projasaweb logo

Apa Itu Startup? Dan Perkembangan Startup

Estimasi Waktu Baca 3 Menit

Startup adalah perusahaan atau proyek rintisan yang belum lama beroperasi yang diprakarsai oleh seorang wirausahawan untuk mencari, mengembangkan, dan memvalidasi model bisnis yang dapat diukur secara efektif.

Tahukan anda apa itu startup? Mungkin sebagian besar orang sudah sering mendengar tentang istilah startup.

Namun sebagian kecil saja orang yang sudah tahu tentang bisnis startup ini. Lalu Apa sebenarnya pengertian startup itu?

Kemajuan teknologi digital di dunia bisnis membuat siapapun dapat bisnis dengan mudah & cepat. Para entrepreneur menciptakan bisnis ‘startup’ yang memiliki inovasi & kreatifitas tanpa batas.

Kata Startup sendiri adalah berasal dari serapan dari Bahasa Inggris yang berarti bisnis yang baru saja dirintis atau bisnis rintisan.

Apa Itu Startup?

Pengertian startup menurut Wikipedia adalah sebagai berikut

Startup adalah perusahaan atau proyek yang diprakarsai oleh seorang wirausahawan untuk mencari, mengembangkan, dan memvalidasi model bisnis yang dapat diukur secara efektif. Click To Tweet
apa itu startup pengertian startup
pengertian startup

Sebenarnya, konsep startup dan kewirausahaan serupa. Namun, kewirausahaan merujuk semua bisnis baru, termasuk wirausaha dan bisnis yang tidak pernah berniat untuk tumbuh besar atau menjadi terdaftar.

Sementara startup mengacu pada bisnis baru yang berniat untuk tumbuh tidak hanya sebatas perusahaan pribadi dengan pemilik tunggal, kemudian memiliki karyawan, dan berniat untuk tumbuh jadi sangat besar.

Siapa Yang Pertama Kali Menggunakan Istilah Startup?

Yang pertama kali menggunakan istilah startup adalah Everett M. Rogers dan Judith K. Larsen. Istilah tersebut mereka gunakan dalam sebuah buku yang mereka tulis.

penulis buku startup Everett Rogers
penulis buku startup Everett Rogers

Kapan Istilah Startup Pertama Kali Digunakan ?

Istilah startup digunakan pertama kali pada tahun 1984 dalam sebuah buku yang berjudul Silicon Valley Fever: Growth of High-Technology Culture.

Jika anda penasaran, anda dapat mencari di Google Book mengenai buku tersebut. Kemungkinan besar anda akan menemukan buku ini. Silicon Valley Fever: Growth of High-Technology Culture.

apa itu startup : buku silicon valley fever
apa itu startup : buku silicon valley fever

Buku ini ditulis oleh Everett M. Rogers dan Judith K. Larsen pada tahun 1984. Di dalamnya sudah menggunakan istilah startup dan setidaknya istilah startup digunakan sebanyak 52 kali.

Namun ada juga sumber pihak ketiga, yaitu TheCrimson.com yang menyatakan bahwa istilah startup sudah digunakan sejak 1976. Istilah tersebut digunakan pada salah satu artikel Forbes yang berbunyi “The … unfashionable business of investing in startups in the electronic data processing field.” 

Cara Membangun Startup

Startup biasanya dimulai oleh seorang pendiri, biasa disebut solo-founder yang memiliki ide atau cara baru untuk menyelesaikan masalah. Atau ada juga yang didirikan oleh lebih dari satu orang atau co-founder.

Biasanya pendiri startup akan memulai validasi pasar dengan wawancara untuk mencari masalah yang dihadapi, kemudian wawancara untuk menemukan solusi, dan selanjutnya membangun produk yang layak atau prototipe.

Produk awal yang dibangun tersebut biasa disebut minimum viable product (MVP). MPV ini digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi model bisnis mereka.

Proses mulai dari menemukan masalah hingga menghadirkan solusi produk yang tepat itu bukanlah proses yang singkat. Proses validasi model bisnis juga dilakukan hingga benar-benar menemukan model yang tepat. Startup dapat membutuhkan waktu yang lama bahkan hingga tiga tahun atau lebih.

Karakteristik Perusahaan Startup

Setelah mengetahui beberapa definisi startup di atas, dapat disimpulkan beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh perusahaan startup, yaitu

  1. Umumnya usia perusahaan masih sangat mudah yakni kurang dari 3 tahun
  2. Jika dilihat dari jumlah pegawainya, bisnis startup hanya memiliki pegawai kurang lebih sekitar 20 orang.
  3. Pendapatan yang diperoleh setiap tahunnya hanya sekitar $100.000
  4. Masih baru dan masih dalam tahap pengembangan
  5. Umumnya perusahaan tersebut bergerak dalam bidang teknologi.
  6. Produk yang dihasilkan biasanya berupa aplikasi yang berbentuk digital.
  7. Umumnya perusahaan startup ini beroperasi melalui website.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Bagaimana perkembangan bisnis startup di Indonesia? Mungkin bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis startup sangat penasaran dengan perkembangan startup di Indonesia. Perlu diketahui untuk bisnis startup di Indonesia sendiri terus mengalami perkembangan yang bisa dikatakan cukup bagus dan juga menggembirakan.

Hal tersebut dibuktikan dari semakin banyaknya founder-founder startup bermunculan di setiap tahunnya. Berdasarkan data dari dallysocial.net menunjukkan bahwa ada sekitar 1500 bisnis startup lokal yang sudah ada di Indonesia. Dengan semakin berkembangnya internet, semakin naik pula peluang untuk mendirikan bisnis startup di Indonesia.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana untuk mengembangkan bisnis startup di Indonesia, sekarang ini adalah momentum yang sangat tepat. Pastikan untuk menjalankannya dengan fokus dan optimal agar hasilnya juga maksimal.  Itulah beberapa informasi terkait bisnis startup. Semoga informasi di atas bermanfaat dan sedikit menambah wawasan kita terkait bisnis startup.

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Share via