Apa Itu SOP? Pengertian SOP Lengkap 2020

Anda ingin tahu apa itu SOP dan seluk beluknya, semuanya akan kita bahas disini. SOP adalah singkatan dari Standard Operating Procedure atau dalam bahasa Indonesia disebut Standar Operasional Prosedur.

SOP sangat penting bagi bisnis dan organisasi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan SOP untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara lebih rapi dan terstandar.

Apa Itu SOP?

Jika kita melihat pengertian SOP yang diberikan dari U.S. Environmental Protection Agency :

SOP adalah seperangkat instruksi tertulis yang mendokumentasikan kegiatan rutin atau berulang yang diikuti oleh suatu organisasi. Click To Tweet
apa itu sop pengertian sop
pengertian sop

Pengembangan dan penggunaan SOP adalah bagian integral dari sistem yang berkualitas dan sukses.

Karena SOP mampu memberikan informasi kepada individu untuk melakukan pekerjaan dengan benar, dan memfasilitasi konsistensi dalam kualitas dan integritas produk atau hasil akhir.

Pengertian SOP Menurut Ahli

Insani (2010:1)

SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.

Tjipto Atmoko (2011)

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Sailendra (2015:11)

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

Manfaat SOP

SOP yang dipraktikkan dengan benar, akan memberikan manfaat bagi organisai atau perusahaan. Adapun manfaat Standard Operating Procedure (SOP) antara lain :

Menghemat Waktu

Jika pekerjaan yang sama dikerjakan dengan berbagai cara yang berbeda maka, tentu kita akan menggambil waktu terpanjang sebagai antisipasi. Dan itu berarti semakin banyak waktu yang terbuang percuma.

Menghemat Biaya

Jika perkerjaan dilakukan secara seragam, maka alat dan kebutuhan lainnya juga akan seragam. Dan itu artinya biaya yang lebih efisien bagi perusahaan.

Meminimalisir Kesalahan

Dengan adanya standarisasi untuk setiap langkah yang harus dilakukan, karyawan akan lebih mudah memahami dan melaksanakan tugasnya. Dan pada akhirnya akan meminimalisir kesalahan yang terjadi

Perlindungan Hukum

SOP dapat berperan sebagai instrument yang dapat melindungi pegawai dan perusahaan dari kemungkinan tuntutan hukum karena tuduhan melakukan penyimpangan,

Menghindari Tumpang Tindih

Pembuatan standarisasi, menuntut pembagian tugas yang jelas diantara para pegawai. Pelaksanaan tugas akan semakin rapi dan teratur karena setiap detilnya telah dijelaskan di dalam dokumen.

Menjamin Konsistensi

Jika SOP yang telah dibuat mampu dijalankan dengan baik, maka konsistensi baik dari sisi mutu, waktu dan prosedur akan tercipta. Kualitas pelayanan kepada konsumenpun akan meningkat.

Kualifikasi Kompetensi

Dengan membuat SOP kita akan mengetahui setiap detil pekerjaan yang harus dilakukan oleh setiap jabatan. Dan secara otomatis kita akan mengetahui informasi kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh karyawan dalam jabatan tersebut.

Demikianlah pembahasan kita mengenai apa itu SOP? semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Share via