nameserver hosting. Masa propagasi dapat mencapai 2 x 24 jam, tapi pada umumnya hanya dalam hitungan menit atau jam saja. Jadi yang perlu anda lakukan adalah menunggu. Tetapi jika setelah lewat masa tersebut masih bulem bisa diakses maka anda dapat langsung menghubungi bagian teknis dari pihak hosting.

Meskipun mungkin hingga tahap ini anda masih agak bingung, anda tidak perlu khawatir. Ibarat pepatah, alah bisa karena biasa. Semua orang juga pada awalnya bingung namun lama-kelamaan bisa dan mahir. Login ke cPanel ini penting untuk anda lakukan dan harus dikuasai karena kegunaan dan fungsinya sangatlah penting. cPanel berfungsi untuk mengelola hosting kita, sehingga banyak sekali yang bisa anda lakukan setelah masuk ke sini menggunakan password dan username anda. Itulah mengapa di awal kami menyarankan anda untuk selalu mengingat informasi akun hosting anda. Karena, jika setiap ingin login anda harus membuka email dan mencari-cari dulu, akan membuang waktu anda bukan? Time is money.

Beberapa contoh aktivitas yang dapat anda lakukan setelah login ke cPanel diantaranya:

  • Membuat email menggunakan domain sendiri, seperti admin@domainku, dan sebagainya.
  • Membuat subdomain pada domain anda. Misalnya profil.domainku.com.
  • Menambah domain lain dengan fitur add-on domain. Fitur ini memungkinkan anda untuk berbagi space hosting. Misalnya selain domainku.com anda juga membuat domainkami.com, dan sebagainya.
  • Menginstal WordPress di hosting.
  • Melihat traffic kunjungan melalui statistik pengunjung, dan masih banyak lagi.