5 Cara Jualan Online di Tahun 2019

cara jualan online image

Banyak yang menganggap enteng cara jualan online. Karena saat ini memulai bisnis online sangatlah mudah. Tapi karena itu banyak yang terjebak dan melakukannya dengan asal-asalan. Untuk itu kita harus tau cara yang benar, agar dapat sukses jualan dan mendapat keuntungan yang berlipat.

Cara Jualan Online Agar Laris dan Ramai Pembeli

Berikut ini tahapan yang sebaiknya anda lakukan untuk melakukan jualan online :

1. Menemukan Ide Bisnis Online

Ada yang bilang mencari ide bisnis itu gampang, ada pula yang mengeluh mencari ide bisnis itu susah. Namun, tak sedikit pula yang telah menemukan ide bisnis tapi berujung pada kegagalan.

Untuk itu kita harus tahu bagaimana cara mendapatkan ide bisnis online yang tepat serta mampu bertahan di pasaran?

Memetakan Kemampuan dan Hobi

Sesuai judulnya anda harus memetakan kemampuan dan hobi secara bersamaan.

Kemampuan itu melambangkan skill yang anda miliki, hal yang benar-benar anda kuasai. Lalu hobi itu melambangkan hal-hal apa saja yang anda sukai. Silakan perhatikan tabel berikut :

cara jualan online : menemukan ide bisnis dengan tabel peta kemampuan hobi projasaweb
cara jualan online : menemukan ide bisnis dengan tabel peta kemampuan hobi projasaweb

Berikut ini penjelasan masing-masing nomor :

      1. Ini adalah hal yang anda tidak suka dan tidak anda kuasai, ini tidak perlu kita bahas.
      2. Ini adalah hal yang anda sukai namun tidak anda kuasai.
        Misalnya suka bermain game online tapi dalam permainan tersebut tidak pernah meraih prestasi spesial.
        Contah lain adalah hobi memasak, namun masakan yang dihasilkan adalah masakan dengan rasa yang standar, tidak ada yang spesial.
        Ciri umumnya adalah anda asyik mengerjakan hal tersebut, bahkan bisa lupa waktu, namun tidak menghasil prestasi yang dapat dibanggakan.
      3. Ini adalah hal yang dikuasai namun tidak disukai.
        Misal orang tua memiliki hobi memancing, waktu kecil anda selalu diajak memancing bersama sehingga ada menguasi berbagai teknik memancing, namun ketika melakukan aktifitas memancing anda tidak dapat menikmatinya.
        Contoh lain, orang yang dari kecil dilatih intensif matematika maka akan menjadi orang yang mahir dalam perhitungan. Biasanya dia akan unggul dibidang statistik dan analisis, mampu membaca data dan lain sebagainya.
        Namun disisi lain, bisa jadi itu bukan hobinya, dia tidak menyukai matematika bahkan mungkin bosan terhadap matematika. Dia lebih suka mendengarkan musik dan bernyanyi.
      4. Ini adalah hal yang disukai dan dikuasai.
        Misalkan suka menulis sejak kecil dan bahkan sudah pernah membuat beberapa buku. Contoh lain suka bahasa asing dan bahkan telah menguasai beberapa bahasa.

Nah, dari empat golongan ini, saya sarankan untuk mengambil nomor dua dan empat untuk dijadikan ide bisnis.

Untuk nomor empat sudah jelas, anda menguasainya dan anda menyukainya. Sedangkan untuk nomor dua, walaupun anda belum menguasainya, anda dapat belajar karena anda menyukainya.

Cari Masalah

Tentu saja maksudnya bukan cari masalah dengan orang lain. Melainkan mencoba menemukan masalah yang banyak dikeluhkan oleh orang disekitar anda.

Semakin banyak orang yang mengeluhkan masalah tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mencari solusi atas masalah itu. Artinya, jika anda mempu memberikan solusi, maka akan banyak orang yang bersedia membayar untuk solusi tersebut.

INGAT : sebisa mungkin berpatokan pada data, jangan dikira-kira.

Belajar Dari Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Lain

Cara lain untuk menemukan ide bisnis adalah dengan belajar dari bisnis lain yang sudah berjalan.

Bisnis yang sudah berjalan sukses pasti memiliki sejumlah keunggulan. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulan tersebut, anda bisa melakukan proses ATM. Yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi.

Yang terpenting adalah proses modifikasi. Modifikasi dimaksudkan untuk memunculkan kelebihan dan menutupi kekurangan bisnis yang anda tiru.

Belajar dari bisnis orang lain juga bisa dilakukan dengan mempelajari kelemahan bisnis-bisnis yang telah berjalan sekarang. Dengan memberikan solusi atas kelemahan tersebut, anda dalam membuat bisnis baru yang mampu bersaing.

INGAT : dengan menerapkan metode ini, anda harus pastikan bahwa bisnis anda memiliki nilai lebih, dibanding bisnis yang anda tiru.

Ikuti Tren

Tren adalah sesuatu yang banyak diminati oleh sekolompok orang pada satu waktu tertentu. Tren ada yang berlangsung dalam waktu singkat dan ada juga dalam waktu panjang.

Jika bisnis anda mengikuti tren maka berpotensi diminati oleh pelanggan dalam waktu cepat dan dalam jumlah besar. Tidak ada yang salah dengan mengikuti tren, tapi tentu anda juga harus bersiap jika tiba-tiba trennya berganti.

INGAT : bisnis anda harus mampu berubah dengan cepat mengikuti perubahan tren.

Ada beberapa cara untuk memantau trends :

      1. Google Trends
      2. Twitter Trending Topic
      3. Youtube Trending

Dengan tools di atas anda bisa melihat apa yang sedang trend saat ini. Namun tidak serta merta bisa dijadikan produk. Anda harus mampu mengolah trend tersebut menjadi sebuat produk yang diminati.

2. Menentukan Target Pasar

Apa itu target pasar? Target pasar amat penting dalam memulai jualan anda. Anda harus menentukan terlebih dahulu target pasar dengan jelas. Menurut wikipedia target pasar adalah :

Target Pasar adalah sebuah kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan agar mau membeli produk yang di pasarkannya. Target pasar juga dapat diartikan sebagai sekelompok pembeli yang memiliki sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri.

Sebelum memulai aktifitas bisnis, yang harus anda miliki terlebih dahulu adalah target pasar. Anda harus mulai mencari pangsa pasar yang potensial.

Untuk menentukan target pasar, Anda harus menilai secara hati-hati segmen mana yang akan dimasuki dan berapa ukuran segmennya.

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menjadikan semua orang sebagai target pasar.

Itu sama saja tidak menentukan target pasar sama sekali. Hal ini akan berakibat pada proses pemasaran yang tidak fokus, kurang efektifnya sumber daya, dan berujung pada tidak tercapainya target penjualan.

Cara Menentukan Target Pasar

Cara yang umum dilakukan adalah dengan membagi pasar menjadi beberapa bagian. Pembagian ini bisa dilakukan secara :

Geografi

Membagi pasar secara geografi misalnya, provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa tengah. Jika ingin lebih spesifik, bisa membagi per kabupaten atau lebih kecil lagi.

Demografi

Sedangkan demografi adalah karakteristik sosial ekonomi suatu populasi dinyatakan secara statistik, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, status perkawinan, pekerjaan, agama, tingkat kelahiran, tingkat kematian, ukuran rata-rata sebuah keluarga, usia rata-rata saat menikah.

Data Mendalam

Teknologi saat ini memungkinkan kita mengakses data secara lebih mendalam. Bahkan dengan teknologi AI dan mechine learning sangat memungkinkan untuk mempelajari kebiasaan berbagai kelompok masyarakat.

Dengan ini kita mampu melihat segmentasi pasar dengan lebih baik.

Sebagai contoh, seperti Google Ads dan Facebook Ads, memungkinkan kita menarget secara lebih spesifik.

Setelah membagi target pasar menjadi beberapa bagian, selanjutnya barulah anda memilih nama yang paling sesuai untuk dijadikan target pemasaran anda.

Misalnya anda melakukan pembagian secara demografi umur dan jenis kelamin. Artinya pasar akan dibagi berdasarkan umur dan jenis kelamin konsumen.

Selanjutnya anda harus memilih secara spesifik target market anda berada pada rentang umum berapa. Contoh : wanita yang berumur 25-35 tahun.

3. Promosi

Traffic

Anda juga harus siap untuk selalu mengawasi trafik dari toko online Anda. Dengan memantau trafik para pengunjung, Anda pun bisa mengetahui apakah promosi yang selama ini dilakukan sudah benar-benar efektif atau justru ada yang kurang. Jadi, selalu awasi trafik dari jumlah pengunjung harian toko online Anda, semakin tinggi trafiknya, maka semakin besar kemungkinan produk yang terjual.

Conversion

Hal penting yang harus diperhatikan ialah Conversion Rate atau yang juga sering disebut sebagai CR. Ya, CR ini merupakan angka dari presentase jumlah pengunjung lapak online Anda yang melakukan transaksi. Sedangkan untuk cara perhitungannya ialah dengan menjumlah total pengunjung dan kemudian membaginya dengan jumlah pengunjung yang benar-benar melakukan transaksi.

Jadi, pada intinya, semakin tinggi pengunjung dan semakin tinggi CR dari lapak online Anda, maka angka total penjualan pun akan semakin tinggi sehingga Anda harus berusaha untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan CR yang ada.

Nah, demikianlah ulasan yang seputar langkah dan cara jualan online agar laris dan ramai pengunjung, semoga bermanfaat!

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.