Apa itu SEO : Memahami Konsep Dasar Search Engine Optimization

Pengertian SEO secara umum dapat dipahami sebagai berikut :

Optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses alami untuk membuat suatu halaman web mendapat peringkat terbaik dalam halaman hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

Dari pengertian SEO di atas ada beberapa poin yang bisa dijabarkan secara lebih detil.

Proses

Poin pertama adalah bahwa SEO itu merupakan proses. Dan tentu saja proses akan memakan waktu. Jadi agar website kita muncul pada urutan pertama kita harus melakukan proses optimasi dalam waktu yang cukup panjang. Bisa dalam hitungan pekan atau bahkan hingga beberapa bulan.

Dan jika kita telah berhasil mencapai peringkat pertama, kita juga harus tetap melakukan proses optimasi SEO agar tetap bertahan pada urutan pertama. Karena algoritma mesin mencari sangat dinamis dan sering berubah-ubah. Jadi kesimpulannya SEO itu merupakan proses yang dilakukan sepanjang waktu tanpa henti.

Alami

Poin kedua adalah alami. Proses SEO biasa juga dikenal dengan proses alami natural atau organik. Ketiga istilah tersebut merujuk kepada proses yang dilakukan tanpa melibatkan transaksi langsung pada pihak mesin pencari. Artinya kita tidak beriklan langsung kepada mesin pencari untuk dapat menempati posisi teratas. Jadi proses ini bisa dikatakan proses yang gratis.

Proses alami juga merujuk kepada suatu proses yang tidak melanggar aturan yang ditetapkan oleh masing-masing mesin pencari. Kita justru berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti petunjuk masing-masing mesin pencari.

Halaman Web

Poin ketiga adalah halaman web. Untuk melakukan proses SEO anda wajib memiliki halaman web. Biasanya hal ini merujuk kepada website pribadi maupun website perusahaan anda. Tapi tidak menutup kemungkinan anda menggunakan halaman web gratis seperti Blogspot, WordPress, Google Plus, Facebook Fanpage dan lain sebagainya. Tapi tentu saja jika anda menginginkan hasil terbaik Anda mesti menggunakan website pribadi atau website perusahaan.

Kata Kunci

Poin pertama adalah kata kunci. Yang dimaksud kata kunci di sini ialah kata-kata yang kita gunakan pada mesin pencarian. Berikut ini ilustrasinya.

 

Poin yang keempat adalah kata kunci. Proses terpenting dalam melakukan optimasi mesin pencari adalah penentuan kata kunci. Jika anda gagal dalam proses ini maka apapun yang anda lakukan selanjutnya tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mempelajari secara lebih seksama tentang metode penentuan kata kunci yang baik dan benar.

Tujuan SEO

Jika kita melihat kembali kepanjangan dari SEO yaitu search engine optimization, maka kita dapat menyimpulkan bahwa tujuan SEO itu adalah untuk mencapai posisi terbaik pada halaman hasil pencarian.

Namun disinilah letak kesalahannya. Banyak pemula yang terkecoh sehingga mereka semata-mata mengejar posisi tertinggi tanpa mempertimbangkan hal yang lain. Padahal sebenarnya tujuan utama dari SEO Itu adalah untuk mendapatkan traffic atau kunjungan ke website yang anda miliki.

Tujuan utama dari SEO Itu adalah untuk mendapatkan traffic atau kunjungan.

Nah jika tujuan utamanya adalah traffic, maka sudah barang tentu hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilih kata kunci yang memiliki tingkat traffic yang tinggi. Artinya percuma juga jika kita berada pada peringkat tertinggi tapi pada kata kunci yang tidak ada traffic nya.  hasilnya tentu tidak akan ada kunjungan yang masuk ke website kita. Oleh karena itu Sekali lagi saya tekankan bahwa proses pencarian kata kunci sangatlah penting pelajari lebih lanjut.

Proses pencarian kata kunci ini biasa dikenal dengan istilah riset kata kunci atau keywords research. Pada proses ini kita akan memvalidasi jumlah kunjungan yang mungkin akan kita dapat jika kita berada pada peringkat teratas hasil pencarian.

Pada proses ini kita juga mencoba untuk menemukan alternatif kata kunci yang berbeda yang juga berhubungan dengan kata kunci yang menjadi sasaran kita.

Black Hat SEO

Ada istilah yang wajib Anda ketahui sebelum anda mempelajari lebih jauh yaitu Black Hat SEO. Black Hat SEO merupakan istilah yang digunakan untuk penggunaan trik yang melanggar aturan dari mesin pencari.

Trik tersebut bisa jadi sangat efektif untuk meningkatkan peringkat website kita di halaman hasil pencarian. Namun karena trik tersebut dilarang, jadi tidak boleh dilakukan. Jika tetap bersikeras ingin melakukannya maka bisa jadi website kita terkena penalti dari mesin pencari.

Namun begitu tetap saja ada golongan yang menerapkan trik ini. Oleh karena itu Anda harus hati-hati jangan sampai terjebak secara tidak sengaja menggunakan trik yang terlarang.

Walaupun hasilnya bisa jadi sangat memuaskan, tetapi trik ini hanya menghasilkan pada jangka waktu yang pendek. Dan jika dihitung dalam jangka panjang cost nya malah lebih besar.

Selain itu penerapan Black Hat SEO ini berpotensi mengurangi kepuasan pelanggan. Dan dalam jangka panjang akan menciderai brand yang Anda bangun.