Cara Install WordPress

WordPress memiliki keunggulan dan kegunaan yang sangat beragam. Maka tidak heran jika banyak orang yang menggunakan WordPress untuk berbagai hal dan keperluan. Untuk proses instalasi juga bisa dilakukan dalam berbagai cara dan sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini cara install wordpress baik secara manual atau menggunakan aplikasi sehingga mempermudah pengguna.

Cara Install WordPress Di Cpanel Dengan Softaculous

Salah satu cara untuk menginstall WordPress adalah melalui fitur auto install website WordPress yang disediakan oleh Niagahoster. Seseorang hanya perlu mencentang kolom gratis auto install website sebelum checkout untuk mendapatkannya. Berikut ini langkah cara install WordPress di Niagahoster, diantaranya :

  1. Login Ke Cpanel
    Alamat Cpanel adalah https://domainanda.com/cpanel. Ganti domainanda.com dengan domain anda sendiri.
    Jika anda lupa password segera hubungi hosting masing-masing :

    cara install wordpress login cpanel
    cara install wordpress login cpanel
  1. Pilih Menu Hosting Dan Domain

Setelah berhasil membuat akun atau login ke member area, kemudian pengguna bisa memilih menu hosting dan domain yang berada di sebelah kiri. Di sana pengguna akan menemukan beragam menu lain yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilih Hosting

Selanjutnya pengguna bisa memilih hositng yang ingin diinstall menggunakan website WordPress. Dengan memilih hosting yang akan diinstall tentu tidak akan lebih memudahkan dalam proses penginstallan.

  1. Install WordPress Pada Perangkat

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pengguna adalah install WordPress pada perangkat. Pengguna bisa pilih install website untuk bisa menginstall wordpress secara otomatis pada akun hosting dari pengguna. Langkah ini harus dilakukan agar pengguna bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

  1. Klik Install Dan Isi Data

Pengguna bisa klik install pada kolom yang tersedia dan mengisi data yang diminta. Pengguna bisa mengisi data yang disediakan secara lengkap oleh website. Beberapa data tersebut diantaranya nama domain, judul website, deskripsi, admin user, dan admin password pengguna. Setelah itu bisa klik install dan WordPress pun sudah bisa digunakan.

Cara Install WordPress Manual

FTP sendiri adalah singkatan dari File Transfer Protocol yang memungkinkan pengguna untuk menggunggah file dari komputer ke hosting pengguna. Ada beberapa software FTP yang tersedia, salah satunya adalah Filezilla. Berikut ini langkah cara install WordPress secara manual menggunakan filezilla, antara lain :

  1. Unduh File Instalasi WordPress Di Situs Resmi

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengguna untuk bisa install WordPress adalah mendownload file instalasi wordpress dari situs resminya. Hal ini bertujuan agar terhindar dari malware atau virus yang bisa merusak PC. File yang diunduh melalui situs resmi berbentuk ZIP. Selanjutnya pengguna bisa mengompres file tersebut menggunakan aplikasi WinRAR.

  1. Unggah File Menggunakan Filezilla

Setelah mendownlaod file dan mengompresnya, selanjutnya pengguna harus mengunggah file menggunakan filezilla. Pengguna harus memahami bahwa dalam menggunggah file tersebut membutuhkan koneksi antara file manager di komputer dan di hosting.

Apabila pengguna sudah berhasil menghubungkan file manager di komputer dengan hosting, maka selanjutnya pengguna bisa mengunggah file instalasi. File tersebut bisa diunggah melalui kolom yang terletak pada sebelah kiri di Filezilla. Setelah semua file diunggah selanjutnya pengguna hanya perlu mengklik kanan lalu pilih tombol “upload”.

  1. Buat Database

Ketika pengguna sudah berhasil menggunggah semua file wordpress ke direktori hosting, maka selanjutnya adalah membuat database berupa MySQL. Bagi yang belum memahami cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan membuka MySQL Databases pada control panel Niagahoster.

Setelah itu pengguna bisa langsung mengklik pada menu control panel yang tersedia di Niagahoster. Apabila tidak menemukan maka bisa  mencarinya di kolom pencarian control panel dengan kata kunci MySQL Databases. Pada saat membuka MySQL Databases, pengguna harus memasukkan informasi seperti nama database MySQL, username dan juga password.

  1. Mulai Jalankan Instalasi Untuk WordPress

Pengguna bisa melanjutkan proses instalasi dengan membuka domain di browser setelah selesai membuat database MySQL. Pengguna bisa memilih bahasa yang akan digunakan di WordPress. Jika sudah pengguna bisa  klik Let’s Go untuk memulai mengisi informasi atau data pada database MySQL yang sebelumnya sudah dibuat.

Informasi yang harus diisikan oleh pengguna pada database MySQL cukup sederhana dan mudah. Beberapa data atau informasi tersebut diantaranya nama database, username, password, database host dan table prefix. Jika sudah lengkap bisa dilanjutkan klik run to install untuk proses instalasi. Klik run to install da isilah informasi website dan administrator yang diminta.

  1. Instalasi Selesai

Setelah semua langkah dilakukan dengan baik, maka pengguna sudah bisa langsung login karena poses instalasi telah selesai. Pengguna bisa login ke admin WordPress yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah login ke admin, maka pengguna sudah bisa menggunakan WordPress untuk berbagai keperluan.

Cara Install WordPress Di Localhost

Cara install wordpress di localhost dimaksudkan untuk instalasi wordpress untuk komputer sendiri tanpa harus online. Hal ini dilakukan biasanya untuk melakukan tes sebelum website tersebut benar-benar online.

Sebelum membahas lebih jauh, tentu anda harus memahami apa itu localhost.

Apa Itu Localhost?

Menurut TechTerms localhost adalah sebagai berikut.

Localhost adalah komputer tempat suatu program sedang berjalan.

Misalnya, jika Anda menjalankan browser Web di komputer Anda, komputer Anda dianggap sebagai “localhost”. Dalam hal ini, yang dimaksud localhost adalah komputer yang anda gunakan.

 

Cara Install WordPress Di XAMPP

Bagi pengguna yang ingin install WordPress di XAMPP juga sangat mudah untuk dilakukan. XAMPP sendiri berfungsi untuk menjalankan script PHP yang terdapat pada localhost maupun komputer. Proses tersebut tidak membutuhkan koneksi internet jadi bisa dilakukan dalam keadaan offline dan berikut ini cara mudahnya.

  1. Buatlah Database Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan proses instalasi, pengguna terlebih dahulu harus membuat database MySQL. Pengguna bisa mengakses http://localhost/phpmyadmin. Pengguna bisa klik pada tab databases, lalu masukkan nama database pada kolom create database untuk melanjutkan. Database dibuat menggunakan WP, jika sudah bisa klik tombol create.

  1. Download Database WordPress Dan Kelola Detailnya

Apabila database sudah berhasil dibuat, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengunduh file instalasi WordPress pada link yang sudah disediakan. Jika sudah bisa slain file tersebut ke dalam folder htdocs, C:\xampp\htdocs. Agar dapat menginstall di XAMPP, file sebelumnya harus diekstrak terlebih dahulu menggunakan winRAR.

Setelah file diekstrak, selanjutnya bisa rename folder wordpress sesuai dengan keinginan pengguna, salah satunya adalah WP. Selanjutnya pengguna bisa buka  WP lalu pilih file wp-config-sample.php. jika sudah nama tersebut bisa diganti  menjadi wp-config.php. Untuk menemukan code detail database pengguna bisa scroll ke bawah. Selanjutnya  bisa mengubah baris kode sesuai dengan detail database yang sebelumnya pernah dibuat oleh pengguna.

     3.Lakukan Instalasi WordPress

Selanjutnya pengguna sudah bisa melakukan instalasi wordpress dengan membuka browser dan mengetikkan URL http://localhost/wp/. Nanti akan muncul tampilan dimana pengguna bisa memilih bahasa yang diinginkan. Jika sudah bisa klik tombol continue.

Setelah itu pengguna bisa memasukkan detail sebagai berikut :

  • Database name : isi dengan nama database, salah satunya WP
  • Username : isi dengan root
  • Password : pada bagian ini boleh dikosongkan, jika sudah bisa klik submit.
  • Klik tombol run to install : untuk mulai menginstall bisa klik tombol tersebut.

Jika sudah, pengguna akan kembali diminta untuk memasukkan atau menuliskan  detail mengenai web WordPress. Data yang diminta seperti di bawah ini :

  • Site title : judul utama website
  • Username : nama yang digunakan untuk login ke dashboard
  • Password : untukbisa masuk atau login ke dashboard wordpress
  • Email : alamat email yang masih aktif agar bisa untuk verifikasi
  1. Instalasi Selesai

Proses instalasi sudah selesai dan pengguna bisa login ke dashboard menggunakan username dan password yang sudah dibuat. WordPress pun sudah mulai bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dashboard juga bisa disetting sesuai dengan selera dari pengguna.

Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Wampserver

Pengguna juga bisa menginstall WordPress secara offline menggunakan aplikasi atau software bernama Wampserver. Berikut ini beberapa langkah cara install wordpress manual dengan menggunakan Wampserver, antara lain :

  1. Unduh Dan Install Wampserver

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja mengunduh terlebih dahulu Wampserver lalu diinstall pada komputer. Untuk mengunduhnya sendiri bisa langsung masuk melalui website Wampserver.

Dengan menggunakan Wampserver, maka pengguna bisa menjalankan PHP, MySQL, dan apache pada sistem operasi windows. Sebelum mengunduhnya, harus benar-benar dipastikan bahwa bahwa versi yang dipilih sesuai dengan windows dari pengguna yaitu 32 bit maupun 62 bit.

  1. Lakukan Instalasi Wampserver

Jika sudah selesai diunduh, pengguna bisa langsung menginstallnya dengan mengikuti petunjuk yang sudah tersedia. Pengguna bisa memulai instalasi pada direktori C:\wamp64\. Selai itu wampserver juga akan menanyakan browser mana yang akan digunakan sehingga akan jauh lebih praktis. Untuk installnya sendiri bisa dilakukan pada browser default (internet explorer) atau google chrome.

Proses instalasinya cukup mudah dan singkat. Namun apabila pengguna menggunakan Skype, disarankan untuk menutup aplikasinya terlebih dahulu. Hal ini karena aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan Wampserver atau bisa menimbulkan gangguan. Jika sudah maka Wampserver sudah bisa dibuka.

  1. Buat Database WordPress

Pengguna perlu membuat database website WordPress terlebih dahulu sebelum memulai proses instalasi. Untuk melakukannya, pengguna bisa langsung membuka Wampserver dan pilih phpMyAdmin.

Nanti akan muncul URL /localhost/phpmyadmin/ ketika pengguna membuka browser. Pengguna bisa melihat layar login dari phpMyAdmin tersebut dan jika menemukan kesalahan bisa menonaktifkan Skype dan merestart browser terlebih dahulu. Masukkan detail untuk bisa login ke phpMyAdmin setelah sebelumnya Wampserver menginformasikan bahwa username menggunakan root dan password kosong secara default.

Pengguna bisa memillih databases dan masukkan nama baru pada kolom di bawah tombol creat database. Selanjutnya bisa klik creat, dan pengguna bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  1. Install WordPress Di Windows Komputer

Langkah selanjutnya untuk dapat mengisntall WordPress tentu saja dengan mendownload terlebih dahulu aplikasinya. Pengguna bisa masuk ke website Wordress.org dan mendownload versi terbaru dari WordPress. Jika sudah diunduh, maka selanjutnya bisa memindahkan file ke document root dari Wampserver.

File tersebut secara default terletak di direktori www di dalam direktori wamp64 sehingga jika ingin mengaksesnya bisa langsung membukanya. Direktori tersebut bisa ditemukan di C/wamp64/www/. Selanjutnya ekstrak file ke dalam direktori www dan website sudah bisa diakses.

Pengguna bisa membuka browser yang sudah ditentukan dan akses link localhost/wordpress/. Pilih bahasa yang akan digunakan dan setelah itu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  1. Isi Formulir Detail Database

Pengguna akan diminta untuk mengisi formulir yang tersedia guna memenuhi detail database. Berikut ini hal-hal yang harus diisi, antara lain :

  • Database name: Masukkan nama database yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna. Salah satu contohnya adalah wordpress_123.
  • Username: pengguna bisa menggunakan username MySQL default yaitu root.
  • Password: untuk password sendiri bisa dikosongkan.
  • Database host: bagian ini diisi dengan localhost.
  • Table prefix: tidak perlu mengubahnya jika memang tidak menginginkan. Namun disarankan untuk menggunakan wp_.
  1. Klik Submit

Jika semua detail sudah terisi, maka pengguna bisa langsung klik submit dan lanjut ke tahap selanjutnya. Pengguna akan menemukan tampilan halaman atau beranda untuk memasukkan beberapa informasi mengenai WordPress yang sudah disediakan. Pengguna bisa mengubahnya pada lain waktu sehingga untuk saat ini bisa mengisi secara singkat saja.

Beberapa yang harus diisi diantaranya :

  • Site title: Judul website WordPress dari pengguna
  • Username: Username untuk admin area website WordPress pengguna
  • Password: Password untuk user admin dari website WordPress pengguna
  • Your email: Alamat email aktif pengguna dari administrator website WordPress

Jika sudah maka bisa klik tombol install WordPress dan proses instalasi pun akan segera dimulai. Selanjutnya pengguna bisa login ke dashboard admin WordPress dengan cara mengakses /localhost/wordpress/wp-admin/. Jika sudah masukkan username dan password administrator yang sudah dibuat. Jika dashboard admin bisa diakses dengan baik, berarti proses pemasangan atau instalasi WordPress sudah berhasil dilakukan.

Cara Install WordPress Di VPS

Bagi pengguna yang ingin memasang WordPress menggunakan layanan VPS juga sangat mudah untuk dilakukan. Salah satu cara untuk mengelola VPS yaitu menggunakan Webuzo di Niagahoster. Berikut ini beberapa langkah cara yang bisa dilakukan, antara lain :

  1. Login Dan Pilih Menu Endurser Panel

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah login ke panel VPS Webuzo. Jika sudah maka pengguna bisa langsung memilih menu Endurser panel yang ada pada dashboard Webuzo pengguna.

  1. Klik Go to Control Panel

Setelah memilih menu Endurser panel di dashboard Webuzo, maka selanjutnya pengguna bisa mengklik keterangan go to control panel. Pengguna bisa dengan mudah menemukannya karena terletak di bagian menu kanan atas.

  1. Klik Software

Jika sudah, pengguna bisa melanjutkan dengan mengklik software kemudian pilih General Scripts. Pada general scripts tersebut pengguna bisa menceklis script untuk WordPress. jika sudah maka selanjutnya bisa klik update setting yang berada di atasnya. Selanjutnya pengguna akan mendapatkan pemberitahuan yang berisi bahwa setting sudah sukses. Hal tersebut menandakan bahwa proses atau update setting telah berhasil dilakukan.

  1. Ketikkan WordPress Dan Mulai Install

Pengguna bisa mengetikkan WordPress pada kolom pencarian panel VPS Webuzo. Selanjutnya klik install now atau install sekarang untuk memulai pemasangan wordpress. sekilas tampilan installer wordpress webuzo hampir sama dengan aplikasi atau software Auto Installer Softaculous. Hal tersebut dikarenakan mereka berasal dari perusahaan yang sama.

  1. Isi Data Dengan Benar Dan Tepat

Pengguna akan diminta untuk mengisikan beberapa hal yang dianggap penting. Beberapa data yang harus diisi antara lain :

  • Choose protocol : disarankan memasang di protokol HTTPS bagi yang sudah memiliki SSL yang terpasang.
  • Choose domain : pengguna bisa memilih di sini jika sudah memilki subdomain atauadd-on domain di cPanel.
  • In directory : bagian ini boleh dikosongkan apabila pengguna memasang wordpress pada domain utama.
  • Site name : tulislah nama website wordpress pengguna
  • Site description : masukkan deskripsi secara singkat tentang werbsite pengguna
  • Email multisite : pada fitur ini akan memungkinkan untuk membuat banyak website dengan instalasi wordpress yang sama. Apabila ingin menggunakannya, bisa klik fitur ini.
  • Admin untuk username : pada bagian ini pengguna bisa mengisi username administrator website.
  • Password :pada bagian ini isilah password untuk akun administrator di atas
  • Admin email : masukkan atau daftarkan email yang aktif untuk menerima notifikasi dan permintaan reset password.
  • Select language : pilihlah bahasa yang digunakan pada wordpress lalu bisa pilih tema yang tersedia di sana.
  1. Klik Install

Jika semua data sudah terisi dengan lengkap dan tepat, selanjutnya pengguna bisa klik install. Dengan mengklik tombol install maka tahap pemasangan wordpress di VPS melalui Webuzo sudah selesai dan WordPress bisa langsung digunakan.

Nah itulah beberapa cara install WordPress yang menjadi referensi bagi pengguna. Untuk menginstallnya maka pengguna bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Cara instalasi WordPress di atas sangat mudah dan praktis untuk dilakukan oleh pengguna. Selain itu prosesnya juga cepat sehingga pengguna bisa segera menggunakan WordPress jika instalasi sudah selesai dilakukan.

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.