Batas Jumlah Iklan Facebook Ads

Akan ada batas jumlah iklan Facebook Ads yang dapat dijalankan mulai Februari 2021. Batasan tersebut akan didasarkan pada anggaran iklan tertinggi bulanan pada tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh facebook pada sebuah artikel berjudul “Improving Ad Performance Through Ad Volume Guidance” di Facebook for Business [1]. Artikel ini dirilis pada tanggal 10 September 2020.

artikel facebook for business tentang batas iklan
artikel facebook for business tentang batas iklan

Berikut ini videonya.

batas jumlah iklan facebook Ads

Teknik Banyak Iklan Pada Facebook Ads

Jika anda amati, ada cukup banyak pengiklan yang melakukan iklan dengan jumlah yang masif.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempersonalisasi setiap iklan yang dibuat. Teknik ini dilakukan dengan harapan iklan yang tepat akan dilihat oleh terget market yang tepat.

Efeknya tentu saja akan menghasilkan jumlah iklan yang sangat masif. Bagi kita sebagai pengiklan untuk mengelolanya akan jadi semakin sulit.

Teknik Yang Tidak Efektif

Teknik di atas memiliki potensi untuk jadi teknik yang tidak efektif karena beberapa alasan, yaitu :

Pertama, banyaknya jumlah iklan berarti masing-masing iklan akan berbagi target market jika memiliki target market yang sama. Ini akan berujung pada jumlah view yang minimal.

Kedua, sebagai efek lanjutannya maka masing-masing iklan akan kesulitan untuk keluar dari learning phase. Bahkan bisa jadi ada iklan yang tidak dapat keluar dari learning phase sama sekali.

Ketiga, menurut SearchEngineJournal [2], Facebook mengatakan bahwa 4 dari 10 iklan tidak pernah keluar dari learning phase sama sekali.

Batas Jumlah Iklan Facebook Ads

Berikut ini batas jumlah iklan facebook Ads yang telah diterapkan :

  • Halaman kecil hingga sedang (dengan pengeluaran iklan tertinggi sebulan kurang dari $100 ribu dalam 12 bulan terakhir) maksimal iklan yangd apat dibuat adalah 250 iklan
  • Halaman sedang hingga besar (dengan pengeluaran iklan tertinggi sebulan kurang dari $1 juta dalam 12 bulan terakhir) maksimal iklan yangd apat dibuat adalah 1.000 iklan
  • Halaman lebih besar (dengan pengeluaran iklan tertinggi sebulan kurang dari $10 juta dalam 12 bulan terakhir) maksimal iklan yangd apat dibuat adalah 5.000 iklan
  • Halaman paling besar (dengan pengeluaran iklan tertinggi sebulan sebesar $10 juta atau lebih dalam 12 bulan terakhir) maksimal iklan yangd apat dibuat adalah 20.000 iklan

Agar lebih jelas silakan lihat tabel berikut ini :

batas jumlah iklan facebook ads image
batas jumlah iklan facebook ads image

Solusi Dari Facebook

Menurut saya, sebenarnya ada sebab yang mendorong Facebook memberikan pembatasan ini. Hal ini juga tergambar ari artikel yang dirilis oleh Facebook di atas.

Selain masalah performa dan efektifitas, Facebook juga ingin mendorong penggunaan Dynamic Formats and Ad Creative. Facebook mengklaim bahwa penggunaan Dynamic Formats and Ad Creative dapat meminimalisir anggaran yang anda keluarkan.

Facebook bahkan memberikan contoh pada artikel tersebut. Berikut ini screenshotnya.

contoh Dynamic Formats and Ad Creative
contoh Dynamic Formats and Ad Creative

Disebutkan bahwa JD Williams mendapatkan peningkatan konversi hingga 21% setelah menggunakan Dynamic Formats and Ad Creative.

Simpulan

Batasan ini bisa jadi sangat menyusahkan bagi sebagian pengiklan. Tapi jika anda salah satunya maka saya sarankan untuk melakukan testing secara mendalam mengenai solusi yang dihadirkan oleh Facebook.

Bisa jadi solusi dari facebook tersebut memang lebih baik.

Referensi

  1. Facebook.
  2. Referensi.

Demikian artikel singkat mengenai Batas Jumlah Iklan Facebook Ads, semoga bermanfaat.

Leave a Comment