Just another LandingpageID site

Cara Install WordPress

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai domain, hosting, dan aplikasi cPanel yang digunakan untuk mengelola website kita, berikutnya kita akan mencari tahu bagaimana untuk menginstall WordPress di hosting kita. Sebenarnya selain cPanel, masih ada aplikasi lain seperti Kloxo atau Plesk, namun yang paling banyak digunakan dan kami sendiri gunakan adalah cPanel. Sedangkan untuk menginstall WordPress, sebenarnya cukup mudah, bahkan kalau sudah terbiasa ini termasuk hal kecil saja.

Artikel ini merupakan bagian dari tutorial Cara Membuat Website Sendiri. Sebuah panduan gratis dimana anda diajarkan tata cara bagaimana membangun sebuah website dari nol.

Ada 3 alasan kenapa panduan Cara Membuat Website Sendiri ini pas untuk anda :

  • Khusus Pemula
    Jika anda adalah pemula, maka jangan khawatir panduan ini memang dibuat untuk anda. jadi akan gampang banget untuk di ikuti.
  • Sehari Jadi
    Jika anda serius mempraktekkan setiap langkah dalam panduan ini, maka besok anda sudah bisa membuat website sendiri.
  • Konsultasi Gratis
    Klo masih bingung juga, anda dapat konsultasi gratis langsung bersama saya. Caranya nanti akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bagi anda yang berminat mempelajarinya dari awal silakan klik tombol berikut.

Berikut ini akan kami jelaskan proses yang singkat, yang tidak rumit, sehingga cocok untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu hanya untuk mengurus masalah website. Dalam waktu sebentar, blog atau website anda yang berbasis WordPress sudah jadi dan bisa online! Semakin cepat pengaturan, semakin cepat pula website anda jadi dan semakin cepat dapat ditemukan oleh pengunjung dunia maya.

Kami menyarankan anda menggunakan bantuan dari aplikasi auto installer, yang memungkinkan beberapa aplikasi website terinstal di komputer anda dalam beberapa menit saja. Bukan sulap bukan sihir, meskipun waktunya cuma sebentar, tapi item-item yang ada di dalamnya dijamin mempermudah kehidupan website anda. Tidak perlu repot mencari dimana mendownloadnya, karena aplikasi ini sudah tersedia di dalam cPanel. Softaculous, Fantastico de Luxe, dan Quick Install adalah tiga aplikasi auto installer yang paling banyak digunakan. Tapi kali ini, kita spesialkan saja untuk membahas dua yang pertama, yaitu Softaculous dan Fantastico de Luxe.

Kalau anda ingin menggunakan aplikasi lain bagaimana? Kurang lebih sebenarnya sama saja langkah-langkahnya. Yang penting anda dapat memahami dengan baik dan kalau bisa menghafal part-part alias elemen-elemen yang penting dalam membuat website WordPress, diantaranya adalah nama database, username dan password, email aktif yang anda gunakan, nama admin, serta nama domain yang akan anda gunakan.

Untuk menginstall WordPress dengan Softaculous, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, masuk ke cPanel dengan mengetikkan alamat http://namadomain.com:2082 atau http://namadomain.com/cpanel di browser anda. Pilih salah satu saja. Berikutnya, masukkan username dan password akun cPanel anda yang sebelumnya sudah diberikan oleh penyedia hosting anda. Jika anda belum memilikinya atau lupa, anda bisa melihat ulang email aktivasi akun hosting dan melihat informasi akun anda di sana.login cpanel
  • Berikutnya yang kedua, carilah aplikasi Softaculous pada admin page di cPanel. Klik aplikasi Softaculous, tunggu selama anda diarahkan ke halaman pilihan aplikasi website. Diantara yang banyak, anda langsung pilih saja WordPress. Atau jika anda ingin lebih cepat, langsung saja cari logo WordPress yang berlambang W. Jika anda tidak menemukannya, ketikkan Ctrl+F lalu masukkan nama WordPress. Segera setelah anda menemukannya, klik aplikasi tersebut. Tunggu selama proses agar anda langsung diarahkan ke halaman untuk menginstal WordPress.softaculous
  • Jika anda sudah sampai ke halaman untuk penginstallan WordPress seperti di bawah ini, langsung klik tab Install.install wordpress
  • Berikutnya, isikan data-data yang diperlukan pada form yang telah disediakan. Isi secara lengkap dan benar. Kenapa harus benar juga? Mungkin anda malas mengisikan email asli anda karena takut akan dikirimi newsletter yang lama-kelamaan akan menumpuk. Tapi untuk hal semacam ini, email aktif adalah wajib karena informasi-informasi yang dikirimkan adalah penting. Jika anda tidak mengisi dengan benar dan lengkap, jangan heran jika gagal nantinya. Informasi yang perlu diisi antara lain:
    • Choose Protocol, di sini anda bisa memilih antara http://www atau http:// saja. Anda juga dapat menggunakan https jika domain anda mendukung SSL. Apa itu SSL? Jika anda belum paham maka lebih baik sebagai langkah awal pilih yang standard saja yaitu http.
    • Choose domain, di sini anda harus memilih domain mana yang akan diinstal WordPress
    • In directory, jika anda belum mengerti sebaiknya Dikosongkan saja. Ingat dikosongkan saja, agar instalasi anda tidak gagal nantinya. Kenapa harus begitu? Nanti akan kita bahas pada postingan berikutnya.
    • Site name, isi field ini dengan nama atau judul yang anda inginkan sebagai situs anda
    • Site description, isi field ini dengan penjelasan singkat atau tagline mengenai situs anda
    • Username, adalah nama pengguna yang akan anda gunakan saat login ke halaman dashboard admin WordPress. Meskipun mudah diingat, namun kami sarankan jangan menggunakan kata “admin”. Kenapa? Karena kata ini sudah terlalu banyak dipakai dan mudah sekali ditebak.
    • Password, digunakan untuk login seperti kata sandi lain yang biasa. Hindari password yang terlalu mudah ditebak
    • Email, isikan dengan email anda yang aktif. Seperti dikatakan di awal tadi, mau tidak mau melalui email inilah informasi penting akan dikirimkan oleh WordPress.proses install wp
  • Setelah semuanya terisi, tinggal klik Install dan, penginstalan sudah selesai!

Lalu bagaimana caranya jika menggunakan Fantastico?

  • Sama seperti langkah sebelumnya, pergi ke cPanel anda dengan mengetikkan http://namadomain.com/cpanel atau http://namadomain.com:2082, dengan mengganti namadomain dengan nama domain asli anda.
  • Setelah anda memasukkan username dan password, anda akan masuk ke jendela cPanel tersebut. Anda akan melihat banyak item yang tersedia. Kemudian arahkan ke bagian software, klik Fantastico de Luxo.tampilan fantastico
  • Setelah Fantastico terbuka, cari installer WordPress dengan memilih ikon WordPress, dan klik Install WordPress.
  • Isikan semua data yang diperlukan secara benar dan lengkap. Data-data yang diperlukan adalah sama dengan saat anda menginstal menggunakan Softaculous. Choose Protocol untuk memilih protokol yang anda gunakan, apakah http://, https://, atau http://www. Choose domain, digunakan untuk mengisikan nama domain anda. Kosongkan bagian In Directory karena jika anda isi, nantinya website anda bisa terdaftar sebagai sub-directory website lain, kacau deh! Site name dan site decription diisikan dengan nama website dan deskripsi singkat mengenai website anda. Username dan password digunakan untuk keperluan login. Kemudian jangan lupa isikan email anda yang aktif untuk dikirimi informasi penting.menginstal dengan fantasico
  • Klik Install sebagai langkah terakhir, dan selesai!proses menginstall wordpress-selesai

Mana yang menurut anda lebih simple, pakai Softaculous atau Fantastico? Bagaimana kalau anda mau menggunakan Quick Install? Manapun aplikasi auto installer yang anda pilih, semuanya memungkinkan anda untuk menginstall WordPress dengan lebih mudah asal anda memahami elemen-elemen yang ada dalam WordPress.