Bisnis Online Tanpa Modal

Zaman seperti saat ini, teknologi sudah semakin berkembang dan membuat banyak pelaku bisnis online yang semakin banyak. Selain itu bisnis online ini banyak diminati karena beberapa alasan.

Mulai dari modalnya yang kecil, dapat dilakukan dimana saja dan tentunya menguntungkan untuk para pelaku bisnis tersebut. Anda juga akan mendapatkan berbagai keuntungan, yang penting memiliki koneksi internet dan kemauan yang keras.

Bisnis online tersebut juga tidak mengharuskan para pebisnis untuk pergi kemana-mana. Jadi dapat dilakukan di rumah, hanya diam dengan menyalakan internet dan penghasilan besar akan segera di dapatkan. Selain itu untuk bisnis online tanpa modal ini juga memiliki berbagai jenisnya.

Berikut Sederet Bisnis Tanpa Modal

Reseller atau Dropshipper

Reseller termasuk seseorang yang menjual produk dari orang lain. Sedangkan dropshipper merupakan seseorang yang menjual barang orang lain dan menggunakan nama pribadinya.

Jadi dengan menjalankan bisnis ini, Anda sudah tidak perlu repot memikirkan konsep bisnis dan membuat produk. Hanya perlu menemukan barang apa yang akan dijual, membuat akun dalam situs penjualan, membuat akun media sosial dan mempromosikan produk tersebut.

Dengan menjalankan bisnis ini, maka Anda juga tidak perlu takut rugi karena dapat membeli produk dari penjual utama jika ada pesanan. Tapi meskipun begitu, Anda sebagai penjual tetap harus menjual produk yang berkualitas.

Blogger

Bisnis sebagai blogger termasuk salah satu bisnis online bagi Anda yang suka bercerita. Jadi akan beralih dari bercerita di buku diary ke internet dengan membuat blog sendiri atau website khusus.

Bisnis ini juga sangat menguntungkan, karena hanya memasang iklan online melalui Google AdSense dan menjual jasa review. Jadi meskipun saat pertama atau awal memulai sempat ditolak, jangan mudah menyerang dan mencoba lagi.

Hal pertama yang harus dilakukan dengan menentukan konsep blog yang akan dibuat. Topik apa yang akan ditulis dan semakin banyak blog, maka akan semakin menguntungkan. Selain itu jangan lupa juga untuk selalu melakukan pantauan secara rutin dan melakukan update.

Penulis Freelancer

Saat ini situs pencari kerja sudah semakin banyak, salah satunya pekerja lepas atau yang disebut dengan freelancer. Dalam bisnis atau pekerjaan ini biasanya klien akan mencari penulis yang bersedia menulis beberapa artikel yang masih ada hubungannya dengan media atau perusahaan yang dimiliki.

Jadi pekerjaan tersebut tidak terikat oleh perusahaan, sedangkan bayarannya cukup lumayan atau tergantung dari jam terbang menulis. Tapi bagi yang masih pemula akan mendapatkan penghasilan yang lebih rendah dan akan mendapatkan upah besar jika sudah masuk jenjang profesional.

Anda sebagai penulis juga jangan lupa untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan menulis. Karena semakin banyak proyek yang diambil maka akan semakin banyak saran serta kritik yang diterima untuk meningkatkan kualitas tulisan. Jadi Secara tidak langsung dapat sekaligus memperkaya portfolio dari berbagai hasil tulisan yang ada.

Penerjemah Bahasa Asing

Selain bisnis online tanpa modal seperti di atas, berikutnya ada juga bisnis sebagai penerjemah bahasa asing. Apalagi saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang sifatnya global. Semakin banyak orang yang mencari penerjemah dengan baik, baik tertulis maupun verbal.

Sedangkan sebagai pemula, Anda dapat mulai mencari part time job translator yang ada dalam situs pencari kerja jika ingin memulai bisnis tersebut. Tapi tetap utamakan kualitas terjemahan yang maksimal. Perhatikan tata bahasa dengan baik dan benar. Dengan begitu tujuan dan maksud akan tersampaikan dengan jelas kepada pendengar.

Jangan lupa untuk selalu mengembangkan pengetahuan bahasa sebanyak mungkin. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat selalu diandalkan bagi para klien yang sudah mempercayakan-nya.

Jasa Desain Grafis

Berikutnya ada juga jasa desain grafis yang merupakan salah satu peluang bisnis online tanpa modal. Terutama bagi Anda yang sudah memiliki keahlian dalam bidang desain, maka hal ini akan menjadi peluang yang sangat besar.

Selain itu saat ini juga sudah ada cukup banyak orang yang membutuhkan jasa dari seorang desain grafis. Terutama untuk membuat pamflet, poster, banner dan yang lainnya.

Bisnis ini akan mendapatkan penghasilan secara online, apalagi jika Anda sudah mahir. Maka bayaran atau penghasilan yang didapatkan akan sangat tinggi. Tapi jika Anda masih memiliki kemampuan dasar saja, maka dapat terus berlatih membuat desain dan memperdalam keahlian.

Vlogger Profesional

Vlog atau video blog serta pelakunya disebut dengan vlogger. Isinya seperti blog, dibuat dalam bentuk video dan saat ini sudah semakin banyak bermunculan. Baik vlogger dewasa atau anak-anak dengan tema yang beragam.

Mulai dari vlog pribadi, kuliner, travelling, kecantikan dan vlogger lainnya. Hal ini kemudian dilihat sebagai peluang bisnis tanpa modal yang wajib dicoba. Selain itu Anda tidak perlu menunggu memiliki kamera mahal untuk membuat vlog.

Anda dapat langsung memulainya dengan bermodalkan smartphone saja. Tingkatkan kepercayaan diri, terutama dengan kreativitas dan keterampilan dalam pembuatan vlog. Mulai dari isi konten yang akan disuguhkan, editing video dengan kualitas yang bagus.

Jadi semakin menarik video yang dibuat, maka penonton yang Anda miliki juga akan bertambah. Dengan bertambahnya waktu video, maka akan menghasilkan banyak uang yang jumlahnya dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Social Media Influencer

Sosial media sendiri saat ini sudah mampu memberikan banyak pengaruh pada setiap penggunanya. Mulai dari urusan belanja sampai pandangan politik yang ada. Oleh karena itu social media influencer juga memiliki peran kunci.

Social media influencer atau figur di media sosial ini mampu mempengaruhi pengguna media sosial. Meskipun hanya melalui postingan yang sebelumnya dibuat. Sedangkan untuk ciri-cirinya sendiri dengan memiliki banyak followers atau minimal 3 ribu. Setiap posting memiliki jumlah respons, like dan share yang banyak.

Dengan begitu social media influencer akan mendapatkan banyak uang dari endorse. Bayaran yang didapatkan mencapai 12 ribu dollar dengan pengikut yang mencapai 100-500ribu untuk YouTube, begitu pula untuk Facebook, Twitter, Instagram dengan berbagai penghasilan.

Fotografi

Hampir sama dengan jasa desain, fotografi juga termasuk salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan keahlian dan dapat menghasilkan cukup banyak uang di zaman seperti sekarang ini.

Karena hampir setiap momen atau acara dapat diabadikan dengan sebuah foto. Jadi tidak salah jika fotografi menjadi salah satu peluang bisnis tambahan. Meskipun tidak 100% tanpa modal, tapi keahlian tersebut akan memberikan keuntungan yang cukup banyak bagi pelaku bisnisnya.

Admin Media Sosial

Pernahkah Anda terpikirkan untuk menjadi admin media sosial? Bisnis ini sangat cocok bagi yang suka bermain social media dan memberanikan diri untuk mencoba menjadi admin.

Pekerjaan ini memang termasuk hal baru, tapi sangat dibutuhkan. Terutama di zaman seperti sekarang, sudah sangat banyak akun media sosial yang digunakan untuk berjualan. Jadi Anda hanya perlu mengasah keahlian dan membuat konten menjadi semenarik mungkin.

Meningkatkan jumlah likes atau followers dan berinteraksi dengan followers yang dimiliki. Sebagai admin sosial media, Anda juga memiliki tugas untuk meningkatkan brand awareness dari sebuah perusahaan. Selain itu ada juga klien atau perusahaan yang meminta supaya dapat menaikkan jumlah pengunjung situs melalui media sosial. Jadi tidak heran bayarannya termasuk tinggi.

Jasa Pembuatan Website Online

Sampai saat ini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan sebuah website. Karena website sendiri memiliki keuntungan untuk mempresentasikan perusahaan dan memperkenalkan produk yang ada.

Selain itu dengan adanya website tampilan profesional akan membuat perusahaan menjadi tambah dipercaya. Hal ini dapat dijadikan peluang usaha bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis online tanpa modal.

Perusahaan-perusahaan yang dapat dijangkau mulai dari usaha kelas menengah ke bawah, dalam negeri dan perusahaan luar negeri. Jadi tidak perlu bingung lagi memperkenalkan ke masyarakat luas. Anda hanya cukup membuat website sendiri dan menawarkan jasa yang dimiliki untuk pembuatan website tersebut.

Menjadi Tutor Online

Di zaman yang semakin maju, belajar dapat dilakukan dimana saja termasuk media apapun. Karena saat ini sudah ada masyarakat yang banyak membuat konten audio, video sampai seminar online.

Umumnya konten tersebut berisi ilmu yang sedang dibutuhkan. Adanya tutor online ini juga membantu mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan tidak sempat untuk mengikuti kelas kursus. Dengan begitu internet akan menjadi Andalannya.

Tapi untuk menjadi tutor online, maka Anda harus memiliki ilmu yang banyak. Dengan banyak membaca sampai melakukan diskusi. Jika sudah dipercaya, maka Anda dapat membuat dan menjual e-book. Selain itu bisnis ini dapat dijalankan dari rumah kapan saja.

Agen Properti

Agen properti juga termasuk salah satu bisnis online rumahan dan tanpa modal. Sedangkan biasanya, seorang agen properti harus berkeliling untuk mencari properti. Tapi jika sudah dikenal, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

Karena para pemilik rumah akan menitipkan properti yang mereka miliki untuk di iklankan melalui Anda. Anda harus memberikan pelayanan maksimal dan jika sudah dipercaya banyak orang, maka Anda dapat mulai merekrut orang untuk melakukan survei lapangan.

Jadi Anda hanya perlu memaksimalkan iklan secara online dan melakukan transaksi. Anda perlu merintisnya dari awal, jangan mudah menyerah saat gagal, perlu kerja keras dan kegigihan supaya mendapatkan keuntungan yang berkali lipat.

Jasa Titip

Buat Anda yang senang bermain sosial media seperti Instagram, tentunya sudah pernah melihat beberapa akun yang menawarkan jasa titip atau jastip online. Jastip ini mirip dengan dropshipper, tapi merupakan terobosan baru dalam bisnis dan menawarkan titipan belanja.

Jadi Anda akan diberikan upah karena sudah memberikan barang orang dan keuntungannya didapatkan dari belanja tersebut. Anda juga hanya perlu datang ke tempat belanja dan foto barang yang sedang diskon atau promo besar. Upload ke media sosial yang Anda miliki. Tambahkan juga hashtag terkait barang yang ditawarkan, maka akan ada banyak yang mengunjungi media sosial yang Anda miliki.

Affiliate Marketer

Affiliate marketer sendiri sudah sangat familiar dalam pembahasan bisnis online. Disebut juga dengan perantara dan di dunia offline dikenal dengan makelar. Bedanya, jika affiliate marketer online lebih mudah, Anda hanya perlu memasarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari barang yang telah dipasarkan.

Selain itu dengan menjadi affiliate marketer, maka Anda akan bertugas untuk mengirimkan pengunjung atau visitor sebanyak-banyaknya ke sebuah toko atau merchant. Kemudian visitor akan membeli barang pada website yang Anda pasarkan dan mendapatkan komisi. Bisnis affiliate marketer ini sudah menjadi bisnis yang menjanjikan dan tidak membutuhkan modal.

Menjalankan Online Shop

Jika Anda memiliki produk sendiri atau biasa membeli dari beberapa tempat. Maka dapat membuat online shop sebagai bisnis online. Karena dengan berjualan online ini maka Anda dapat menjangkau pembeli yang ada di tempat jauh.

Untuk membuka online shop ada sebagian yang membutuhkan modal sedikit, bahkan ada yang tanpa modal. Anda hanya membutuhkan smartphone supaya dapat berjualan secara online.

Saat berjualan tersebut, penting menjaga kepercayaan dari customer. Oleh karena itu usahakan produk yang ditawarkan selalu ready. Pastikan memberikan respons yang cepat saat customer mulai menghubungi. Mudah dilakukan, bahkan Anda yang memiliki pendidikan rendah juga dapat berjualan dengan menguasai teknologi.

Bisnis dengan PPC

Program PPC atau Pay per Click ini termasuk program yang dapat diikuti bagi mereka yang memiliki blog atau website dan disebut dengan publisher. Publisher sendiri akan dibayar oleh penyelenggara dari program PPC jika pengunjung website melakukan klik pada iklan di dalam blog.

Tapi sebagai pemilik website, Anda tidak boleh mengklik di dalam blog tersebut karena akan merugikan pihak pengiklan. Sedangkan program PPC sendiri termasuk bisnis yang cukup menjanjikan, Anda dapat sekaligus mengembangkan kemampuan membangun website. Anda juga dapat menghasilkan uang dari blog dan salah satu program yang banyak disukai merupakan Google AdSense.

Menjadi Youtuber

Anda tentunya sudah sering menonton video di YouTube, karena YouTube sendiri termasuk media sosial dalam bentuk video. Anda hanya perlu membuat video dan upload di YouTube tersebut serta mendapatkan penghasilan. Selain itu penghasilan di YouTube ini tidak bisa dibilang sedikit, jadi banyak Youtuber yang sudah mulai bermunculan sampai saat ini. Mulai dari bayi, anak-anak bahkan sampai orang tua.

Untuk modal sendiri hanya menyiapkan laptop, handphone, kamera dan jaringan internet. Siapkan juga ide kreatif dalam membuat konten yang dapat menarik penonton.