Apa itu SEO : Panduan Dasar SEO Pemula 2019 – Projasaweb

apa itu seo

Apa Itu SEO? Kita akan membahasnya secara mendalam pada tulisan kali ini. Tapi jika anda hanya ingin tau arti SEO tanpa perlu penjelasan lebih rinci silakan langsung menuju bagian kesimpulan dengan cara klik link ini SEO.

Panduan SEO 

Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian artikel yang membahas SEO. Berikut ini daftarnya :

BAB 1 : Belajar SEO - Pendahuluan
BAB 2 : Apa Itu SEO
BAB 3 : Riset Kata Kunci
BAB 4 : SEO On Page
BAB 5 : SEO Off Page
BAB 6 : Content Marketing
BAB 7 : Link Building

Jika anda tertarik mempelajari SEO dari awal, silakan menuju artikel sebelumnya pada link di atas.

Nah sekarang ayo kita langsung masuk ke pembahasan. Tapi supaya Anda lebih memahami tentang apa itu SEO, Anda harus mengetahui tentang pengertian SEO yang dipaparkan oleh para pakar didunia. Pemaparan ini sengaja dibuat panjang agar lebih rinci.

Pengertian SEO Menurut Para Pakar

Menurut Neil Patel

Neil Patel mengungkapkan bahwa Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah proses mengoptimalkan konten online Anda sehingga mesin pencari menampilkannya sebagai hasil teratas untuk pencarian kata kunci tertentu.

Memahami tentang pengetahuan SEO akan memberikan dampak yang baik bagi website maupun blogger. Dampak bagus tersebut dapat berupa naiknya peringkat website yang lebih tinggi di search engine contohnya seperti Google, Yahoo, Bing dan masih banyak lagi lainnya.

Menurut Rand Fishkin

Pendapat Rand Fishkin tentang SEO merupakan kombinasi yang diambil dari taktis atau strategi khusus mengoptimalisasikan informasi, fokus pada kualitas konten website, kemudahan dalam menggunakan, desain website, riset kata kunci, target pengunjung, penempatan keyword, link building dan masih banyak taktik lainnya yang menjadi satu untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Menurut MOZ

Pengertian SEO juga disampaikan oleh MOZ sebagai berikut. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan metode meningkatkan kuantitas dan kualitas pengunjung web Anda melalui hasil mesin pencari secara organik. Seluruh peningkatan tersebut karena dipengaruhi oleh munculnya website pada halaman pencarian utama.

Menurut Dax Herrera

Selanjutnya pengertian SEO juga diungkapkan oleh pakar SEO terkenal yaitu Dax Herrera. Menurut Dax SEO merupakan sebuah misi untuk melakukan organisasi informasi yang didapatkan dari client. Organisasi informasi pada website bisa dilakukan dengan membuatnya berada dimesin pertama pencarian google sehingga dapat diakses sewaktu-waktu oleh pengunjung.

Menurut Danny Sullivan

Danny Sullivan menyatakan SEO adalah seseorang yang telah mengerti caranya mencari akses informasi dalam dunia internet menggunakan cara lain. SEO memastikan website berada dipencarian utama yang disediakan gratis oleh Google, sehingga harus dioptimalkan sendiri oleh online marketer atau webmaster.

Konsep SEO – Apa Itu SEO?

Nah setelah mengetahui berbagai pendapat diatas, maka Pengertian SEO secara umum dapat dipahami sebagai berikut :

Optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses alami untuk membuat suatu halaman web mendapat peringkat terbaik dalam halaman hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

Dari pengertian SEO di atas ada beberapa poin yang bisa dijabarkan secara lebih detil.

Proses

Poin pertama adalah bahwa SEO itu merupakan proses. Dan tentu saja proses akan memakan waktu. Jadi agar website kita muncul pada urutan pertama kita harus melakukan proses optimasi dalam waktu yang cukup panjang. Bisa dalam hitungan pekan atau bahkan hingga beberapa bulan.

Dan jika kita telah berhasil mencapai peringkat pertama, kita juga harus tetap melakukan proses optimasi SEO agar tetap bertahan pada urutan pertama. Karena algoritma mesin mencari sangat dinamis dan sering berubah-ubah. Jadi kesimpulannya SEO itu merupakan proses yang dilakukan sepanjang waktu tanpa henti.

Alami

Poin kedua adalah alami. Proses SEO biasa juga dikenal dengan proses alami natural atau organik. Ketiga istilah tersebut merujuk kepada proses yang dilakukan tanpa melibatkan transaksi langsung pada pihak mesin pencari. Artinya kita tidak beriklan langsung kepada mesin pencari untuk dapat menempati posisi teratas. Jadi proses ini bisa dikatakan proses yang gratis.

Proses alami juga merujuk kepada suatu proses yang tidak melanggar aturan yang ditetapkan oleh masing-masing mesin pencari. Kita justru berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti petunjuk masing-masing mesin pencari.

Halaman Web

Poin ketiga adalah halaman web. Untuk melakukan proses SEO anda wajib memiliki halaman web. Biasanya hal ini merujuk kepada website pribadi maupun website perusahaan anda. Tapi tidak menutup kemungkinan anda menggunakan halaman web gratis seperti Blogspot, WordPress, Google Plus, Facebook Fanpage dan lain sebagainya. Tapi tentu saja jika anda menginginkan hasil terbaik Anda mesti menggunakan website pribadi atau website perusahaan.

Kata Kunci

Poin yang keempat adalah kata kunci. Yang dimaksud kata kunci di sini ialah kata-kata yang kita gunakan pada mesin pencarian.

Proses terpenting dalam melakukan optimasi mesin pencari adalah penentuan kata kunci. Jika anda gagal dalam proses ini maka apapun yang anda lakukan selanjutnya tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mempelajari secara lebih seksama tentang metode penentuan kata kunci yang baik dan benar.

Tujuan SEO

Jika kita melihat kembali kepanjangan dari SEO yaitu search engine optimization, maka kita dapat menyimpulkan bahwa tujuan SEO itu adalah untuk mencapai posisi terbaik pada halaman hasil pencarian.

Namun disinilah letak kesalahannya. Banyak pemula yang terkecoh sehingga mereka semata-mata mengejar posisi tertinggi tanpa mempertimbangkan hal yang lain. Padahal sebenarnya tujuan utama dari SEO Itu adalah untuk mendapatkan traffic atau kunjungan ke website yang anda miliki.

Tujuan utama dari SEO Itu adalah untuk mendapatkan traffic atau kunjungan.

Nah jika tujuan utamanya adalah traffic, maka sudah barang tentu hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilih kata kunci yang memiliki tingkat traffic yang tinggi. Artinya percuma juga jika kita berada pada peringkat tertinggi tapi pada kata kunci yang tidak ada traffic nya.  hasilnya tentu tidak akan ada kunjungan yang masuk ke website kita. Oleh karena itu sekali lagi saya tekankan bahwa proses pencarian kata kunci sangatlah penting pelajari lebih lanjut.

Proses pencarian kata kunci ini biasa dikenal dengan istilah riset kata kunci atau riset keywords. Pada proses ini kita akan memvalidasi jumlah kunjungan yang mungkin akan kita dapat jika kita berada pada peringkat teratas hasil pencarian.

Pada proses ini kita juga mencoba untuk menemukan alternatif kata kunci yang berbeda yang juga berhubungan dengan kata kunci yang menjadi sasaran kita.

Bisakah SEO Saya Kerjakan Sendiri?

Tentu BISA. Sebagian besar pakar SEO baik di Indonesia maupun luar negeri mempelajari berbagai teknik SEO dengan otodidak. Kenapa otodidak? Karena belum banyak lembaga resmi yang menyediakan bidang keahlian SEO jadi bagian dari bahan ajar mereka. Jika anda bertanya kenapa? Maka mungkin jawabannya, karena SEO itu sangat dinamis. Perubahannya bisa terjadi dalam hitungan bulan, sehingga untuk tetap unggul dalam dunia SEO, kita harus terus mengamati perkembangan terbaru. Oleh karena itu, materi dalam panduan SEO yang saya buat ini akan selalu saya update, agar sesuai dengan perkembangan terkini SEO.

Bagi anda yang baru ingin belajar, pesan saya cuma satu yaitu Nikmati Aja.

Jangan dibuat ribet, jangan pake drama. Jadikan SEO sebagai hobi, jangan dianggap beban.

Cara Kerja Search Engine Seperti Google

Untuk memahami SEO secara lebih mendalam, mari kita bahas mengenai bagaimana cara kerja search engine seperti Google dan Bing bekerja. Jika kita merujuk pada wikipedia ada beberapa tahap kerja search engine.

Crawling

Cara kerja SEO yang pertama yakni crawling atau perayapan. Crawling merupakan proses untuk mengambil data semua halaman website yang ada. Biasanya proses crawling dilakukan oleh perangkat lunak dengan sebutan crawler atau spider atau biasa juga disebut bot. Masing-masing mesin pencari seperti Google, Bing dan Baidu mempunyai crawler yang berbeda.

Jadi karena dilakukan oleh crawler yang beebeda jadi bisa jadi web anda sudah terdata di Google tapi belu terdata di Bing dan Baidu. Crawler ini akan mengunjungi web anda secara berkala. Hal ini dilakukan agar mesin pencari memiliki data terbaru dari setiap web.

Jika saat crawler mendata web anda, lalu pada saat itu web anda mengalami ganggung, misalnya hosting yang bermasalah dan web tidak bisa diakses, maka proses crawler akan terganggu. Maka crawlerpun menyatakan web tidak bisa diakses. Ini dapat beraktibat buruk karena tentu posisi web anda dimesin pencari akan langsung turun, atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Indexing

Selanjutnya yaitu indexing. Sesuai namanya, ini adalah proses mengindex semua halaman web yang tadinya telah diambil lantas kemudian disimpan dalam mesin pencari. Jadi, indexing lebih kepada proses untuk mengidentifikasi mulai dari kata-kata, tulisan hingga ke deskripsi pada sebuah halaman tertentu pada website. Nah, semua laman yang telah terindex ini nantinya akan disimpan dalam database mesin pencari seperti Google, Bing ataupun Baidu.

Processing

Cara kerja SEO yang ketiga disebut dengan processing. Proses ini lebih mengarah pada pencarian keyword pada search engine. Bila mesin pencarian menerima pesan keyword dari user, mesin akan melakukan proses perbandingan keyword satu dengan yang lainnya yang berada di database Google.
Contohnya seperti Anda menuliskan keyword “teknik SEO” kemudian tekan search. Seketika itu mesin pencari akan mengeluarkan hasil pencarian artikel pada database sehingga ditemukan artikel yang paling sesuai dengan indeks pencarian yang telah diketikkan di kotak pencari.

Calcuting Relevancy

Cara kerja SEO berikutnya adalah calcuting relevancy. Melanjutkan processing, calcuting relevancy lebih mengutamakan perhitungan relevansi yang berada disetiap halaman terindeks.
Sangat memungkinkan jika dalam satu laman website kita akan menemukan beberapa kata kunci yang dimasukkan. Nah, cara kerja SEO satu ini yakni dengan melakukan proses pencarian, lantas menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks.

Retrieving Result

Langkah terakhir dari cara kerja SEO yakni retrieving result. Ini adalah pengambilan hasil dari proses kalkulasi sebelumnya untuk kemudian ditampilkan hasilnya pada mesin pencari.

Seperti itulah gambaran sederhana dari cara kerja SEO. Tentu pada kenyataannya proses yang terjadi tidak sesederhana itu. Dan tentu setiap mesin pencari memiliki proses yang berbeda.

Black Hat SEO

Ada sebagian orang yang sangat senang dengan SEO dan mencoba mempelajarinya secara lebih mendalam cara kerja mesin pencari. Dan kemudian mereka menemukan celah pada sistem yang diterapkan mesin pencari. Celah tersebut kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan posisi webnya dihalaman hasil pencarian.

Tidak ada yang salah dalam hal tersebut, selama yang dilakukan tidak bertentangan dengan aturan dari masing-masing mesin pencari. Namun jika bertentangan tentu pihak mesin pencari akan memberikan pinalti pada anda. Dari sinilah muncul istilah yang disebut Black Hat SEO.

Black Hat SEO merupakan istilah untuk penggunaan trik yang melanggar aturan dari mesin pencari.

Trik tersebut bisa jadi sangat efektif untuk meningkatkan peringkat website kita di halaman hasil pencarian. Namun karena trik tersebut dilarang, jadi tidak boleh dilakukan. Jika tetap bersikeras ingin melakukannya maka bisa jadi website kita terkena penalti dari mesin pencari.

Namun begitu, tetap saja ada golongan yang menerapkan trik ini. Oleh karena itu Anda harus hati-hati jangan sampai terjebak secara tidak sengaja menggunakan trik yang terlarang.

Walaupun hasilnya bisa jadi sangat memuaskan, tetapi trik ini hanya menghasilkan pada jangka waktu yang pendek. Dan jika dihitung dalam jangka panjang cost nya malah lebih besar.

Selain itu penerapan Black Hat SEO ini berpotensi mengurangi kepuasan pelanggan. Dan dalam jangka panjang akan menciderai brand yang Anda bangun.

Teknik Terlarang SEO

Mungkin ada yang bertanya, ngapain kita perlu tau tentang teknik blackhat? Anda perlu tau agar anda tidak terjebak secara tidak sengaja melakukannya.

Nah, ada banyak sekali teknik black hat, namun disini akan kami ulas 6 teknik terlarang SEO yang paling sering digunakan.

  1. Konten Duplikat

    Tujuan utama dari adanya blog dalam website yakni untuk memberikan informasi kepada seluruh pengguna internet. Nah, untuk itulah Google menganjurkan untuk tidak menduplikasi. Google pada dasarnya adalah web penyedia informasi sehingga mesin pencari ini akan sangat menyukai sebuah website yang mampu menyediakan informasi terbaik bagi para pengunjungnya.
    Saat ini, konten duplikat menjadi salah satu yang paling dihindari oleh webmaster. Hal ini tak lain karena Google bisa langsung mem-banned website bersangkutan jika ada sebuah artikel yang terdeteksi duplikat.
    Untuk menghindari duplikat konten, banyak webmaster yang kemudian beralih ke artikel spinner. Hal ini juga tidak disarankan mengingat artikel spinner akan sangat sulit dipahami pembaca.

  2. Ada link yang menuju ke blog pornografi atau spam

    Nah ini juga tidak boleh. Ketika kita hendak memasang iklan atau banner, pastikan itu tidak mengarah ke blog spam, blog yang mengandung pornografi, atau blog aneh lainnya.

  3. Spam Backlinks

    Mereka yang menggunakan black hat biasanya memakai bakclink yang sangat amat banyak. Nah, jangan pernah menggunakan backlinks terlalu banyak. Lebih baik gunakan backlinks secukupnya namun memiliki kualitas bagus. Menggunakan 1000 backlinks akan kalah dengan hanya menggunakan 1 backlinks berkualitas.

  4. Cloacking

    Teknik terlarang cloacking ini harus Anda jauhi, karena teknik tersebut sangat melanggar ketentuan hukum Google. Cloacking merupakan teknik memasang kode atau Script khusus ke dalam situs. Hasil penggunaan teknik tersebut yaitu pengunjung website akan diarahkan ke situs halaman lainnya yang memiliki konten berbeda dari judul. Pengunjung website biasanya akan merasa dirugikan ketika webmaster menggunakan teknik cloacking.

  5. Keyword stuffing (keyword spamming)

    Teknik keyword stuffing sangat jelas dilarang dalam SEO, karena membuat spam. Biasanya penggunaan kata kunci yang banyak dalam SEO akan membuat mesin pencarian bingung, sehingga menganggap kata kunci tersebut sebagai spam.
    Lebih baik anda menuliskan kata keyword secukupnya sesuai jumlah kata yang terdapat dalam artikel. Anda juga harus memperhatikan keyword yang digunakan agar relevan dimesin pencarian.

  6. Doorway pages

    Doorway pages merupakan pengalihan situs halaman website tanpa sepengetahuan pembaca. Teknik terlarang doorway pages dapat membuat situs website yang pengunjungnya rendah menjadi tinggi dengan mamanfaatkan kata kunci spesifik untuk pengalihan halaman. Melakukan hal tersebut dapat mengecoh mesin pencari sehingga para pengunjung website pun dapat tertipu juga.

Ok, sekian dulu artikel Apa Itu SEO. Selanjutnya anda dapat :

 

Tinggalkan Komentar