Cara Daftar Google AdSense

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendulang rupiah dari internet, salah satunya melalui Google Adsense. Ada banyak blogger atau Youtuber yang berhasil meraup jutaan bahkan puluhan juta dari Adsense ini. Anda pun bisa mendapatkannya, tapi dibutuhkan waktu yang tak sedikit dan butuh perjuangan, tidak bisa langsung instan.

Bagi yang sudah punya blog dengan traffic lumayan, Anda dapat mendaftarkannya di Adsense. Tapi bagi yang baru saja bergabung atau membuat blog, tidak bisa langsung. Jika memaksakan diri mendaftarkan ke program tersebut, pasti pihak Adsense akan menolak blog Anda.

Lebih baik kembangkan dan optimasi tampilan blog terlebih dahulu agar banyak pengunjung tertarik membaca artikel di blog Anda. Setelah itu, baru daftarkan ke Adsense. Bagi pemula yang ingin mengetahui seluk beluk Google Adsense dan cara daftarnya, artikel ini akan mengulas dengan lengkap itu semua.

Apa itu Google AdSense?

Google Adsense merupakan penyedia periklanan online dimana pengguna bisa mendapatkan penghasilan atas artikel yang diposting di blog maupun video youtube. Program ini memanfaatkan periklanan dengan bentuk text, video, iklan interaktif, dan juga gambar yang dipasang di situs Anda.

Tujuan utama dari Adsense adalah membantu pada pengiklan atau yang disebut dengan advertiser dalam hal ini pemilik website atau channel youtube untuk memperoleh rupiah. Anda dapat mendapatkan keuntungan dari Adsense dengan dua jenis pembayaran yakni per impression dan per click.

Per impression yakni jenis pembayaran yang bergantung pada jumlah tayang suatu halaman atau artikel setiap bulannya. Sementara per click yakni jumlah pembayaran tergantung dari jumlah orang yang melakukan klik pada iklan tersebut. Tapi jangan sampai mengklik iklan sendiri ya, bisa-bisa akun Adsense Anda di banned.

Kenapa Perlu Mencoba Menggunakan Google Adsense?

Adsense merupakan salah satu cara efektif mendulang rupiah via internet. Program ini juga menawarkan iklan kontekstual. Iklan kontekstual yakni iklan yang ditampilkan pada website pengguna akan disesuaikan dengan konten yang dibahas. Misalnya, jika konten mengulas tentang wisata, iklan yang akan dimunculkan nantinya berhubungan dengan dunia travel.

Adsense juga akan memilih iklan mana yang nantinya ditampilkan di situs pengguna dengan metode cookie. Nantinya iklan yang muncul berdasarkan riwayat pencarian mereka di Google. Metode ini sangat efektif dan akan membantu periklanan lebih targeted sehingga kemungkinan mereka mengklik iklan tinggi.

Selain itu, ada banyak alasan lain mengapa harus menggunakan Google Adsense, antara lain:

  • Mudah digunakan. Setelah situs di terima Adsense, Anda hanya perlu memasang kode yang diberikan pihak mereka di file theme website. Nantinya, iklan akan terpasang otomatis dan langsung muncul di blog.
  • Dikenal mesin pencari. Adsense merupakan program periklanan yang terkenal di mesin pencari Google. Namun, tidak semua blog akan diterima begitu saja oleh Adsense. Hanya situs yang sudah teroptimasi dan mempunyai traffic lumayan yang akan di ACC.

Namun tak usah khawatir, begitu Anda mendapat penolakan, pihak mereka akan menjelaskan kesalahan dan kekurangan apa saja yang harus diperbaiki. Setelah diperbaiki, Anda dapat mengajukan kembali ke program Adsense.

  • Satu akun untuk sejumlah website. Sebagian advertising hanya bisa menginput satu akun untuk satu blog. Namun pada sistem google Adsense, Anda bisa menambahkan lebih dari satu blog untuk satu akun Adsense. Tidak perlu punya akun yang berbeda untuk situs yang berbeda.
  • Mempunyai Forum Support. Tidak seperti penyedia iklan lainnya, Adsense mempunyai forum khusus untuk digunakan para advertiser berbagi informasi. Disana juga terdapat banyak tutorial dan informasi seputar penggunaan Adsense.
  • Pembayaran yang transparan. Tidak perlu takut tak dibayar, karena Adsense merupakan penyedia iklan yang terpercaya dan juga transparan.

Keuntungan Menggunakan Google AdSense

Sebelum mempelajari lebih lanjut cara daftar Google Adsense, sebaiknya ketahui terlebih dahulu keuntungan dari program ini. Berikut selengkapnya.

1. Memperoleh Penghasilan Tambahan

Iklan yang dipasang pada situs tentu akan membuat website lebih menghasilkan, apalagi jika pengunjung atau pelanggan artikel blog sudah banyak. Jumlah penghasilan yang didapatkan memang tergantung dari beberapa faktor yakni jumlah pengunjung atau popularitas situs.

Pemilihan keyword juga berpengaruh. Semakin kompetitif keyword, semakin besar juga harga iklan tiap kliknya. Google sendiri akan melakukan pembayaran setiap bulan dengan syarat penghasilan yang sudah terkumpul minimal 100 dollar atau 1,4 juta.

2. Bentuk Iklan Dapat Disesuaikan

Desain user interface sebuah situs sangatlah penting. Karena itulah, Adsense menawarkan berbagai jenis iklan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna dapat mengatur iklan yang akan ditampilkan sesuai desain website mulai dari bentuk, ukuran, background dan juga border iklan. Ini merupakan keuntungan tersendiri bagi pengguna yang memiliki keahlian webmaster, kehadiran Google Adsense ini bisa menjadi pelengkap theme blog.

3. Tersedia Banyak Referensi

Adsense juga merupakan layanan penyedia iklan yang populer. Hal tersebut karena dokumentasinya yang cukup lengkap. Banyak juga referensi dan beragam tips dan trik seputar Adsense baik yang berasal dari forum khusus maupun artikel di internet.

Banyaknya informasi tersebut tentu akan membantu Anda terutama pemula saat ingin mencoba menggunakan layanan tersebut. Jika menemukan masalah, Anda bisa bertanya di forum atau mencari artikel yang berkaitan dengan kendala yang dialami di pencarian Google. Ada banyak referensi terpercaya seputar Adsense yang akan membantu memecahkan masalah Anda.

4. Menyediakan Statistik Lengkap

Statistik Adsense juga sangat lengkap mulai dari jumlah pengunjung harian hingga pendapatan. Sejumlah fitur tersebut bisa Anda akses di menu dashboard. Pengguna juga dapat menemukan seberapa populernya website Anda, total penghasilan, penghasilan tiap klik, jumlah klik serta halaman web yang terpopuler berdasarkan banyaknya tampilan iklan.

Selain statistik, Google Adsense juga memiliki fitur keamanan yang berguna untuk memblokir iklan yang tidak relevan atau tidak diinginkan.

Cara Daftar Google AdSense

Setelah mengetahui kelebihan menggunakan Google Adsense, saatnya membahas bagaimana cara daftarnya. Cara membuat akun Adsense cukup mudah, hanya butuh email dan situs saja. Cara daftar Adsense sendiri dibedakan menjadi dua yakni untuk WordPress dan Blogger. Berikut selengkapnya.

1. Mendaftar Adsense Untuk WordPress

Untuk mendaftar Google Adsense melalui WordPress, pengguna perlu melakukan registrasi akun hingga memasang kode iklan dengan plugin atau code manual. Berikut selengkapnya.

a. Mendaftar Akun Adsense

Langkah pertama yakni kunjungi situs adsense kemudian pilih sign up atau daftar sekarang. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir. Isilah data dengan lengkap dan sebenar-benarnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan website dan email yang ingin didaftarkan.

Lanjutkan dengan memilih save and continue. Kemudian, Adsense akan meminta verifikasi. Selanjutnya, pilih create account atau buat akun baru. Sekarang, akun sudah aktif tetapi belum bisa digunakan. Anda perlu mengaktifkan akun lebih lanjut melalui langkah kedua di bawah ini.

b. Aktifkan Akun

Setelah proses registrasi berhasil, pengguna secara otomatis diarahkan ke menu utama. Isi dengan benar informasi yang diminta seperti alamat tujuan pembayaran. Jika salah, Anda mungkin tidak akan pernah bisa menerima pembayaran yang sudah dicairkan. Jika sudah yakin, klik submit.

Pengguna akan diminta menyalin kode tertentu ke dalam website. Kode itulah yang menjadi identitas Adsense pada sebuat situs. Pastikan kode benar karena jika salah, iklan tidak akan bisa ditampilkan. Pastikan juga notifikasi “ saya sudah menyalin kode ke dalam situs” sudah di centang.

Hal tersebut untuk mengetahui bahwa kode Adsense sudah benar-benar di-copy-kan dalam situs. Ini penting agar Google dapat melakukan pengecekan dan menilai situs pengguna sudah layak untuk menampilkan iklan atau belum. Untuk melanjutkan proses ini, klik Done.

Tunggu pemberitahuan mengenai diterima tidaknya situs pengguna paling tidak tiga hari. Namun, pihak mereka mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama sampai satu minggu hingga satu bulan. Jika ternyata situs pengguna diterima dan Adsense sudah aktif, pemberitahuan akan segera dikirimkan melalui email.

Tetapi jika pengajuan ditolak, mereka akan mengirimkan penjelasan berisi alasan mengapa ditolak dan meminta Anda untuk memperbaiki situs untuk kemudian diajukan kembali.

c. Menampilkan Iklan Adsense

Setelah Google Adsense menerima situs Anda, saatnya memasang iklan. Anda dapat mengatur jenis iklan yang akan ditampilkan sesuai kebutuhan. Terdapat tiga jenis pengaturan Adsense yakni model teks yang digunakan, tipe periklanan dan juga unit iklan.

Untuk membuat unit iklan, Anda perlu pergi ke menu utama kemudian pilih opsi My Ads. Disana terdapat sejumlah pilihan yang berhubungan dengan setting periklanan.  Kemudian, klik Add Units dan Anda akan disuguhkan sejumlah daftar iklan yang sudah pernah dibuat. Tinggal pilih apakah akan membuat iklan baru ataupun menggunakan yang sudah ada. Jika ingin membuat baru, pilih New ad Unit.

Sementara untuk memilih tipe iklan, Adsense sendiri menyediakan sejumlah tampilan periklanan, mulai dari Responsive, Large Mobile Banner, Skyscraper, Rectangle hingga Leaderboard. Jasa penyedia iklan ini juga menawarkan empat jenis tipe iklan yang bisa dipilih.  Antara lain perpaduan iklan teks dan gambar, iklan di dalam konten atau in article ads, serta iklan berimbang atau matched content.

Anda juga dapat menyesuaikan jenis teks yang ditampilkan. Selain itu, terdapat pilihan warna border, latar belakang, judul, teks dan juga URL. Ketiga fitur tersebut yang membuat Adsense menjadi salah satu penyedia iklan terbaik. jika sudah selesai melakukan penyetingan, klik Save and Get Code.

Pihak Adsense kemudian akan mengirimkan kode yang nantinya harus dipasang dalam website. Salin kode dan tambahkan ke dalam situs dengan posisi sesuai yang diinginkan. Tak perlu khawatir, karena iklan nantinya akan menyesuaikan ukuran yang tersedia di theme website. Untuk menyelesaikan proses pemasangan iklan, klik close. Anda tidak harus langsung memasukkan kode Adsense ke dalam web saat itu juga.

Kode akan tersimpan dalam jangka waktu tertentu, jika ingin menggunakan nya sewaktu-waktu, Anda dapat menemukan kode tersebut dengan cara pergi ke menu My ads kemudian klik Content dan pilih Ad units.

d. Menambahkan Iklan dalam Website dengan bentuk WordPress Melalui Plugin

Terdapat dua opsi yang ditawarkan untuk menambahkan iklan dalam WordPress yakni plugin manual dan juga code editor. Untuk plugin manual, Anda dapat menggunakan sejumlah tools yakni easy google Adsense, Ad Injection dan juga Ad Inserter.

Penggunaan Easy Google Adsense sangat mudah, proses monetisasi juga akan dibuat sederhana dengan tools ini. Pengguna tidak perlu memasang kode iklan secara manual ke dalam situs, apalagi jika ingin memasang lebih dari satu kode di area yang berbeda.

Yang Anda butuhkan yakni instal Google Adsense Publisher ID dalam WordPress. Setelah terpasang, Google akan secara otomatis memunculkan iklan di situs tanpa perlu memasukkan kode Adsense secara manual.

Tools kedua yakni Ad Injection. Plugin ini akan membantu Anda melakukan pengaturan berbagai macam iklan ke dalam halaman WordPress dan maupun artikel. Melalui tools ini, Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat iklan berdasarkan alamat IP, usia hingga sasaran pengunjung.

Iklan yang ditampilkan juga dapat diatur panjangnya, lokasinya apakah di atas, bawah, sidebar, atau area widget. Jika Anda menargetkan banyak lokasi, tools ini merupakan pilihan tepat.

Selain Ad Injection dan Easy Google Adsense, Anda juga bisa menggunakan tools Ad Inserter. Plugin WordPress ini akan membantu mengelola berbagai macam iklan, salah satunya dari Google Adsense.

Anda bisa dengan mudah menempatkan iklan di posisi yang strategis dan eye catching menggunakan plugin ini. Tak hanya Google Adsense, Ad Injection juga mendukung penyedia iklan lain seperti Amazon Native Shopping Ads, Media Net dan juga Ad Manager dari Google.

Selain menampilkan Adsense dengan bantuan plugin WordPress, Anda juga bisa menambahkan iklan dengan cara Manual. Terdapat berbagai opsi menambahkan skrip header, javascript, HTML, CSS dan PHP untuk pengecekan kode iklan di situs secara keseluruhan.

e. Menambahkan Iklan Secara Manual

Selain menginstal plugin, Anda dapat memanfaatkan widget pada WordPress untuk memasang iklan. Caranya, login dan masuk ke menu dashboard situs kemudian pilih Appearance, lanjutkan dengan klik Widgets.

Selanjutnya, tambahkan widget text. Letakkan widget di posisi yang diinginkan, apakah left sidebar, right sidebar, widget footer atau bagian bawah, dan lainnya. Isi bagian judul sesuai keinginan, kemudian baru tambahkan kode iklan di bawahnya. Untuk mengakhiri penyetelan, klik save. Tunggu beberapa saat hingga iklan berhasil dimunculkan pada halaman situs.

2. Mendaftar Adsense Dengan Blogger Domain Blogspot

Blogger dan Google memang masih dalam satu naungan perusahaan yang sama yakni Alphabet Inc. Atas alasan itulah Google memberikan kemudahan pada blogspot saat ingin mendaftar Adsense. Kelebihan lainnya yakni pengguna blogger dapat mendapatkan akun meskipun sifatnya hosted atau berbagi.

Hal ini tidak bisa dijumpai saat pengguna mendaftar melalui wordpress atau metode lain. Langsung saja, berikut cara daftarnya.

a. Login Ke Blogspot dan Lihat Menu Sebelah Kiri

Langkah pertama yakni login ke dashboard, kemudian pilih menu penghasilan atau earnings. Setelah itu klik tulisan Daftar ke Adsense. Pengguna kemudian akan diarahkan menuju halaman login. Isikan dengan alamat gmail yang akan didaftarkan.

Jika tidak menemukan menu daftarkan ke adsense, cobalah untuk mengubah bahasa pengaturan dengan bahasa inggris, karena memang pembayaran Adsense pada dasarnya belum mendukung mata uang Indonesia. Jika kodenya sudah login, pengguna bisa langsung diarahkan ke pendaftaran Adsense.

Bagian atas menu akan menyajikan data berupa nama website dan akun yang didaftarkan. Anda juga bisa memilih apakah ingin mendapatkan notifikasi email dari Adsense berupa masukan dan pemberitahuan performa iklan atau tidak. Jika iya, pilih Yes.

b. Pilih negara Mana Pengguna Berada

Selanjutnya yakni pilih negara mana pengguna berada, pastinya Indonesia. kemudian langsung saja centang tulisan dalam kotak. Setelah itu, pengguna akan memasuki laman Adsense, klik Get Started.

c. Isi Pengaturan Pembayaran

Tahap selanjutnya yakni pengaturan alamat pembayaran. Isikan dengan lengkap dan jelas alamat sesuai KTP. Jikapun tidak sesuai, Anda bisa menggunakan alamat yang bisa digunakan untuk menerima surat. Jika sudah yakin, klik submit.

d. Tunggu Proses Peninjauan Situs atau Review

Adsense akan menginformasikan bahwa widget sudah ditambahkan ke template blog. Anda perlu menunggu beberapa hari atau minggu karena pengajuan Adsense sedang dalam antrian. Pihak mereka akan melakukan review kelayakan kemudian mengabarkan diterima tidaknya akun Anda paling cepat satu hari mungkin juga hingga berbulan-bulan.

e. Setelah Diterima, Mulai Pasang Script Iklan

Setelah Adsense menginformasikan blog diterima, Anda perlu memasang script iklan yang diberikan di widget blogspot. Lakukan optimalisasi konten maupun iklan untuk menarik banyak pengunjung. Jika traffic harian tinggi, penghasilan yang didapatkan pun semakin besar.

Beberapa Tips Agar Diterima Google Adsense

Mengajukan Adsense memang susah-susah gampang. Bagi Anda yang baru bergabung di dunia blogger, tidak bisa langsung mengajukan begitu saja. Optimasi terlebih dahulu situs Anda hingga berhasil mendapatkan banyak pengunjung. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini sejumlah tips agar diterima Adsense yang menarik untuk dibaca.

1. Pastikan Navigasi Atau Sitemap Jelas

Sitemap haruslah ada dalam sebuah website. Semakin mudah navigasi, pengunjung juga makin betah dan nyaman berlama-lama membaca konten Anda. Navigasi juga akan memudahkan pengunjung berinteraksi dengan situs.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan diatur lebih baik lagi berkaitan dengan navigasi ini yakni penataan, keterbacaan dan fungsi. Misalnya saja website game yang baik penataanya yakni mulai dari beranda – Tujuan – Ulasan dan tentang Kami.

Tetapi, Anda bisa mensetting navigasi sendiri sesuai selera asalkan pengunjung dapat dengan mudah memahami isi website tersebut. jika memungkinkan, Anda juga bisa meminta pengunjung untuk memberikan ulasan atau feedback kepada teman lainnya melalui form.

2. Buatlah Konten yang Unik dan Menarik

Selain tampilan website yang mudah dipahami, konten juga merupakan salah satu poin yang penting diperhatikan. Sebagus apapun navigasi dan tema website, jika tidak menyuguhkan konten yang menarik, tentu saja pengunjung tidak betah alhasil trafik pun sulit datang.

Anda dapat mendatangkan pengunjung dengan membuat konten yang berkualitas dan tentunya original. Jika pengunjung merasa puas atas konten yang sudah dibaca, mereka mungkin akan berlangganan atau merekomendasikannya ke teman lainnya. tentu saja hal ini sangat membantu Anda dalam hal menambah traffic website.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan sumber dari situs lain baik berupa artikel maupun gambar. Itu karena pihak mesin pencari mungkin akan mendeteksi konten Anda sebagai plagiat bahkan spam. 

Jadi, jangan lelah untuk menghadirkan artikel yang berkualitas dan juga bebas plagiat. Jika terdeteksi plagiat, siap-siap saja website Anda di blokir Google karena dianggap melanggar hak cipta atau konten tiruan.

3. Hanya Gunakan Adsense Saja

Selain Google Adsense memang ada banyak penyedia iklan lain yang bisa digunakan. Tetapi sebelum pengajuan Adsense belum diinformasikan apakah diterima atau ditolak, sebaiknya jangan memasang iklan dari jasa lain terlebih dahulu.

4. Sudah Memiliki Minimal 10 Artikel yang Diposting

Salah satu faktor diterimanya pengajuan adsense yakni adanya artikel aktif di blog. Paling tidak sudah ada minimal sepuluh artikel yang sudah diposting. Ini penting agar situs Anda dikenali oleh Google Adsense.

Google nantinya juga akan menggolongkan termasuk jenis apa konten yang ada di website tersebut. artikel yang berkualitas dan original juga menjadi indikator yang baik bagi mesin pencari untuk menilai situs Anda dan mungkin juga akan membantu meningkatkan ratingnya.

5. Sudah Mempunyai Trafik, Setidaknya Seratus Pengunjung Per Harinya

Berdasarkan pengalaman mereka yang situsnya diterima Adsense, setidaknya pengguna harus memiliki seratus pengunjung rata-rata setiap harinya. Namun angka tersebut tidaklah mutlak, Google mungkin saja menyetujui website dengan trafik harian kurang dari seratus.

Jika sudah pernah mengajukan pendaftaran Adsense untuk Youtube, di sana memang dijelaskan syarat agar akun diterima. Syarat tersebut antara lain minimal punya seratus pengikut atau subscriber dan konten sudah dilihat lebih dari empat ribu jam tayang. Mungkin saja syarat tersebut berlaku bagi mereka yang ingin mengaktifkan Adsense website.

Penutup

Nah, itulah cara daftar Google Adsense lengkap untuk WordPress dan juga Blogspot. Cukup mudah, namun Anda perlu bersabar karena proses peninjauan membutuhkan waktu cukup lama. Anda pun mungkin perlu berkali-kali mengajukan Adsense hingga akhirnya diterima.

Sebelum mulai mengajukan, sebaiknya optimasi situs terlebih dahulu sesuai ketentuan yang diminta pihak Adsense. Pastikan juga sudah mempunyai minimal seratus pengunjung setiap harinya dan rajin posting konten. Tidak mudah memang, karena semua butuh proses dan usaha.