Apa Itu Black Hat SEO?

black hat seo

Mungkin anda bertanya-tanya apa itu black hat seo? Dalam dunia SEO, black hat seo adalah salah satu teknik atau cara untuk meningkatkan popularitas atau ranking sebuah website pada search engine dengan cara yang salah. Nama black hat sendiri diadopsi dari film barat yang digunakan dalam menyebut tokoh antagonis.

Pada artikel sebelumnya yang berjudul Belajar SEO, kita telah belajar banyak mengenai seluk-beluk SEO yang baik dan benar. Silakan baca artikelnya opada link berikut.

Nah, kali ini kita akan mengupas mengenai black hat SEO.

Apa Itu Black Hat SEO?

Black Hat SEO adalah praktik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs atau halaman di mesin pencari melalui cara yang melanggar persyaratan layanan mesin pencari (sumber : Ahref). Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, istilah black hat atau “topi hitam” berasal dari film Barat untuk membedakan “orang jahat” dari “orang baik,” yang mengenakan topi putih.

Black hat seo sebetulnya sangat dilarang karena umumnya melanggar aturan. Dan jika ketahuan melakukan teknik black hat SEO ini maka akan mendapatkan semacam hukuman dari pihak mesin pencari.

Teknik Black Hat SEO ini biasanya digunakan untuk berlaku curang, mengakali dan menipu mesin pencari. Sehingga blog yang menggunakan black hat seo tersebut bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

Patut diketahui dan patut digarisbawahi bahwa teknik Black Hat SEO ini betul-betul melanggar ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh mesin pencari. Sehingga jangan pernah berfikir untuk mencobanya.

Apa Itu White Hat SEO?

White Hat SEO artinya adalah teknik SEO yang benar dan tentu saja cara atau teknik yang tidak menyalahi aturan. Maksudnya di sini adalah, jika Anda menggunakan teknik White Hat SEO, itu berarti Anda sudah menggunakan teknik SEO yang baik dan benar yang tentunya tidak curang dan tidak menipu.

Jika black hat seo adalah cara yang sangat dilarang dan merupakan cara yang sangat salah dalam mengoptimalkan sebuah website pada search engine tentu white seo adalah kebalikannya.

Jika dilihat dari segi optimasi, teknik White Hat SEO lebih fokus pada kualitas konten dari website itu sendiri, sangat mengusahakan membuat sebuah konten yang menarik, informatif dan juga bermanfaat. Untuk cara optimasinya Anda hanya perlu menempatkan kata kunci secukupnya.

Teknik Black Hat SEO

Agar tidak terjebak, anda perlu mengetahui apa saja teknik yang tergolong dalam black hat SEO.

  1. Keyword Stuffing

Cara ini salah satu cara yang terbilang populer dilakukan yang termasuk dari black hat SEO. Menempatkan kata kunci pada artikel sangatlah wajar. Jika dilakukan dengan benar, maka Anda benar-benar bisa berada di peringkat pertama. Tapi apa jadinya jika Anda berulang kali menulis kata kunci tersebut? Tentu saja artikel Anda akan terlihat aneh dan juga tidak enak dibaca. Pengunjung tidak akan menyukai apa yang Anda lakukan.

Teknik semacam itu disebut dengan keyword stuffing. Tidak peduli dengan tata bahasa dan terus menerus mengulang kata kunci seolah halaman tersebut memberikan informasi yang paling relevan dengan kata kunci yang dibidik.

Dulu teknik black hat yang satu ini banyak digunakan. Namun di masa sekarang, setelah Google mengupdate algoritmanya, teknik ini sudah tidak berguna lagi. Jadi, jangan buang waktu untuk melakukan keyword stuffing.

  1. Backlink Berbayar

Backlink merupakan faktor paling penting dalam SEO. Semakin banyak link yang mengarah ke tulisan Anda, semakin besar peluang Anda untuk duduk di halaman pertama Google. Namun beberapa pemasar internet melakukan kecurangan dengan membeli link.

Google sendiri telah menjelaskan beberapa kriteria link yang dilarang dalam aktifitas SEO. Setidaknya ada lima kriteria yang disebutkan dan salah satunya adalah backlink berbayar.

Mereka memanipulasi hasil pencarian dengan membayar uang atau sesuatu sehingga dengan mudah mendapatkan backlink. Praktik semacam itu dilarang keras oleh Google. Bagaimana pun juga, Google hanya ingin menghitung link-link yang natural dan link yang berasal dari membeli tidak termasuk dalam hitungan.

  1. Spam Komentar

Semua blogger suka jika blognya mendapat komentar. Tapi apa jadinya jika kebanyakkan komentar yang masuk merupakan komentar yang tidak relevan? Misalnya, komentar jualan obat pelangsing atau komentar yang menawarkan jasa SEO. Itu termasuk teknik black hat SEO.

Selain itu, tujuan spammers juga mendapatkan backlink karena hampir semua blog secara otomatis akan membuat nama komentator menjadi link menuju website komentator. Dulu cara ini bisa mempengaruhi peringkat, namun sekarang backlink dari komentar tidak lagi dihitung mengingat banyaknya spammer yang melakukannya.

Di sisi lain, komentar-komentar spam bisa sangat menganggu pembaca blog Anda. Jadi, sebisa mungkin hapus komentar spam yang menyerang blog Anda.

  1. Link Farming

Mungkin Anda pernah menjumpai satu website dalam satu halaman saja terdapat ratusan, bahkan ribuan link. Teknik ini juga termasuk black hat SEO. Tujuannya adalah meningkatkan popularitas website dengan banyak link, sekalipun link-link yang ada tidak relevan sama sekali.

Google tidak suka dengan link yang tidak relevan. Jadi, jangan pernah melakukannya karena cara ini sudah tidak efektif lagi dalam rangka membangun popularitas website. Lebih baik membangun link yang berkualitas sedikit demi sedikit. Dengan begitu blog Anda akan semakin populer seiring dengan banyaknya blogger yang merekomendasikan blog Anda. Alami juga tidak beresiko terkena penalti.

  1. Private Blog Networks

Ini sama halnya dengan membangun backlink. Penggunaan PBN juga dilarang oleh Google. Bahkan SearchEngineLand membuat artikel khusus mengenai teknik terlarang ini.

Cara kerja Private Block Networks ini sebetulnya tidak beda jauh dengan link farming. Hanya saja dalam Private Blog Networks isinya sekumpulan website yang mempunyai autoritas yang tinggi. Domain yang digunakan dalam black hat satu ini merupakan domain yang berautoritas tinggi pula.

Caranya adalah dengan membeli sebuah domain yang sudah lama atau bahkan yang sudah kadaluarsa kemudian dihidupkan lagi guna memberikan backlink lagi kepada website orang yang menghidupkan domain kadaluarsa tadi.

Sebetulnya cara ini terbilang ribet karena harus membeli domain yang sudah mati lalu susah payah menghidupkan kembali. Cara yang bisa dikatakan jauh dari efektif dan efisien.

  1. Konten Abal-abal

Konten abal-abal di sini adalah konten yang tidak memiliki kualitas dan lebih cenderung merupakan konten yang sangat tidak memiliki manfaat bagi penggunanya. Konten abal-abal pertama adalah konten yang isinya sama dengan konten dari website lain atau dengan cara copy dan paste.

Maraknya cara copy dan paste pada sebuah konten website membuat google meluncurkan Google Panda Update yang mulai aktif tahun 2011 lalu. Dengan adanya Google Panda update ini harapannya adalah bisa memberantas website yang kontennya hanya menggunakan cara copy dan paste milik website lain.

Jika sampai ada konten yang menggunakan cara copy dan paste dari website lain, maka website yang melakukan copy dan paste tersebut trafficnya akan jatuh secara kontan.

Bentuk-bentuk Black Hat SEO

Agar Anda lebih mudah memahami black hat seo ini berikut ini ada daftar contoh black hat SEO yang perlu diketahui:

  1. Melakukan copy dan paste pada artikel seseorang dan dari website lain (salah satu Black Hat SEO yang tidak menghargai karya seseorang)
  2. Penerapan kata kunci atau yang lebih dikenal dengan keyword, dimana keyword ini frekuensinya berlebihan dalam isi satu artikel
  3. Membuat Link Farming; satu halaman yang di dalamnya hanya berisi kumpulan link dengan jumlah yang terbilang sangat banyak. Jumlahnya yang mencapai ratusan, bahkan sampai ribuan link berada dalam satu halaman, sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  4. Teknik pengulangan judul, konten tersebut isinya hanya berisi judul-judul yang dibolak balik dan diulang-ulang untuk mencari kata kunci baru sehingga blog mereka bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Dampak Black Hat Seo

Jika anda melakukan teknik blabk hat SEO, maka tentu akan berdampak pada website yang anda kelola.

  1. Terkena Penalti

Penggunaan black hat SEO seringkali mempermainkan search engine seperti Google. Namun perlu diketahui jika setiap tahun Google memperbaiki algoritma untuk menutup setiap kelemahan sistem pemeringkatan dari hasil penelusurannya. Maka, apapun tindakan yang menyalahi kebijakan Google, cepat atau lambat akan terdeteksi. Dampak buruknya, situs web Anda akan terkena penalti.

  1. Kredibilitas Hancur

Google menciptakan sistem perangkingan dengan algoritma yang rumit untuk memberikan hasil terbaik sesuai dengan ekspektasi penggunanya. Jika menggunakan teknik black hat SEO, situs web Anda akan dinilai buruk dan muncul di hasil penelusuran karena cara-cara curang. Pengguna akan merasa tidak puas dan tentu saja kredibilitas turut hancur. Oleh karena itu, lebih baik lakukan dengan cara yang baik. Jika belum berhasil, maka terus lakukan perbaikan agar bisa bersaing dengan situs web lainnya.

  1. Membuang Waktu dan Tenaga

Sebenarnya, meski black hat memang bisa membuat blog Anda kedatangan banyak pengunjung, tetapi untuk menjaga posisi tetap berada di puncak butuh usaha yang berkesinambungan. Black hat SEO berorientasi jangka pendek dan hanya buang-buang waktu. Lebih baik gunakan waktu untuk bermain jujur saja. Meski perkembangan traffic lambat, tetapi tidak akan membuat Anda was-was ketika Google memperbarui algoritmanya.

Nah, jika sudah mengetahui segala kurang lebih dari teknik Black Hat SEO ini tentunya Anda akan berfikir ulang untuk menggunakannya bukan? Akan jauh lebih baik jika Anda memilih teknik white hat SEO yang jelas tidak melanggar aturan dan juga aman. Anda juga tidak perlu membuang uang atau waktu apalagi tenaga seperti saat memilih teknik black hat SEO. Percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.