projasaweb logo

Cara Daftar Adsense YouTube

Estimasi Waktu Baca 8 Menit

Mendengar kata adsense youtube artinya sebuah alternatif untuk menghasilkan penghasilan . adapun cara daftar adsense YouTube bisa dengan berbagai macam. Dengan memperhatikan beberapa hal penting yang menjadi syarat untuk bisa melakukan pendaftaran adsense YouTube.

Pemanfaatan adsense pada YouTube tentu memberikan peluang besar dalam meningkatkan pendapatan secara online. Dengan sistem per-click serta per-impression yang dilakukan serta ditentukan dari jumlah orang yang nantinya melakukan klik pada iklan. Maka sebaiknya memperhatikan bagaimana mendaftarkan adsense YouTube

Daftar isi :

Persyaratan yang dilakukan Sebelum Mendaftar Adsense YouTube

  1. Melakukan Verifikasi
  2. Dengan 4000 Jam Tayang
  3. Subscriber  berjumlah 1000
  4. Terhindar dari Konten Spam
  5. Cara Daftar Adsense YouTube
  6. Penjelasan Dashboard Youtube
  7. Persetujuan dari Program YouTube
  8. Hubungkan Akun YouTube dengan Adsense
  9. Atur Pilihan Monetisasi
  10. Lakukan Review setelah 4000 Jam Tayang dan 1000 Subscriber

Persiapan Mendaftarkan Adsense Youtube

  1. Masuk ke Google Chrome
  2. Buka Web YouTube
  3. Pilih Pengaturan Video untuk Manajer Youtube
  4. Masuk ke Youtube Studio
  5. Isi daftar Diri dan Formulir
  6. Pilih Monetisasi
  7. Kaitkan dengan Adsense YouTube

Tips Adsense Diterima dan Terverifikasi

  1. Originalitas Konten dan Situs Baru
  2. Gunakan Domain pada Top Level
  3. pelajari Lebih Lanjut Syarat Adsense

Persyaratan yang dilakukan Sebelum Mendaftar Adsense YouTube

Platform yang menguntungkan dalam mendapatkan penghasilan online yaitu Adsense YouTube dan begitu menjanjikan. Bahkan semua Youtuber begitu sangat mengutamakan iklan adsense untuk diaktifkan pada konten video yang ditayangkan.

Untuk bisa melakukan pendaftaran dalam Adsense YouTube yaitu dengan memperhatikan hal penting. Seperti jumlah subscriber, jam tayang, tidak spamming sehingga bisa melakukan monetisasi di YouTube. Inilah beberapa hal penting yang seharusnya dilakukan dalam mendaftar Adsense YouTube.

1. Melakukan Verifikasi

Dalam melakukan verifikasi perlu diperhatikan hal yang sangat penting, seperti durasi video yang tayang di YouTube. Lalu berapa lama durasi video yang seharusnya layak tayang?. Durasi video memang tidak disarankan jika terlalu pendek dan untuk durasi panjang yang lebih dari 15 menit sudah dianggap bisa memenuhi persyaratan.

Sebelum melakukan pengunggahan pada channel YouTube maka harus membuka terlebih dahulu  halaman untuk mengupload. Pilihlah cara untuk melakukan peningkatan durasi video yang akan diunggah. Akan tertera “increase your limit” yang kemudian klik tulisan tersebut.

Kemudian langkah selanjutnya untuk memilih verifikasi dengan dua cara, pesan teks yang terdapat kode verifikasi atau pesan suara. Selanjutnya melakukan validasi akun YouTube setelah mendapatkan kode verifikasi dan masukkan ke dalam form yang ada dan “submit”.

Sesaat setelah submit akan muncul pada profil dengan tulisan “Partner Verified” pada nama di bawah profil YouTube. Jika sudah selesai maka selanjutnya bisa melakukan upload video dengan durasi lebih dari 15 menit pada YouTube. Selanjutnya tinggal menambahkan syarat lainnya guna memenuhi persyaratan monetisasi.

2. Dengan 4000 Jam Tayang

Apakah yang dimaksud dengan 4000 jam tayang untuk channel YouTube?. Dalam kurun waktu selama 12 bulan seorang yang memiliki akun YouTube harus mempunyai total 4000 jam terbang. Maka penting sekali melakukan verifikasi serta pengunggahan video dengan jumlah yang lebih banyak bahkan bertambah.

Syarat monetisasi memang memerlukan proses dan tidak bisa langsung selesai dalam satu waktu. Sehingga saat akan mendaftar adsense YouTube juga perlu kegigihan dan semangat tinggi. Menikmati proses selama berbulan-bulan menuju satu tahun bisa menjadi pemantik untuk mencapai YouTube Adsense sehingga saat monetisasi sudah siap dan memenuhi syarat.

Jika dilihat, penjelasan 4000 jam tayang ini memang terlihat begitu banyak, namun pada prosesnya dalam durasi yang ditentukan akan lebih mudah. Bahkan jika sudah terbiasa dalam pembuatan konten dengan durasi lebih dari 15 menit maka selanjutnya bisa mengakses untuk mendaftarkan adsense YouTube dengan mudah.

3. Subscriber Berjumlah 1000

YouTube memiliki syarat tersendiri dalam memastikan jumlah subscriber untuk syarat daftar adsense. Jumlah subscriber harus mencapai 1000. Jika melihat pengguna YouTube aktif mencapai 1,8 milyar, maka jumlah 1000 akan lebih mudah untuk didapatkan dengan cara membagikan ke berbagai orang.

Namun, dalam membagikan video, perlu memperhatikan konten video yang menarik bagi orang yang melihatnya. Kualitas dan keunikan konten menjadi hal utama orang-orang menonton video YouTube yang dibagikan. Jadi dalam hal ini, dituntut usaha keras dari pemilik akun YouTube untuk memaksimalkan kreativitasnya.

Banyak cara untuk membuat konten YouTube menjadi unik, yaitu dengan memaksimalkan konten dari awal. Serta melakukan perbaikan konten dari waktu ke waktu, sehingga akan lebih maksimal dan mencapai sempurna. Jadi, menuju subscriber 1000 tentu akan mungkin didapatkan dan bisa memenuhi syarat adsense Youtube.

4. Terhindar dari Konten dan Komentar Spam

Apa yang dimaksud konten spam? Sebuah konten yang dianggap menjanjikan sesuatu namun ternyata keluar dari situs asli. Atau posting konten sama serta berulang di beberapa channel YouTube dengan cara menyalin dari channel lain. Hal ini tentu sangat merugikan orang yang melihatnya dan orang yang memiliki konten asli.

Selain itu, perhatikan pula komentar spam yang ada. Karena munculnya komentar yang spam sangat menghambat saat melakukan pendaftaran adsense Youtube. Inilah yang perlu diperhatikan saat setelah mengupload konten apakah ada komentar yang merupakan spam atau tidak. Jika iya, maka harus menunggu penilaian dari tim YouTube apakah layak atau tidak.

Dengan memperhatikan berbagai hal diatas maka bisa memenuhi persyaratan yang berlaku untuk mendaftar adsense YouTube. Beberapa hal sudah dijelaskan dan bisa diperhatikan untuk selanjutnya dipelajari dan dikoreksi agar bisa melakukan verifikasi dengan baik dan lancar. Selanjutnya bisa terdaftar untuk adsense Youtube dan melakukan monetisasi.

Cara Daftar Adsense YouTube

Saat ingin memulai menggunakan adsense Youtube dan akan mendaftarkannya, maka diperlukan akun YouTube aktif. Awalnya sebelum aktivasi akun Youtube maka harus mempunyai alamat email terlebih dahulu. Bisa dengan menggunakan akun gmail yang aktif guna memiliki akun YouTube dan login dengan mudah menggunakan akun gmail.

Selanjutnya bisa dengan mengikuti beberapa hal ini untuk memudahkan mendaftarkan adsense YouTube. Dan mengikuti langkah mudah agar akun YouTube segera teraktivasi.

1. Penjelasan Dashboard Youtube

Saat berhasil mendaftar maka selanjutnya perlu memahami tampilan dashboard pada YouTube. Langkah awal dengan masuk ke menu setting dengan mengklik tombol icon profil kemudian pilih setting. Selanjutnya klik kembali tombol icon profile dan pilih creator video kemudian muncul pada dashboard studio pengguna.

Pada dashboard creator video terdapat pengaturan yang mengarahkan para konten kreator untuk mengatur dan mengelola dashboard konten di YouTube. Hal ini tentu sangat memudahkan penggunanya dalam mengatur bagaimana dashboard tersebut. Terdapat berbagai akses tersedia, seperti mengelola kolom komentar, pilihan untuk melakukan upload video, dan juga mendaftar untuk google adsense.

Disinilah pemilik akun YouTube akan memulai mendaftarkan adsense YouTube nya via dashboard yang tersedia. Sekalipun belum memiliki konten video yang tersedia maka bisa dengan memulai mengklik tombol “other features” kemudian pilih monetization. Selanjutnya akan tampil halaman berupa Youtube partner program yang muncul.

Beberapa hal ini yaitu meliputi empat tahapan, seperti adanya persetujuan Youtube partner program, menghubungkan akun YouTube dengan Adsense pada YouTube. Melakukan pengaturan pilihan monetisasi, kemudian review yang sudah mendapatkan 4000 jam tayang serta 1000 subscriber.

2. Persetujuan dari Program YouTube

Dalam persetujuan YouTube partner program berisi aturan-aturan saat pemilik akun YouTube aktif menggunakan program tersebut. Pahami satu persatu aturan tersebut dan kemudian klik untuk setuju jika sudah jelas dengan menekan tombol “I accept”.

Ada beberapa hal yang bisa dilewati seperti informasi yang ditautkan ke email via YouTube. Jika memang tidak perlu maka tidak perlu disetujui oleh pengguna. Sehingga saat mengaktivasi hanya berfokus pada hal penting berhubungan dengan tata aturan program Youtube.

3. Hubungkan Akun YouTube dengan Adsense

Bagi yang sudah paham tentang adsense dan sudah memiliki akun untuk Adsense maka tinggal menghubungkan saja akun tersebut dengan YouTube. Namun, bagi yang belum memiliki akun adsense bisa dengan mendaftar terlebih dahulu kemudian menghubungkan akun tersebut.

Bagi akan membuat adsense baru, ada form yang harus diisi seperti informasi penting, nama, nfo lainnya, negara untuk target wilayah adsense. Jika form sudah selesai dibuat maka tinggal mengklik “create account”.

Pada tahap berikutnya terbukalah dashboard untuk google Adsense . Jangan lewatkan pengisian info berikutnya harus sesuai karena berhubungan dengan saldo adsense untuk pencairan. Kemudian mengklik tombol “submit”. Tunggulah beberapa hari, karena setelah mendaftar aka nada verifikasi dari tim YouTube untuk akun YouTube guna mendaftar adsense.

4. Atur Pilihan Monetisasi

Berikutnya merupakan tahapan yang penting, yaitu dengan mengatur pilihan monetisasi. Masuklah pada halaman monitezation kemudian mengklik start dan pilih “set monitezation preference”. Dalam hal ini semacam mengatur iklan yang tayang di channel YouTube. Maka dengan memikirkan hal tersebut secara detail bisa berpengaruh pada pemilik akun untuk meraih uang dari adsense.

Dalam pengaturan yang ada terdapat empat kategori pengaturan yaitu, skippable video ads, display ads, overlay ads serta sponsored card. Berdasarkan keuntungan terbanyak bisa dengan menggunakan skippable ads, yaitu muncul pada awal, tengah atau akhir dan penonton mengklik skip add.

Pada display ads tampilan iklan berada pada samping kanan layar, namun hanya muncul jika pengunjung menggunakan perangkat desktop. Sementara untuk overlay ads muncul di bagian layar dan hilang dengan sendirinya, jadi pengunjung akan terganggu sejenak.

Sementara itu ada sponsored card yaitu tampilan berupa teaser yang ada di samping layar yang kemudian muncul jadi ikon kartu. Dan bisa dipilih pengunjung untuk melakukan klik menutup atau memilih melanjutkan info tentang iklan yang tampil. Cara kerjanya hampir sama dengan display ads hanya berbeda letak tampilan pada layar saja saat iklan muncul.

5. Lakukan Review setelah 4000 Jam Tayang dan 1000 Subscriber

Jika sudah berhasil mendaftar, maka selanjutnya bisa dengan melakukan review pada video konten yang dibuat apakah bisa meningkatkan subscriber. Kemudian meningkatkan pembuatan video hingga memenuhi 4000 jam tayang pada Youtube. Dibutuhkan kreatifitas pemilik akun YouTube dalam membuat konten agar lolos dan mengaktifkan adsense.

Tim verifikasi YouTube tentu akan mempertimbangkan berbagai hal saat mendata akun yang mendaftar adsense YouTube. Sehingga jika lolos verifikasi, pemilik akun Youtube mampu meningkatkan kualitasnya . Dan mulai mengendalikan monetisasi yang efektif dan efisien untuk mendapatkan penghasilan.

Dengan memahami beberapa hal dalam melakukan daftar adsense YouTube maka perlu pula persiapan awal. Sehingga persiapan awal ini berguna untuk para pemula dalam mempelajari bagaimana cara mudah mendaftarkan adsense Youtube.

Persiapan Mendaftarkan Adsense Youtube

Jika sudah memiliki channel YouTube maka sebaiknya memahami adsense sehingga bisa menghasilkan keuntungan lebih banyak dari Youtube. Apa saja hal yang memang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran untuk adsense? Perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Masuk ke Google Chrome

Kenapa harus google chrome? Karena dalam membuat akun adsense dibutuhkan akun gmail. Adsense serta Youtube merupakan program dibawah naungan google. Sehingga pengguna awal masuk ke google chrome untuk membuat email gmail. Yang nantinya email tersebut berfungsi mengaktivasi akun adsense YouTube.

Tidak hanya untuk YouTube saja, namun juga digunakan untuk berbagai produk layanan google, jadi memiliki akun gmail sangat penting. Ketika berhubungan dengan produk-produk google maka akan terhubung secara otomatis dan memudahkan pengguna. Salah satunya dalam mengaktivasi dashboard untuk adsense YouTube.

2. Buka Web YouTube

Setelah mempunyai akun gmail tentu akan mudah dalam memiliki akun Youtube. Jika belum mempunyai akun YouTube maka bukalah via web Youtube kemudian klik daftar. Dan ikuti prosedur yang kemudian secara otomatis akun YouTube sudah bisa digunakan.

Jika sudah mempunyai akun YouTube maka tinggal melakukan login serta mengikuti cara untuk mendaftarkan adsense YouTube. Kemudian bisa mengaktivasi adsense pada setiap video konten yang tayang di channel YouTube terdaftar.

3. Pilih Pengaturan Video untuk Manajer Youtube

Jika sudah berhasil memiliki akun YouTube maka pilih pengaturan guna memanajemen video YouTube. Akan muncul tombol “creator studio” dan buatlah saluran baru untuk konten yang akan diunggah. Ingat, saat mengunggah konten bisa dengan mengikuti ketentuan lebih dari 15 menit agar memenuhi salah satu syarat adsense.

Video yang diunggah juga akan sangat berpengaruh pada pengunjung, jika video tersebut terlihat kreatif dan unik maka pengunjung akan menikmatinya. Meskipun pengunjung harus melihat iklan beberapa kali saat memutar video.

4. Masuk ke Youtube Studio

Selanjutnya memasuki YouTube studio, disana akan ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan pengguna. Yaitu dengan mengupload video konten yang sudah dibuat, berikan beberapa deskripsi penting disana. Jangan lupa untuk mengupload sesuai dengan judul dan tag yang akan disajikan.

Pada Youtube yang diupload harus menyertakan beberapa video, gunanya untuk mengejar target jam tayang yang diberlakukan adsense YouTube. Sehingga bisa mengejar target untuk bisa terverifikasi adsense YouTube. Dan tentunya video terupload merupakan hasil karya sendiri bukan menjiplak dari video YouTube orang lain.

5. Isi daftar Diri dan Formulir

Dalam melakukan pendaftaran adsense ada beberapa data yang memang harus diisi dan dipilih. Form yang diisi harus sesuai dan nantinya akan direview oleh pihak YouTube. Pada proses tersebut biasanya sangat lama, sambil menunggu maka pengguna bisa dengan membuat berbagai konten menarik.

Jika ingin mengetahui apakah form disetujui, pada video akan muncul ikon berwarna hijau berlambang dolar. Maka sudah pasti adsense yang diajukan disetujui oleh pihak YouTube. Pengguna tinggal melakukan pengaturan iklan guna mendapatkan penghasilan berupa uang yang lebih banyak lagi.

6. Pilih Monetisasi

Setelah berhasil dalam melakukan verifikasi pendaftaran adsense maka selanjutnya pilihlah monetisasi. Aktivasi monetisasi dengan mengklik tombol aktivasi serta setuju dengan ketentuan dari YouTube. Dan berilah tanda checklist pada semua pertanyaan yang diajukan kemudian menunggu terverifikasi.

Dalam monetisasi ini merupakan bagian penting bagaimana selanjutnya pengaturan iklan dan cara untuk meningkatkan penghasilan. Dengan cara mengatur tampilan video dan iklan sehingga bisa menghasilkan adsense lebih banyak.

7. Kaitkan dengan Adsense YouTube

Setelah monetisasi maka selanjutnya ada penjelasan, bagaimana saya dibayar. Maka harus mengaitkan akun YouTube dengan adsense  Biasanya jika diterima oleh pihak YouTube maka akan muncul di email, pemberitahuan tersebut berupa terverifikasi atau tidak. Jika terverifikasi artinya berhasil memiliki adsense Youtube.

Sehingga pengguna bisa melakukan optimalisasi dalam memanfaatkan adsense tersebut untuk mengumpulkan pundi-pundi. Jadi penting sekali saat memiliki channel YouTube untuk memanfaatkan konten dan mendapatkan adsense untuk meraih penghasilan.

Dengan adanya persiapan yang dilakukan maka akan memudahkan pengguna dalam mengaktifkan akun YouTube dan mendaftar adsense. Sehingga fungsi adsense untuk meraih keuntungan dari iklan yang tayang di sela video YouTube tersebut. Dan bisa juga menggunakan tips agar adsense lolos terverifikasi oleh pihak YouTube.

Tips Adsense Diterima dan Terverifikasi

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar adsense bisa didapatkan dan terverifikasi, inilah tips yang bisa dilakukan pengguna. Tips ini bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Originalitas Konten dan Situs Baru

Pentingnya konten yang original akan menjadi penilaian untuk pengunjung serta pihak YouTube. Apalagi jika konten tersebut unik, menarik serta berbeda sehingga situs baru pun bisa menjadi hal menarik dalam meloloskan mendapatkan adsense. Tentunya akan menambah jam tayang serta subscriber baru.

2. Gunakan Domain pada Top Level

Google akan memverifikasi akun yang sudah memiliki domain pada to level, yang kemudian bisa dihubungkan pada akun YouTube. Tentunya hal ini sangat penting menjadi pertimbangan saat melakukan monetisasi untuk akun YouTube. Karena memiliki adsense dengan domain top level dianggap merupakan salah satu tingkat keseriusan mengaktivasi adsense google.

3. Pelajari Lebih Lanjut Syarat Adsense

Jika sudah memahami berbagai cara mendaftar maka gunakan cara yang terbaik untuk menghasilkan persetujuan mendapatkan adsense. Dengan memperhatikan syarat dan ketentuan serta mampu memenuhi segala aturan yang dikeluarkan oleh YouTube untuk verifikasi adsense.

Dengan memahami tips yang bisa dilakukan maka bisa memperlancar untuk mendaftarkan YouTube Adsense. Pentingnya memahami bagaimana cara kerja YouTube yang dihubungkan dengan Adsense maka akan mendapatkan hasil serta keuntungan bagi para YouTuber saat mengunggah video konten yang dibuatnya.

Photo of author

rianda

Photo of author

rianda

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds