Just another LandingpageID site

Cara Instal Plugin WordPress

Pada dasarnya fungsi dari WordPress self hosted bisa dibilang tidak beda jauh dengan WordPress.com, atau Blogger, Tumblr ataupun CMS yang lainnya. Hanya saja yang membedakan WordPress dengan yang lainnya adalah keberadaan plugin. Dengan melakukan penginstallan plugin, maka nantinya Anda dapat menambahkan beberapa fitur yang Anda inginkan tanpa perlu menyentuh beberapa kode programming sedikitpun. WordPress sendiri memang terbilang memiliki banyak plugin, bahkan sangat banyak. Pada direktor resminya sendiri terdapat lebih dari 40.000 plugin yang disediakan dan tentunya gratis. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan belajar bagaimana cara untuk bisa menginstall plugin WordPress, dan berikut ini adalah langkahnya:

Menginstall Plugin Dari Direktori Resmi Secara Gratis

Yang pertama adalah cara untuk melakukan instalasi plugin secara gratis yang berasal dari direktori resmi, dan berikut ini beberapa langkahnya:

  1. Yang pertama adalah Anda dapat membuka dashboard WordPress, Anda bisa masuk ke http://namadomain,com/wp-admin, kemudian bisa masuk ke menu Plugins>Add New.
  2. Kemudian yang kedua adalah mencari plugin yang akan Anda butuhkan, terdapat beberapa plugin yang bisa dibilang terbaik dan perlu untuk Anda install. Untuk bisa melihat plugin yang populer, maka Anda bisa mengeklik tab Popular, kemudian jika plugin yang Anda inginkan, dan ingin Anda install, maka Anda tinggal mengeklik tab install.
  3. Dan untuk langkah yang terakhir adalah untuk mengaktifkan plugin tersebut, maka Anda dapat mengeklik tombol Activate.

Menginstall Plugin Tanpa Melalui Direktori Resmi

Kemudian untuk yang kedua adalah cara untuk menginstal plugin yang tidak resmi, jika Anda membeli ataupun mendapatkan suatu plugin dari tempat lain, contohnya CodeCanyon ataupun lainnya, maka cara yang diatas tidak dapat dilakukan. Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan cara yang lainnya seperti berikut ini:

  1. Yang pertama adalah mendownload plugin, untuk plugin yang sudah siap untuk diinstall memiliki format .zip. namun Anda juga perlu mengecel kembali di dalamnya, jika di dalam file tersebut terdapat file .zip lagi, maka Anda oerlu mengeluarkan file .zip yang ada di dalamnya. Pada intinya adalah di dalam .zip tersebut, Anda harus memiliki 1 folder dengan nama yang sama seperti halnya dengan judul plugin tersebut.
  2. Kemudian untuk langkah yang kedua adalah mengupload ke WordPress melalui dashboard. Anda dapat masuk ke dalam menu Plugins>Add New. Kemudian klik tombol Upload Plugin dan pilihlah file .zip yang mana sebelumnya sudah didownload. Setelah proses upload tersebut selesai, maka Anda mengeklik tombol Activate. Selain itu juga bisa mengupload ke WordPress melalui FTP, cara ini merupakan alternatif pilihan lain untuk Anda yang memang tidak dapat menginstall plugin melalui dashboard. Untuk caranya sendiri adalah Anda bisa membuka Cpanel dengan alamat http://namadomain.com/cpanel kemudian lakukan login. Kemudian masuk ke aplikasi File Manager, lalu masuk ke direktori public_html/wp-content/plugin/, nantinya Anda akan melihat beberapa direktori plugin. Setelah itu Upload .zip tersebut dan setelah proses upload selesai, maka lakukan extract .zip tersebut lalu Anda bisa masuk ke menu Plugins>Installed Plugins, kemudian cari judul plugin yang mana baru saja Anda upload, setelah itu klik tombol Actived, dan prosesnya selesai.

Artikel ini merupakan bagian dari tutorial Cara Membuat Website Sendiri. Sebuah panduan gratis dimana anda diajarkan tata cara bagaimana membangun sebuah website dari nol.

Ada 3 alasan kenapa panduan Cara Membuat Website Sendiri ini pas untuk anda :

  • Khusus Pemula
    Jika anda adalah pemula, maka jangan khawatir panduan ini memang dibuat untuk anda. jadi akan gampang banget untuk di ikuti.
  • Sehari Jadi
    Jika anda serius mempraktekkan setiap langkah dalam panduan ini, maka besok anda sudah bisa membuat website sendiri.
  • Konsultasi Gratis
    Klo masih bingung juga, anda dapat konsultasi gratis langsung bersama saya. Caranya nanti akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bagi anda yang berminat mempelajarinya dari awal silakan klik tombol berikut.