Just another LandingpageID site

Apa itu Plugin WordPress

Mungkin anda bertanya-tanya apa itu plugin wordpress? Biasanya kolom yang lebih besar pada WordPress diperuntukkan bagi konten, sedangkan kolom yang lebih kecil diperuntukkan bagi plugin widgets yang bisa anda pasang. Penggunaan plugin pada WordPress yang anda instal di domain dan hosting sendiri, memungkinkan anda untuk menambahkan fungsi-fungsi tertentu sesuai kebutuhan dan tujuan website/blog anda.

Artikel ini merupakan bagian dari tutorial Cara Membuat Website Sendiri. Sebuah panduan gratis dimana anda diajarkan tata cara bagaimana membangun sebuah website dari nol.

Ada 3 alasan kenapa panduan Cara Membuat Website Sendiri ini pas untuk anda :

  • Khusus Pemula
    Jika anda adalah pemula, maka jangan khawatir panduan ini memang dibuat untuk anda. jadi akan gampang banget untuk di ikuti.
  • Sehari Jadi
    Jika anda serius mempraktekkan setiap langkah dalam panduan ini, maka besok anda sudah bisa membuat website sendiri.
  • Konsultasi Gratis
    Klo masih bingung juga, anda dapat konsultasi gratis langsung bersama saya. Caranya nanti akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bagi anda yang berminat mempelajarinya dari awal silakan klik tombol berikut.

Pengertian Plugin WordPress adalah suatu script tambahan yang bisa berintegrasi dengan website berbasis WordPress yang dapat memberikan fungsi-fungsi tambahan yang belum tersedia pada web wordpress standar.

Misalnya, jika anda memiliki toko online, tampilan gambar slide-slide yang bergantian mengenai produk anda dapat menarik pengunjung. Mungkin saja kebetulan anda gambar yang lewat dan menarik baginya! Atau misalnya jika anda berjualan produk muslim, anda bisa menambahkan jam penunjuk waktu solat, dan sebagainya. Anda bisa membuat slot iklan dan memperketat keamanan website anda bahkan.

Penting sekali ya? Tapi anda tidak usah khawatir, senjata kita ini bisa anda dapatkan secara gratis. Untuk mengetahui apa saja plugin yang disediakan dan direkomendasikan di WordPress, anda bisa mengunjungi katalog plugin yang disediakan oleh WordPress.org. Untuk melihat katalog ini, ketikkan alamat https://wordpress.org/plugins/ di kolom URL browser anda. Anda dapat melihat ada lebih dari 30 ribu plugins yang tersedia, dan siap anda pakai saat itu juga. Plugins ini dibuat oleh berbagai developer dari berbagai belahan dunia. Yang lebih menakjubkan lagi, karya-karya mereka ini bisa anda pakai secara gratis! Baik sekali ya mereka!

Anda bingung mau memakai yang mana? Memang sepertinya memilih beberapa plugin dari 30 ribu yang tersedia cukup menyiksa ya! Tapi tenang, kami akan memberikan rekomendasi untuk anda. Dari sekian banyak, ada beberapa plugins yang selalu kami gunakan. Plugin-plugin ini menurut kami sudah sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuan website/blog yang diinginkan. Apa saja?

  • WordPress SEO by YOAST
  • WP Super Cache
  • iThemes Security
  • Genesis Simle Share
  • Simple Social Icons
  • Akismet
  • Contact Forms 7
  • Jetpack

Sesuaikan jumlah plugin yang terpasang pada blog atau website anda. Jangan terlalu sedikit untuk menghindari kesan sepi, kecuali anda menemukan yang benar-benar powerful. Jangan pula terlalu banyak karena nanti konten bisa kalah dari pluginnya, menyulitkan pengunjung untuk mengeksplor website atau blog anda. Bahkan terlalu banyak plufin dapat memperlanbat kinerja website anda..

Bolehkah saya tidak menggunakan plugin? Ya boleh saja. Tapi, kami lebih merekomendasikan anda memakainya karena ada banyak kegunaan yang diberikan oleh plugin, misalnya:

  • Memudahkan SEO onpage, alias dapat dikenali lebih mudah oleh mesin-mesin pencari
  • Memperketat keamanan website, tentunya penyedia plugin ini sudah terpercaya
  • Mempercepat loading website, siapa sih yang tahan menunggu hingga hampir satu menit untuk melihat website anda? Bahkan mungkin anda sendiri tidak sabar. Oleh karena itu paling tidak gunakanlah satu plugin ini.
  • Membuat form kontak, untuk interaksi anda dengan pengunjung.
  • Integrasi dengan media sosial anda agar pengunjung bisa mencari tau lebih dalam tentang anda.

Inti dari segalanya adalah, Plugin diciptakan untuk menunjang pemenuhan kebutuhan dan tujuan, oleh karena itu jangan sampai plugin malah memperburuk website atau blog anda.