Bisnis Online

Sekarang ini bisnis online menjadi salah satu hal yang cukup populer di kalangan masyarakat. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli bisnis memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan sebuah negara. Suatu negara bisa dikatakan maju apabila jumlah pengusahanya mampu menopang pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya

Berbicara tentang dunia bisnis memang tidak ada habisnya. Pasalnya bisnis telah menjadi salah satu bidang yang mulai banyak diminati hampir sebagian besar orang di dunia. Dari banyaknya jenis bisnis yang tersedia, bisnis online menjadi sebuah bisnis yang bisa dikatakan berkembang pesat dibandingkan dengan bisnis lainnya. Lalu apa saja bisnis online yang menjanjikan untuk masa mendatang?

Peluang Bisnis Online

Pada Sensus Ekonomi terakhir yang dilakukan BPS, kita ketahui bahwa jumlah wirausaha Indonesia mencapai 3,1 persen dari jumlah angkatan kerja. Merupakan jumlah yang terbilang kecil jika dibandingkan Malaysia yang mencapai 5 persen, China 10 persen, Singapura 7 persen, Jepang 11 persen, dan Amerika Serikat 12 persen.

Jika kita lihat dari segi ekonomi, ini merupakan angka yang menyedihkan. Namun jika kita lihat lebih jauh, dalam keaadaan yang menyedihkan itu terdapat pelung besar bagi kita yang ingin memulai bisnis.

Apa Itu Bisnis Online

Sesuai dengan namanya bisnis online merupakan sebuah bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet dalam aktivitas bisnisnya. Karena mengandalkan jaringan internet, bisnis jenis ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama masih tersedia jaringan internet. Beberapa aktivitas bisnis yang masuk dalam kategori bisnis online seperti kegiatan jual beli barang atau jasa online.

Sekarang ini bisnis online memang sudah sangat populer di semua kalangan baik remaja maupun dewasa. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat saat ini hampir semua orang memiliki smartphone canggih yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Dengan adanya fitur tersebut tentu saja dapat semakin memudahkan bisnis yang Anda jalankan ke depannya. Bagaimana tertarik untuk memulai bisnis online?

Keuntungan Bisnis Online

Jika dibandingkan dengan bisnis offline, tidak dapat di pungkiri lagi jika bisnis online memberikan banyak sekali keuntungan. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan? Simak ulasannya berikut ini

  • Menghemat Uang

Keuntungan pertama yang bisa Anda rasakan dari menjalankan bisnis online yaitu dapat menghemat uang Anda. Dengan menjalankan bisnis online ini Anda bisa menyimpan uang yang seharusnya digunakan untuk membayar sewa tempat dan berbagai tagihan jika Anda menjalankan bisnisnya secara offline. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

 

  • Sederhana Dan Santai

 

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan ketika menjalankan usaha online yaitu lebih santai. Seperti yang diketahui bahwa dalam menyiapkan dan menjalankan bisnis menjadi tantangan yang kadang membingungkan. Namun jika Anda menjalankan bisnisnya secara online Anda tidak perlu mengalami tekanan dan kerumitan yang biasa muncul dalam bisnis offline.

 

  • Jangkauan Luas

 

Bukan rahasia umum lagi jika bisnis online merupakan salah satu bisnis yang memiliki jangkauan yang sangat luas. Bisnis yang dijalankan menggunakan internet ini bisa menjangkau mulai dari puluhan hingga jutaan orang di seluruh dunia. Jadi bagi Anda yang menjalankan bisnis online ini, Anda tidak perlu susah payah mempromosikan produk Anda melalui TV ataupun radio.

 

  • Transaksi Keuangan Jauh Lebih Mudah dan Cepat

 

Seperti yang diketahui bahwa saat ini mentransfer uang dapat dilakukan dengan menggunakan mobile apapun. Layanan pembayaran saat ini juga semakin banyak dijumpai. Tidak tanggung-tanggung layanan pembayaran tersebut tidak hanya bisa dilakukan di dalam satu negara saja tetapi bisa mencapai seluruh dunia.

Dengan hanya memanfaatkan layanan online yang tersedia, Anda bisa menjalankan bisnis dengan mudah dan cepat tanpa perlu menghabiskan waktu dan tenaga.

Tantangan Bisnis Online

Seperti yang diketahui saat ini semakin banyak orang yang tertarik menjalankan bisnis dengan menggunakan sistem online. Selain karena lebih mudah dijalankan, banyak orang yang menganggap bahwa bisnis online ini tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulainya. Sehingga tidak heran jika bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi para pemula yang ingin memulai usaha atau bisnis.

Meski sangat mudah, buka berarti bisnis online tidak memiliki tantangan maupun rintangan. Sama dengan bisnis lainnya seperti bisnis offline, bisnis online juga memiliki tantangan yang sering muncul. Apa saja itu?

 

  • Kompetitor

Sama halnya dengan bisnis offline, bisnis online ternyata juga memiliki tantangan yang berkaitan dengan kompetitor. Banyak yang mengatakan bahwa persaingan dalam bisnis online tidak sebesar dengan persaingan bisnis offline. Padahal jika ditelusuri secara lebih jauh sebenarnya bisnis online ini  memiliki banyak persaingan. Mengapa demikian?

Perlu diketahui bahwa bisnis online menawarkan kemudahan dan juga kepraktisan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Karena kemudahan yang ditawarkan tersebut tidak heran jika banyak orang yang juga tertarik menjalankan usaha secara online. Saking mudahnya bisnis ini, setiap orang bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah.

 

  • Hacker

 

Selain dari kompetitor, tantangan lainnya yang harus dihadapi oleh para pengusaha di bidang online yaitu masalah hacker. Umumnya para hacker ini lebih mengincar bisnis-bisnis online yang sudah masuk dalam skala besar atau bisa dikatakan sudah memiliki pengikut dalam jumlah yang banyak. Untuk tantangan yang satu ini Anda perlu berhati-hati.

Sebagian besar hacker akan berusaha untuk mengambil alih sebuah bisnis online dengan tujuan untuk mengganti produk yang berbeda. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan pengecekan situs serta sosial media yang Anda gunakan secara rutin. Dengan begitu akun bisnis Anda terhindar dari aksi pembajakan.

  1. Konsumen

Ketika Anda menjalankan bisnis online, pasti Anda menemukan berbagai macam karakter konsumen mulai dari yang sabar hingga yang banyak permintaan atau cerewet. Dari banyaknya tipe konsumen yang tersedia, konsumen yang cenderung mudah berubah-ubah perlu untuk Anda waspadai. Mengapa?

Biasanya tipe konsumen yang mudah berubah-ubah akan lebih senang bertanya-tanya dan kemudian tertarik untuk memesan. Namun tipe ini juga cenderung suka berpindah ke perusahaan lain yang menawarkan harga lebih murah.

 

  • Penipuan

 

satu lagi tantangan yang perlu diperhatikan ketika menjalankan bisnis online yaitu adanya kasus penipuan. Jika pada pembahasan sebelumnya konsumen yang berbuat ulah, maka kali ini penjual bisnis online bisa saja kehilangan kepercayaan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi. Perlu diketahui jika sekarang ini banyak pengusaha-pengusaha online yang tidak bertanggungjawab .

Kondisi tersebut membuat para konsumen memiliki keraguan ketika hendak berbelanja online. Solusi yang bisa Anda lakukan ketika mengalami kondisi seperti ini yaitu Anda harus mampu meyakinkan para konsumen dengan menampilkan beberapa testimoni yang diberikan oleh para konsumen yang sudah membeli produk Anda.

Mengenal Tentang Jenis-Jenis Bisnis Online Yang Wajib Kamu Ketahui

Bidang Penjualan Produk

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, bahwa ada banyak sekali bidang yang tersedia dalam sebuah bisnis online. Jika ditelusuri ada banyak sekali jenis bisnis online yang menjanjikan prospek yang bagus di masa mendatang. Apa saja itu? untuk jenis bisnis yang pertama ini berkaitan dengan penjualan produk.

 

  • Jual Beli Di Media Sosial

 

Bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari bisnis dengan modal yang tidak begitu besar, maka model bisnis toko online menjadi salah satu jenis bisnis yang cocok untuk Anda jalankan. Pasalnya, Selain hanya membutuhkan modal kecil, bisnis dalam kategori ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan.

Dengan menjalankan bisnis jenis ini Anda tidak harus meninggalkan status Anda sebagai karyawan atau pegawai kantoran. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan memasarkan produk yang ingin Anda jual melalui akun media sosial pribadi Anda seperti akun facebook ataupun Instagram.

Melalui akun media sosial pribadi tersebut, Anda bisa menampilkan seluruh gambar yang ingin Anda jual dengan harga dan detail produk yang ditulis lengkap. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan. Selain facebook dan Instagram Anda juga bisa memanfaatkan Twitter untuk menampilkan berbagai produk pilihan lainnya.

Lalu produk apa saja yang seharusnya Anda jual? Nah untuk masalah yang satu ini, Anda bisa menjual berbagai macam barang yang sesuai dengan minat atau peluang muncul di sekitar Anda. Misalnya ketika Anda bekerja di lingkungan keagamaan, Anda bisa menjual produk jilbab atau gamis dengan berbagai macam model dan harga yang cukup terjangkau.

Sebenarnya cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online jenis ini yaitu pertama menentukan produk apa yang akan dijual. Kemudian setelah menentukan produknya, Anda bisa mencari supplier yang menyediakan barang-barang yang Anda perlukan tersebut. Jika sudah, Anda bisa menyediakan beberapa barang tersebut di rumah Anda.

Setelah menyediakan barangnya, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan sistem penjualan. Pada langkah ini Anda bisa memilih berjualan dengan sistem drop ship atau dengan sistem stok barang. Pastikan untuk memilih sistem penjualan yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

 

  • Usaha Dagang Di Marketplace

 

Setelah Anda merasa sudah cukup menguasai tentang penjualan yang menggunakan media sosial, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk merambah ke penjualan yang memanfaatkan marketplace. Apa itu Marketplace? Bagi sebagian dari Anda pasti masih cukup asing dengan istilah bisnis yang satu ini.

Marketplace merupakan suatu tempat yang terdapat di internet yang mana banyak sekali pihak  yang berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli. Dengan kata lain bisa diartikan bahwa marketplace merupakan sebuah tempat yang dijadikan sebagai tempat untuk menjual barang. Selain menjual di sana Anda juga bisa menemukan barang-barang yang Anda butuhkan.

Perlu diketahui, bahwa sekarang ini jumlah marketplace baik untuk produk dalam dan luar negeri terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut bisa terjadi karena seiring berjalannya waktu masyarakat mulai percaya dengan sistem jual beli yang dilakukan secara online. Tidak heran jika sekarang ini banyak orang yang tertarik mengikuti marketplace lho!

Selain karena lebih mudah, keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan marketplace yaitu besarnya jumlah pengunjung yang sudah dijamin oleh pihak penyelenggara marketplace tersebut. Dengan memakai sistem bisnis ini Anda tidak perlu lagi mengurus pemeliharaan atau maintained website setiap bulannya. Sangat menarik sekali, bukan?

Meskipun sistem penjualan melalui marketplace bisa dikatakan menguntungkan, namun Anda harus tetap perlu memahami kelemahan apa saja yang dimiliki oleh sistem ini. Dari beberapa kasus menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mengalami masalah dengan bisnis ini karena faktor ketidak sesuaian fitur dengan keinginan pengguna.

Oleh karena itu penting sekali untuk memahami fitur-fitur yang tersedia dalam marketplace. Sebelum memulai bisnisnya, sebaiknya Anda benar-benar memastikan bahwa fitur-fitur yang tersedia benar-benar Anda butuhkan.

 

  • Bisnis Online Di Website Sendiri

 

Selanjutnya bisnis online yang tidak kalah menguntungkan di masa mendatang adalah bisnis di website sendiri. Untuk jenis yang satu ini memiliki ruang lingkup yang lebih besar dibanding dengan bisnis sebelumnya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini bisa menggunakan sebagian penghasilan yang didapatkan selama berjualan di media sosial ataupun marketplace.

Anda tidak perlu takut untuk mencoba bisnis ini meskipun Anda sudah melebarkan sayap dengan menaruh semua produk di Marketplace, namun tidak ada salahnya untuk pelan-pelan membuat toko online sendiri. Selain bisa memperluas pengembangan produk, dengan membuat toko online sendiri Anda juga bisa memperkuat branding dari produk Anda.

Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini? Berbicara tentang keuntungan, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjalankan bisnis online ini. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memulai bisnis online melalui website sendiri seperti dapat memaksimalkan penjualan, dan bisnis Anda terlihat jauh lebih profesional.

Hal tersebut berbeda dengan bisnis marketplace yang sudah dijelaskan sebelumnya. Karena lingkupnya yang lebih besar dan banyak, para penjual pada marketplace cenderung kesulitan untuk mengangkat brand dari produknya sendiri. Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membangun website sendiri?

Anda tidak perlu khawatir, salah satu solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah mempekerjakan orang yang memiliki keahlian khusus pada bidang tersebut. Dengan memperkerjakan orang sesuai dengan bidangnya, tentu pekerjaan akan lebih efektif dan efisien. Jadi tunggu apalagi, segera bisnis Anda dan raih keuntungan sebanyak-banyaknya.

 

  • Bisnis Afiliasi

 

Selain bisnis website yang sudah disebutkan sebelumnya, Bisnis Afiliasi juga bisa menjadi salah satu pilihan bisnis online yang menguntungkan di masa mendatang. Bisnis Afiliasi ini merupakan sebuah bisnis yang cocok untuk diterapkan bagi mereka yang memiliki website dengan traffic pengunjung yang cukup tinggi.

Bisnis Afiliasi atau biasa dikenal dengan istilah affiliate marketing adalah sebuah bisnis yang memasarkan atau mempromosikan produk milik orang lain. Jadi ketika nanti ada konsumen yang tertarik untuk membeli produk tersebut melalui Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari pembelian yang dilakukan oleh konsumen tersebut.

Secara umum, sistem kerja yang biasa digunakan dalam bisnis afiliasi ini terbagi menjadi 3 tahapan. Tahap pertama yang harus Ana lakukan adalah melakukan registrasi ke penyedia program afiliasi. Selanjutnya jika registrasi Anda sudah disetujui Anda akan mendapatkan kode afiliasi dari penyedia program tersebut.

Pastikan untuk memasang kode tersebut di website untuk memunculkan iklan. Terakhir, Jika ada pembeli yang membeli produk melalui referensi website Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi atau pendapatan ari penyedia program afiliasi tersebut. Bagaimana, sangat mudah sekali, bukan?

Di sini Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan lho! Komisi yang didapat pun jauh lebih besar dibandingkan dengan bisnis yang sudah disebutkan sebelumnya. Meski begitu Anda harus berusaha keras, karena untuk menggiring pengunjung web untuk membeli lebih sulit dibandingkan dengan membuat pengunjung mengakses dan mengklik iklan yang ditayangkan.

Nah bagi Anda yang tertarik dengan bisnis yang memiliki prospek baik di masa mendatang, tidak ada salahnya mencoba bisnis afiliasi yang satu ini. Selain mudah, bisnis afiliasi juga terbukti aman.

Bidang Penulisan

 

  • Penulis Lepas

 

Bagi Anda yang tidak tertarik dengan bisnis di bidang penjualan tidak perlu bingung. Selain penjualan produk, bisnis online lainnya yang juga memiliki prospek bagus di masa yang akan datang adalah bisnis dalam bidang penulisan. Salah satu bisnis yang saat ini cukup populer di semua kalangan yaitu menjadi freelancer writer atau penulis lepas.

Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini semua dilakukan serba menggunakan internet. Saking  populernya, Anda bisa menjumpai puluhan juta situs yang ada di internet. Semua situs yang tersedia tersebut masing-masing pasti membutuhkan tulisan atau artikel yang dapat menarik minat pembacanya.

Tidak hanya tulisan biasa, artikel yang dimuat di website harus benar-benar berkualitas dan dapat menjelaskan detail produk yang ditawarkan. Perlu diketahui bahwa sekarang ini tidak banyak orang bisa membuat sebuah artikel berkualitas. Nah di sinilah peluang bisnis yang harus bisa Anda maksimalkan jika memang menulis merupakan keahlian yang Anda miliki.

Bagi Anda yang masih pemula dalam bidang kepenulisan, Anda bisa memilih level yang sesuai dengan tingkatan kemampuan Anda. Jika Anda sudah merasa mampu dan memiliki banyak pengalaman serta keahlian tinggi Anda bisa naik pada level penulis tingkat lanjut. Pada level ini penulis bisa menaruh tarif yang lebih besar dibandingkan dengan level yang pertama.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Jika iya, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mencari informasi tentang job penulis artikel di internet. Namun pastikan bahwa website yang Anda tuju benar-benar website yang terpercaya. Beberapa website yang bisa Anda coba seperti sribulancer.com, upwork.com (internasional), dan masih banyak lagi.

 

  • Blogger

 

Anda suka dengan kegiatan blogging? ini saatnya untuk Anda memanfaatkan kegiatan Anda tersebut untuk menghasilkan uang. Seperti yang diketahui, blogging merupakan sebuah kegiatan yang dimulai dari menulis atau membahas tentang hal-hal yang Anda sukai. Nah sekarang ini para blogger bisa menghasilkan uang dengan mudah dan cepat lho!

Bagi Anda yang seorang blogger pastikan untuk bekerja sama dengan pengiklan. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari penyedia iklan tersebut. Perlu diketahui, penghasilan yang bisa didapatkan dari publisher iklan bisa dikatakan cukup menarik. Nah bagi Anda yang tertarik segera mencari penyedia iklan yang sudah terpercaya.

Dari banyaknya penyedia iklan, salah satu penyedia sistem publisher iklan yang sudah sangat terkenal dan terpercaya adalah Google. Skema bisnisnya yaitu Google sebagai penyedia iklan terbesar di dunia akan menawarkan kepada pemilik website yang berkualitas untuk menampilkan iklan di website nya.

Pemilik website akan mendapatkan uang jika iklan yang ditampilkan tersebut diklik oleh pembaca blog. Nah di sini peran pemilik website hanya perlu fokus untuk merawat website nya agar tetap berkualitas. Sehingga pengunjung website nya akan terus mengalami peningkatan setiap waktu.

Sedangkan untuk iklannya akan secara otomatis muncul di website Anda dengan posisi dan format yang sudah Anda tentukan sejak awal penawaran. Cukup mudah sekali, bukan? Jadi tunggu apalagi segera daftarkan website Anda agar mendapatkan penawaran iklan dari penyedia iklan.

Lalu bagaimana cara agar bisa sukses di Google AdSense? Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas yaitu Anda sebagai pemilik website harus benar-benar fokus merawat website yang Anda miliki. Tujuannya adalah agar kualitas dari website tersebut tidak semakin menurun sehingga pengunjung atau pembaca enggan datang ke website Anda.

Cara yang bisa Anda lakukan dalam pengembangan website yaitu dengan meng-update konten-konten yang berkualitas. Jangan lupa untuk memperhatikan traffic pengunjung harian pada website. Perlu diperhatikan juga untuk menghindari traffic palsu atau hal-hal yang berbau kecurangan karena bisa membuat akun Anda terkena banned oleh pihak Google.

 

  • Penerjemah

 

Sesuai dengan namanya, penerjemah merupakan sebuah jasa yang sekarang ini banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar yang ada di seluruh dunia. Di zaman yang semakin maju dan berkembang ini banyak perusahaan yang mulai bekerja sama antar negara dengan tujuan untuk memperluas usahanya.

Untuk mempermudah komunikasi dan kerja sama, setiap perusahaan perlu memiliki penerjemah yang dapat menerjemahkan berbagai dokumen-dokumen yang berpengaruh terhadap kelancaran bisnis. Umumnya sebuah perusahaan tidak memperkerjakan seorang penerjemah secara full time karena memang tidak semua dokumen ditulis dalam dua bahasa.

Karena masih besarnya potensi bidang ini, Anda bisa menjadikan peluang emas untuk menguasai dua bahasa atau lebih. Meski jasa yang ditawarkan terdengar sederhana, penghasilan yang didapatkan bisa dikatakan cukup besar. Bagi Anda yang masih kuliah, pekerjaan yang satu ini sangat cocok diambil sebagai pekerjaan sampingan karena bisa dikerjakan kapan saja.

Beberapa marketplace yang bisa Anda gunakan untuk mencari perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa penerjemah yaitu di fiverr.com, sribulancer.com dan masih banyak lagi.

 

  • Copywriter

 

Bisnis online di bidang penulisan selanjutnya adalah copywriter. Mendengar namanya, pasti sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan bisnis online yang satu ini. Jika di deskripsi kan, pekerjaan copywriter ini bisa dikatakan cukup luas mulai dari penulisan teks dalam iklan hingga mendesain nya menjadi tulisan menarik orang lain untuk membeli.

Dalam bidang penjualan copywriter ini memberikan andil yang besar dalam mempengaruhi pola pikir orang lain agar mau melakukan atau membeli sesuatu yang disampaikan dalam tulisan tersebut. Saat ini peluang bisnis copywriter ini terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya iklan di media sosial.

Selain menulis iklan, seorang copywriter biasanya juga menulis teks di landing page atau halaman penjualan dengan tujuan mencari pelanggan baru. Jika di ibaratkan dalam bisnis offline, copywriter adalah seorang salesman yang bertugas untuk mengajak orang untuk membeli produk dengan kata-kata yang menarik.

Perlu diketahui bahwa copywriter ini berada satu level diatas content writer biasa. Jika seorang penulis pemula saja bisa mendapatkan penghasilan jutaan pada setiap bulannya, maka seorang copywriter bisa mendapatkan penghasilan yang lebih dari seorang content writer. Bagi Anda yang seorang penulis maka Anda bisa mencoba untuk terjun ke dalam bisnis baru tersebut.

 

  • Penerbit E-Book

 

Satu lagi bisnis online di bidang penulisan yang tidak boleh dilewatkan adalah penulis E-Book. Jika Anda memiliki kesukaan dalam membuat tulisan, maka tidak ada salahnya jika Anda menjual hasil tulisan tersebut ke publik. Bagi Anda yang masih pemula namun ingin menjadi penulis ahli sebenarnya sangat mudah. Anda bisa memulainya dengan membuat tulisan digital.

Mengapa harus membuat tulisan digital atau e-book? karena cara yang satu ini tidak memerlukan biaya untuk mempublikasikan nya. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mempublikasikan tulisan Anda secara umum.

Bagi Anda yang tertarik, salah satu situs yang paling banyak digunakan untuk menjual tulisan digital atau e-book yaitu KDP atau Kindle Direct Publishing dari Amazon.  Kucing agar Anda bisa sukses di bidang ini yaitu sabar, rajin, kerja keras dan ulet.

Bidang Pelayanan

 

  • Jasa Pembuatan Konten Website

 

Setelah membahas tentang bisnis online di bidang penulisan kurang lengkap rasanya jika membahas bisnis online lainnya. Tidak kalah dengan bidang penulisan, bisnis di bidang pelayan juga dianggap memiliki prospek bagus untuk masa depan. Salah satu bisnis di bidang pelayanan yang juga sangat populer saat ini adalah membuka jasa pembuatan konten website.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh WPCurve menunjukkan bahwa keberadaan jasa pembuatan konten website sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini. Hasil survei tersebut menunjukkan 89 % dari bisnis startup menggunakan content marketing untuk memasarkan produknya.

Sedangkan 71% perusahaan memilih tidak menggunakan content marketing karena tidak memiliki banyak waktu untuk membuat konten. Jika Anda jeli, tentunya Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka bisnis online. Dengan adanya survei yang dilakukan oleh WPCurve tersebut, Anda bisa menghitung seberapa besar potensi pendapat dari bisnis yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa content marketing saat ini telah diakui sebagai salah satu metode pemasaran online terbaik dan terpopuler. Jadi tunggu apalagi? segera maksimal kan peluang ini dan bangun komunitas Anda untuk pembuatan konten website yang bagus dan berkualitas.

  1. Kursus Online

Belajar dengan menggunakan sistem online memang tengah menjadi tren baru di seluruh dunia. Tidak hanya di dalam negeri saja, tren ini juga sudah tumbuh berkembang di luar negeri. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat teknologi saat ini sudah sangat maju dan canggih. Sehingga banyak orang yang memanfaatkannya dengan maksimal.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini kondisi lalu lintas yang semakin padat dan macet serta kesibukan yang juga semakin banyak membuat banyak tertarik dengan hal-hal yang berbau online. Salah satu layanan online yang bisa membantu murid belajar dengan mudah dan nyaman adalah sistem pendamping online.

Apa itu pendamping online? Sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing dengan istilah yang satu ini. Pendamping online merupakan salah satu layanan kursus belajar yang kegiatannya dilakukan secara online atau melalui media internet. Akses internet yang tanpa batas serta tempat yang fleksibel membuat banyak murid tertarik dengan kelas online ini.

Selain itu suasana yang santai dengan model pembelajaran yang menggunakan video rekaman justru membuat murid-murid lebih mudah menerima ilmu yang disampaikan. Bagi Anda yang merasa memiliki bakat dan minat di bidang ini, tidak ada salahnya untuk mencoba masuk dalam dunia pendidikan ini.

Selain fleksibel, menjadi pendamping online bisa lebih menghemat waktu dan juga tenaga Anda. beberapa platform yang bisa Anda coba untuk memulai menjalankan kursus online yaitu teachable.com, udem.com, guide.co, dan masih banyak lagi.

 

  • Jasa Konsultasi

 

Jika zaman dulu seseorang yang ingin membuka layanan konsultasi maka harus bersusah payah untuk menawarkan jasanya kepada perusahaan-perusahaan dan sebagainya. Jika dibayangkan tentu hal tersebut sangat merepotkan dan tidak efisiensi waktu. Namun Anda tidak perlu khawatir karena di zaman yang maju ini sistem tersebut sudah tidak perlu lagi dilakukan.  

Saat ini para pemilik jasa konsultasi bisa menawarkan atau mempromosikan jasanya melalui blog buatan sendiri. Dalam menggunakan metode ini, Anda harus lebih bersabar dan rajin membuat konten-konten yang dapat membuat blog Anda ramai dikunjungi. Biasanya para pengunjung akan bertanya terkait permasalahan atau topik yang Anda sajikan dalam blog Anda tersebut.

Misalnya saja, Anda menulis sebuah tulisan tentang investasi. Kemudian ada seorang pengunjung blog yang menghubungi Anda melalui email untuk berkonsultasi tentang masalah yang hampir sama dengan tulisan yang Anda muat tersebut. Untuk memulai konsultasi nya Anda bisa menggunakan berbagai macam metode seperti e-mail, video call hingga IM.

Umumnya topik konsultasi biasanya lebih variasi dan tergantung dengan apa yang ditanyakan oleh pengunjung blog atau website. Bagi Anda yang suka dengan pekerjaan yang tidak terikat waktu, bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk Anda jalankan. Karena layanan konsultasi bisa dilakukan secara online, Anda bisa melakukan konsultasi tersebut dimana saja dan kapan saja.

Lalu bagaimana cara komunikasi dalam melakukan konsultasi? Umumnya para konsultan akan menggunakan beberapa fitur yang mampu menunjang layanan konsultasi. Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan yaitu Skype, Yahoo Messenger atau media lainnya.

 

  • Jasa Web Development

 

Seperti yang diketahui Web Development merupakan salah satu bisnis online yang sangat populer sekarang ini. Hal tersebut dibuktikan dari besarnya permintaan terhadap layanan ini yang cukup tinggi di beberapa marketplace. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan atau keahlian dalam bidang ini, tidak ada salahnya menjadikan web development sebagai usaha sampingan.

Untuk memulai bisnis Web Development sebenarnya tidaklah rumit. Anda hanya perlu memulainya dari beberapa website untuk freelancer seperti upwork.com dan project.co.id. Bagi Anda yang ingin situs dalam skala global maka Anda bisa menggunakan atau memilih situs upwork.com. Sedangkan untuk skala lokal Anda bisa menggunakan situs project.co.id.

Bidang Teknologi

 

  • Kursus Digital

 

Jika Anda berpikir bahwa mendapatkan ilmu hanya bisa dilakukan dengan membaca buku dan mendengarkan guru saat mengajar saja adalah salah besar. Faktanya, di era yang sudah modern ini orang bisa mendapatkan ilmu dari berbagai fitur digital. Contoh fitur yang biasa digunakan adalah E-book, audio, dan video. Ilmu apa yang dapat dituangkan dalam fitur tersebut?

Semua jenis ilmu bisa dipaparkan di sini. Intinya adalah Anda harus membuat dan mengemas nya se menarik mungkin. Salah satu pembelajaran yang cukup menarik untuk dibahas adalah pelatihan seperti belajar memainkan piano dan lain sebagainya. Video dan E-book tersebut tentu akan membantu mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk belajar kapan saja.

Kunci dalam membuat kursus digital di sini adalah kreativitas. Seperti yang diketahui saat ini ada banyak informasi yang bisa diakses melalui internet. Namun tidak semua informasi tersebut informatif dan berkualitas. Jadi, tugas Anda adalah membuat video atau E-book yang berbeda dari lainnya dan memiliki keunggulan.

Misalnya jika Anda membuat konten pelatihan, berikan penjelasan yang mudah dipahami dan panduan yang jelas dan terstruktur. Lalu bagaimana cara membuat pembelajaran atau kursus online yang menjanjikan? Sebenarnya, konsepnya hampir sama dengan menulis artikel di website. Namun perbedaan nya adalah konten yang dibuat lebih informatif dan detail.

Pastikan untuk memilih bidang yang sesuai dengan keahlian Anda. Mengapa? Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas dari konten yang Anda jual. Semakin berkualitas konten yang Anda buat, maka semakin tinggi pula nilai jualnya. Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan riset terkait apa saja hal yang umumnya orang cari dalam bidang itu.

Setelah membuat produknya, Anda harus rajin memperkenalkan diri dan produk hingga akhirnya orang bisa mengetahui. Jika reputasi Anda baik, tentu orang akan semakin tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

  1. Website Eksklusif

Berbicara mengenai pengelolaan website, tentunya Anda sudah tidak asing dengan istilah website eksklusif atau biasa dikenal dengan website premium. Sistem olah pada website itu akan memungkinkan Anda memperoleh bayaran dari pengunjung yang mengakses. Bukan berarti semua pengunjung harus membayar Anda ini lebih pada sistem keanggotaannya.

Melalui sistem keanggotaan, pengunjung akan mudah untuk mendapatkan informasi lebih dari Anda. Tentu, untuk bisa memperoleh informasi yang lebih detail, pengunjung diisyaratkan untuk menjadi anggota terlebih dahulu. Bisnis seperti ini memiliki sebutan sistem keanggotaan premium.

Perlu diketahui, syarat untuk bisa menjadi member adalah dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Lalu, mereka baru akan bisa mengakses semua informasi secara lengkap. Nah, untuk pembayaran nya sendiri terdiri dari dua sistem langganan yaitu bulanan dan tahunan. Untuk nominal dan syaratnya yang sudah disepakati selama menjadi anggota.

Setiap bisnis memiliki kunci suksesnya masing-masing. Sama halnya dengan bisnis website ini. Kuncinya adalah membangun website yang berkualitas artinya konten yang dibagikan benar-benar bermanfaat bagi pembaca nya. Selain itu, peran para ahli juga sangat dibutuhkan. Pastikan bahwa semua konten dibuat oleh individu yang benar-benar ahli di bidangnya.

Lalu, bagaimana cara membuat website seperti ini? Sebenarnya, tidak sulit untuk membuatnya. Jika Anda tidak bisa membeli platform, Anda dapat memanfaatkan platform gratis seperti WordPress. Dengan platform ini saja Anda sudah dapat menghasilkan uang ribuan dolar dalam setahun nya yang didapat dari sistem membership.

Beberapa plugin atau software yang mendukung aplikasi WordPress yang bisa Anda coba di antaranya s2member.com untuk yang gratis dan member wishlistproducts.com untuk yang berbayar. Langkah-langkah memiliki website keanggotaan yang sukses dapat Anda lihat dari keberhasilan perusahaan – perusahaan yang dijelaskan di bawah ini:

SmartInsights, merupakan sebuah perusahaan sukses yang menyediakan berbagai konten-konten informatif. Konten-konten lengkap yang tersedia hanya dapat diakses oleh anggota berbayar. Harga yang dipatok berkisar $59 per bulannya. Untuk non-anggota, hanya dapat mengakses informasi umum.

Model situs keanggotaan kedua yaitu WPSites.com. Di situs ini, pembaca dapat mengakses berbagai hal mengenai tutorial WordPress tanpa harus membayar. Namun, jika pembaca melakukan pembayaran sebagai anggota terdaftar sebesar $37 per bulan, maka mereka dapat melakukan tanya jawab langsung dengan creator nya.

Model ketiga dapat Anda jumpai melalui forum premium StackThatMoney. Di model ketiga ini, sistem yang digunakan adalah sistem komunitas. Situs  tersebut hanya tersedia untuk anggota yang terdaftar saja. Artinya, anggota tersebut sudah melakukan pembayaran sebesar $99 per bulannya. Saat ini model komunitas memang dianggap sangat efektif untuk membagikan ilmu.

 

  • Penjual Domain

 

Istilah SEO mungkin sudah tidak asing dalam dunia penulisan. Dikaitkan dengan domain, jika dilihat dari sisi SEO, domain yang sesuai dengan produk yang dimaksud akan sangat memudahkan pencari dalam menemukan nya di search engine.

Salah satu bisnis yang dapat Anda jalankan yang berkaitan dengan ini adalah jual beli nama domain. Anda dapat menemukan banyak transaksi bisnis ini di forum nasional maupun internasional. Forum-forum tersebut di antaranya forumsdigitalpoint.com dan ads.id.

Bagaimana dengan konsep nya? Konsepnya cukup mudah, pengumpul domain hanya perlu mencari nama domain sebanyak – banyaknya. Setelah itu, pilih nama yang memiliki prospek atau dalam artian banyak dibutuhkan atau dicari. Lalu, pasarkan nama tersebut dengan sistem jual lelang. Nama yang bagus akan dihargai sekitar $500 hingga $100.000 atau bahkan lebih.

 

  • You tuber

 

YouTube memang sudah menjadi ladang bisnis yang menguntungkan sejak dari kemunculan nya pada tahun 2005. Di sana, siapa saja bisa menjadi selebriti. Tidak pandang bulu, semua kalangan memiliki kesempatan berbisnis di platform ini. Dengan menjadi YouTube, Anda akan mendapatkan uang ratusan hingga jutaan dolar per bulannya.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube sebenarnya? seorang YouTube akan mendapatkan uang dari video yang diunggah nya setelah optimasi Google AdSense. Cara untuk mendapat uang dari You tube adalah dengan membuat akun YouTube dan channel sendiri. Selanjutnya, unggah video menarik dan kreatif sebanyak-banyaknya.

Pastikan bahwa Anda mengunggah video yang bermutu yang dapat membuat banyak orang menonton video Anda. Jika Anda sudah memiliki cukup banyak penonton, daftarkan diri Anda ke Google AdSense untuk mendapat uang dari YouTube. Semakin banyak penonton dan subscriber Anda, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan didapatkan.

Salah satu You tuber yang terkenal dan sukses adalah PewDiePie yang memiliki nama asli Felix Arvid Ulf Kjelberg. You tuber ini sudah berhasil memperoleh sekitar 6.65 miliar penonton dan 32 juta subscribers dari channel yang ia buat. Dia bahkan sudah mencetak beberapa rekor hebat dari 12 juta subscriber menjadi 20 juta.

Jika video Anda ditonton oleh banyak orang, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan iklan sponsor dari banyak perusahan. Dengan kata lain, penghasilan yang akan Anda dapatkan juga akan semakin besar pula. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis iklan yang ditayangkan. Pertama, iklan dengan komisi per klik dan kedua iklan dengan komisi tiap kali tayang.

Perhitungan penghasilan yang akan Anda peroleh sudah di akumulasi dengan tepat dengan potongan yang sudah ditetapkan. Pihak YouTube nantinya akan memotong total penghasilan sebanyak 45% dan sisanya dapat Anda miliki sebagai pengunggah video.

 

  • Penjual/Pengembang Software

 

Apakah Anda memiliki keahlian dalam bidang pemrograman? Jika iya, hal tersebut sangat menguntungkan Anda ke depannya. Dengan keahlian yang Anda miliki tersebut, Anda dapat membuat software sendiri dan menjualnya. Model bisnis ini dikenal sebagai Software as a Service atau SaaS.

Konsepnya adalah, setiap orang berhak membuat sebuah software dengan basis web, kemudian menjualnya dengan sistem langganan atau subscription. Contoh dari bisnis ini seperti adanya Slack. Slack merupakan situs layanan chatting yang sudah berhasil mendapatkan penghasilan sekitar $2.8 triliun pada tahun 2015. Padahal situs ini baru dirilis pada tahun 2014 silam.

Ditambah lagi, pengguna ponsel genggam sudah semakin menjamur. Para pengguna ponsel tersebut dapat menjadi target pasar untuk mengembangkan aplikasi yang digunakan pada platform mobile.

Salah satu faktor mengapa bisnis ini cukup menjanjikan adalah karena di zaman sekarang ini, hampir semua orang sudah memiliki Smartphone yang berisi banyak software di dalamnya. Kebutuhan akan software memang tidak dapat di pungkiri. Buktinya, orang akan rela menginstal banyak software jika software itu memang menarik dan bermanfaat.

 

  • Penjual Plugin dan Template WordPress

 

Bisnis yang dianggap sangat menjanjikan selanjutnya adalah Penjual Plugin dan Template WordPress. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya situs WordPress yang digunakan mencapai 74.652.825. Setiap harinya, ada sekitar 29.000 Plugin yang dijual oleh para seller. Tentu, ini juga akan memberi peluang besar bagi Anda untuk berbisnis di bidang ini.

Jangan berpikir bahwa Plugin Anda tidak akan laku, buktinya banyak orang yang beralih untuk membeli Plugin dibandingkan menggunakan plugin dan template gratis yang disediakan di internet. Itu mengapa, penjual Plugin kian hari kian bertambah saja. Anda dapat mengunjungi situs codecanyon.net untuk plugin berbayar dan themeforest.net untuk template berbayar.

Apa kelebihan dari themeforest.net? Situs ini sangat menguntungkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kopi yang terjual mencapai 1.500 dalam seminggu. Jika harga per template adalah $58, maka dapat disimpulkan bahwa penghasilan yang mereka dapatkan dalam seminggu adalah $84.564 atau berkisar Rp1 miliar rupiah. Sangat hebat, bukan?

Bidang Desain Grafis

 

  • Jasa Desain Grafis

 

Mungkin sebagian besar dari Anda penasaran dengan peluang dari bisnis yang satu ini? Seperti yang diketahui bahwa desain grafis saat ini menjadi salah satu bidang yang sangat populer karena hampir dibutuhkan perusahaan besar. Jika dilihat dari penghasilannya, seorang desainer profesional bisa mendapatkan penghasilan lebih dari 1 miliar per tahun.

Bagi Anda yang masih pemula tidak perlu patah semangat, Anda masih bisa mengasah keahlian Anda tersebut dengan terus giat berlatih. Kunci utama untuk menjadi seorang desainer profesional adalah dengan memiliki banyak portfolio dan selalu berusaha mengasah kemampuan. Jika Anda yakin sudah mampu, Anda memiliki banyak kesempatan untuk menerima proyek.

Tidak perlu takut, yang terpenting adalah Anda harus percaya diri, rajin berbenah dan selalu rutin memasarkan jasa tersebut. Anda bisa mulai menawarkan produk dengan harga yang terjangkau untuk mencari pelanggan tetap terlebih dahulu. Jadi tunggu apalagi? pastikan untuk segera mencobanya ya!

 

  • Penjualan Artwork

 

Bagi Anda yang tidak tertarik menyediakan jasa desain, maka Anda bisa membuka bisnis yang mana membuat suatu karya atas permintaan pembeli atau klien. Salah satu bisnis yang masuk dalam kategori bisnis tersebut adalah penjualan artwork. Jika mendengar namanya, pasti sebagian besar dari Anda masih belum begitu memahami jenis bisnis yang satu ini.

Untuk Anda yang tertarik menggeluti bisnis ini pastikan untuk melakukan transaksi stock desain grafis di web-web terpercaya. Beberapa tempat yang sudah sangat populer dalam transaksi jual beli stock desain yaitu grapicriver.net, market.envato.com, redbubble.com, bigcartel.com, society6.com dan masih banyak lagi.

 

  • Penjualan Hasil Fotografi

 

Satu lagi bisnis online di bidang desain grafis yang memiliki potensi bagus di masa mendatang adalah penjualan hasil fotografi. Untuk jenis bisnis yang satu ini memang terbilang cukup unik. Mengapa? karena hanya dengan menggunakan ide sederhana Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

Sesuai dengan namanya, peluang bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan oleh mereka yang memiliki kecintaan pada bidang fotografi. perlu diketahui bahwa seorang fotografer profesional bisa mendulang untuk yang besar dari bisnis ini. Kunci utamanya yaitu harus giat, rajin dan kerja keras dalam mencari pelanggan untuk produknya.

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang fotografi, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini. Selain enak, Anda juga dapat menghasilkan uang dengan mudah dan cepat. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Nah demikian tadi beberapa ulasan tentang bisnis online, mulai dari definisi, keuntungan, tantangan hingga berbagai jenis bisnis online yang bisa Anda jumpai sekarang ini. Agar semakin menyenangkan, pastikan untuk memilih jenis bisnis yang sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda ya! Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda.