Cara Dapat Uang dari Video Adsense

YouTube saat ini sudah menjadi salah satu ladang mencari uang dalam jumlah besar. Ada banyak sekali cara agar menjadikan YouTube sebagai ladang mencari uang. Sebagai platform yang banyak diakses, YouTube berpeluang menghasilkan uang dalam jumlah besar. Di dalam artikel ini akan dibahas lengkap mengenai cara dapat uang dari video adsense dengan memanfaatkan YouTube.

Mengapa Memilih YouTube?

YouTube merupakan salah satu platform yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan teknologi raksasa Google. Platform YouTube ini menyediakan banyak sekali video-video menarik untuk ditonton. Hingga kini ada banyak sekali content creator yang memilih YouTube untuk tidak sekedar berekspresi tetapi juga mendapatkan uang. Ini adalah alasan mengapa YouTube dipilih dibandingkan platform lainnya.

1. Paling Banyak Diakses oleh Orang Indonesia

Menurut survei dari salah satu asosiasi jasa internet di Indonesia membuktikan bahwa ada lebih dari 60% orang Indonesia yang menonton video menggunakan internet. Dari hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa orang Indonesia sangat gemar menonton video. Bila dilihat lebih luas, kesempatan untuk berinteraksi dengan para audien sangat tinggi dengan menggunakan video yang diunggah di YouTube.

2. Platform Video Utama

Sebetulnya saat ini ada banyak sekali platform video yang ada di internet, tidak hanya YouTube. Namun, popularitas YouTube masih menjadi raja dan mengalahkan platform-platform video yang ada di internet. Menurut survei, para pengguna internet di Indonesia memilih YouTube sebagai tempat untuk mencari konten-konten yang berkaitan dengan video.

3. YouTube lebih dari Televisi

Jargon YouTube lebih dari televisi tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Meski awalnya hanya sebuah lirik lagu, tetapi nyatanya keberadaan YouTube saat ini sudah menggeser televisi. Menurut sebuah survei pada tahun 2018, 53% orang Indonesia memilih untuk mengakses YouTube sehari-hari. Artinya, pamor YouTube sebagai media hiburan sudah mulai meninggalkan televisi.

Popularitas penonton televisi sendiri sudah sangat jauh berkurang karena apa yang disampaikan terlalu monoton dan kaku. Berbanding terbalik dengan YouTube yang bisa membuat pengakses bebas untuk memilih tontonan seperti apa yang diinginkannya. Popularitas YouTube ini semakin berkembang dibuktikan dengan banyaknya media televisi yang memiliki channel di YouTube secara resmi.

4. Tidak Harus Memiliki Banyak Pengikut (Subscriber)

Bila di sosial media seperti Twitter atau Instagram disebut dengan pengikut atau follower, YouTube memiliki istilah sendiri untuk seseorang yang mengikuti suatu channel. YouTube memberi nama subscriber. Jumlah subscriber ini seringkali dikaitkan dengan salah satu langkah untuk mendapatkan uang. Hal ini memang tidak keliru karena faktanya, uang akan mengalir pada channel yang memiliki banyak subscriber.

Namun, jumlah subscriber sendiri tidak menjadi patokan tetap untuk menentukan bisa mendapatkan uang dari YouTube. Berbagai brand biasanya masih tetap mengincar para pemilik channel yang memiliki jumlah pengikut kecil. Alasannya pengikut yang kecil ini meski memiliki jangkauan yang kecil tetapi lebih spesifik. Oleh sebab itu, brand dapat melakukan promosi dengan lebih tepat sasaran.

5. Siapapun Dapat Mencari Uang Melalui YouTube

Persaingan untuk mencari uang melalui televisi tentu sangat berat karena harus melalui proses yang sangat panjang. Proses mencari uang di televisi harus melalui proses audisi, casting, hingga kemudian menjadi seorang penampil di televisi. Hal tersebut juga masih belum menjamin pundi-pundi uang akan terus mengalir. Lain halnya dengan menggunakan YouTube.

Di YouTube semua memiliki peluang yang sama besarnya untuk meraup pundi-pundi uang. Setiap pengguna yang memiliki channel di YouTube bisa mulai mendapatkan uang meski tidak besar. Penggunanya juga bisa mencari uang secara mandiri mulai dari ide hingga eksekusi pengambilan gambar dan video. Hal ini akan membuat setiap konten kreator bisa berekspresi sebebasnya dalam membuat konten miliknya.

15 Cara Dapat Uang dari Video Adsense di YouTube

Sebelum memulai langkah untuk mendapatkan uang dari video di YouTube, yang harus ditanamkan pertama adalah pemahaman bahwa YouTube mencari konten berkualitas. Oleh sebab itu, pertama adalah bagaimana membuat konten yang berkualitas sehingga uang akan mengalir melalui channel YouTube melalui cara adsense. Berikut ini adalah cara dapat uang dari video adsense di YouTube mulai dari nol.

1. Memilih Konten yang Cocok

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa YouTube mencari konten-konten yang berkualitas, sehingga langkah pertama dari cara dapat uang dari video adsense di YouTube adalah memilih konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas merupakan konten yang menarik siapapun untuk menontonnya. Ada banyak sekali jenis konten yang ada di YouTube, beberapa di antaranya adalah:

a. Edukasi

Konten edukasi bisa berisikan dengan memberikan tambahan informasi kepada penontonnya. Tambahan informasi ini bisa didapatkan dari membaca berbagai artikel yang pemahamannya cukup rumit. Apalagi membaca juga merupakan hal yang membosankan, sehingga dengan membuat sebuah video edukasi tentu akan sangat membantu para penonton untuk memahami materi atau informasi.

b. Kecantikan

Konten kecantikan juga menjadi salah satu jenis konten yang banyak ditonton oleh orang Indonesia. Jenis konten kecantikan ini mungkin akan lebih cocok untuk para konten kreator perempuan. Dari jenis konten kecantikan ini ada beberapa video yang bisa dibuat seperti review produk kecantikan hingga tutorial make up dan hijab.

c. Kuliner dan Travel

Kuliner dan travel adalah dua hal yang saling terkait Umumnya orang yang traveling akan mencoba juga kuliner khas di daerah tersebut. Hal ini bisa menjadi alternatif konten yang menarik dan banyak ditonton. Selain itu, konten mukbang makanan juga menjadi yang paling banyak penontonnya.

d. Teknologi dan Game

Teknologi dan game merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Kreator bernama Pewdiepie saat ini tercatat sebagai pemilik channel dengan jumlah subscriber terbanyak nomor dua di dunia. Ia memilih untuk fokus dengan konten yang mengulas soal game. Selain itu ada juga konten review smartphone atau teknologi lainnya yang juga menarik banyak penonton.

e. Entertainment

Suka menyanyi atau melakukan dance cover bisa memilih jenis konten entertainment. Jenis konten entertainment bisa diisi dengan beberapa video cover lagu atau melakukan dance cover. Konten entertainment ini bukan tidak mungkin akan menarik banyak penonton. Raisa Andriana adalah salah satu artis yang terkenal berkat melakukan cover lagu dan diunggah pada channel YouTube-nya.

2. Riset Keyword

Kunci agar video yang diunggah cepat memiliki banyak penonton adalah berkat keyword atau kata kunci yang tepat. Oleh sebab itu, sebagai seorang kreator pemula, riset keyword untuk menentukan judul video sebuah langkah yang wajib hukumnya. Riset keyword ini berfungsi untuk menentukan judul yang tepat agar bisa masuk ke dalam halaman pencarian di YouTube.

Agar dapat membuat judul dan keyword yang tepat, bisa dengan memanfaatkan prediksi yang diberikan oleh YouTube pada kolom pencariannya. Selain menggunakan prediksi juga bisa menggunakan Google Trends. Dari dua hal tersebut nantinya akan muncul berbagai keyword yang sering dicari oleh para pengguna internet. Barulah setelah itu buat judul dengan memanfaatkan keyword tersebut.

3. Menggunakan High Retention Video

Istilah High Retention Video mungkin masih terdengar asing bagi kaum pemula dan sebagian banyak orang. Definisi High Retention Video adalah persentase rata-rata video yang ditonton oleh pengguna internet. Sebagai contoh, seorang kreator mengunggah sebuah video dengan durasi sepuluh menit, tetapi rata-rata orang menonton video tersebut dalam lima menit saja. Artinya, retensi dari video tersebut adalah 50%.

YouTube akan lebih mengutamakan video dengan tingkat retensi yang lebih tinggi agar pengguna internet mau lebih lama menghabiskan waktu berselancar di YouTube. Dari pengetahuan ini kemudian dapat diambil cara dapat uang dari video adsense berikutnya yaitu membuat video dengan retensi tinggi. Video dengan retensi tinggi lebih berpeluang muncul pada hasil teratas pencarian di YouTube.

4. Perhatikan Faktor Ranking YouTube

Selain dua faktor di atas, ada juga beberapa faktor lainnya yang akan membuat video yang diunggah muncul pada pencarian teratas di YouTube. Beberapa faktor yang akan menentukan ranking di YouTube antara lain:

a. Jumlah Komentar

Jumlah pengikut ternyata bukan satu-satunya faktor yang akan menentukan ranking suatu video dalam pencarian YouTube. Faktor pertama yang memengaruhi adalah jumlah komentar pada video tersebut. Semakin banyak komentar dalam video yang diunggah tersebut akan semakin tinggi pula pada ranking pencarian YouTube. Oleh sebab itu, pancinglah penonton untuk meninggalkan komentar pada video yang diunggah.

b. Jumlah Subscriber Setelah Menonton Video

Setelah komentar, faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi ranking di YouTube adalah jumlah subscriber setelah menonton video yang diunggah. Hal ini menjadi indikasi bahwa video yang diunggah sangat menarik bagi penonton sehingga penonton merasa perlu untuk mengikuti kreator pengunggah video. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila dalam video tersebut kreator meminta penonton untuk subscribe dan like.

c. Share Video

Video yang banyak dibagikan juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ranking suatu video di YouTube. Hal ini didasarkan pada kebiasaan penonton yang menunjukkan bahwa mereka cenderung akan membagikan video yang mereka suka. Tujuannya agar video tersebut lebih banyak ditonton oleh orang lain.

d. Click Through Rate (CTR)

Istilah CTR ini juga mungkin terdengar asing bagi para kreator. CTR bisa diartikan sebagai berapa orang yang menonton video tertentu setelah mengetik kata kuncinya. Sebagai contoh, video dengan kata kunci “sate ayam” muncul 1000 kali dalam pencarian YouTube. Kemudian ada 100 orang yang memilih untuk menonton video yang diunggah oleh kreator A. Maka video milik kreator A tersebut memiliki CTR sebesar 10 persen.

e. Durasi Video

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa video dengan durasi yang lebih lama memiliki kecenderungan untuk menempati ranking teratas dalam pencarian YouTube. Dari sini dapat disimpulkan agar membuat video yang berkualitas dengan durasi lama agar penonton tidak bosan.

5. Lakukan Optimasi pada Judul dan Deskripsi Video

Judul dan deskripsi video menjadi dua hal yang sangat penting untuk membuat video adsense menjadi sukses. Baik judul maupun deskripsi video merupakan rangkuman dari keseluruhan konten video yang diunggah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengoptimasi judul dan deskripsi video agar sesuai dengan video yang diunggah.

Dalam melakukan optimasi pada judul bisa dengan memanfaatkan hasil riset keyword sebelumnya. Kemudian tambahkan kata-kata yang dapat mengundang perhatian penonton seperti wow, hebat, dan sebagainya. Namun yang terpenting, judul yang digunakan haruslah singkat, padat, dan jelas, serta tidak melenceng dari video yang diunggah.

Selain judul, kreator juga harus melakukan optimasi pada bagian deskripsi video. Bagian ini akan membantu YouTube dan Google untuk mengetahui isi dari video yang diunggah. Agar dapat berjalan lancar, buatlah deskripsi video dengan minimal 250 kata lalu masukkan target keyword pada 25 kata pertama. Tidak lupa, ulangi target keyword tersebut sebanyak dua hingga empat kali dalam deskripsi.

6. Optimalkan Penggunaan Tag

Sama seperti pada blog, di dalam dashboard saat akan mengunggah video di YouTube juga ada pilihan tag. Agar cara dapat uang dari video adsense menggunakan YouTube bisa sukses, pastikan penggunaan tag ini berjalan secara maksimal. Adanya tag ini akan membuat Google dan YouTube untuk lebih mudah dalam memahami isi dari video yang diunggah tersebut.

Gunakan tag dengan menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan video yang akan diunggah. Fokuskan pada keyword yang akan menjadi sasaran lalu tambahkan beberapa variasi dari kata kunci tersebut. Kemudian, tambahkan kata kunci lain yang masih memiliki hubungan dengan keyword yang diincar. Penambahan tag ini bisa dilakukan melalui kolom yang berada di bawah deskripsi video.

7. Tambahkan Call to Action

Cara dapat uang dari video adsense selanjutnya adalah dengan menambahkan call to action atau CTA. Mungkin banyak yang bingung tentang apa itu CTA. CTA ini dalam pemahaman sederhana merupakan ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini, CTA yang dimaksud di YouTube adalah ajakan untuk melakukan like, subscribe, menambahkan komentar, atau klik link yang ada di deskripsi.

Hal ini sering diucapkan oleh para pembuat video dan sudah dimasukkan ke dalam videonya. Namun bisa juga dengan menambahkan ajakan tersebut pada bagian deskripsi. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa like, subscribe, dan komentar adalah hal-hal yang akan mempengaruhi ranking di YouTube. Oleh sebab itu, ajaklah penonton untuk melakukan like, subscribe, dan komentar agar ranking video naik.

8. Melakukan Promosi di Media Sosial

Seperti yang sudah dijelaskan pada cara dapat uang dari video adsense di atas bahwa membagikan video ke sosial media memberi pengaruh yang signifikan dalam ranking video di YouTube. Secara ideal yang diharapkan adalah orang lain yang membagikannya ke sosial media karena menyukai video yang ditontonnya. Namun, kenyataannya memang tidak seperti itu.

Secara pasif menunggu orang lain membagikan video ke sosial media mereka tentu tidak akan membuat video yang diunggah meningkat dengan pesat. Oleh sebab itu, bagikan atau promosikan video yang diunggah tersebut ke sosial media secara mandiri. Hal ini justru akan mempercepat orang untuk menonton video yang diunggah.

9. Menghubungkan dengan Blog

Selain melakukan promosi melalui sosial media sendiri bisa juga dengan menempatkan video YouTube melalui website atau blog pribadi. Adanya blog atau website pribadi ini menjadi sarana promosi yang sangat ideal. Alasannya karena pengunjung website atau blog tidak perlu membuka YouTube untuk menonton video yang diunggah. Caranya cukup dengan menambahkan embed video ke website atau blog.

Adanya embed video dalam website atau blog pribadi ini juga akan meningkatkan ranking website atau blog di pencarian Google. Video dari YouTube yang ditambahkan ke blog atau website dapat membuat pengunjung bertahan lebih lama. Hal ini akan meningkatkan nilai SEO dari website atau blog pribadi tersebut.

10. Tambahkan Link di Deskripsi Video

Tadi di atas telah disinggung sedikit bahwa untuk meningkatkan jumlah penonton bisa dengan melakukan CTA. Salah satu CTA yang bisa dimanfaatkan adalah dengan menambahkan link pada deskripsi video. Beberapa link yang bisa ditempatkan pada deskripsi video antara lain link online shop, blog, atau media sosial.

Selain meningkatkan penilaian dari YouTube, link tersebut juga akan meningkatkan portofolio dan personal branding seseorang. Semakin kuat personal branding seseorang, bukan tidak mungkin nantinya tidak bergantung lagi dari cara dapat uang dari video adsense. Bisa jadi pundi-pundi uang bisa datang dari pintu yang lain dan tidak hanya dari YouTube semata.

11. Jangan Fokus Menjadi Viral

Seringkali orang terfokus untuk membuat video yang kontroversial dengan tujuan untuk menjadi viral. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan dan malah menggagalkan cara dapat uang dari video adsense. Video viral memang membuat orang cepat terkenal, tetapi seringkali video yang viral hanya bertahan dalam waktu yang singkat.

Terfokus menjadi viral justru akan membuat seseorang melakukan blunder dengan membuat video yang kontroversial. Padahal hal tersebut akan membuat penilaian YouTube terhadap channel menjadi jatuh. Alih-alih mendapatkan pundi-pundi uang dari adsense, bisa jadi malah channel diblokir oleh YouTube karena mengunggah video yang kurang bijak.

Oleh sebab itu, jangan pernah terfokus untuk menghasilkan video yang berpotensi menjadi viral. Fokuslah untuk menghasilkan video dengan kualitas yang maksimal sehingga penonton akan datang dengan sendirinya. Selain itu, ciptakan personal branding yang kuat dengan citra yang baik agar penonton bersedia datang ke channel dan menonton video.

12. Lakukan Monetisasi Channel YouTube

Setelah melakukan semua langkah untuk mengoptimasi video dan channel YouTube, langkah selanjutnya adalah melakukan monetisasi channel YouTube. Monetisasi ini merupakan langkah utama dalam cara dapat uang dari video adsense di YouTube. Monetisasi ini akan membuat penonton melihat iklan pada bagian awal video. Adanya iklan ini artinya aliran uang sudah mulai masuk dari channel YouTube.

Agar dapat melakukan monetisasi, ada beberapa syarat dari YouTube yang harus dipenuhi. Beberapa syaratnya adalah tidak menayangkan video yang kontroversial, sensitif, narkoba, ujaran kebencian, tindak kekerasan, dan perilaku seksual. Selain itu, channel YouTube sudah memiliki lebih dari 4000 jam akumulasi waktu publik yang menonton videonya selama satu tahun.

Syarat berikutnya adalah jumlah subscriber-nya harus mencapai seribu dan terakhir adalah memiliki akun AdSense. YouTube akan meninjau channel yang sudah memiliki syarat-syarat di atas sebelum menyetujui pendaftaran monetisasi. Proses ini bisa berjalan selama satu bulan atau lebih.

Cara Daftar AdSense YouTube

Melakukan optimasi video dan channel YouTube merupakan langkah awal dari cara dapat uang dari video AdSense. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan monetisasi dengan cara mendaftarkan diri di AdSense YouTube. Agar proses pendaftaran berjalan lancar, pastikan beberapa syarat yang dibahas sebelumnya telah terpenuhi. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk mendaftar AdSense YouTube berikut ini:

1. Buka Dashboard

Setiap pemilik channel YouTube pasti bisa mengakses dashboard yang berisikan berbagai macam fitur di dalamnya. Salah satu fitur di dalam dashboard ini adalah monetisasi yang bisa diklik pada bagian “Others Features”. Setelah terbuka, akan ada halaman baru yang terbuka yaitu halaman YouTube Partner Program.

2. Menyetujui Ketentuan dari YouTube Partner Program

Sama seperti program-program yang lainnya, YouTube Partner Program yang menjadi bagian dari cara dapat uang dari video adsense ini juga memiliki ketentuan-ketentuan. Biasanya ada banyak sekali ketentuan yang menjadi persyaratan dan harus dipatuhi oleh sang kreator sebelum melakukan monetisasi.

Ketentuan-ketentuan ini wajib dibaca dan dipahami secara keseluruhan agar nantinya tidak melanggar ketentuan yang berakibat pada dibatalkannya pendaftaran pada program ini. Selanjutnya, bila sudah membaca, memahami, dan menyetujui ketentuan yang dimaksud, bisa langsung klik “I accept” untuk menuju ke langkah selanjutnya.

3. Hubungkan Akun YouTube dan AdSense

Setelah menyetujui ketentuan yang disyaratkan oleh YouTube, cara dapat uang dari video AdSense selanjutnya adalah menghubungkan akun YouTube dan AdSense. Bila belum memiliki akun AdSense tidak perlu khawatir karena pada langkah ini siapapun bisa melakukan pendaftaran akun AdSense baru. Caranya cukup dengan klik “Sign Up to AdSense” lalu isi form yang disediakan.

Ada beberapa form yang disediakan. Pertama adalah form yang berisi nama dan informasi yang berkaitan dengan akun yang akan dibuat. Dalam form ini juga terdapat negara dan wilayah target dari AdSense. Setelah selesai mengisi form dengan lengkap, lanjutkan dengan klik “Create Account”.

Setelah itu halaman akan otomatis ke form selanjutnya yang berisikan alamat. Pastikan untuk mengisi alamat dengan benar agar Google dapat mengirimkan kode verifikasi untuk mencairkan saldo AdSense. Setelah semua langkah dijalankan, klik “Submit” dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

4. Mengatur Pilihan Monetisasi

Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur pilihan monetisasi pada “Set Monetization Preference”. Setelah klik “Start” akan muncul beberapa pilihan tipe tampilan iklan. Tipe tampilan iklan tersebut adalah display ads, sponsored ads, overlay ads, dan skippable video ads. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing pilihan tersebut.

a. Display Ads

Tipe iklan ini akan muncul pada bagian kanan layar pengunjung. Tipe iklan ini juga hanya dapat dilihat oleh pengunjung yang menggunakan laptop. Namun, tipe iklan ini akan tetap muncul dari awal hingga akhir video ditayangkan.

b. Overlay Ads

Overlay Ads muncul dan termasuk ke dalam bagian layar sehingga akan menutupi bagian kecil dari video yang ditonton. Tipe iklan ini berukuran kecil dan cukup mengganggu, tetapi dapat ditutup secara manual oleh penonton.

c. Sponsored Cards

Sponsored cards merupakan tipe iklan terbaru dari iklan di YouTube. Tipe iklan ini hampir sama seperti Display Ads tetapi berbeda pada lokasi dan fungsinya. Tipe iklan Sponsored Cards ini akan menampilkan sebuah teaser yang kemudian berganti ikon kartu kepada penonton. Ikon tersebut akan memberikan penonton untuk menutup atau mendapatkan informasi tambahan.

d. Skippable Video Ads

Tipe iklan ini adalah yang paling diharapkan oleh pemilik video. Skippable Video Ads ini dapat dijumpai pada awal atau akhir video. Namun, ada juga yang muncul pada tengah-tengah ketika video diputar. Durasi video iklan ini bervariasi ada yang hanya lima detik hingga beberapa menit. Dari empat tipe iklan tersebut, tipe inilah yang paling banyak mendatangkan pundi-pundi uang.

5. Review Ulang Setelah Mendapatkan Jam Tayang dan Subscriber yang Cukup

Proses pendaftaran akun AdSense ini bisa dilakukan ketika syarat jam tayang dan subscriber belum tercukupi. Namun bila syarat tersebut belum dipenuhi, iklan tetap tidak akan muncul pada video. Oleh sebab itu, lakukan review kembali setelah mencukupi jam tayang selama 4000 jam dan jumlah subscriber yang mencapai 1000 subscriber. Saat inilah waktu yang tepat untuk fokus membuat konten video yang maksimal.

Membutuhkan proses yang cukup panjang untuk bisa mendapatkan uang dari video AdSense. Pertama dan utama adalah fokus terlebih dahulu untuk membuat konten video yang baik agar dapat mencapai jam tayang dan subscribe. Selanjutnya ikuti cara dapat uang dari video adsense seperti yang telah dijelaskan di atas.