Arti Literasi

arti literasi image

Apa arti literasi? Saat mendengar istilah literasi, erat hubungannya dengan membaca atau menulis. Literasi memiliki arti sebagai kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilannya dalam mengolah serta memahami informasi, saat sedang membaca atau menulis. Berikut ini beberapa penjelasan lebih lengkap mengenai literasi.

Arti Literasi Secara Umum

Menurut wikipedia pengertian literasi adalah sebagai berikut.

Literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi, ketika sedang membaca maupun menulis. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa pengertian literasi yaitu semua kegiatan seseorang yang berkaitan dengan membaca, menulis, berhitung, serta dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Literasi Secara Etimologis

Secara etimologis, literasi berasal dari bahasa Latin yaitu “literatus” yang memiliki arti orang yang sedang belajar. Jadi bisa digaris bawahi bahwa literasi selalu berhubungan dengan aktivitas membaca dan menulis.

Arti Literasi Menurut Para Ahli

Elizabeth Sulzby

Pada tahun 1986, Elizabeth Sulzby mendefinisikan arti literasi sebagai kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam kegiatan berkomunikasi. Arti komunikasi disini maksudnya dalam hal membaca, berbicara, menyimak, dan menulis. Kegiatan berkomunikasi ini dilakukan dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Jika didefinisikan secara singkat berdasarkan pengertian literasi yang dikemukakan oleh Elizabeth Sulzby, literasi bermakna suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menulis serta membaca.

Harvey J. Graff

Menurut Harvey J. Graff, definisi literasi diartikan sebagai kemampuan diri seseorang dalam kegiatan menulis dan membaca. Hakekatnya sama seperti definisi literasi menurut Elizabeth, yaitu mengenai kemampuan menulis dan membaca.

Jack Goody

Sama seperti definisi literasi menurut Elizabeth Sulzby dan Harvey J. Graff, pengertian literasi menurut Jack Goody juga merupakan kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis.

Merriam – Webster

Berdasarkan kamus onine Merriam –Webster, kita dapat mengetahui arti literasi sebagai suatu kemampuan mengetahui aksara dalam diri seseorang yang di dalam dirinya terdapat kemampuan membaca dan menulis serta mengenali atau memahami ide-ide yang terkandung secara visual.

UNESCO

UNESCO atau The United Nations Educational, Scientific and Cultural, mendefinisikan literasi sebagai seperangkat keterampilan nyata, terutama keterampilan dalam aktivitas membaca dan menulis. Keterampilan ini terlepas dari konteks siapa yang memperolehnya.

Alberta

Menurut Alberta, literasi merupakan suatu kegiatan atau kemampuan dalam membaca dan menulis, menambah pengetahuan atau keterampilan, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan suatu masalah, serta dapat melakukan komunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan juga partisipasi dalam kegiatan kehidupan bermasyarakat.

Tujuan Literasi

  1. Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat
    Setelah mengetahui pengertian literasi secara umum dan beberapa pendapat yang dikemukakan para ahli, kita dapat mengetahui tujuan literasi yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat secara luas dengan cara membaca berbagai informasi yang bermanfaat.
  2. Meningkatkan Pemahaman untuk Mengambil Kesimpulan
    Literasi juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis, untuk kemudian diambil kesimpulannya. Sehingga tidak hanya sekedar membaca atau menulis saja, namun dapat juga mengambil kesimpulan dari informasi yang didapat atau dibaca.
  3. Meningkatkan Kemampuan untuk Berfikir Kritis
    Literasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam berfikir. Maksudnya yaitu setelah memahami suatu bacaan atau tulisan, seseorang tersebut dituntut untuk memberikan penilaian kritis terhadap suatu karya tulis. Sehingga kemampuan seseorang akan terlatih untuk berpikir kritis.
  4. Meningkatkan Budi Pekerti yang Baik
    Kegiatan literasi juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan serta meningkatkan sikap budi pekerti yang baik dalam diri seseorang. Hal ini karena seseorang tersebut terbiasa membaca atau menulis suatu informasi yang bermanfaat, sehingga akan mengalir ke dalam pikiran orang tersebut budi pekerti yang baik pula.
  5. Meningkatkan Nilai Kepribadian
    Kegiatan literasi juga bermanfaat untuk meningkatkan nilai kepribadian yang baik melalui kegiatan membaca dan menulis. Hal ini karena seseorang yang terbiasa melakukan kegiatan membaca dan menulis sesuatu yang positif, akan mempengaruhi pikiran positif dan akhirnya dapat meningkatkan nilai kepribadian.
  6. Mengembangkan Budaya Literasi dalam Masyarakat
    Jika terbiasa melakukan kegiatan literasi secara bersama-sama, maka akan menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat secara luas. Sehingga orang-orang akan terbiasa melakukan kegiatan membaca dan menulis sebagai suatu hal yang bermanfaat.
  7. Meningkatkan Pemanfaatan Waktu yang Bermanfaat
    Dengan melakukan kegiatan literasi maka akan membuat waktu seseorang menjadi lebih bermanfaat. Hal ini karena waktunya digunakan untuk membaca dan menulis suatu hal yang postif, sehingga bisa menambah wawasan serta dapat berpikir kritis dalam menjalani kehidupan.

Manfaat Literasi

Setelah mengetahui beberapa tujuan yang sudah dijelaskan di atas, maka kita juga dapat mengambil beberapa manfaat dalam melakukan kegiatan literasi. Manfaatnya antara lain menambah kosakata seseorang, mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk melakukan kegiatan membaca dan menulis, mendapat berbagai informasi atau wawasan yang baru.

Manfaat lainnya yaitu menambah kemampuan interpersonal seseorang menjadi lebih baik, menambah kemampuan seseorang untuk memahami suatu makna dalam informasi secara lebih baik, meningkatkan kemampuan verbal personal, menambah kemampuan seseorang dalam melakukan analisis dan berpikir, meningkatkan daya fokus seseorang, dan membuat seseorang dapat merangkai kata.

Jenis-jenis Literasi

Literasi Dasar

Literasi dasar yaitu suatu kemampuan dasar seseorang dalam kegiatan membaca, menulis, mendengarkan, dan juga berhitung. Literasi dasar bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berkomunikasi, serta berhitung.

Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan merupakan suatu kemampuan untuk mengerti dan membedakan karya tulis fiksi (khayalan) dan non fiksi (nyata), dapat memahami cara menggunakan katalog maupun indeks, serta mampu  memahami informasi ketika membuat suatu karya tulis maupun membuat suatu penelitian.

Literasi Media

Literasi media yaitu suatu kemampuan dalam mengetahui dan memahami suatu tulisan dari berbagai bentuk media. Media di sini bisa dari media elektronik, media cetak, dan berbagai media informasi lainnya. Literasi media juga harus mengetahui cara memahami penggunaan setiap media tersebut.

Literasi Teknologi

Literasi teknologi merupakan suatu kemampuan dalam mengetahui dan memahami suatu hal yang berhubungan dengan dunia teknologi, tahu cara menggunakan teknologi seperti internet, dan memahami tata etika dalam penggunaan teknologi. Teknologi yang harus dipahami yakni berupa hardware dan juga software.

Literasi Visual

Literasi Visual yaitu suatu pemahaman atau kemampuan dalam menginterpretasikan dan memberikan suatu makna dari informasi yang berbentuk gambar atau visual. Literasi visual ini hadir dari pemikiran bahwa suatu gambar bisa dibaca atau bisa memberi makna. Lebih tepatnya, suatu informasi dapat lebih mudah tersampaikan atau dikomunikasikan melalui gambar visual dibanding dalam bentuk tulisan.

Demikian beberapa informasi mengenai pengertian literasi secara umum dan juga menurut para ahli, tujuan melakukan informasi, dan manfaat melakukan aktivitas literasi. Budayakan membaca dan menulis hal yang positif agar bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Howdy,
Search exact
Search sentence
Please go to Appearance >> Widgets to add more useful widgets into WPAS Sidebar.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.