Apa Itu Google Bisnisku

apa itu google bisnisku

Apa itu Google Bisnisku? Menurut riset dari Google, jumlah klik pada suatu situs atau website bisa bertambah sekitar 35 persen dengan bantuan Google Bisnisku.

Saat membuka atau mencari suatu tempat atau situs bisnis di Google. Biasanya akan muncul peta dengan alamat lengkap, terdapat informasi situs website dan nomor teleponnya. Nah, itulah hasil penerapan Google Bisnisku.

Google bisnisku ini sudah diterapkan oleh berbagai macam usaha atau perusahaan yang tersebar di seluruh dunia. Fitur ini memang dianggap sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis karena dapat menarik perhatian pengunjung bukan hanya di dunia nyata tetapi juga melalui internet di dunia maya.

Pencarian terhadap bisnis juga akan semakin mudah dengan adanya google bisnisku karena otomatis akan masuk ke listing atau daftar pencarian google.

Apa Itu Google Bisnisku?

Diambil dari halaman resmi Google, berikut ini penjelasan mengenai apa itu Google Bisnisku.

Google Bisnisku adalah solusi gratis dan mudah digunakan untuk mengelola keberadaan online bisnis dan organisasi di Google, termasuk Pencarian dan Peta.

Dengan memverifikasi dan mengedit informasi bisnis Anda, Anda dapat membantu pelanggan menemukan Anda dan membagikan info terbaru mengenai bisnis Anda kepada mereka.

Langkah-langkah Membuat Google Bisnisku

Untuk menjalankan bisnis yang kompeten dan berkualitas, sebaiknya gunakan dan manfaatkan google bisnisku. Hal ini akan memberi kesempatan pada bisnis Anda untuk terus berkembang dan dikenal banyak orang. Sebelum membuat google bisnisku, rencanakan dulu nama bisnisnya, siapkan foto yang bagus dan profesional, informasi alamat yang lengkap, nomor handphone yang selalu aktif dan lainnya. Selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat google bisnisku.

  1. Masuk Ke Google Bisnisku

Langkah pertama, masuk ke Google Bisnisku dengan akun google yang benar-benar aktif dan nantinya akan digunakan untuk kebutuhan bisnis itu sendiri. 

  1. Lengkapi Informasi di Form Pendaftaran

Selanjutnya akan muncul form pendaftaran. Isilah form pendaftaran dengan informasi yang lengkap dan sesuai, jangan dibuat-buat. Informasi yang perlu diisi antara lain sebagai berikut:

    • Nama bisnis, isi dengan nama bisnis Anda atau branding yang sesuai
    • Negara / Wilayah, isi sesuai lokasi bisnis Anda
    • Alamat, pastikan mengisi alamat yang lengkap sesuai lokasi bisnis Anda
    • Kota, isi sesuai lokasi bisnis Anda
    • Provinsi, isi sesuai lokasi bisnis Anda
    • Kode Pos, isi sesuai lokasi bisnis Anda
    • Telepon Utama Bisnis, isi dengan nomor telepon yang benar-benar aktif dan digunakan untuk kepentingan bisnis Anda, kemungkinan user akan menghubungi nomor ini untuk informasi dan lain sebagainya
    • Kategori, di sini akan ada berbagai macam daftar kategori dari google, pilihlah kategori yang sesuai dengan bisnis yang dikelola, misalnya jika memiliki usaha hotel pilihlah kategori hotel dan lain sebagainya
    • Situs / Website, tambahkan bila ada situs atau website bisnis, sangat disarankan untuk memiliki situs/website bisnis karena ini juga dapat menaikkan rating bisnis dan menarik perhatian customer

Setelah selesai, klik tombol ‘lanjutkan’ di bagian bawah.

  1. Kemungkinan Kendala: Lokasi Tidak Ditemukan

Beberapa mungkin ada kendala lokasi tidak ditemukan. Tetapi tidak perlu khawatir, lokasi bisa diatur menggunakan penanda pada peta. Caranya dengan klik tombol ‘tetapkan lokasi penanda‘, lalu atur lokasinya dan klik ‘lanjutkan’. Setelah itu akan muncul jendela verifikasi, centang pada keterangan “saya berwenang…” lalu klik tombol ‘lanjutkan’

  1. Verifikasi Surat Melalui POS

Selanjutnya, akan diarahkan ke jendela verifikasi, klik tombol ‘surat’. Lalu akan diminta mengisi nama lengkap penerima surat verifikasi kemudian klik ‘kirim kartu pos’. Selanjutnya, Google akan melakukan verifikasi pin yang dikirim melalui jasa POS. Setelah selesai klik ‘kirim kartu pos’, akan langsung menuju ke halaman google bisnisku.

  1. Lakukan Proses Verifikasi

Proses verifikasi ini sangat penting, karena bisnis yang sudah terdaftar tidak akan muncul di search engine sebelum melakukan verifikasi pin. Untuk itu, perlu menunggu sekitar 1-2 minggu hari kerja barulah surat tersebut sampai ke lokasi. Namun, ada pula kasus pelanggan google bisnisku yang menerima surat verifikasi pin hingga 2 bulan lamanya.

Perlu diperhatikan, selama proses menunggu jangan mengubah atau mengedit informasi yang ada di google bisnisku. Hal ini akan menunda proses verifikasi dan menjadi semakin lama.

Setelah mendapatkan pin melalui surat yang dikirim lewat POS, lakukan verifikasi pada google bisnisku. Buka menu dashboard lalu klik verifikasi, masukkan pin dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah proses verifikasi, bisnis Anda akan muncul di mesin pencari google.

Tips Mengelola Google Bisnisku

Sebenarnya, membuat bisnis Anda terkenal dan disukai oleh google merupakan proses yang gampang-gampang susah. Beberapa orang memilih untuk membayar jasa kepada agency atau perorangan bahkan perusahaan untuk membuat google bisnisku. Dengan jasa tersebut, dijanjikan bisnisnya akan masuk ke listing atau daftar google.

Namun, biaya yang perlu dikeluarkan bisa sampai jutaan rupiah dan tidak semua bisnis bisa membayar semahal itu. Beberapa bisnis juga berawal dari bisnis kecil dan tidak mungkin langsung investasi sebesar itu. Jadi, pilihan pertama adalah membuat google bisnisku secara mandiri. Untuk mengelola google bisnisku agar berjalan dengan baik dan reputasinya semakin meningkat, ikutilah beberapa tips berikut ini:

  1. Lengkapi Data Profil Google Bisnisku

Sesaat setelah bisnis Anda muncul di pencarian google, mulailah melengkapi data-data pada profil google bisnisku. Data tersebut meliputi foto profil, foto interior dan eksterior bangunan/toko, foto-foto karyawan atau tim, logo, telepon, dan lain sebagainya. Tambahkan data selengkap mungkin agar user/pengguna dapat melihat bisnis yang nyata dan jelas.

  1. Buatlah Posting-an Rutin

Untuk menarik minat pengunjung internet, buatlah posting-an bisnis secara rutin. Tambahkan informasi apapun yang berkaitan dengan bisnis seperti detail bisnis, promo, atau tips-tips dan lain sebagainya. Namun, saat ini fitur posting-an ini semakin diperketat, fitur posting-an akan muncul pada bisnis yang telah di verifikasi oleh google.

  1. Aktif Mengadakan Event

Saat ini, sudah banyak sekali bisnis yang memanfaatkan google bisnisku terutama bisnis hotel. Hampir semua bisnis hotel di bali telah menggunakan fitur google bisnisku dan masuk ke dalam data google. Sedangkan yang akan muncul di laman pertama pencarian google hanya 5 hingga 10 bisnis saja.

Untuk itu, perlu menarik perhatian pihak google agar bisnis Anda muncul di halaman muka mesin pencari. Salah satu caranya adalah dengan rutin membuat posting-an, memanfaatkan tanda/tag pada posting-an selain bisnis itu sendiri, dan sering-sering lah mengadakan event atau promo.

  1. Ajak Customer Menulis Review Positif

Selain itu, review dari pengunjung juga tak kalah penting sebagai dasar penilaian google. Ajaklah pelanggan bisnis untuk mengunjungi halaman bisnis Anda dan buat review positif semacam kesan dan pesan atau pengalaman saat mengunjungi bisnis Anda. Dengan begitu, review akan semakin meningkat.

  1. Manfaatkan SEO

Jika dirasa penulisan review dan posting-an belum cukup meningkatkan rating bisnis, maka manfaatkanlah SEO. Menggunakan fitur SEO dapat dilakukan sendiri atau jika tidak sempat bisa juga membayar ahli SEO. Untuk melakukannya bisa dengan memanfaatkan backlink pada laman google plus di google bisnisku sehingga peringkatnya akan naik atau meningkat. Semakin tinggi peringkatnya, maka semakin baik pula reputasi google bisnisku, sehingga bisnis akan semakin melejit.

  1. Konsisten dan Bertanggung Jawab

Hal paling penting dalam berbisnis sebenarnya hanya satu yaitu konsisten dan bertanggung jawab. Selama kedua hal ini terpenuhi, maka semangat bisnis akan selalu membara dan tidak akan pernah paham. Sehingga aktivitas berbisnis pun menjadi menyenangkan dan masalah sebesar apapun bisa dihadapi.

Manfaat Google Bisnisku

Berikut ini adalah manfaat Google Bisnisku

  1. Mengelola informasi

Kelola informasi yang dilihat pengguna Google saat menelusuri bisnis Anda atau produk dan layanan yang Anda tawarkan.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tahukah anda bisnis yang sudah diverifikasi dengan Google Bisnisku memiliki peluang dua kali lebih banyak dianggap memiliki reputasi baik oleh konsumen. Saat orang menemukan bisnis Anda di Google Maps dan Penelusuran, itu akan membuat bisnis anda lebih dapat dipercaya..

  1. Berinteraksi dengan pelanggan

Tahukah menurut halaman resmi Google yang berjudul “Tentang Google Bisnisku” terungkap bahwa bisnis yang menambahkan foto pada Google Bisnisku menerima permintaan petunjuk arah di Google Maps 42% lebih banyak.

  1. Meningkatkan Kunjungan Website

Tahukah anda, masih menurut halaman resmi Google yang berjudul “Tentang Google Bisnisku” terungkap bahwa bisnis yang menambahkan foto pada Google Bisnisku menerima klik di situsnya 35% lebih banyak, dibandingkan bisnis yang tidak melakukannya.

  1. Memahami dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda

Melalui informasi yang dikumpulkan Google Bisnisku anda akan mendapat insight tentang cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis anda.

Anda akan mendapat informasi mengenai kueri atau kata kunci yang digunakan untuk menemukan bisnis Anda. Anda juga dapat menemukan informasi cara pelanggan menelusuri bisnis Anda. Selain itu anda juga dapat mengetahui info mengenai lokasi pelanggan yang melihat bisnis Anda di Google.

Anda dapat mengetahui layanan Google yang digunakan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Anda juga dapat melihat tindakan apa yang paling umum dilakukan pelanggan di listingan Anda. Bahkan anda dapat mengetahui kapan dan seberapa sering pelanggan menghubungi bisnis Anda

Sangat mudah digunakan dan gratis.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu google bisnisku, bagaimana cara membuatnya dan juga apa saja yang perlu dipersiapkan, hingga tips-tips yang bermanfaat. Pahamilah bahwa hal utama yang harus dilakukan adalah tetap konsisten pada bisnis dan bertanggung jawab. Jangan menyerah dan selamat mencoba.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.