Apa Itu SEM

Search Engine Marketing  merupakan metode digital marketing yang tujuannya adalah menampilkan website Anda pada kata kunci tertentu, atau dengan kata lain membeli traffic. Cara kerja Search Engine Marketing Anda harus membayar sejumlah uang kepada mesin pencari agar ketika ada yang mencari kata kunci tertentu iklan/website Anda akan ada di tampilan muka pertama dan mudah dilihat. Ketika iklan/website di klik, barulah Anda perlu membayar uang kepada search engine tersebut.

Manfaat Search Engine Marketing

Manfaat SEM yang sangat banyak diantaranya sebagai berikut:

Mudah dalam targeting pasar

Berbeda dengan promosi konvensional yang menggunakan Banner atau browser, dimana kita hanya bisa mendapati audience iklan kita yang random. Ini sangat beda dengan Search Engine Marketing yang memanfaatkan database mesin pencari untuk melakukan targeting Audience.

Pada SEM, produk Anda akan tampil kepada orang yang benar-benar membutuhkannya saja. Akhirnya, traffic dan kegiatan marketing Anda lebih bagus dan efisien. Ini karena yang ditampilkan hanya kepada dia yang membutuhkan saja, artinya probabilitas pengunjung yang melakukan transaksi semakin besar dan keuntungan pun akan lebih besar.

  1. Menjangkau lebih banyak konsumen

Pengguna android di seluruh dunia mencapai lebih dari 2 Milyar dalam satu bulan saja. Nah, banyaknya pengguna Android ini berdampak pada banyaknya database yang dimiliki Google sebagai referensi. Android dan Google mempunyai hubungan erat karena lahir dari perusahaan yang sama. Semua data aktivitas yang dilakukan oleh pengguna android akan direkam dan akhirnya dijadikan acuan Google untuk relevansi iklan yang di tampilkan.

Itulah sebabnya terkadang Anda mendapati iklan yang sesuai hobi Anda, kebutuhan Anda maupun kepribadian Anda. Oleh karena itulah, alihkan strategi marketing konvensional Anda dan segera beralih di Search Engine Marketing.

  1. Mudah dalam mengontrol biaya

Beda dengan memasang banner di diharuskan Anda mencetak gambar besar, menyewa tempat. Atau beriklan di TV  yang memakan biaya besar untuk membayar PH. Dengan Search Engine Marketing, Anda bisa menekan alokasi dana promosi Anda seminimal mungkin. Biaya yang Anda keluarkan tidaklah seberapa, seperti Research Keyword ataupun pemilihan jenis iklan di bagian service.

Hal tersebut harus Anda pertimbangkan, yaitu Research Keyword agar relevan di mesin pencari dan pilihan jenis iklan yang sesuai kebutuhan, agar hasil juga sesuai ekspektasi. Anda juga bisa sebenarnya menyewa jasa digital marketing agency yang bisa membantu Anda memenuhi target penjualan, juga agar dana digunakan secara lebih efektif.

  1. Hasil yang di dapatkan cepat

Tidak seperti SEO yang harus dijalankan dalam waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil. Search Engine Marketing bisa dilihat Hasilnya dalam waktu singkat. Jika dengan SEO Anda harus berjuang melawan dominasi iklan-iklan berbayar Google maka pada SEM system yang dijalankan adalah Pay Per Click atau PPC. Yakni Anda hanya akan membayar ketika iklan Anda di Google di klik oleh audience.

  1. Pengunjung  Anda relevan

Salah satu keunggulan dari Search Engine Marketing adalah dengan memanfaatkan data audience untuk menyesuaikan dimana iklan akan tampil. Anda past kesal ketika sedang memasarkan produk, banyak sekali interaksi namun tidak ada transaksi sama sekali. Produk Anda akan dikenal, pada segmen yang tidak butuh produk Anda, atau tidak punya uang untuk membeli produk ana. Tentu sangat saying sekali.

Dengan memanfaatkan Search Engine Marketing, pengunjung yang datang ke iklan Anda akan relevan. Yaitu, mereka yang menginginkan produk Anda, membutuhkan produk Anda, dan mempunyai uang untuk membeli produk Anda.

Mengenal Perbedaan SEO Vs SEM & Mana yang Lebih Baik

YaYang sudah bergelut di bidang Digital marketing tentu pernah mendengar istilah search engine optimization atau SEO. Iistilah ini berkaitan erat dengan search engine marketing atau SEM yang sedang kita bahas pada artikel ini. Agar anda memiliki pemahaman yang lebih mendalam, mari kita bahas perbedaan antara SEO dan SEM.

Perbedaan SEO dan SEM

  1. SEO(Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah teknik untuk bisa membuat sebuah website berada di posisi teratas Search Engine Result Page (SERP). Fungsi utama dari SEO sendiri yaitu mendatangkan pengunjung lebih banyak ke blog atau website, sehingga traffic website bisa terus meningkat.

  1. SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing atau SEM memiliki fungsi dasar yang sama dengan SEO. SEM juga untuk bisa membuat website atau blog berada di puncak search engine, hanya saja cara yang digunakan berbeda. Bilamana cara SEO gratis, cara SEM dengan berbayar.

Media yang paling sering digunakan dalam strategi SEM yaitu Google Adwords. Jika menggunakan Adwords, website akan berada di halaman utama search engine Google. Tetapi cara ini lebih banyak digunakan untuk penawaran produk atau jasa. Bahkan hampir tidak ada pengguna SEM yang hanya mengiklankan sebuah tulisan atau konten.

Jadi cara ini lebih banyak digunakan oleh produsen, online shop, ataupun penyedia jasa untuk menawarkan produk dan jasa yang mereka miliki. Oleh karena itu, berbeda dengan SEO yang bersifat lebih general dengan adanya konten dan produk.

Jika Anda penasaran mana yang lebih baik antara SEO vs SEM tersebut, maka di bawah ini penjelasannya.

Mana yang Terbaik, SEO vs SEM?

Pada ke dua cara ini tidak ada mana yang lebih baik ataupun lebih buruk. Tentu keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Berikut diantaranya :

  1. Kelebihan SEO

Kelebihan SEO adalah saat melakukan optimasi, Anda tidak mengeluarkan biaya atau gratis kecuali menggunakan penyedia jasa SEO. Tetapi ada banyak saingan untuk bisa mencapai halaman utama dari search engine.

  1. Kelebihan SEM

SEM memiliki garansi untuk bisa masuk dalam halaman utama Google, tetapi ada biaya yang harus dikeluarkan untuk hal ini. Meskipun terdengar lebih mudah akan tetapi ada banyak perusahaan menjual produk atau jasa yang sama dengan Anda, sehingga persaingan akan bergantung pada kekuatan modal. Semakin besar modal, maka semakin besar peluang Anda untuk masuk dalam halaman utama.

Jadi cara terbaik antara SEO vs SEM adalah memaksimalkan ke 2 cara ini. Dimana Anda akan mendapat pengunjung gratis dengan cara SEO. Sementara itu juga bisa mendapat pengunjung dari SEM dengan berada di halaman utama search engine.

Itulah perbedaan antara SEO vs SEM dengan fungsi dasar yang sama, tetapi memiliki cara berbeda untuk bisa masuk dalam halaman utama dan meningkatkan traffic blog atau website. Pilihlah cara sesuai dengan kemampuan Anda, sehingga hasilnya bisa maksimal dan sesuai dengan harapan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *