Cara Instal Plugin WordPress Dalam 20 detik

Untuk mendapatkan berbagai kelebihan wordpress, anda harus tahu cara instal plugin wordpress. Karena pada dasarnya, tanpa adanya plugin, fungsi dari WordPress self hosted bisa dibilang tidak beda jauh dengan WordPress.com, atau Blogger, Tumblr ataupun CMS yang lainnya. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk mempelajari segala hal terkait plugin. Lebih jauh mengenai plugin wordpress silakan baca pada artikel berikut.

Dengan mengetahui cara menginstal plugin wordpress, maka nantinya Anda dapat menambahkan beberapa fitur yang Anda inginkan TANPA perlu menyentuh kode programming sedikitpun.

WordPress sendiri memiliki banyak plugin, bahkan sangat banyak. Pada direktor resminya terdapat lebih dari 55.000 plugin yang disediakan secara gratis. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan belajar bagaimana cara untuk bisa menginstall plugin WordPress.

Memahami Cara Instal Plugin WordPress

Sebelum anda mempraktekkan cara install plugin ini, anda harus mengerti terlebih dahulu apa maksud kata install disini.

Dengan mengatakan saya sedang menginstal plugin A, itu berarti anda sedang berusaha menempatkan seluruh file beserta folder plugin A, pada folder https://domainanda.com/wp-content/plugins/. Tentu saja domainanda.com itu harus diganti dengan domain milik anda sendiri.

INGAT : konsep ini sangat penting, jadi silakan ketik pertanyaan anda pada kolom komentar jika anda masih belum memahami maksudnya.

Konsep ini akan tetap anda pakai dalam setiap pembuatan web berbasis wordpress. Selain itu, dengan memahami konsep ini akan memudahkan anda mengatasi beberapa masalah yang mungkin timbul nantinya.

Dengan memahami konsep ini, berarti anda sudah paham bahwa ada banyak sekali cara yang dapat anda coba untuk melakukannya. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas beberapa diantaranya.

Cara Install Plugin WordPress Dari Direktori Resmi Secara Gratis

Yang pertama adalah cara instalasi plugin wordpress secara gratis dari direktori plugin resmi wordpress.org, dan berikut ini beberapa langkahnya:

  1. Yang pertama adalah Anda dapat membuka dashboard WordPress, Anda bisa masuk ke http://namadomain,com/wp-admin, kemudian bisa masuk ke menu Plugins>Add New.
menu cara instal plugin wordpress
menu cara instal plugin wordpress
  1. Kemudian yang kedua adalah mencari plugin yang akan Anda butuhkan.
cara instal plugin wordpress dari direktori resmi
cara instal plugin wordpress dari direktori resmi
  1. Kemudian jika plugin yang Anda inginkan telah anda temukan, maka Anda tinggal mengeklik tombol install now. Misalkan kita coba menginstall plugin Classic Editor.
tombol cara instal plugin wordpress gratis
tombol cara instal plugin wordpress gratis
  1. Setelah anda klik, maka tombol akan berubah, yang menandakan proses instalasi sedang berlangsung. INGAT, jangan lakukan apapun pada saat proses ini berlangsung, anda hanya perlu menunggu. Jika lancar, proses ini hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Saat proses ini berlangsung, untuk sementara website anda tidak akan bisa diakses.
proses cara instal plugin wordpress gratis
proses cara instal plugin wordpress gratis
  1. Jika proses instalasi sudah selesai, maka tombol yang tadi anda klik akan berubah. Dan untuk langkah yang terakhir adalah untuk mengaktifkan plugin tersebut, maka Anda dapat mengeklik tombol Activate.
cara instal plugin wordpress selesai
cara instal plugin wordpress selesai

Menginstall Plugin Tanpa Melalui Direktori Resmi

Kemudian untuk yang kedua adalah cara untuk menginstal plugin yang tidak resmi, jika Anda membeli ataupun mendapatkan suatu plugin dari tempat lain, contohnya CodeCanyon ataupun lainnya, maka cara yang diatas tidak dapat dilakukan. Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan cara yang lainnya seperti berikut ini:

  1. Yang pertama adalah mendownload plugin, untuk plugin yang sudah siap untuk diinstall memiliki format .zip. namun Anda juga perlu mengecel kembali di dalamnya, jika di dalam file tersebut terdapat file .zip lagi, maka Anda oerlu mengeluarkan file .zip yang ada di dalamnya. Pada intinya adalah di dalam .zip tersebut, Anda harus memiliki 1 folder dengan nama yang sama seperti halnya dengan judul plugin tersebut.
  2. Kemudian untuk langkah yang kedua adalah mengupload ke WordPress melalui dashboard. Anda dapat masuk ke dalam menu Plugins>Add New. Kemudian klik tombol Upload Plugin dan pilihlah file .zip yang mana sebelumnya sudah didownload. Setelah proses upload tersebut selesai, maka Anda mengeklik tombol Activate. Selain itu juga bisa mengupload ke WordPress melalui FTP, cara ini merupakan alternatif pilihan lain untuk Anda yang memang tidak dapat menginstall plugin melalui dashboard. Untuk caranya sendiri adalah Anda bisa membuka Cpanel dengan alamat http://namadomain.com/cpanel kemudian lakukan login. Kemudian masuk ke aplikasi File Manager, lalu masuk ke direktori public_html/wp-content/plugin/, nantinya Anda akan melihat beberapa direktori plugin. Setelah itu Upload .zip tersebut dan setelah proses upload selesai, maka lakukan extract .zip tersebut lalu Anda bisa masuk ke menu Plugins>Installed Plugins, kemudian cari judul plugin yang mana baru saja Anda upload, setelah itu klik tombol Actived, dan prosesnya selesai.

 

Leave a Comment

Share via