Apa Itu Hosting? Cara Kerja & Cara Mendapatkan

Apa itu hosting? Apa hubungannya dengan website? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana cara mendapatkannya? Semuanya akan kita bahas disini.

Hosting itu amat penting dalam proses pembuatan sebuah web.

Apa Itu Hosting?

Menurut website.com hosting atau webhosting memiliki pengertian sebagai berikut.

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk membuat situs web atau halaman web mereka dapat diakses melalui internet. Click To Tweet

Contoh mudahnya kita ibaratkan sebagai rumah atau bangunan. Hosting seperti tanah sebagai tempat berdirinya bangunan tersebut.

Semakin besar dan luas tanah yang dimiliki maka semakin bebas juga membangun rumah, bebas dalam membentuk rumah atau bangunan sesuai dengan bentuk dan selera yang diinginkan.

Sedangkan rumah atau bangunan kita ibaratkan sebagai website. Kita bebas membentuk rumah sesuai dengan selera masing-masing.

Bisa dibentuk lingkaran, bisa dibentuk segi empat, jejer genjang, segi tiga atau bentuk lainnya sesuai dengan keinginan.

Tetapi bedanya jika pada rumah kita bisa menempatkan berbagai macam barang rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, meja, kursi, televisi, kasur dan lain sebagainya. Di website kita bisa menempatkan berbagai macam file yang berbentuk gambar, teks dan file aplikasi.

Penyedia layanan hosting web, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan untuk situs web atau halaman web untuk dilihat di Internet.

Cara Kerja Hosting

Berbagai file untuk membuat situs web di-host (disimpan) pada komputer khusus yang disebut server.

Ketika pengguna Internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan adalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda di browser mereka.

Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser.

Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk dapat dihosting. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

Cara Mendapatkan Hosting

Yup, lalu bagaimana caranya kita mendapatkan dan menggunakan hosting?

Cara mendapatkan hosting sangat mudah, cukup menyewa terlebih dahulu. Cari saja provider atau penyedia hosting melalui internet. Pastikan memilih hosting yang terbaik dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Itulah gambaran sederhananya. kita bisa menggambarkan hosting dan website dengan mudah seperti analog tanah dan rumah seperti di atas. Terus belajar dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment