Cara Kerja Freelance? (2020)

Masih banyak yang bertanya bagaimana cara kerja freelance sebenarnya. Karena menjadi seorang freelancer kini semakin diminat. Hal ini dikarenakan freelancer lebih leluasa untuk mengatur waktu dan tempat bekerja.

Tidak jarang freelancer akan mendapat penghasilan yang lebih tinggi dari job yang diminta klien. Berbagai alasan tersebut, membuat banyak orang memilih freelance sebagai pekerjaan utama.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu freelance. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara kerja freelance.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika menjadi seorang freelancer. Keuntungan tersebut seperti waktunya fleksibel, bisa dikerjakan dimana saja, mendapatkan penghasilan cukup banyak dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan cara kerja freelance? Bisa dilakukan dengan mendaftar pada situs-situs penyedia jasa maupun melamar langsung kepada perusahaan atau perorangan yang menyediakan jasa freelance. Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Berikut ini contoh cara kerja pada freelancer.com, mari kita simak bersama :

Cara Kerja Freelance

Berikut ini adalah tahapan kerja freelance yang perlu anda ketahui

Registrasi

Sebelum mendaftar sebagai seorang freelancer sebaiknya Anda mencari referensi dan rating dari berbagai situs freelance. Ketika sudah menentukan pilihan mana yang terbaik, selanjutnya Anda diharuskan melakukan registrasi. Bagaimana caranya?  Cukup mudah hanya dengan mendaftarkan email, mengisi data diri dan memilih sistem pembayaran.

Anda juga harus memilih bidang freelance yang tepat sesuai dengan keahlian. Di samping itu, Anda juga dapat melamar ke pihak pertama langsung dengan cara mengirim lamaran serta data diri.

Klien atau Pemilik Bisnis Mencari Freelancer

Setelah melakukan registrasi atau membuat profil di situs-situs freelance. Selanjutnya klien atau pemilik bisnis akan mencari freelancer di situs tersebut sesuai dengan kategori pekerjaan yang dibutuhkan. Pemberi pekerjaan kemudian memilih seorang freelancer sesuai kriteria yang dibutuhkan.

Tidak jarang juga pemberi kerja atau klien membuat thread di situs-situs marketplace freelance tentang jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Selanjutnya akan ada freelancer yang menawarkan jasanya.

Freelancer Mengerjakan Pekerjaan  

Setelah klien atau pemberi kerja telah memilih satu freelancer sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Selanjutnya freelancer yang dipilih harus mengerjakan tugas sesuai dengan kesepakatan.

Dalam hal ini biasanya kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak mengenai durasi waktu mengerjakan tugas atau biaya atas pekerjaan tersebut. Setelah itu tinggal mengerjakannya sesuai permintaan klien.

Freelancer Harus Mengerjakan Pekerjaan Sesuai Kesepakatan 

Seorang freelancer wajib menyelesaikan tugas sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan sesuai kesepakatan. Tidak hanya itu saja, tugas harus diselesaikan sesuai spesifikasi  atau brief yang diminta oleh klien atau pemberi kerja. Jangan sampai Anda salah mengerjakan pekerjaan tersebut.

Apabila masih belum paham, Anda bisa bertanya langsung ke klien. Klien juga diharuskan untuk memberikan penjelasan dengan spesifik dan detail mengenai brief yang dibutuhkan. Selain itu, juga harus memberikan deposit pembayaran ke situs marketplace yang digunakan.

Setelah Tugas Selesai, Freelancer Mengirimkan File ke Klien

Setelah freelancer selesai mengerjakan tugas yang diminta klien dalam tenggat waktu tertentu selanjutnya file akan dikirim langsung ke klien. Pengiriman file bisa melalui email ataupun lainnya. Apabila klien setuju atau puas dengan hasil pekerjaan freelancer, maka tugas dianggap selesai.

Meski begitu, seorang freelancer harus selalu siap apabila klien meminta revisi. Revisi terkait tugas yang dikerjakan tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Dalam hal ini, freelancer harus segera menyelesaikan perbaikan yang diminta.

Mendapatkan Pembayaran 

Setelah tugas yang diberikan selesai, maka freelancer akan mendapatkan pembayaran. Freelancer akan mendapatkan pembayaran di dalam akun-nya. Nominal uang yang diterima sesuai dengan kesepakatan awal kedua belah pihak.

Nah itulah cara kerja freelance yang harus Anda ketahui dan pahami. Mengetahui cara kerja freelance sangatlah penting sebelum Anda memutuskan untuk menekuni bidang ini. Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat.

Leave a Comment