Apa Itu Brand Value? Pengertian & Perbedaannya

Apa itu brand value? Dalam dunia bisnis, brand dan branding adalah dua istilah yang berbeda dalam penggunaannya.

Brand dalam bahasa Indonesia disebut merek, sedangkan branding adalah aktivitas yang dilakukan untuk membesarkan sebuah brand atau merek itu sendiri.

Branding biasanya erat kaitannya dengan marketing dan tujuan akhirnya mengacu pada pemerataan distribusi dan peningkatan penjualan produk dari brand.

Branding itu sendiri juga bermacam-macam antara lain cultural branding, product branding, geographic branding, personal branding dan corporate branding.

Kelima jenis branding ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperbesar brand itu sendiri. Aktivitas branding atau marketing dilakukan dengan memanfaatkan elemen seperti nama, logo, gambar, slogan/tagline dan lain sebagainya.

Pada artikel sebelumnya  kita telah membahas mengenai pengertian merek atau brand. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lebih detil mengenai brand value.

Apa Itu Brand Value?

Menurut Seth Godin yang dikutip dalam artikel di Forbes.com, pengertian brand value adalah sebagai berikut :

Brand value adalah nilai total dari berapa banyak orang rela membayar lebih, atau seberapa sering mereka memilih, harapan, ingatan, cerita dan hubungan terhadap satu merek dibandingkan merek yang lainnya.

Perbedaan Brand Value dengan Brand Equity

Pada kenyataannya, sebuah brand bukan hanya soal logo, nama dan slogan saja, tetapi lebih daripada itu. Brand itu sendiri harus mampu memberikan kualitas, janji, perasaan, harapan dan juga pengalaman bagi konsumennya.

Untuk mencapai hal itu, sebuah perusahaan membutuhkan brand equity atau kekuatan brand yang tinggi sehingga mendapatkan pelanggan yang setia/loyal.

Namun tak hanya itu, ada istilah lain yaitu brand value yang juga memiliki pengaruh pada nilai sebuah brand di masyarakat. Brand value tidak sama dengan brand equity, atau bisa dibilang sudut pandangnya sangat berbeda.

Namun, keduanya sangat penting dalam dunia marketing dan branding pada sebuah perusahaan. berikut ini pengertian dari masing-masing istilah tersebut, antara lain:

Brand Equity

Brand equity atau kekuatan brand berasal dari kepuasan konsumen atas brand tersebut sehingga mampu bertahan di masyarakat dan mengalahkan kompetitor.

Brand equity adalah kombinasi dari preferensi konsumen, kesetiaan atau loyalitas dan recall value diperkuat dengan perilaku, persepsi dan pengalaman pengguna. Untuk mendapatkan brand equity, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini, antara lain:

  • Membangun elemen branding seperti nama, logo, simbol, gambar, ikon, slogan/tagline dan lainnya sebagai amunisi yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen
  • Perusahaan yang ingin brand/mereknya terkenal luas harus sering mengadakan event atau muncul sebagai sponsorship agar konsumen sadar akan brand tersebut
  • Terus membangun networking dan berinteraksi serta berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mengenalkan dan menanamkan nilai atau branding design kepada masyarakat

Brand Value

Brand value adalah nilai sebuah brand yang didasarkan pada angka, kejelasan, diferensiasi, konsistensi, kinerja merek dan lain-lain. Brand value tidak hanya diukur berdasarkan puas tidaknya konsumen terhadap suatu produk/brand, tetapi juga dilihat dari analisis keuangan dan pemasaran.

Untuk memahami lebih dalam tentang brand equity dan brand value, di bawah ini beberapa perbedaan dari keduanya, antara lain:

  • Brand equity dari sebuah produk/brand dilihat dari kepuasan dan kepercayaan konsumen, sedangkan brand value dilihat berdasarkan Analisa keuangan dan pemasaran
  • Produk dengan brand equity bisa sangat diminati konsumen karena diproduksi oleh brand kesukaan mereka, namun tidak berlaku untuk brand value
  • Brand equity adalah sebuah persepsi dan kemauan konsumen atas sebuah merek/brand, sedangkan brand value adalah nilai bersih dari sebuah produk
  • Brand equity berasal dari recall value, sedangkan brand value dilihat berdasarkan kejelasan, keaslian, diferensiasi, komitmen, konsistensi, kinerja merek dan lainnya
  • Brand equity menunjukkan tingkat keberhasilan atau kekuatan brand, sementara brand value mewakili total nilai penjualan dari merek tersebut di pasar

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu brand value yang ternyata memiliki pemahaman yang berbeda dengan brand equity. Meski begitu, keduanya perlu dikembangkan untuk membangun bisnis atau brand yang besar dan memiliki konsumen yang loyal. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment