Apa Itu WordPress? Pengertian Kelebihan & Jenis

apa itu wordpress

Apa itu WordPress? Bagi pemula, mungkin selalu muncul pertanyaan seperti itu. WordPress adalah blogging platform dengan pengguna terbanyak dimuka bumi. Lebih dari 30% website yang ada di dunia maya dibuat menggunakan wordpress, diprediksi persentase ini masih akan terus naik.

Jadi sebenarnya WordPress itu apa?

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah perangkat lunak pembuat blog dan website yang paling mudah, paling popoler dan gratis untuk digunakan.

Pengertian wordpress di atas adalah pengertian wordpress secara sederhana. Tapi jika ingin sedikit bingung, mari kita simak pengertian WordPress secara teknis.

Untuk mengetahui apa itu WordPress secara teknis, kita bisa merujuk kepada Wikipedia.

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) berbasis PHP dan MySQL yang biasanya digunakan dengan server database MySQL atau MariaDB tetapi juga dapat menggunakan mesin database SQLite.

Anda bingung? Pengertian secara teknis di atas tidak perlu anda pahami. Anda cukup tau bahwa wordpress adalah salah satu perangkat lunak untuk membuat blog dan website.

Apa Itu Blog?

Blog adalah situs web atau halaman web yang diperbarui secara berkala, biasanya dijalankan oleh individu atau kelompok kecil, yang ditulis dalam gaya informal atau percakapan.

Lebih jauh mengenai blog silakan baca artikel berikut :

Berapa Jumlah Pengguna WordPress?

WordPress adalah pembuat blog yang paling banyak digunakan di muka bumi. Menurut wordpress.com setidaknya 32% web yang ada dimuka bumi menggunakan wordpress.

Sedangkan menurut w3techs jumlahnya lebih besar lagi, yaitu mencapai 34.5% dari total keseluruhan web yang ada saat ini.

Apakah WordPress Itu Gratis?

WordPress dirilis menggunakan lisensi GPLv2 (atau lebih baru) dari Free Software Foundation. WordPress bersifat open source. Artinya siapa pun bisa menggunakan dengan GRATIS. Tanpa adanya biaya subscribe atau membeli lisensi tertentu.

NAMUN,

Untuk membuat website atau blog, biasanya anda memerlukan domain dan hosting premium. Dan domain serta hosting premium ini tidak bisa anda dapatkan secara gratis.

Anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai domain premium dan domain gratis pada artikel berikut.

Anda juga dapat mempelajari lebih dalam mengenai hosting premium dan hosting gratis pada artikel berikut.

Baca : Apa Itu Hosting?

Adakah Perusahaan Besar Yang Menggunakan WordPress?

Meskipun gratis dan banyak digunakan, bukan berarti WordPress tidak memerhatikan kualitas. Ada banyak sekali perusahaan dan lembaga pemerintah yang menggunakan WordPress.

  1. Vogue.com

Bagi anda yang mengikuti dunia fashion dan mode tentu kenal dengan nama ini. Vogue adalah majalah mode dan gaya hidup yang mulai diterbitkan pada tahun 1892 di Amerika Serikat. Vogue telah menjadi majalah mode top di dunia dan memiliki 23 edisi internasional.

  1. Fortune.com

Bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis tentu tahu majalah yang satu ini. Fortune adalah majalah bisnis multinasional Amerika yang berkantor pusat di New York City, Amerika Serikat. Publikasi ini didirikan oleh Henry Luce pada tahun 1929.

  1. Newsroom.fb.com

Untuk mewakili dunia teknologi dan startup ada nama besar Facebook sebagai contoh nyata. Facebook menggunakan wordpress sebagai perangkat lunak untuk mengelola newsroom nya.

  1. Whitehouse.gov

Dan contoh terakhir datang dari pemerintah. Bukan pemerintah Indonesia, namun pemerintah Amerika Serikat yang menggunakan WordPress untuk mengelola website Gedung Putih.

Sebenarnya ada banyak sekali pihak yang percaya dan menggunakan WordPress. Namun saya rasa dengan empat contoh di atas sudah cukup mewakili.

Dengan demikian, kualitas WordPress tidak perlu diragukan lagi. WordPress telah dipercaya oleh pihak-pihak penting dan ternama di dunia.

Sejarah WordPress

Berawal pada tahun 2003 dimana Matt Mullenweg dan Mike Little yang keduanya adalah developer platform blog. Kedua orang tersebut membuat platform blogging baru setelah proyek b2/cafeblog mereka dihentikan. Keduanya memutuskan untuk tetap meneruskan proyek tersebut dan melanjutkan secara mandiri.

Mulleneweg dan Little merilis WordPress versi pertamanya (WordPress 1.0) pada Januari tahun berikutnya. Tampilan awal WordPress sama sekali berbeda jika dibandingkan tampilannya sekarang yang sudah sangat bagus. Jika dilihat WordPress saat ini sudah kaya fitur-fitu keren. Meski begitu WordPress versi pertama sudah menawarkan sudah menawarkan fitur inti yang ada hingga saat ini.

Fitur-fitur inti yang sudah ditawarkan WordPress sejak versi pertamanya seperti editor WordPress, kemampuan memoderasi komentar, instalasi mudah dan manajemen user. Sejak diluncurkannya pada ahun 2004 WordPress telah banyak mengalami perubahan positif. WordPress memang terus dikembangkan versi terbarunya selalu dirilis setiap 2-3 bulan, selalu hadir dengan fitur dan keamanan terbaru.

Apa Beda Antara WordPress.com Dan WordPress.org?

Kedua hal ini pasti cukup membingungkan, jika mengakses WordPress dari search engine baik Google atau lainnya. Anda  akan menemukan dua website yang serupa yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Hal ini seringkali membingungkan apalagi bagi pemula yang baru berkecimpung di dunia blogging. Penggunaan keduanya memang memiliki tujuan dan pengguna yang berbeda-beda, ini perbedaannya:

  • com : adalah perusahaan hosting yang menggunakan sistem pengaturan konten WordPress untuk semua blog yang dibuat di dalamnya. Jika tertarik membuat blog menggunakan platform ini maka tipe domain yang didapatkan adalah myblog.wordpress.com. Untuk paket defaultnya bisa didapatkan gratis, namun jika ingin custom maka harus membayar.
  • org : adalah website yang digunalan jika ingin membuat situs self hosted pda WordPress. Melalui WordPress.org pengguna bisa mengunduh platform WordPress dan mendapatkan banyak tema maupun plugin gratis.

Kemudian untuk membuat online situs yang telah dibuat maka dibutuhkan nama domain serta paket hosting. WordPress harus menggunaka PHP dan MySQL supaya bisa diaktifkan dan berfungsi baik. Juga bisa memanfaatkan paket wordPress hosting agar performa CMS-nya maksimal.

Itulah perbedaan antara keduanya yang menggunakan WordPress yang bisa dipilih sesuai tujuan membuat website. WordPress bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website dalam berbagai kepentingan penggunanya.

Jenis Website Yang Bisa Menggunakan WordPress

Jika disimpulkan, pengertian WordPress secara umum bisa diartikan sebagai alat penting yang digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Di bawah ini adalah beberapa jenis website yang bisa diciptakan menggunakan WordPress:

Blog

Bisa membuat blog sederhana dan murah menggunakan platform WordPress ini. Nanti jika blog semakin tinggi tarfficnya maka bisa mengupgrade ke tingkat selanjutnya. Dengan begitu blog akan tetap lancar digunakan tanpa hambatan yang membuat kerjanya semakin lambat. Pada awalnya WordPress memang dibuat sebagai alat blogging dan hingga kini masih menjadi platform yang paling banyak digunakan.

Untuk blogger WordPress memang platform blog paling favorit dan banyak sekali digunakan. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh platform ini, sehingga blogger pemula pun bisa dengan mudah menggunakannya. Banyak plugin dan tema juga yang bisa digunakan oleh pemilik blog dengan platform WordPress ini.

Portofolio

WordPress juga bisa digunakan untuk membuat sebuah portofolio yang menarik bagi pemiliknya. Mulai dari artis, seniman, freenlancer, photographer bahkan penulis bisa menggunakan WordPress untuk prtofolio online. Berbagai template portofolio disediakan oleh WordPress.org yang juga menawarkan berbagai fitur yang dibuthkan untuk protofolio. Sebagai contohnya seperti galeri gambar, lightbox dan portofolio grid.

Membuat portofolio dengan WordPress pasti akan menjadi pengalaman yang menarik. Mengenalkan diri secara online kepada khalayak untuk mendapatkan pekerjaan atau job dari pihak lain. Akan menjadi sebuah portofolio menarik jika dibuat menggunakan WordPress. Salah satu artis yang menggunakan WordPress adalah Beyonce, yang memanfaatkan keistimewaan WordPress ini.

Situs Bisnis

Bagi pelaku bisnis online yang masih pemula dan ingin membuat website bisnis online sederhana maka bisa memulainya dengan WordPress. Membuat website dengan WordPress akan sangat praktis karena CMS nya memang sangat cocok untuk bisnis online kecil dan sederhana. Namun meski demikian banyak juga perusahaan besar yang sudah terkenal menggunakan platform WordPress untuk website perusahaannya.

Sebagai contohnya Sony Music, adalah salah satu perusahaan komersil yang memanfaatkan kecanggihan platform ini. Ini membuktikan bahwa WordPress memang sangat fleksibel bisa digunakan siapa pun. Mulai dari bisnis online kecil, sederhana hingga perusahana besar bisa memanfaatkannya.

Situs Amal

Selain untuk situs komersial, WordPress juga bisa digunakan untuk membuat situs amal. Ini memangs alah satu kelebihan platform WordPress yang biaya maintanancenya murah. Tidak mengherankan jika platform ini disukai banyak badan amal dan gereja untuk membuat situs amal. Dengan adanya WordPress ini dengan mudah membuat lembaga swadaya masyarakat yang sifatnya non profit serta bisa membuatnya dikenal secara online.

Sangat penting bagi bdan amal memiliki website karena bisa memberitahukan visi dan misinya kepada seluruh dunia secara online. Dengan demikian keberadaannya akan diketahui dunia dan lebih mudah mendapatkan amal atau sumbangan dari pihak luar.

Toko Online

Dengan platform ini  bisa membuat toko online tanpa perlu mengenal atau menguasai bahasa pemograman.Untuk itu sekarang banyak orang menawarkan jasa pembuatan toko online, tapi tetap harus berhati-hati. Terdapat plugin eCommerce WordPress yang bisa digunakan untuk membuat toko online.

Berbagai fitur-fitur menarik seperti keranjang belanja, halaman checkout, manajemen order, one click refund dan sebagainya. Platform WordPress memiliki banyak fitur yang sangat cocok dan memang dibutuhkan untuk membuat toko online. Membuat toko online sendiri dengan biaya murah bagi pemula menggunakan WordPress adalah pilihan yang tepat.

Nah, itulah jenis-jenis website yang bisa dibuat dengan menggunakan platform WordPress. Berbagai jenis website bisa diciptakan dengan menggunakan WordPress dengan memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya.

Banyak website atau situs popular yang dibuat menggunakan WordPress, semua kalangan memang bisa memanfaatkan WordPress. Sebut saja The New Yorker, TechCrunch, Sony Music, White House dan Beyonce semua menggunakan WOrdPres.

Siapa sangka situs-situs yang sudah mendunia tersebut dibuat menggunakan platform seperti orang kebanyakan yaitu WordPress. Meskipun demikian, tentu saja WordPress memiliki berbagai kelebihan dan kekurang yang memerlukan perbaikan terus menerus.

Kelebihan WordPress

WordPress memiliki kelebihan dan sampai saat ini masih menjadi pilihan utama bagi yang ingin membuat website tanpa perlu jadi programer.Beberapa kelebihan memang sudah tersemat dalam WordPress sejak diluncurkan pada 2003 dan terus berkembang. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki platform WordPress:

  1. Mudah Digunakan Untuk Pemula

Kelebihan utama WordPress adalah mudah digunakan untuk pemula. Siapa pun yang ingin membuat website namun tidak memahami bahasa HTML bisa menggunakan ini.

Tidak ada lagi keharusan menjadi seorang programmer untuk membuat website. Manfaatkan WordPress dalam mendesain website profesional sesuai keinginan.

  1. Memiliki Komunitas yang Luas

Secara kuantitas, WordPress menguasai 30% dari seluruh website dunia. Dengan begitu pastinya WordPress memiliki market share terbesar. Maka tak heran kalau WordPress menyediakan sebuah forum untuk berdiskusi di antara para pengguna.

Dalam forum tersebut bisa didapatkan ide-ide baru, ilmu-ilmu, serta bagaimana cara mengoptimalkan WordPress. Ada dua jenis forum, yakni online dan offline.

Bagi pemula, bisa mengunjungi forum ini untuk mempelajari apapun terkait WordPress. Di sana para anggota saling meng-update pengetahuan satu sama lagi. Ada juga beberapa tutorial yang bisa diakses untuk bahan pembelajaran.

  1. Ada Banyak Tutorial

Selain di forum WordPress, tutorial mengenai WordPress banyak ditemukan di situs-situs lainnya. Mudahnya WordPress untuk digunakan membuat orang-orang membagikan pengetahuan mereka. Tutorial WordPress bisa ditemukan dalam bentuk artikel atau pun video.

  1. Banyak Fungsi Tambahan Dengan Plugin

Dengan menggunakan WordPress, maka website yang dibuat bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Manfaatkan plugin yang disediakan oleh WordPress.

Ada banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Misalnya mau mengoptimasi SEO, maka ada plugin Yoast SEO. Atau ingin konten bisa dibagikan melalu media sosial, ada plugin One Signal dan plugin media sosial lainnya.

Kedua plugin tersebut hanya lah segelintir dari plugin yang ada. Di platform lainnya belum tentu ada fasilitas-fasilitas ini. Selain beragam, seluruh plugin dapat digunakan secara gratis.

Tidak perlu biaya tambahan untuk membuat website menjadi lebih menarik dan interaktif.

  1. Pilihan Tema

Website bisa didesain lebih menarik dengan menggunakan tema. Tema WordPress jumlahnya tak kalah banyak dengan plugin yang tersebar di internet.

Banyak pengembang tema-tema WordPress, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semua ini pun gratis digunakan dan kualitasnya bisa ditandingkan dengan tema-tema berbayar.

  1. Murah.

Sangat murah karena pengguna cukup membayar domain dan web hosting saja untuk menggunakannya. Software dan sebagian besar plugin serta temanya bisa diperoleh secara cuma-cuma atau gratis tanpa berbayar.

  1. Desain Sesuka Hati.

Anda dapat mendisain halaman web anda sesuka hati dengan memanfaatkan plugin page builder. Dengan plugin ini tampilan web anda akan menjadi unik, tampil beda daripada yang lain.

Ada banyak sekali page builder untuk wordpress. baik yang gratis maupun yang berbayar. Anda tinggal memilih yang paling cocok untuk anda.

Banyak bukan kelebihan yang diberikan oleh WordPress kepada penggunanya. Selain kelebihan-kelebihan di atas, WordPress tentunya juga memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan WordPress

Meskipun WordPress adalah CMS pilihan tepat bagi programmer, namun tetap memiliki beberapa kekurangan yang harus diantisipasi. Berikut ini adalah kekurangan pada platform WordPress yang perlu diketahui:

  1. Tingkat keamanan.

Risiko terserang hacker memang terbuka lebar, hal ini disebabkan karena lebih dari 30% website dibuat menggunakan WordPress.

Namun tentu saja hal ini bisa dicegah dengan melakukan update secara rutin. Serta menginstall plugin keamanan.

  1. Konten pihak ketiga.

Bug juga sering kali ditemukan dalam website yang dibuat dengan platform WordPress, hal ini karena plugin dibuat oleh pihak ketiga.

Untuk mengatasinya, maka sebelum memutuskan install plugin atau template baru, akan lebih baik baca dengan seksama lebih dulu. Dari penjelasan dan ulasan akan mendapatkan banyak masukan dan pertimbangan.

Jika masih merasa ragu dengan kredibilitas plugin serta template tersebut maka bisa menghubungi CS.

  1. Waktu loading lama.

Bagi pengguna pemula biasanya mengalami loading yang lambat. Hal ini akan terjadi jika sebuah website menginstall terlalu banyak plugin, maka website akan semakin lambat.

Untuk itu pengguna wordpress harus mempelajari cara optimasi kecepatan website. Salah satu cara untuk mengatasi dengan install juga plugin caching.

Itulah kekurangan-kekurangan yang juga menempel pada platform WordPress selain kelebihannya. Namun jika dicermati kelebihannya masih lebih banyak dibandingkan dengan kekurangan yang dimilikinya.

Kesimpulannya, Apa Itu WordPress?

WordPress adalah jawaban bagi siapa pun yang ingin membuat website atau blog. Apakah seorang profesional, pembelajar, atau awam sama sekali bisa menggunakan WordPress sebagai permulaan. Tanpa adanya pengetahuan coding atau bahasa HTML, WordPress bisa digunakan dengan cepat, mudah dan gratis.

WordPress adalah perangkat lunak pembuat blog paling popular dan paling banyak digunakan di dunia. Merupakan platform yang canggih dan bisa memudahkan penggunanya dalam membuat berbagai jenis website yang dibutuhkan.

Hal terbaik pada platform WordPress adalah sifatnya yang sangat mudah digunakan serta mudah dipahami. Semua orang yang bisa dengan mudah memngoperasikan WordPress ini.

Selain itu, WordPress pun didukung dengan komunitas yang besar dan kuat. Di dalamnya para member yang saling meng-update informasi dan pengetahuan. Jadi tak perlu khawatir kalau belum pernah menggunakan WordPress sebelumnya. Tutorial ini bisa ditemukan dengan mudah di internet, baik dalam bentuk artikel maupun video.

Jadi sudah tahu apa itu wordpress? Sudah siap membuat website sendiri? Selamat mencoba dan bereksplorasi dengan WordPress!

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.