5 Cara Jualan Online di Tahun 2018

Saat ini memulai bisnis online sangatlah mudah. Tapi karena kemudahannyalah banyak orang yang melakukannya dengan asal-asalan. Untuk itu kita harus tau cara jualan online dengan benar, agar dapat sukses jualan dan mendapat keuntungan yang berlipat.

Sebelum anda melangkah lebih jauh kepada hal yang bersifat teknis, berikut ini ada beberapa hal yang wajib anda ketahui sebelum memulai.

Persiapan Jualan Online

Sebelum Anda memulai berjualan secara online, terlebih dahulu Anda harus memiliki mindset atau pola pikir yang tepat. Ya, hal ini penting sekali untuk diperhatikan karena ada beberapa step atau langkah yang harus Anda lakukan sebelum nantinya mulai membuka toko online tersebut. Sedangkan untuk langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

Fokus 

Jika Anda ingin memiliki toko online yang laris dan ramai pengunjung maka Anda harus menjadi pribadi yang fokus. Dalam hal ini, Anda harus rela mengorbankan tenaga, waktu, dan pikiran untuk mengelola toko tersebut nantinya. Walaupun pada dasarnya toko online tidak benar-benar memerlukan seorang ‘penjaga’, namun Anda harus tetap mengawasi perkembangan toko online tersebut, baik dari segi pemberian promosi ataupun ketangkasan dalam melayani pertanyaan konsumen.

Belajar

Kita pastinya sudah tahu bahwa menuntut ilmu adalah hal yang penting. Demikian pula dengan ilmu berwirausaha secara online, Anda harus menjadi pribadi yang selalu haus akan ilmu dan tidak pernah berhenti belajar. Untuk mempelajari tentang ilmu kewirausahaan ini bisa Anda dapatkan melalui membaca beberapa buku dan dengan cara mengambil pelajaran dari setiap peristiwa dan pengalaman yang ada.

Sharing 

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, Anda tidak boleh berhenti belajar dan harus selalu haus akan ilmu. Lalu, salah satu cara belajar yang tergolong sangat efektif ialah belajar melalui seorang ahli. Ya, Anda bisa sharing dengan kerabat yang sudah lebih dulu terjun ke dunia wirausaha online. Dengan demikian Anda juga bisa mendapat tips ataupun manis-pahitnya pengalaman mereka.

Attitude 

Attitude atau sikap juga menjadi tolak ukur dari keberhasilan Anda dalam berjualan secara online. Apabila Anda tidak bisa bersikap dengan baik kepada para konsumen, maka mereka juga akan enggan bertanya seputar produk-produk yang ditawarkan dan akhirnya beralih ke lapak lain. Untuk itu, pastikan Anda menjadi seorang owner yang ramah walaupun para konsumen bertanya panjang-lebar.

Gaul 

Selain memiliki sikap yang ramah, Anda juga wajib memiliki pribadi yang gaul dan melek media. Dengan demikian, Anda pun bisa mengetahui tentang ketertarikan mayoritas konsumen saat ini dan Anda juga bisa memanfaatkan berbagai teknologi internet, khususnya sosial media untuk ajang promosi secara gratis.

Pasar Dulu Baru Produk

Hal terakhir yang harus tertanam dalam mindset Anda adalah mengetahui pangsa pasar terlebih dahulu sebelum asal dalam mengeluarkan produk. Jadi, ketika Anda ingin membuka usaha untuk pangsa pasar muda-mudi atau mahasiswa maka Anda juga harus memiliki produk yang relatif murah dan kekinian. Jangan sampai sebaliknya, pangsa pasar adalah mahasiswa, namun produk yang dikeluarkan sangat mewah dan terlalu mahal.

Cara Jualan Online agar Laris dan Ramai Pembeli

1. Mencari Pasar

Sebelum memulai aktifitas bisnis, yang harus anda miliki terlebih dahulu adalah pasar. Anda harus mulai mencari pangsa pasar yang potensial. Cobalah melihat aktifitas jual beli online saat ini, lalu bandingkan barang apa saja yang sedang laris dipasaran.

Setelah itu, Anda akan mengetahui bahwa selera konsumen sangatlah berbeda-beda dan cenderung bisa menjadi sama terhadap barang-barang yang sedang trend. Dalam hal ini bukan berarti Anda harus mengikuti arus trend melainkan Anda wajib memberi inovasi baru dalam arus tersebut agar dapat menarik perhatian konsumen secara luas.

2. Traffic

Anda juga harus siap untuk selalu mengawasi trafik dari toko online Anda. Dengan memantau trafik para pengunjung, Anda pun bisa mengetahui apakah promosi yang selama ini dilakukan sudah benar-benar efektif atau justru ada yang kurang. Jadi, selalu awasi trafik dari jumlah pengunjung harian toko online Anda, semakin tinggi trafiknya, maka semakin besar kemungkinan produk yang terjual.

3. Menentukan Produk 

Produk usaha yang terbaik tentulah produk yang dikuasai oleh sang pemiliknya. Untuk itu, akan jauh lebih baik apabila Anda menentukan produk jual yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Selain itu, pastikan juga produk tersebut bisa meraih pangsa pasar konsumen yang sudah ditentukan.

4. Conversion

Hal penting yang harus diperhatikan ialah Conversion Rate atau yang juga sering disebut sebagai CR. Ya, CR ini merupakan angka dari presentase jumlah pengunjung lapak online Anda yang melakukan transaksi. Sedangkan untuk cara perhitungannya ialah dengan menjumlah total pengunjung dan kemudian membaginya dengan jumlah pengunjung yang benar-benar melakukan transaksi.

Jadi, pada intinya, semakin tinggi pengunjung dan semakin tinggi CR dari lapak online Anda, maka angka total penjualan pun akan semakin tinggi sehingga Anda harus berusaha untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan CR yang ada.

Nah, demikianlah ulasan yang seputar langkah dan cara jualan online agar laris dan ramai pengunjung, semoga bermanfaat!