Belajar Facebook Marketing : Panduan Lengkap 2020

belajar facebook marketing

Apakah Anda salah satu penggemar Facebook? Jika Iya tentu Anda mengetahui apa saja perubahan yang terjadi pada Facebook dari tahun ke tahun. Seperti yang kita lihat, Facebook terus mengalami perubahan yang cukup pesat dalam setiap tahunnya. Bagi Anda yang merupakan pengguna rutin Facebook tentu saja bisa membedakan perubahan yang terjadi pada Facebook  dalam beberapa tahun ke belakang.

Namun tahukah Anda bahwa tutorial Facebook marketing yang sangat efektif pada 2-3 tahun yang lalu ternyata sudah tidak berlaku lagi saat ini. Atau bahkan kemungkinan terburuknya telah mengalami kerugian sehingga tidak efektif jika digunakan sebagai media marketing. Salah satu faktor penyebabnya yaitu pergerakan informasi di Indonesia yang masih lambat dibandingkan luar negeri.

Nah, agar kegiatan promosi melalui Facebook bisa seefektif dulu, maka sebaiknya Anda menyimak beberapa informasi terkait langkah apa saja yang harus dilakukan di dunia pemasaran dan Facebook modern agar Anda bisa melakukan strategi yang sempurna

Belajar Facebook Marketing

Facebook merupakan platform media sosial terbesar yang memiliki jumlah pengguna terbanyak hingga saat ini. Melalui akun yang dibuat di Facebook orang bisa menemukan kembali sahabatnya yang sudah lama putus kontak bahkan dengan media sosial tersebut orang bisa mendapatkan uang. Bisa dilihat sekarang ini makin banyak saja yang membuka lapal virtual dan berjualan melalui FB. Produsen merk ternama juga tidak ketinggalan memasang iklan di Facebook.

Berjualan sebuah produk yang berupa barang ataupun saja melalui media sosial seperti Facebook dengan sebutan digital marketing. Dulu orang memasang iklan di koran, televisi atau dengan iklan cetak seperti MMT, spanduk dan sejenisnya. Sekarang sudah beralih dengan cara digital contohnya dengan Facebook marketing. Apakah sama dengan FB Ads? Beda, karena Facebook marketing bukan sekedar berjualan tapi berusaha menjalin hubungan baik dengan calon konsumen dan klien.

Tahapan Promosi Dengan Facebook Marketing

Ada beberapa tahap yang dapat anda lakukan dalam Facebook Marketing

Kenali 5 Page Miliki Pesaing Produk Anda di Facebook

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar strategi pemasaran melalui Facebook dapat tepat sasaran dan sempurna adalah dengan mengenali 5 halaman milik pesaing yang ada di Facebook. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Beberapa orang yang baru terjun ke Facebook akan berusaha untuk bermain ‘kasar’ atau tidak sportif.

Maksud dari kata tidak sportif ini diartikan untuk mereka yang tidak tahu apapun tentang Facebook. Misalnya tentang apa yang harus dilakukan, apa yang disukai orang, apa yang efektif, namun tiba-tiba langsung pasang iklan. Padahal hal tersebut bisa berdampak pada promosi Anda ke depannya. Oleh karena ini ada baiknya untuk belajar sesuai dengan bidang industri yang Anda geluti.

Lalu bagaimana caranya?

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasukkan ‘Page about [industri] that are liked by my friends’ pada kolom pencarian Facebook. Selanjutnya Facebook akan memperlihatkan halaman mana saja sesuai dengan topik yang Anda masukkan pada kolom pencarian sebelumnya, tentu saja yang paling populer dikalangan teman-teman di sekitar Anda.
  2. Setelah itu klik ‘See more’ dan setelah itu akan muncul halaman-halaman yang merupakan saingan Anda. Cari sebanyak-banyaknya halaman yang menurut Anda sangat mirip dengan bisnis yang Anda geluti. Sebaiknya Anda mengabaikan halaman dengan followers sedikit atau follower banyak namun tidak memiliki banyak like dan juga komentar.
  3. Selanjutnya, setelah mengetahui seberapa banyak halaman pesaing, maka pelajar hal-hal penting lainnya terkait seperti apa pos yang mendapatkan banyak like dan seberapa sering mereka membuat post-post baru dalam seharinya. Tidak hanya itu saja Anda juga perlu mengidentifikasi jam berapa post yang sering mendapatkan banyak like.

Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang paling penting ketika membuat sebuah iklan yaitu bisa menargetkan orang-orang yang sudah me-like grup pesaing menjadi me-like halaman Anda tersebut. Dengan demikian iklan yang Anda buat menjadi tepat sasaran dengan biaya yang jauh lebih murah dan terjangkau. Tertarik untuk mencobanya?

Buat ‘Page’ Lebih Menarik dan Unik, Ikuti Tipsnya

Seperti yang kita tahui kalau di Facebook ‘page’ diibaratkan menjadi sebuah toko yang harus dibuat semenarik mungkin agar para pelanggannya tertarik untuk melihat-lihat. Kalau tokonya jelek dan tidak terawat dengan baik, maka sudah bisa dipastikan tidak akan ada yang tertarik untuk datang ke sana. Lalu bagaimana cara membuat ’page’ terlihat lebih menarik dan berbeda dari yang lainnya?

Hal tersebut sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa tips berikut untuk mencobanya. Ingat bahwa ‘page’ diibaratkan sebuah toko, maka pastikan untuk mendekorasinya sebaik mungkin.

  1. Langkah pertama yakni membuat halaman page terlebih dahulu yang mana kemudian Anda diarahkan untuk memilih salah satu dari beberapa kategori yang tersedia. Perlu diingat bahwa beda kategori maka berbeda pula fitur yang disajikan pada page tersebut.
  2. Jika Ada belum yakin dengan model page yang dipilih, maka sebaiknya untuk mencari referensi lainnya seperti melihat dari halaman pesaing Anda. Namun perlu diingat bahwa pesaing yang dimaksud yang memiliki like dan komentar terbanyak bukan dari jumlah follower-
  3. Selanjutnya masukkan nama brand yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat nama sebuah brand, seperti gunakan nama brand, singkat (2-3 optimal) dan jangan menggunakan nama sesuai dengan jenis produk atau layanan. Misalnya “kontraktor rumah” karena hal tersebut sangat tidak menarik perhatian.
  4. Setelah itu Anda wajib untuk melengkapi profil mulai dari deskripsi, URL, foto, cover dan beberapa keterangan tambahan yang dibutuhkan. Perlu diingat dalam melengkapi profil halaman tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Lalu bagaimana? Ikuti tips-tips berikut ini.
    • Profil picture, pastikan untuk menggunakan logo dengan resolusi yang tinggi. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari gambar buram
    • Cover, sebaiknya menggunakan gambar yang menarik tentu saja dengan resolusi yang tinggi. Ingat jangan sembarangan mengambil gambar di Google.
    • About, pada bagian ini Anda harus menjelaskan terkait bisnis Anda dengan singkat dan menarik. Jangan menggunakan kata yang bertele-tele.
    • Jangan lupa untuk melengkapi semua informasi yang terdapat di halaman informasi tersebut.

Biasanya ketika baru membuat page, Anda akan diminta secara langsung untuk memasang iklan. Namun sebaiknya abaikan terlebih dahulu pemberitahuan tersebut karena belum saatnya.

Ketahui dan Tetapkan Target Audiens

Bicara tentang dunia pemasaran, kita sering mendengar istilah target. Perlu diketahui menargetkan 1 kelompok audiens ternyata jauh lebih efektif dibandingkan dengan target yang terlalu umum. Mengapa demikian? Hal tersebut karena sulit untuk membuat strategi yang bisa tepat sasaran untuk semua kalangan. Tentu saja pemasangan target ini sangat berguna ketika masuk ke tahap pembuatan konten.

Biasanya kesalahan fatal yang seringkali dilakukan yaitu menggunakan bahasa yang tidak pantas untuk target mereka. Misalnya bisnis yang Anda miliki menargetkan pasar orang yang berusia 35+ namun di Facebook Anda membuat konten atau postingan yang mana ditujukan untuk anak-anak muda dengan bahasa yang gaul.

Tentu saja hal tersebut kurang pantas dan tidak enak di pandang. Jadi intinya, Anda harus menyediakan postingan atau konten yang pantas sesuai dengan target yang Anda tuju. Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh Facebook yaitu terdapat fitur untuk memudahkan penggunanya mengenali siapa saja audien yang diincar. Caranya yaitu dengan memanfaatkan brand saingan.

Caranya sangat mudah, cukup ketikkan kata “Interest liked by people who like [name page]” pada kolom pencarian. Setelah itu Facebook akan menampilkan siapa saja target dari usaha yang Anda jalankan tersebut. Untuk kata kunci ‘Interest’ bisa diganti dengan kata lainnya, seperti:

  • Movie
  • Books
  • Restaurant
  • Place
  • Public Figure
  • Organization
  • dan masih banyak lagi.

Optimasi Website untuk Facebook

Jika sudah berbicara tentang Facebook Marketing, maka seharusnya Anda sudah memiliki website sendiri. Namun jika belum, Anda perlu membuatnya sekarang. Tahukah Anda bahwa pemasaran online tanpa menggunakan website seperti melakukan bunuh diri secara perlahan.

Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah melihat tentang  website yang di share di Facebook. Ada beberapa gambar yang pecah dan juga tulisan yang tidak sesuai dengan aslinya. Tahukah Anda penyebabnya? Hal tersebut merupakan salah satu akibat dari website yang tidak dioptimasi dengan baik. Jika Anda ingin ketika website di-share memiliki tampilan dan juga beresolusi baik, maka terapkan cara berikut.

Jika Anda pengguna WordPress maka install plugin bernama Yoast SEO. Dari pluggin inilah Anda bisa mengatur meta tag dengan cara yang lebih simpel dan mudah. Namun jika Anda pengguna WordPress namun tidak mengerti bahasa dari HTML maka sebaiknya Anda mengirimkan artikel melalui developer website Anda.

Pelajari Tips Membuat Post yang baik di Facebook

Tahukah Anda bahwa di Facebook kita tidak bisa membuat post terlalu banyak dalam waktu sehari. Alasannya karena posting yang lebih dari 2x dalam sehari kemungkinan akan mendapatkan sedikit like. Selain itu karena setiap postingan dituntut untuk memiliki kualitas yang baik, maka sedikit mustahil ketika membuat banyak post berkualitas dalam sehari.

Nah, agar postingan yang Anda post lebih terlihat menarik dan juga unik sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menerapkan beberapa tips berikut ketika membuatnya. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Post yang berjenis teks sebaiknya tidak berdiri sendiri melainkan harus dilampirkan gambar, video, dan juga link. Kebanyakan orang akan cenderung melewatkan post berupa teks karena terkesan tidak menarik dan biasa saja. Selain itu membuat konten dengan teks ternyata akan sulit tersampaikan karena Facebook memotong teks yang dirasa terlalu panjang.
  2. Sedangkan untuk postingan yang berupa video, maka pastikan untuk meng-uploadnya secara langsung. Hindari menaruk link video tersebut di YouTube karena pihak Facebook sengaja menurunkan jangkauan dari video YouTube yang di post melalui Facebook. Sebaliknya untuk video yang langsung di upload di Facebook cenderung mendapatkan banyak like, komen, dan share.
  3. Post berupa gambar, agar lebih maksimal maka sebaiknya Anda menggunakan ukuran gambar yang mendekati persegi atau berupa persegi. Umumnya ukuran gambar yang minimum yakni sekitar 472 x394 px. Untuk ukuran yang lebih dari itu tidak masalah asalkan jangan sampai kurang karena dapat mempengaruhi kualitas gambar setelah di upload.
  4. Post berupa link, perlu diketahui bahwa link yang mendapatkan engagement terbaik di Facebook adalah link yang memiliki gambar berukuran landscape atau memanjang ke samping. Jadi usahkan untuk memilih gambar-gambar yang memiliki landscape agar hasil gambar di website semakin baik.

Setelah mengetahui beberapa tips postingan menarik di Facebook, mungkin Anda penasaran dengan jenis post mana saja yang terbaik dari kesemuanya. Sebenarnya baik atau tidaknya post yang dipilih tergantung dari bobot isi yang disajikan. Perlu diingat bahwa post yang di-upload di Facebook umumnya tidak bisa terlalu berbobot. Sebaiknya hanya berupa gambar yang mengandung sedikit informasi.

Bahkan untuk video yang ada di Facebook hanya dilihat dari 30 detik saja. Jadi intinya jika konten yang akan dimuat berupa informasi singkat, hiburan, pemberitahuan dan sejenisnya maka sebaiknya untuk menggunakan foto ataupun video. Lalu kapan waktu terbaik untuk posting di Facebook? Kembali lagi hal tersebut tergantung siapa audien yang ingin Anda tuju.

  • Pelajar/Mahasiswa : hari kerja, malam
  • Pekerja: akhir minggu, malam
  • Ibu rumah tangga: hari kerja, siang

Mencari dan Bergabung di Grup yang Relevan dengan Industri Anda

Perlu diingat, setelah menerbitkan post dalam waktu kurang lebih 3 sampai dengan 5 hari, mungkin Anda akan menyadari bahwa tidak ada yang membaca post Anda. Tidak ada seorang pun yang menyukai maupun membagikan postingan Anda. Ini adalah hal yang sebenarnya wajar.

Namun, sebagian besar praktisi sosial media marketing pemula akan melakukan hal-hal yang justru tidak diperlukan, seperti menyerah dan tidak ingin berjuang lagi, atau memaksakan diri untuk posting setiap hari dan menunggu keajaiban datang, hingga menggunakan iklan tertentu. Namun, kita tidak akan membahas mengenai iklan ya! Itu akan kita bahas nanti.

Kesimpulannya adalah jika Anda hanya membagikan konten saja tanpa membuat strategi khusus untuk memperoleh viewer tentu Anda tidak akan mengalami kemajuan. Walaupun sebenarnya, konten Anda berisikan informasi yang menarik dan berbobot. Inilah salah satu kesalahan dalam social media marketing yang general terjadi di kalangan pemula. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan?

  1. Bergabung ke sebuah grup

Jika Anda ingin dikenal oleh banyak orang, maka Anda harus mau berbaur dengan orang-orang itu. Cara yang paling tepat adalah dengan bergabung ke grup yang relevan dengan industri Anda. Dari sinilah Anda akan memperoleh kenalan yang banyak.

  1. Mencari grup yang ada di Facebook

Langkah kedua untuk bisa memperoleh relasi yang banyak adalah dengan mencari grup di Facebook yang memiliki follower yang banyak, tetapi bukan  para spammer ya! Namun, Anda harus selektif dalam memilih grup di Facebook. Jangan sampai salah.

Ciri dari grup yang bagus antara lain sering terjadi tanya jawab, masing-masing post selalu dibanjiri like dan komentar, para anggota saling membagikan informasi berupa teks, gambar, link. Selanjutnya, semua post saling berkaitan satu sama lain.

Nah, perlu diketahui tidak semua grup itu bersifat public, maka mau tidak mau Anda harus bergabung dulu. Lalu, jika ternyata isinya jelek, tidak sesuai ekspektasi, Anda bisa left atau keluar.

  1. Jangan langsung Promosi

Setelah bergabung ke beberapa grup, satu hal yang pastinya akan terpikirkan adalah langsung mempromosikan bisnis Anda. Padahal ini adalah tindakan yang akan membahayakan akun Anda. Bisa jadi jika Anda langsung promosi, Anda akan dianggap sebagai spam.

Hal ini dikarenakan grup di zaman ini sangat ketat. Jika tidak sesuai peraturan, maka anggota tersebut bisa saja ditendang keluar. Apalagi bagi mereka anggota baru yang sudah langsung membuat kegaduhan. Pasti akan di blacklist. Lalu, apa yang harus dilakukan? Bagikan informasi, panduan, bacaan, yang bermanfaat untuk grup di hari 1 sampai 5 tanpa link.

Jika sudah memperoleh like dan komentar, Anda bisa mengajak mereka untuk like page Anda. Untuk bisa menarik perhatian dengan cepat, Anda dapat membagikan panduan berupa PDF.

Menganalisis Performa dari Page Anda

Setelah lebih dari seminggu Anda memposting hal baru di page secara rutin dan juga bergabung ke grup, Anda akan mendapatkan relasi. Anda juga akan memperoleh like, komentar, hingga share. Hal ini dikarenakan postingan Anda menarik pembaca. Jadi, kuncinya adalah membuat konten yang menarik dan bermanfaat untuk mereka.

Untuk mengetahui apakah terdapat progress atau tidak pada page, Anda bisa cek di menu Insights. Di sini Anda bisa memperoleh banyak info tentang page Anda. Lalu, lakukan analisis, antara lain cek hari di mana banyak follower online, waktu online mereka, post yang paling memperoleh banyak reach, hingga post saingan Anda yang populer.

Jika Anda ingin mengalisis saingan, caranya hanya dengan membuka menu “Menganalisa page saingan”. Setelah itu, tugas Anda adalah membuat konten baru yang sesuai target.

Melakukan Optimasi Page untuk Search Engine di Google

Membuat Nama yang SEO Dan Human Friendly

Apakah Anda pernah mendengar istilah SEO? Jika Anda sudah tahu, Anda bisa melanjutkan membaca ke pembahasan berikutnya. Biasanya, pembahasan tentang SEO selalu dijelaskan di awal. Namun, beberapa orang justru malah fokus ke SEO bukan kualitas dari konten. Alhasil konten mereka tidak menarik banyak pembaca.

Prinsip yang benar adalah menggunakan SEO sekedarnya saja untuk memperoleh traffic di Facebook maupun Google. Caranya mudah, gunakan saja nama yang berkaitan dengan brand Anda. Contoh jika brand Anda tentang fotografi, Anda bisa menyertakan kata fotografi seperti “Darmawan photography”.

Contoh yang tidak baik adalah menamai page Anda dengan nama aneh untuk mengejar SEO, seperti “Pembuatan Website Darmawan”. Terdengar aneh bukan? jangan pula menambahkan kata-kata yang menurunkan profesionalitas Anda seperti kata-kata jual, jual beli, jasa, dll.

Membuat URL yang Tepat

Sama halnya dengan name page, Anda juga perlu menggunakan URL dengan nama brand Anda. Jika name page yang Anda inginkan sudah tersedia, tambahkan kata kunci pada awal atau belakang brand. Contoh, jika URL “Darmawan” tidak ada, maka gunakan “DarmawanPhotography”.

Jika tidak, Anda bisa menggunakan keyword lokal. Maksudnya Anda menggunakan nama daerah. Contoh pilih keyword yang memiliki traffic tinggi pada frasa ini “Jasa pembuatan website Jogja”. Jadi, namanya bisa menjadi “DarmawanJogja”.

Sertakan About dan Alamat yang Jelas

About atau meta description pada Facebook Page haruslah jelas, sama seperti SEO, yaitu terdapat 1 keyword, menarik dan juga mengundang klik. Selain itu, sertakan juga alamat dan nomor telepon Anda. Ini memiliki ranking yang cukup besar dalam SEO. Selain digunakan untuk SEO, kolom About Anda biasanya akan berisi alamat nomor telepon Facebook page dan juga backlink.

Alamat memang cukup penting, tetapi backlink sebenarnya tidak perlu dikhususkan betul. Lebih baik Anda mengestimasi website Anda karena normalnya, Facebook page itu sulit memperoleh ranking tinggi di Google. Kalaupun bisa akan memakan waktu lama. Jadi, lebih baik sertakan saja backlink dari website Anda sendiri ya!

Maksimalkan Facebook Notes

Salah satu cara mendatangkan banyak pengunjung dari Google dengan memanfaatkan Facebook Page adalah dengan memaksimalkan Facebook note. Anda tentu tahu bahwa Facebook itu hanya berupa satu halaman saja. Jadi, normalnya, Anda hanya akan memperoleh peringkat tertinggi untuk 1 kata kunci utama dan juga beberapa turunannya.

Jika Anda membuat artikel di Facebook note, maka Anda dapat mengincar keyword lain. Namun, perhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu. Pertama, jangan terlalu fokus pada konten di Facebook, jangan mengincar keyword yang memiliki kata kunci yang tinggi, jangan lupa untuk selalu pasang notes di web Anda ataupun Facebook Page.

Bagaimana cara membuat notes di Facebook Page? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu Settings > Apps > Lalu klik tombol Add App pada notes. Di situlah Anda akan mengetahui lokasi notes Anda. Satu hal yang perlu Anda ketahui, jangan melakukan optimasi yang berlebihan, jangan juga terlalu bergantung pada traffic di search engine.

Gunakan Facebook Ads, Cek Tips Singkatnya Dulu

Pembahasan tentang iklan di Facebook itu sebenarnya akan dibahas di artikel lainnya, namun karena Anda mungkin sudah sangat penasaran dengan itu, Anda bisa menyimak tips singkatnya ya! Umumnya, tampilan Facebook pada masing-masing orang tidak sama, ada yang tampilan bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Jadi, sesuaikan saja dengan istilah-istilahnya.

Beberapa tips itu antara lain, pertama, jangan “boost” postingan yang sudah diluncurkan, buat saja “dark post” dengan power editor. Kedua, gunakan gambar yang sesuai atau relevan. Ketiga, target interest bisa dari audien page lain. Selanjutnya, buat target audien yang spesifik untuk iklan pertama. Lalu, Anda juga bisa pasang remarketing pixel dan juga conversion tracking pixel pada web Anda.

Kemudian, pelajari tentang copywriting. Lalu, jangan lupa menginformasikan ke mereka untuk melakukan klik, download, beli, dll, dan alasan mengapa audiens harus melakukan hal itu. Selanjutnya, jika Anda memiliki budget kecil, fokus saja ke news feed ads. Tips selanjutnya yaitu buat lebih dari satu jenis gambar, targeting, dan copy. Terakhir, jangan langsung berjualan, beri konten bermanfaat dulu.

Lakukan Soft Sell (Bukan Hard Sell) Simak Caranya Dulu!

Mengapa Tidak Disarankan untuk Melakukan Hard Selling?

Salah satu kesalahan yang paling fatal dilakukan oleh social media marketing pemula adalah melakukan hard selling. Perlu Anda ketahui, sebagus apapun konten Anda dan semaksimal mungkin Anda menggunakan iklan, tetap saja, jika Anda melakukan hard selling maka semua yang apa harapkan untuk memperoleh audien banyak akan sia-sia dalam artian cara itu besar kemungkinan gagal.

Anda harus memahami bahwa rakyat Facebook tidak semuanya adalah para buyer atau pembeli. Banyak dari mereka menggunakan Facebook hanya untuk fun saja seperti melihat-lihat foto, update status, hingga melihat iklan produk. Dengan mengklik iklan apakah berarti mereka tertarik untuk membeli? Tentu tidak. Itulah mengapa iklan bukan satu-satunya cara memperoleh buyer.

Facebook Ads tidak sama dengan Google Adwords yang target mereka memang melakukan pencarian kata kunci untuk membeli sesuatu. Jadi, akan lebih baik jika Anda tidak melakukan hard selling. Lakukan soft selling yang membuat pengguna Facebook merasa nyaman dan tidak terkesan dipaksakan.

Bagaimana Soft Selling Itu?

Soft selling untuk Facebook sangat mudah jika Anda mau sedikit berusaha. Caranya adalah dengan membagikan Ebook, konten panduan, Video atau webinar, dan juga kupon diskon. Namun, jangan berikan semua itu secara cuma-cuma, Anda bisa meminta untuk menukarkan email dan juga nomor Hp mereka untuk kepentingan marketing.

Tujuannya apa? Tujuannya adalah untuk mempromosikan brand Anda kepada mereka melalui email dan kontak tersebut. Siapa yang akan mengira jika suatu saat mereka akan tertarik untuk membeli produk Anda. Ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif mengingatkan kembali produk yang ingin mereka beli dulunya.

Nah, setelah mengetahui 10 langkah tersebut, Anda sudah bisa memulai tahapan pertama secara step by step. Namun beberapa hal yang harus Anda ingat adalah website Anda menjadi hal yang paling berharga dibandingkan Facebook Page Anda. Lebih sering bersosialisasi lah karena Anda berada di sosial media, jangan lakukan hard sell, dan pelajari semua konsep copywriting.

Selanjutnya, untuk mengetahui informasi lebih detail tentang social media marketing, Anda bisa membaca artikel selanjutnya mengenai panduan dalam menyusun strategi, kesalahan umum, meningkatkan Follower, hingga Facebook Marketing. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda ke depannya.

Dalam Facebook marketing ada tiga jenis tools yang bisa dipakai untuk meningkatkan target audiens, antara lain seperti berikut ini.

Tools dalam Facebook Marketing

Pages

Bagaimana jika halaman Facebook bisnis Anda sama dengan profil Facebook pribadi yang sangat mudah untuk membuatnya juga untuk memposting konten didalamnya. Konten yang dibuat dan diposting dalam halaman (pages) dalam Facebook bisnis Anda adalah alat untuk menjalin hubungan yang baik dengan calon pembeli atau klien dalam jangka yang cukup panjang.

Bayangkan jika setiap konten yang Anda posting pada halaman FB bisnis selalu dilihat oleh pengikut Anda. Tentunya itu akan membuat mereka semakin mengenal dan merasa akrab dengan brand yang Anda jual tersebut. Keuntungan lainnya dari Facebook marketing adalah Anda tidak perlu membayar apapun untuk membuat halaman bisnis. Gratis sebagaimana Anda membuat akun FB personal hanya perlu setting yang tepat saja agar lebih banyak orang yang melihat konten tersebut.

Grup

Manfaatkan dengan maksimal fitur grup dalam Facebook untuk bisa meraih lebih banyak pelanggan. Dengan grup setidaknya Anda akan bisa membagikan informasi tentang brand yang Anda jual tersebut. Selain itu dengan membuat grup di FB bersama orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sama tentunya akan membuat Anda lebih mudah untuk menarik mereka dalam sebuah obrolan yang efektif sebagai awal untuk melakukan prospek pemasaran produk.

Melalui Facebook grup Anda telah memulai satu langkah awal yang tepat dengan mengumpulkan orang-orang yang memiliki ketertarikan dan hobi pada bidang yang sama. Anda bisa memancing terjadinya obrolan yang efektif antar anggota grup agar mereka membicarakan dan mendiskusikan produk atau brand yang Anda jual. Dari obrolan interaktif antar anggota inilah nantinya Anda bisa mengetahui dan mengukur seberapa besar minat mereka pada brand yang Anda tawarkan.

Respon para pengikut halaman bisnis di Facebook merupakan hal yang penting bagi kemajuan usaha Anda. Tentunya akan menjadi kabar gembira jika mereka menerima dan menyukai produk Anda. Sebaliknya jika mereka kurang berminat bisa menjadi bahan evaluasi dan memperbaiki kekurangan dari produk sehingga bisa lebih diterima oleh mereka sebagai calon pembeli potensial. Nantinya jika mereka merasa puas pasti akan mengajak kerabatnya untuk bergabung.

Advertising atau Iklan Facebook

Mirip dengan iklan konvensional yang akan membuat orang menjadi lebih mudah mengingat karena isinya yang berbeda begitu juga dengan digital marketing. Buatlah konten digital yang bagus dan menarik untuk diposting ke dalam iklan Facebook untuk menarik lebih banyak pemirsa (viewer). Prosedurnya juga tidak jauh berbeda dengan iklan konvensional. Anda hanya perlu membayar atas konten bisnis yang dibuat untuk kemudian dibagikan kepada pengguna spesifik yang sesuai target.

Konten digital yang ditujukan untuk iklan di dalam Facebook advertising memiliki target untuk bisa mendapatkan pemisa sebanyak-banyaknya. Selain itu juga diharapkan orang yang telah melihat konten bisnis Anda akan membagikannya ke Beranda Facebook miliknya agar bisa dilihat oleh semua orang yang menjadi pengikut atau teman FB-nya. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang mengenal produk Anda dan semakin bertambah orang yang memiliki potensi sebagai konsumen.

Yang terakhir, pelajari bagaimana respon yang diberikan oleh publik pada konten yang Anda buat. Lihat seberapa aktif keterlibatan mereka atas konten pada Facebook Ads dan pada halaman bisnis Anda lewat Business Manager dan Page Insight.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via