Buku Manajemen Pemasaran

Sebagai pengusaha tentu memiliki cara tertentu untuk melahirkan ide dan inovasi terbarunya. Salah satunya dengan membaca buku untuk mendapat ilham dalam memajukan bisnisnya. Bagi para pengusaha yang ingin melakukan pemasaran dengan lebih baik agar tercapainya target penjualan, ada beberapa buku manajemen pemasaran yang wajib dibaca.

Kelima buku ini tentu bukan sembarang buku. Banyak dosen dan pengajar menggunakan buku-buku ini sebagai bahan ajar. Serta, banyak pula praktisi dari kalangan pengusaha, dan para manajer menggunakan buku-buku ini sebagai sumber inspirasi.

1. New Wave Marketing (2009)

Buku manajemen pemasaran ini merupakan salah satu buku yang masih dipakai. Bila mencari buku ini di toko buku jangan lupa cantumkan judul lengkapnya New Wave Marketing: The World is Still Round, The Market is Already Flat. Sejak maraknya internet pada awal 2000-an, pola bisnis perusahaan mulai bertransformasi ke arah digital. Hermawan Kartajaya melihat hal ini sebagai gelombang baru dalam dunia marketing.

Dalam buku ini menjelaskan tentang konsep pemasaran yang disebut dengan 12 C. Berbeda dengan buku lain, konsep yang digagas oleh Hermawan adalah konsep pemasaran yang memerlukan sedikit biaya namun berdampak besar. Inti dari 12 C adalah Character, Confirming, Co-Creation, Clarifying, Currency, Collaboration, Coding, Caring, Communitization, Commercialization, dan Communal Activation.

2. Manajemen Pemasaran Karya Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2011)

Buku yang ditulis oleh pakar marketing dunia pemasaran internasional Kotler dan Keller ini merupakan buku yang menjadi buku pegangan bagi hampir semua dosen manajemen pemasaran di Indonesia. 

Tentu, buku ini menjadi pedoman dan bahan bagi para dosen karena dalam buku ini telah dijelaskan konsep dasar ilmu pemasaran. Mulai dari dasar ilmu pemasaran hingga rantai pemasaran. Total ada 11 bab dalam buku ini menjadi daya tarik dari buku ini adalah strategi pemasaran efektif sesuai dengan model bisnis yang dimiliki sekarang.

3. Marketing in Crisis:Marketing Therapy Menyerang Pasar dan Mengambil Manfaat dari Krisis Ekonomi (2013)

Siapa yang tak kenal Rhenald Kasali? Sebagai salah satu pakar dan praktisi Manajemen dan Bisnis, namanya tentu tidak asing. Ya, dalam buku ini menjelaskan tentang A hingga Z dunia marketing sehingga tidak perlu cemas bagi orang awam yang ingin membacanya. 

Ia bercerita pengalaman pribadinya bagaimana menerapkan Marketing Therapy pasca krisis. Berdasarkan pengalamannya saat krisis moneter 1998, banyak muncul pasar baru yang artinya menciptakan banyak pebisnis baru. Setelah membaca buku ini, pikiran akan terbuka bahwa walaupun dunia pemasar terkadang tidak selalu menyenangkan tapi harus selalu optimis.

4. Seni Negosiasi: Seni Canggih untuk Melejitkan Kesuksesan Anda (2015)

Topik utama dari buku ini adalah bagaimana cara bernegosiasi. Roger Dawson berbagi rahasia para pengusaha termasuk jajaran manajemennya seperti eksekutif dan manajer di Amerika Serikat. 

Di buku ini, Roger berbagi ilmu tentang dasar dan konsep negosiasi dalam sebuah bisnis, menentukan langkah sesuai dengan karakteristik lawan, poin penting dalam sebuah negosiasi, hingga hal-hal yang tidak pantas dilakukan dalam negosiasi.

Buku ini memang sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh para mahasiswa manajemen pemasaran khususnya, lalu para staf marketing dan sales hingga para direktur, serta investor. Namun, tidak hanya pada lingkup bidang bisnis saja, buku ini dapat dibaca oleh semua orang.

5. Marketing 4.0: Moving fromTraditional to Digital (2019)

Buku ini dibuat oleh para pakar pemasaran di dunia. Hermawan Kartajaya yang merupakan pembicara dan pakar di bidang marketing khususnya kawasan Indonesia dan ASEAN. Bersama dengan Iwan Setiawan dan Philip Kotler, buku Marketing 4.0 telah diterbitkan oleh penerbit Gramedia. 

Di buku ini, para penulis menjelaskan satu per satu perkembangan strategi dan teknik pemasaran dari waktu ke waktu sejak kemunculan internet dan teknologi berbasis digital lainnya. Ciri dari marketing 4.0 ini berfokus pada konsumen bukan pada perusahaan, hal yang diharapkan adalah pengalaman para konsumen dengan teknologi ini akan berdampak baik bagi perusahaan yang mempengaruhi penjualan dan brand awareness sebuah perusahaan.

Dari kelima buku manajemen pemasaran ini, semua ilmu dapat diterapkan pada semua bisnis. Seorang pebisnis dan marketer handal pasti akan mengadopsi cara-cara yang dijelaskan pada buku-buku di atas. Selamat menambah wawasan di bidang ini ya!