Apa Itu Plugin WordPress? Pengertian Plugin WordPress

Plugin WordPress adalah suatu script tambahan yang bisa berintegrasi dengan website berbasis WordPress yang dapat memberikan fungsi-fungsi tambahan yang belum tersedia pada web wordpress standar.

Penggunaan plugin pada WordPress yang anda instal di domain dan hosting sendiri, memungkinkan anda untuk menambahkan fungsi-fungsi tertentu sesuai kebutuhan dan tujuan website/blog anda.

Apa Itu Plugin WordPress?

Pengertian Plugin WordPress adalah suatu script tambahan yang bisa berintegrasi dengan website berbasis WordPress yang dapat memberikan fungsi-fungsi tambahan yang belum tersedia pada web wordpress standar. Click To Tweet

Misalnya, anda dapat menambahkan fungsi chat Whatsapp pada website WordPress anda. Anda juga bisa menambahkan fungsi untuk menjual produk, sehingga website anda menjadi toko online. Dan masih banyak lagi contohnya.

Berikut ini videonya.

apa itu plugin WordPress?

Manfaat Plugin

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian di atas, manfaat plugin adalah untuk menambahkan fungsi baru pada website anda. Ini manfaat plugin yang pertama.

Sebenarnya ada cari lain untuk menambahkan fungsi pada website WordPress anda, yaitu dengan membuat coding sendiri. Tapi cara ini terlalu sulit untuk pemula dan membutuhkan banyak waktu.

Dengan adanya plugin WordPress ini membuat anda dapat menambahkan fungsi tertentu dengan waktu yang mudah dan cepat.

Diantara fungsi yang sering ditambahkan adalah fungsi SEO atau Search Engine Optimization, fungsi toko online, fungsi keamanan, fungsi disain dan lain sebagainya.

Dimana Mendapatkan Plugin WordPress?

Ada dua jenis plugin WordPress, yaitu plugin yang gratis serta plugin yang berbayar.

Plugin WordPress Gratis

WordPress memiliki katalog plugin yang sangat besar. Untuk mengetahui apa saja plugin yang disediakan dan direkomendasikan di WordPress, anda bisa mengunjungi katalog plugin yang disediakan oleh WordPress.org. 

Untuk melihat katalog ini, ketikkan alamat https://wordpress.org/plugins/ di kolom URL browser anda. Anda dapat melihat ada lebih dari 57,000 plugins yang tersedia, dan siap anda pakai saat itu juga.

Plugins ini dibuat oleh berbagai developer dari berbagai belahan dunia. Yang lebih menggembirakan lagi, karya-karya mereka ini bisa anda pakai secara gratis!

Plugin WordPress Berbayar

Selain plugin gratis ada juga plugin yang berbayar, plugin seperti ini biasa disebut dengan plugin premium. Plugin premium menyajikan fitur yang tidak dapat anda temukan pada plugin gratis.

Ada banyak penyedia dari plugin berbayar ini antara lain :

  • CodeCanyon
  • WPMU
  • Tokopress (Indonesia)

Dan masih banyak lagi penyedia lainnya.

Cara Instal Plugin WordPress

Setelah mengetahui cara mendapatkannya, maka tiba saatnya untuk menginstall plugin tersebut. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Plugins lalu klik Add New.

apa itu plugin wordpress instal baru
menu instal plugin

Kemudian akan akan melihat halaman direktori plugin WordPress seperti ini :

direktori plugin wordpress
direktori plugin wordpress

Selanjutnya anda tinggal mengklik tombol Install Now pada plugin pilihan anda. Mudah bukan?

Tapi sayangnya cara diatas terkadang mengalami kegagalan. Untuk itu saya sudah membuat artikel khusus yang membahas cara instal plugin WordPress.

Cara Memilih Plugin WordPress

Dalam memilih plugin, tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatian sebelum menggunakan suatu plugin.

Fungsi

Pastikan plugin tersebut memiliki fungsi yang anda inginkan. Jangan hanya membaca deskripsinya. Upayakan untuk melakukan cek pada demo plugin yang disediakan.

Demo plugin maksudnya, contoh plugin yang telah diinstall pada suatu website. Demo ini biasanya disediakan oleh pembuat plugin untuk memudahkan kita sebagai usernya untuk melihat fitur plugin tersebut.

Tapi sayangnya, tidak semua pembuat plugin menyediakan demo.

Update

Pastikan kapan plugin tersebut terakhir diupdate. Plugin yang baik adalah plugin yang sering diupdate oleh pembuatnya.

Jika plugin jarang diupdate oleh pembuatnya, maka ada kemungkinan terdapat celah keamanan pada plugin tersebut. Dan itu akan membahayakan website anda

Bila perlu, cari daftar update yang dilakukan oleh pembuat pluginnya. Informasi ini biasa disebut dengan changelog.

Pada changelog, kita dapat mengetahui seberapa sering pembuat plugin memperbaharui plugin buatannya.

Kompatibilitas

Pastikan plugin yang ingin anda gunakan telah mendukung versi WordPress yang anda gunakan. Pastikan anda menggunakan versi WordPress terbaru.

Informasi ini dapat anda lihat pada bagian kanan halaman plugin. Pada bagian ini, anda juga dapat menemukan informasi mengenau kapan plugin terakhir kali diupdate.

Berikut ini contohnya

informasi plugin wordpress
informasi plugin wordpress

Support

Suatu hal yang penting diperhatikan adalah support yang anda dapatkan ketika menggunakan plugin tersebut. Walaupun pluginnya gratis, pengembang plugin memiliki peranan untuk memberikan support jika terjadi masalah.

Tapi bagaimana cara mengetahui support yang diberikan oleh pengembang plugin? Hal ini dapat anda lihat pada tab support pluginnya.

Berikut ini contoh tangkapan layar dari plugin elementor.

support plugin wordpress
support plugin wordpress

Jika anda klik tab tersebut, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

support plugin wordpress elementor
support plugin wordpress elementor

Terlihat bahwa untuk plugin elementor, setiap pertanyaan yang diajukan, akan dijawab dalam waktu 1-3 hari.

Plugin WordPress Populer

Anda bingung mau memakai yang mana? Memang sepertinya memilih beberapa plugin dari 50 ribu yang tersedia cukup menghabiskan waktu!

Dari sekian banyak, ada beberapa plugins yang selalu kami gunakan. Plugin-plugin ini menurut kami sudah sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuan website/blog yang diinginkan. Apa saja?

  • WordPress SEO by YOAST
  • WP Super Cache
  • iThemes Security
  • Genesis Simle Share
  • Simple Social Icons
  • Akismet
  • Contact Forms 7
  • Jetpack

Jika Terlalu Banyak Plugin

Umumnya saat belajar, kita akan menginstall banyak sekali plugin. Hal ini umumnya akan berefek buruk pada website anda. Efek yang paling terasa biasanya adalah kecepatan website yang menurun drastis.

Sesuaikan jumlah plugin yang terpasang pada blog atau website anda. Terlalu banyak plugin dapat memperlambat kinerja website anda.

WordPress Tanpa Plugin

Bolehkah saya tidak menggunakan plugin? Ya boleh saja. Tapi, saya lebih merekomendasikan anda memakainya karena ada banyak kegunaan yang diberikan oleh plugin, misalnya:

  • Memudahkan SEO onpage, alias dapat dikenali lebih mudah oleh mesin-mesin pencari
  • Memperketat keamanan website, tentunya penyedia plugin ini sudah terpercaya
  • Mempercepat loading website, siapa sih yang tahan menunggu hingga hampir satu menit untuk melihat website anda? Bahkan mungkin anda sendiri tidak sabar. Oleh karena itu paling tidak gunakanlah satu plugin ini.
  • Membuat form kontak, untuk interaksi anda dengan pengunjung.
  • Integrasi dengan media sosial anda agar pengunjung bisa mencari tau lebih dalam tentang anda.

Inti dari segalanya adalah, Plugin diciptakan untuk menunjang pemenuhan kebutuhan dan tujuan, oleh karena itu jangan sampai plugin malah memperburuk website atau blog anda.

Demikianlah artikel mengenai apa itu plugin WordPress. Semoga bermanfaat

2 thoughts on “Apa Itu Plugin WordPress? Pengertian Plugin WordPress”

  1. Saya baru buat blog lewat wordpress. Tapi tidak bisa install plugin gan, ada notif harus beralih ke akun bisnis dulu.

    Reply

Leave a Comment