Apa Itu Brand Ambassador? Pengertian Duta Merek

Apa itu brand ambassador? Dalam ilmu marketing dan dunia branding, ada tiga istilah yang sering Anda dengar yaitu brand advocate, brand ambassador dan influencer.

Bagi pemula, ketiga istilah tersebut mungkin sering tertukar maksud dan tujuannya, padahal masing-masing istilah tersebut memiliki arti yang berbeda.Jika Anda berkecimpung dalam dunia bisnis dan marketing, maka penting sekali mengetahui perbedaan dari ketiganya.

Ketiga macam pilihan brand marketing tersebut memang sangat berpengaruh pada penjualan dan kelancaran sebuah brand atau bisnis.Itulah mengapa sebagian besar bisnis profesional pasti memiliki brand ambassador yang menjadi wajah atau ikon brand mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

apa itu brand ambassador

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas banyak mengenai pengertian merek dan apa itu branding. Nah pada kersempatan kali ini kita akan membahas mengenai brand ambassador.

Apa Itu Brand Ambassador?

Brand ambassador biasa disebut juga corporate ambassador. Jika kita merujuk pada wikipedia berbahasa Inggris, maka pengertian brand ambassador adalah sebagai berikut :

Brand ambassador adalah orang yang disewa oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mewakili suatu merek secara positif dan dengan demikian membantu meningkatkan kesadaran dan penjualan merek.

Brand ambassador bertujuan untuk mewujudkan identitas perusahaan dalam bentuk penampilan, perilaku, nilai-nilai dan etika.

Elemen kunci dari brand ambassador atau duta merek adalah kemampuan mereka untuk menggunakan strategi promosi yang akan memperkuat hubungan pelanggan-produk-layanan dan mempengaruhi audiens yang besar untuk membeli dan mengkonsumsi lebih banyak produn atau layanan yang disediakan perusahaan.

Perbedaan Brand Ambassador, Brand Advocate dan Influencer

Nah, berikut ini pengertian dan perbedaan antara brand advocate, brand ambassador dan influencer, antara lain:

Brand Advocate

Brand advocate adalah pelanggan setia yang aktif dalam menyampaikan komentar atau review mereka terhadap produk yang mereka pakai. Brand advocate adalah mereka yang memiliki loyalitas tinggi dan bersedia memberikan komentar dan review positif tanpa dibayar atau diberi imbalan.

Tak hanya itu, brand advocate biasanya juga aktif dalam memberikan informasi terkait produk kepada masyarakat umum.

Hal itu bisa mereka lakukan dimana saja baik secara langsung maupun tidak langsung seperti di media sosial dan lain sebagainya. Informasi produk bisa sangat dipahami oleh brand advocate karena umumnya mereka sudah lama memakai dan menggunakan produk dari brand Anda.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah mendapatkan komentar, kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas produk Anda.

Brand Ambassador

Berbeda dengan brand advocate, brand ambassador memang sengaja diajak kerja sama dengan sebuah perusahaan untuk menjadi ikon ada sebuah brand.

Kerja sama yang dilakukan bisanya berbatas waktu dan mereka yang menjadi brand ambassador diwajibkan menguasai produk dalam waktu yang singkat. Selain itu, mereka akan diminta untuk memberi review pada produk meski belum pernah menggunakannya.

Brand ambassador adalah orang-orang yang dibayar untuk menunjukkan rasa puas dan senang terhadap produk atau brand tertentu.

Brand ambassador umumnya berasal dari kalangan artis atau orang terkenal yang bisa memberikan dampak pada masyarakat. Dengan begitu, akan lebih banyak konsumen yang tertarik untuk mencoba dan membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh brand ambassador.

Influencer

Hampir sama dengan brand ambassador, influencer juga mendapatkan imbalan dari apa yang mereka katakan kepada publik. Bedanya, influencer bukan hanya berasal dari kalangan artis atau orang terkenal, mereka bisa berasal dari mana saja.

Seperti yang saat ini sedang tren di masyarakat, banyak sekali influencer media sosial dari Instagram atau YouTube.

Sama seperti namanya, influencer diajak kerja sama untuk memberikan influence atau pengaruh terhadap konsumen dan masyarakat. Namun, kontrak kerja sama dengan influencer biasanya relatif lebih singkat daripada brand ambassador.

Dengan kata lain, influencer menjual jasa review mereka untuk perusahaan atau brand yang membutuhkan, setelah itu tidak ada hubungan kerja.

Dari ketiga jenis marketing di atas, tujuan utamanya sebenarnya sama-sama untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dan pelanggan. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, perbedaan harga atau biaya juga jelas terlihat di antara ketiganya.

Anda akan membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk bekerja sama dengan brand ambassador profesional. Namun, jika budget marketing sedikit maka bisa memilih influencer yang lebih murah dengan impact yang lebih sedikit pula.

Sedangkan brand yang memiliki kualitas dan kekuatan kepercayaan konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan review positif dari pelanggan setia mereka.

Demikianlah bahasan singkat mengenai apa itu brand ambassador, jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar.

Leave a Comment