Apa Itu Brand Awareness? Pengertian, Cara Membangun

Apakah Anda tahu apa itu brand awareness? Kesadaran merek atau brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali suatu brand dari nama, gambar, logo dan slogan yang dipromosikan oleh brand tersebut.

Kondisi ini sangat mempengaruhi konsumen untuk memilih dan membeli produk. Itulah mengapa brand awareness sangatlah penting dan harus dibangun untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Dengan mengenal sebuah brand, konsumen akan selalu ingat dan ketika sedang mencari produk sejenis, ingatan akan brand tersebut akan muncul.

Seperti itulah kekuatan brand awareness dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk yang sedang mereka butuhkan.

Apa artikel sebelumnya kita telah membahas secara detil mengenai pengertian merek.

brand awareness pengertian merek
pengertian merek

Nah pada artikel kali ini kita akan lebih jauh membahas mengenai brand awareness.

apa itu brand awareness?

Apa Itu Brand Awareness?

Menurut TrackMaven pengertian brand awareness atau biasa juga disebut kesadaran merek adalah sebagai berikut :

Brand awareness adalah tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu brand. Click To Tweet

Ini mengukur kemampuan pelanggan potensial untuk tidak hanya mengenali citra merek, tetapi juga mengaitkannya dengan produk atau layanan perusahaan tertentu.

Kesadaran merek paling baik menyebar melalui upaya pemasaran inbound dan outbound. Ketika persaingan dalam suatu industri tinggi, kesadaran merek dapat menjadi salah satu aset terbesar bisnis.

Tingkatan Brand Awareness

Ada beberapa tingkatan dalam brand awareness.

Unaware Of Brand

Ini merupakan tingkatan paling bawah. Kondisi ini dimana sebuah brand belum dikenal sama sekali oleh marketnya. bahkan setelah melihat logonyapun target market tidak mampu mengenali brand tersebut.

Brand Recognition

Pada tahap ini market sudah dapat mengenai sebuah brand melalui ciri-ciri yang dimilikinya.

Brand recognition adalah sejauh mana publik dapat mengidentifikasi produk dan layanan dengan benar berdasarkan merek mereka termasuk faktor-faktor seperti logo, warna, slogan atau gaya.

Brand Recall

Pada tahap itu selain dapat mengenai suatu brand, market juga mampu mengingat brand tersebut.

Brand Recall adalah kemungkinan mengingat kembali nama merek secara instan oleh konsumen saat ditanya mengenai produk atau jasa dengan kategori yang sama.

Secara sederhana, brand recall adalah ukuran kualitatif dari kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek.

Top Of mind

Pada tahap ini, brand anda telah menjadi brand yang pertama kali diingat oleh market terkait dengan produk atau jasa pada kategori yang sesuai.

Cara Membangun Brand Awareness

Brand awareness menjadi sangat penting untuk membuat brand Anda semakin dicintai dan digunakan oleh konsumen.

Namun, kualitas tetap nomor satu, jika brand yang selalu diingat konsumen memiliki kualitas bagus, maka selamanya brand itu akan dipercaya. Nah, berikut ini ada beberapa tips atau langkah jitu dalam membangun brand awareness, antara lain:

  1. Melalui Social Media

Memanfaatkan sosial media untuk promosi memang sangat berpengaruh dalam aktivitas branding dan perdagangan secara online.

Hal ini karena setiap orang pasti memiliki sosial media dan sering menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan.

Biasanya, masyarakat memanfaatkan sosial media untuk mencari dan melihat-lihat produk yang mereka inginkan, lalu membelinya secara online jika tertarik.

Lebih lengkap mengenai social media marketing, silakan baca artikel berikut ini :

  1. Content Marketing

Content marketing perlu dipikirkan baik-baik karena harus mampu memberikan kesan atau branding yang baik untuk perusahaan. Sebaiknya, buatlah content marketing yang berkualitas, berisi dan memberi informasi kepada konsumen, daripada hanya menawarkan barang atau produk yang dijual.

Dengan tidak membahas produk yang dijual, nama perusahaan justru bisa lebih dikenal sebagai brand yang berkualitas. Lebih lengkap mengenai content marketing, silakan baca artikel berikut ini :

  1. Video Marketing

Dalam membuat konten, video bisa jadi salah satu pilihan yang terbaik karena mengandung visual dan audio yang dapat mempengaruhi konsumen secara langsung. Namun, video marketing yang dibuat tentu saja harus memiliki nilai dan bobot yang berkualitas, bukan hanya menampilkan jual beli produk. Jika konsumen tertarik dan menonton video terus-menerus, mereka akan mengingat brand Anda.

  1. Influencer Marketing

Istilah influencer mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda, mengingat saat ini banyak sekali influencer muda yang membuat konten kreatif. Influencer adalah seseorang yang memiliki banyak follower di media sosial sehingga memiliki dampak besar dalam mempengaruhi masyarakat. Anda bisa memanfaatkan influencer untuk menggunakan produk yang Anda jual dan meminta mereka membuat review positif.

  1. Event Marketing

Selain itu, Anda juga bisa mengadakan atau mengikuti sebuah acara atau event untuk tujuan marketing dan promosi. Dengan sering tampil di beberapa event, secara tidak langsung masyarakat akan mengenal dan mengingat brand Anda daripada brand lain. Dengan begitu, konsumen akan lebih memilih brand Anda saat dihadapkan dengan pilihan dengan beberapa brand lainnya.

  1. Sponsorship

Jika Anda bukan sebuah brand yang memungkinkan untuk tampil atau mengikuti event tertentu. Maka, menjadi sponsorship juga bisa jadi alternatif yang bagus karena logo brand Anda akan ditampilkan pada event tersebut. Dengan begitu, masyarakat akan mengenal logo brand Anda.

  1. Merchandise

Anda juga bisa mengadakan promo dan membagikan merchandise kepada konsumen, misalnya dengan syarat pembelian tertentu konsumen bisa mendapatkan merchandise. Jangan lupa juga untuk menyematkan gambar, logo atau slogan pada merchandise sehingga konsumen selalu mengingat brand Anda.

Nah, seperti itulah artikel singkat mengenai apa itu brand awareness dan cara membangunnya agar konsumen lebih mengenal brand Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment