Artikel Konseptual

Artikel merupakan sebuah tulisan yang disusun sedemikian rupa dan berisikan informasi penting yang dibutuhkan oleh para pembaca nya. Ada banyak sekali jenis artikel yang bisa ditulis, salah satunya adalah artikel konseptual. Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan artikel yang satu ini. Oleh karena itu supaya tidak penasaran pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan bagaimana cara Menyusun artikel ini.

Apa Sebenarnya Artikel Konseptual Itu?

Hampir sama dengan artikel pada umumnya, artikel konseptual ini berisikan ide atau gagasan original dan asli yang berasal dari penulisnya. Hanya saja penulisan artikel yang satu ini memang membutuhkan beberapa referensi atau sumber pustaka yang memang relevan dengan permasalahan atau wacana yang diangkat oleh penulis.

Tidak mesti yang sejalan, referensi juga bisa diambil dari referensi yang bertentangan dengan apa yang akan ditulis pada artikel tersebut. Intinya sebelum menuliskan artikel ini dibutuhkan sebuah kajian terlebih dahulu agar apa yang disampaikan dalam artikel didukung dengan banyak fakta dan juga data. Namun satu hal yang paling penting dalam artikel ini adalah pemikiran dari penulis itu sendiri. Referensi dan yang lainnya hanyalah sebagai pendukung saja.

Bagaimana Cara Menyusun Artikel Konseptual yang Benar?

Nah setelah mengetahui definisi dari apa itu artikel konseptual, selanjutnya pasti banyak yang bertanya terkait bagaimana menyusun artikel yang satu ini dengan benar? Untuk menjawab pertanyaan ini maka siapapun wajib membaca artikel ini sampai selesai. Penasaran caranya seperti apa? Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pilihlah Sebuah Topik atau Gagasan yang Akan Dijadikan Artikel

Kunci utama dari artikel ini adalah gagasan atau pemikiran dari seorang penulisnya. Sebanyak apapun sumber referensi yang digunakan, namun jika sang penulis tidak memiliki pendirian dan gagasan yang akan disampaikan maka hal tersebut belum dapat dikatakan sebagai artikel yang konseptual.

Jadi hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin menulis artikel yang satu ini yaitu gagasan atau wacana apa yang akan diangkat nantinya. Pastikan si penulis sudah mempunyai pendapat atau pemikiran pribadi yang akan disampaikan dalam artikel tersebut.

2. Cari Sebanyak Mungkin Referensi atau Sumber Pustaka yang Relevan

Setelah si penulis memiliki pemikiran atau gagasan yang akan disampaikan kepada pembaca, maka tugas selanjutnya adalah mencari sebanyak mungkin sumber referensi yang relevan. Referensi ini bisa berasal dari jurnal ataupun penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Asalkan masih memiliki tema yang sama dengan apa yang akan diangkat si penulis dalam tulisannya.

Supaya lebih kaya informasi, maka sumber yang digunakan tidak mesti yang mendukung pandangan atau pemikiran penulis saja. Bisa juga menggunakan referensi yang bertentangan untuk mengetahui sudut pandang lain dari tema yang sedang dibahas.

3. Pahami Hal Apa Saja yang Menyusun Artikel Ini

Untuk bisa menulis artikel ini dengan benar, maka penting sekali untuk mengetahui struktur atau hal apa saja yang menyusun nya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus ada jika ingin membuat artikel yang konseptual.

  • Judul
  • Nama Penulis
  • Abstrak
  • Pendahuluan
  • Isi atau bagian inti
  • Penutup
  • Daftar pustaka

4. Buatlah Judul Artikel yang Menarik Agar Menggugah Para Pembaca

Nah salah satu struktur yang wajib diperhatikan dalam Menyusun artikel ini adalah pemilihan judul. Bagaimanapun juga judul merupakan cerminan wajah dari sebuah artikel. Jika judul yang dibuat sudah kurang menggugah maka sudah bisa dipastikan pembaca pun akan enggan untuk mengetahui apa isi artikel di dalamnya. Oleh karena itu pastikan judul yang dibuat harus menggugah.

5. Hindari Plagiarisme

Hal terakhir yang harus dilakukan agar bisa menyusun artikel ini dengan benar yaitu hindarilah plagiarisme. Jangan pernah sekalipun melakukan plagiat dalam menulis artikel. Jika ada pemikiran orang lain di dalamnya maka sampaikanlah dan nantinya tulis di daftar pustaka. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari plagiarisme adalah dengan melakukan parafrase.

Itulah penjelasan mengenai definisi artikel konseptual serta bagaimana cara menyusun nya dengan benar. Setelah mengetahui informasi ini, tentu saja siapa pun bisa menyusun artikel yang satu ini dengan benar. Caranya adalah perhatikan hal-hal yang sudah jelaskan di atas dengan baik.