Apa Itu Freelance? Pengertian, Syarat & Kelebihan di 2020

Apakah Anda pernah mendengar apa itu freelance? Iya saat ini istilah tersebut memang sangat populer di telinga masyarakat. Freelance itu sendiri bisa dibilang sebagai suatu pekerjaan lepas. Banyak orang menyukai pekerjaan ini dikarenakan jam kerjanya yang lebih fleksibel.

Tidak hanya itu saja, bekerja sebagai freelance tidak perlu untuk datang ke kantor. Menariknya lagi, waktu kerja sesuai dengan yang Anda mau. Beberapa alasan tersebut memberikan keuntungan, dimana Anda bisa bekerja lebih dari satu perusahaan.

Adapun jenis pekerjaan freelance di antaranya penulis, guru les privat, fotografer, translator, dan sebagainya. Lalu apa pengertian freelance secara detail-nya? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Apa Itu Freelance?

Istilah freelance pertama kali diperkenalkan pada tahun 1771-1832 oleh Sir Walter Scott. Hingga saat ini pekerja lepas atau freelance masih tetap populer, bahkan lebih dikenal oleh masyarakat. Apa pengertian dari istilah tersebut? Berikut penjelasannya.

Pengertian Freelance Secara Umum

Secara umum, freelance merupakan bekerja secara lepas yang bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Pekerjaan ini tanpa adanya kontrak dengan perusahaan tertentu.

Pengertian lainnya, freelance adalah orang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan orang yang memberikan pekerjaan atau klien. Biasanya kontrak kerja freelance hanya berisi proyek yang akan dikerjakan, waktu pengerjaan dan harga.

Supaya bisa lebih dipahami simak contohnya. Misal klien meminta pekerja freelance untuk mengerjakan artikel yang dipesan dalam satu minggu. Setelah itu freelancer akan mengerjakannya sesuai dengan permintaan. Jika pekerjaan sudah selesai dan telah dibayar maka kontak juga ikut berakhir.

Pengertian Freelance

Menurut Wikipedia, freelance adalah sebagai berikut :

Freelance adalah istilah yang umum digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus terikat dengan majikan jangka panjang tertentu. Click To Tweet

Pekerja lepas terkadang diwakili oleh perusahaan atau agen yang menjual kembali pekerja lepas ke klien. Ada juga yang bekerja secara independen atau menggunakan asosiasi profesional atau situs web untuk mendapatkan pekerjaan.

Freelancer itu merupakan bos untuk dirinya sendiri. Kenapa demikian? Karena diharuskan untuk bisa mengatur waktu, resistensi, hasil pekerjaan yang maksimal dan sebagainya. Perlu diperhatikan, meski freelancer itu bebas tetapi harus diingat jika ada deadline pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu sesuai kontrak.

Kesimpulan Pengertian Freelancer

Kesimpulannya bahwa dari pengertian freelance adalah bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang. Sedangkan freelancer adalah orang yang bekerja sebagai freelance

Cara Kerja Freelance

Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini menjadi seorang freelance begitu diminati oleh banyak orang. Hal ini berbanding lurus dengan banyaknya perusahaan atau klien yang lebih memilih untuk mempekerjakan pekerja lepas dibandingkan merekrut karyawan.

Lowongan untuk menjadi pekerja freelance biasanya diposting melalui media sosial maupun situs-situs. Beberapa situs website yang sering digunakan di antaranya projects.co.id, fastwork, sribulancer maupun fiver.

Namun, sebelum menggunakan situs website tersebut Anda diharuskan untuk lebih dahulu mendaftar sebagai freelancer atau klien. Selanjutnya klien akan membuat job dengan mengisi judul, kategori, deskripsi pekerjaan serta gaji yang ditawarkan.

Setelah klien berhasil memposting job yang diminta, selanjutnya para freelancer akan melamar pekerjaan tersebut.  Bagaimana caranya? Salah satunya dengan melampirkan portopolio mereka. Jika sudah ada banyak orang melamar, klien tinggal memilih siapa yang akan direkrut.

Selanjutnya terjalin komunikasi antara klien dan freelance untuk membahas atau nego mengenai detail pekerjaan, harga, deadline dan sebagainya. Dalam hal ini situs website tersebut memiliki peran sebagai orang ketiga. Hal ini dikarenakan situs website menjembatani klien dan freelancer.

Selanjutnya klien akan membayarkan sejumlah uang yang disimpan dan akan dibayarkan ke freelancer setelah pekerjaan selesai. Biasanya terdapat potongan tertentu. Cara kerja seperti ini akan menguntungkan semua pihak yang terlibat. Bahkan risiko mengalami kerugian seperti menjadi korban penipuan atau fee tidak dibayarkan akan lebih minimal.

Lebig lengkap mengenai cara kerja freelance anda dapat menbaca artikel berikut :

Syarat Menjadi Freelancer

Apa syarat menjadi freelancer? Pastinya semua orang boleh menjadi seorang freelancer. Namun, memiliki pekerjaan seperti ini tidak mudah terlebih jika masih pada tahap awal. Kenapa demikian? Karena orang yang terjun di bidang ini harus memiliki portopolio yang menarik bagi para klien. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  1. Mempunyai Keahlian dan Pengalaman Tertentu 

Perlu digarisbawahi jika freelancer bukanlah tempat untuk para pengangguran. Hal ini dikarenakan seorang freelancer sukses adalah mereka yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam suatu bidang tertentu. Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia freelance maka mereka harus memiliki keahlian yang jelas dan teruji.

  1. Mempunyai Komitmen dan Profesionalitas 

Bekerja sebagai freelancer memungkinkan Anda untuk tidak atau jarang bertatap muka langsung dengan klien. Meski begitu, seorang freelancer harus memiliki komitmen dan juga profesionalitas. Jangan sampai mengabaikan job yang telah diberikan. Apapun yang terjadi klien hanya ingin pekerjaan selesai tepat waktu dan tidak mau tahu masalah yang dihadapi dalam pekerjaan yang dibebankan kepada Anda.

  1. Memiliki Kemampuan Manajemen Waktu yang Baik 

Seorang freelancer menjadi bos untuk dirinya sendiri. Meskipun bekerja sebagai freelance merupakan pekerjaan lepas, Anda tetap saja diharuskan untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Hal ini cukup penting supaya pekerjaan bisa selesai sesuai dengan jangka waktu yang diberikan.

  1. Memiliki Fasilitas Pendukung 

Salah satu kekurangan menjadi seorang freelancer adalah minimnya fasilitas pendukung. Akibatnya Anda diharuskan untuk mengeluarkan biaya sendiri untuk membeli peralatan komputer atau laptop, jaringan internet maupun camilan. Komputer atau laptop dan jaringan menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan dalam mengerjakan pekerjaan freelance.

Lebih lengkap mengenai caara menjadi freelancer sukses, silakan baca artikel berikut :

Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Freelance

Sama seperti pekerjaan lainnya, bekerja sebagai freelance juga memiliki kelebihan dan jkekurangan. Kelebihan dan kekurangan bisa Anda perhitungkan sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke bidang ini. Berikut penjelasannya.

  1. Pendapatan 

Perlu diketahui jika pendapatan seorang freelance akan berubah-ubah atau fluktuatif. Pendapatan bisa besar atau kecil tergantung tersedianya job dan mood untuk mengambil dan mengerjakan suatu proyek dari klien.

  1. Jam Kerja 

Kelebihan menjadi seorang freelance yatu jam kerja tidak terikat dengan waktu, berbeda dengan karyawan kantoran. Dimana karyawan kantoran harus berangkat pagi dan pulang sore atau malam hari.

  1. Waktu Luang 

Seorang freelancer memiliki jam kerja cukup longgar sehingga waktu yang tersisa bisa dimanfaatkan untuk bercengkrama dengan keluarga. Sisa waktu bisa juga digunakan untuk mempelajari hal-hal bermanfaat atau membaca buku.

  1. Fasilitas 

Kelebihan bekerja sebagai karyawan kantoran adalah fasilitas untuk mendukung pekerjaan telah disediakan oleh perusahaan. Sedangkan untuk pekerja freelance harus mengeluarkan modal sendiri untuk membeli fasilitas yang dibutuhkan, seperti laptop atau koneksi internet.

  1. Status Sosial 

Seorang freelancer yang bekerja di rumah seringkali membuat tetangga atau orang lain salah paham. Bagaimana tidak, mereka seringkali menganggap seorang freelancer adalah pengangguran. Bagi sebagian orang anggapan seperti ini agaknya mengganggu.

Demikian pembahasan mengenai apa itu freelance, cara kerja, syarat, kelebihan dan kekurangannya. Diharapkan uraian di atas bisa membuat Anda lebih paham mengenai pekerjaan ini sebelum menekuninya. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat.

Leave a Comment