Belajar SEO WordPress 2020 : Panduan SEO WordPress

Kenapa anda perlu belajar SEO WordPress? WordPress adalah platform blog yang paling banyak digunakan di muka bumi. WordPress menawarkan banyak opsi untuk SEO dan opsi tersebut mudah untuk Anda lakukan. Dan masih banyak sekali kelebihan WordPress dari berbagai sisi, selengkapnya silakan baca artikel berikut :

Bagi pemula, WordPress menjadi pilihan terbaik untuk membuat dan membangun website. Banyak sekali fitur-fitur dalam bentuk plugin yang dapat dipakai pada WordPress, bahkan ada ribuan plugin dari yang gratis hingga berbayar.

Plugin WordPress ini nantinya akan digunakan untuk konfigurasi. Salah satu fitur atau plugin yang wajib di download pada WordPress adalah plugin SEO atau Search Engine Optimization. Plugin ini ada banyak pilihannya seperti All in One Pack SEO, Yoast SEO, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Plugin SEO tersebut memiliki fungsi penting pada perkembangan website. Nah, untuk lebih lengkap mengenai cara penerapan SEO WordPress, selanjutnya akan dibahas pada penjelasan di bawah ini.

Belajar SEO WordPress

Perlu dipahami bahwa SEO WordPress tidaklah berbeda dengan SEO secara umum. Yang membedakan hanyalah cara penerapannya. Sedangkan konsepnya bisa dikatakan SAMA SAJA.

Oleh karena itu, sebelum terjun dalam bahasan SEO WordPress anda sudah seharusnya memahami berbagai konsep SEO dasar terlebih dahulu.

Untuk itu saya sarankan, kembali membaca artikel berikut ini, agar anda memahami konsepnya secara menyeluruh serta berbagai hal terkait SEO.

Melakukan proses SEO itu sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya mengaktifkan plugin Yoast SEO pada WordPress. Selain itu, masih banyak cara yang lain untuk membuat pengaturan SEO Anda benar-benar memberi pengaruh pada kenaikan peringkat/rating website. Di bawah ini akan dijabarkan tips dan trik dalam melakukan pengaturan SEO, antara lain:

  1. Download atau Install Dulu Plugin nya

Plugin SEO (Search Engine Optimization) yang disediakan WordPress sebenarnya sangat banyak, umumnya Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Namun, untuk pemula disarankan download Yoast SEO atau SEO by Yoast karena dari segi pengaturannya lebih mudah.

  1. Lakukan Riset Kata Kunci atau Keyword

Kata kunci atau keyword merupakan senjata yang paling penting dalam konfigurasi SEO pada website. Kata kunci inilah yang akan disisipkan pada artikel, homepage ataupun kategori dan nantinya akan menunjang keberhasilan konfigurasi SEO itu sendiri. Dalam memilih kata kunci, Anda harus berhati-hati dan pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu agar tidak salah pilih.

Kata kunci itu sendiri ada yang memiliki persaingan ketat dan ada pula yang tidak. Untuk pemula disarankan memilih kata kunci seperti berikut ini:

  • Pilihlah yang tidak terlalu banyak saingannya karena Anda masih pemula dan belum tentu bisa mengalahkan merek yang sudah profesional
  • Pilih kata kunci yang mungkin akan dicari orang, jangan memilih kata kunci yang tidak dicari

Nah, untuk melakukan riset kata kunci, Anda bisa mengunjungi berbagai website penyedia riset keyword seperti Ubersuggest, Kwfinder, Keywordrevealer, dan lainnya. Dengan bantuan website tersebut, Anda bisa melihat persaingan pada sebuah kata kunci dan berapa jumlah pengunjung yang mencari keyword tersebut.

  1. Lakukan Setting Title dan Tagline

Untuk melakukan konfigurasi SEO, Anda bisa meletakkan kata kunci pada tiga tempat yaitu di homepage, kategori dan juga artikel. Pada bagian homepage, Anda perlu melakukan konfigurasi title dan tagline. Tipsnya adalah gunakan kata kunci pada kolom title dan masukkan kata kunci turunan pada kolom tagline.

  1. Selipkan pada Postingan Artikel

Saat membuat artikel untuk diposting, selipkan beberapa kata kunci pada kalimat di dalam artikel Anda. Misalnya di kalimat pertama pada paragraf pertama, kalimat ke 100, lalu tersebar di beberapa paragraf lainnya. Jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci, gunakan saja sekitar 1% dari jumlah kata artikel yang Anda buat.

  1. Gunakan Header secara Optimal

Pada postingan artikel, Anda akan menemui yang namanya header yang terbagi menjadi H1, H2, H3 dan seterusnya. Nah, adanya header ini bisa juga Anda manfaatkan dengan menyisipkan keyword pada minimal satu header.

  1. Selipkan Kata Kunci pada Gambar

Google sudah mulai mampu memahami sebuah gambar atau foto yang kita tampilkan pada sebuha halaman web. Tapi terkadang Google bisa melakukan kesalahan,

Untuk itu anda harus membantu Google dan mesin pencari lainnya, agar lebih mudah memahami foto atau gambar yang anda tampilkan. Caranya dengan menambahkan informasi mengenai foto/gambar tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan :

  • Masukkan kata kunci pada tag alt image
  • Ganti nama file foto/gambar anda agar sesuai dengan topik bahasan sebelum diupload
  • Berikan deskripsi pada foto/gambar
  1. Lanjutkan dengan Meta Description

Di bagian bawah postingan atau artikel pasti ada meta deskripsi yang bisa diisi dengan deskripsi singkat mengenai inti artikel. Meta deskripsi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyelipkan kata kunci atau keyword SEO Anda. Penulisan meta deskripsi bisa dengan sebuah kalimat atau tag yang ditulis dengan memisahkan beberapa kata kunci turunan menggunakan tanda koma.

  1. Manfaatkan Permalink Secara Optimal

Permalink biasanya muncul secara otomatis dalam bentuk yang lebih panjang, dengan keterangan tanggal, bulan dan tahun URL nya. Namun, mesin pencari Google ternyata lebih menyukai permalink yang mengandung kata kunci. Oleh karena itu, lakukan editing pada permalink and sisipkan kata kunci target Anda. Dengan begitu, lebih besar kemungkinan website akan muncul pada halaman pertama Google.

Bagaimana cara mengedit permalink? Tenang saja, mengedit permalink sangat mudah dan bisa dilakukan dalam sekali ketik. Pilih menu ‘Setting’, lalu pilih ‘Permalink’, selanjutnya bisa menggantinya di kolom custom structure, jangan lupa tambahkan html di belakangnya.

  1. Jangan Lupa Membangun Backlink

Setelah semua cara dasar di atas Anda lakukan, maka selanjutnya tinggal membangun link dengan backlink, setelah itu tunggu saja hasilnya. Website Anda akan perlahan-lahan naik ke posisi halaman pertama mesin pencarian Google dan banyak dikunjungi orang.

Sebenarnya, banyak sekali yang bisa dilakukan untuk proses SEO (Search Engine Optimization) dan membuat website Anda semakin dikenal banyak orang.

Langkah-langkah di atas dapat Anda coba terapkan. Namun tentu saja itu semua belum cukup, anda harus terus belajar SEO WordPress. Karena masih banyak aspek yang harus diperhatikan.

Leave a Comment