Backlink Wikipedia Tidak Berguna

Backlink Wikipedia tidak berguna? Begitulah pemikiran saya saat membaca judul artikel dari SERoundTable [1]. yang berjudul “Google: Links From Wikipedia Does Nothing For Your Site & Has No SEO Value”.

Berikut ini videonya :

Artikel itu ditulis oleh Barry Schwartz pada tanggal 24 Agustus 2020 kemarin.

Sesuai dengan judulnya, pernyataan tersebut dinyatakan oleh perwakilan Google yaitu John Mueller. Tapi kenapa tiba-tiba membahas mengenai backlink Wikipedia?

Pernyataan tersebut merupakan bentuk respon dari pertanyaan yang di ajukan pada platform Reddit [2].

Backlink Wikipedia Tidak Berguna

Backlink Wikipedia tidak berguna itu adalah penyataan dan kesimpulan yang saya buat sendiri. Jika kita melihat pernyataan JohnMu, dia menyebutnya dengan istilah TIDAK BERNILAI.

John Muller menyatakan bahwa :

Membuat tautan/backlink secara acak di Wikipedia tidak memiliki nilai SEO dan tidak akan berdampak apa pun untuk situs Anda. Yang Anda lakukan hanyalah membuat pekerjaan tambahan untuk pengelola Wikipedia yang akan menghapus tautan tersebut. Itu hanya membuang-buang waktu Anda dan waktu mereka. Lakukan sesuatu yang berguna dalam jangka panjang untuk situs Anda,, buat sesuatu yang memiliki nilai yang terus-menerus.

Berikut pernyataan lengkap John Muller :

Randomly dropping a link into Wikipedia has no SEO value and will do nothing for your site. All you’re doing is creating extra work for the Wikipedia maintainers who will remove your link drops. It’s a waste of your time and theirs. Do something that’s useful in the long term for your site instead, build something of persistent value.

John Muller

Dan berikut ini screenshotnya :

backlink wikipedia tidak berguna menurut john muller
backlink wikipedia tidak berguna menurut john muller

Dan ini merupakan pertanyaan awal yang memulai diskusi tersebut.

pertanyaan cara mendapatkan backlink wikipedia
pertanyaan cara mendapatkan backlink wikipedia

Kenapa Backlink Wikipedia Tidak Berguna?

Saya tidak tahu alasan pasti dari pernyataan John Muller di atas, tapi menurut saya ada beberapa hal yang mungkin jadi alasannya.

Backlink WIkipedia Beratribut Nofollow

Seperti kita ketahui bahwa backlink yang didapat dari Wikipedia memiliki atribut nofollow. Sebagai contoh saya coba screenshot backlink yang terdapat pada halaman digital marketing di Wikipedia.

backlink wikipedia beratribut nofollow
backlink wikipedia beratribut nofollow

Terlihat jelas bahwa semua link keluar atau backlink diberi atribut nofollow.

Dulu sebelum November 2005, seluruh backlink dari Wikipedia memang sudah memiliki atribut nofollow. Tapi pada November 2005, atribut tersebut hapus.

Kemudian sekitar bulan Januari 2007 [3], atribut nofollow kembali digunakan oleh Wikipedia.

Syarat John Muller

Jika anda perhatikan, pada awal pernyataan John Muller disebutkan kata “randomly” yang berarti secara acak. Ini menjadi syarat agar backlink WIkipedia tidak berguna.

Jadi secara tegas dapat dikatakan, jika backlink pada Wikipedia dibuat secara acak, maka backlink tersebut tidak akan ada nilainya.

Pertanyaannya adalah, apakah jika backlink tersebut tidak dilakukan secara acak, akan ada nilainya?

Tentu saja Jhon Muller tidak menjelaskan hal tersebut.

Tapi secara logika sederhana, saya rasa jawabannya, backlink tersebut akan ada nilainya.

SEO Off Page

Membuat backlink atau biasa disebut dengan link building adalah bagian dari teknik SEO Off Page. Dan menurut Neil Patel, SEO Off Page memiliki arti sebagai berikut :

SEO Off Page adalah upaya memberi tahu Google (atau mesin pencari lain) apa pendapat orang lain tentang situs Anda.

Neil Patel

Baca lebih lengkap mengenai SEO Off Page pada artikel saya berikut ini :

Paradigma Baru SEO Off Page

Dari pengertian di atas, saya simpulkan bahwa sekarang paradigma SEO Off Page telah berubah. Dari awalnya berfokus pada mendapatkan sebanyak-banyaknya backlink menjadi membangun brand atau branding.

Dengan branding, anda dapat meningkatkan CTR atau rasio klik tayang. Dan tentu saja dengan meningkatnya CTR dapat menghantarkan website anda pada peringkat satu di Google.

Dengan branding pula anda dapat menigkatkan branded keyword. Peluang yang satu ini benar-benar bisa menadi kekuatan dalam SEO,

Branding juga dapat meningkatkan keinginan pengguna untuk membagikan link website anda,

Semua hal ini mengarahkan kita pada sebuah paradigma baru dalam SEO Off Page, yaitu branding.

Kesimpulan

Tak perduli adakah backlink dari Wikipedia itu bernilai atau tidak, karena paradigma yang kita gunakan telah berubah. Yang penting bukan lagi backlink, melainkan branding.

Referensi

  1. SERoundTable.
  2. Reddit.
  3. SERoundTable.

Demikianlah artikel mengenai backlink Wikipedia tidak berguna, semoga bermanfaat.