Apa Itu Domain? Pengertian Domain Terbaru 2020

Domain adalah alamat dimana pengguna Internet dapat mengakses sebuah website. Domain adalah nama untuk sebuah website.

Bagi anda yang baru belajar mengenai website, wajib bagi anda mengetahui apa itu domain? Domain dapat disebut juga domain name.

Namun tak hanya itu. Ada banyak hal seputar domain yang patut anda ketahui. Nah, pada artikel kali ini kita akan bahas satu persatu agar lebih mudah memahaminya.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai cara membuat website sendiri dapat menuju artikel berikut.

Apa Itu Domain?

Jika merujuk pada website.com [1], akan kita ketahui bahwa :

Domain adalah alamat dimana pengguna Internet dapat mengakses sebuah website Click To Tweet
apa itu domain pengertian domain name
apa itu domain : pengertian domain name

Manfaat Domain

Hosting, bentuk fisiknya adalah komputer server dimana anda bisa menyimpan berbegai file untuk website anda. Karena jumlah website itu banyak sekali, maka komputer server yang digunakan juga banyak sekali.

Agar tidak tertukar maka masing-masing komputer server itu diberi nomor yang terdiri dari beberapa angka. Angka-angka inilah yang disebut IP address atau alamat IP. Contohnya seperti ini 47.74.244.18.

Jika menggunakan angka seperti contoh di atas, maka akan sulit untuk mengingatnya. Nah sebagai solusinya dibuatlah domain yang merupakan nama yang mudah diingat sebagai pengganti dari alamat IP.

Tahukah anda, bisa jadi anda sering mengunjungi alamat IP pada contoh di atas. Alamat IP tersebut adalah milik tokopedia. Nah, Itulah buktinya dari manfaat domain.

Perbedaan Domain dan Hosting?

Nah, domain itu seperti alamat rumah untuk website anda, sehingga pengunjung dapat diberikan arah untuk menuju rumah anda. Orang awam biasanya menyebut domain dengan istilah alamat website.

Nama tersebut memiliki dua elemen yaitu nama websitenya adalah facebook dan nama domainnya adalah com.

Domain mulai digunakan pada tahun 1985 oleh Syimbolic.com yang merupakan perusahaan komputer asal Massachusetss, Amerika Serikat. Di tahun 1985 tersebut baru ada 6 domain yang terdaftar namun hingga saat ini perkembangannya sangat pesat mencapai jutaan domain di seluruh dunia.

Domain sendiri dikelola oleh organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sehingga ekstensi nama domain terjaga dan dapat menjaga database tetap tertuju pada alamat yang akan dituju.

Cara Kerja Domain

Dari sedikit penjelasan yang sudah dipaparkan sebelumnya, domain merupakan alamat. Sehingga jika seseorang akan menuju halaman anda cukup memasukkan website dan domainnya saja.

Sebenarnya seseorang yang akan mengunjungi halaman anda juga dapat memasukkan alamat IP tetapi mengingat bahwa alamat IP merupakan deretan angka unik yang cukup panjang sehingga tidak mudah dihafal.

Penggunaan alamat IP yang salah pun membuat pengunjung akan dibuat ribet karena alamat yang tidak sesuai dan akan membuang banyak waktu.

Berbeda halnya dengan penggunaan domain, alamatnya dapat ditentukan pada saat anda membelinya. Nama alamat ini akan mempermudah terutama pada saat mempromosikan mengingat bahwa manusia lebih mudah mengingat nama dibanding dengan angka.

Kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi juga dapat diminimalisir dengan adanya opsi redirect. Contohnya seseorang akan mengunjungi facebook, tetapi menulisnya www.fb.com maka akan ada redirect yang mengarahkan ke alamat resminya yaitu www.facebook.com

Jenis Domain

Walaupun domain .com merupakan domain yang paling banyak digunakan, Anda juga dapat memilih domain lain seperti .co.id, .org, .ac.id. Pemilihan domain tersebut bisa Anda lihat dari fungsi website nantinya. Misalnya .ac.id adalah domain yang biasa digunakan di lingkup pendidikan. Nah, berikut ada beberapa tipe domain yang bisa anda gunakan:

  1. TLD : Top Level Domains

Dari namanya sudah bisa dilihat bahwa TLD merupakan top level. Tersedia banyak pilihan namun yang paling banyak digunakan .com, .net, .org dan .edu. daftar TLD yang resmi ini dikelola oleh sebuah organisasi yang bernama IANA (Internet Assigned Number Authority). Dimana IANA juga menyimpang data ccTLD dan gTLD.

  1. ccTLD : country code Top Level Domains

ccTLD ini menampilkan hanya dua huruf tertentu saja. Huruf tersebut sebagai lambang dari sebuah negara tertentu, misal us untuk United States, jp untuk Jepang, cn untuk China dan berbagai negara lainnya. ccTLD ini digunakan untuk menunjukkan bahwa website tersebut dedicated untuk negara negara tertentu tersebut.

  1. gTLD : Generic Top Level Domains

gTLD tidak melambangkan sebuah negara dilihat dari namanya saja gTLD merupakan lambang dari suatu generic atau jenis dari kegunaan website tersebut. Misalnya .mil untuk militer, .gov untuk pemerintahan dan .org untuk perusahaan nirlaba atau organisasi.

Dalam top level sendiri dibedakan menjadi dua kategori yaitu domain global dan domain lokal. Domain global atau umum digunakan seperti .com, .org, bebas digunakan diseluruh dunia. Sedangkan domain lokal seperti tadi sudah dijelaskan digunakan hanya di wilayah tersebut. Misalnya Indonesia menggunakan domain id, untuk pendidikannya menggunakan ac.id.

Selain beberapa tipe domain di atas, ada beberapa variasi lain yang dapat menjadi pilihan :

Istilah Terkait Domain

Second Level Domain

Dari namanya sudah bisa dilihat ya, disini tidak membicarakan secara kualitas tetapi membicarakan seberapa sering digunakan. Domain ini berada tepat setelah top level. Contohnya perusahaan di Inggris menggunakan id negaranya yaitu .uk pada instansi-instansi alamat web perusahaanya. Inilah contoh penggunaan second level domain, .gov.uk. untuk pemerintahan Inggris, ac.uk untuk institusi pendidikan di Inggris.

Third Level Domain atau Subdomain

Secara umum TLD adalah nama yang anda berikan sebelum TLS dan SLD diatas. Contohnya jika anda ingin membuat email maka anda dapat menambahkan webmail.namadomain.com. TLD ini juga sering disebut subdomain. Pemberian nama tersebut tidak bersifat wajib ya bagi para webmaster.

Cara Mendaftar domain

Setiap penyedia hosting mempunyai sistem yang berbeda dan proses daftar domain yang berbeda pula berdasarkan pada provider.

Cara mendaftarkan nama domain, anda harus mengecek terlebih dahulu nama domain yag tersedia pada fitur pencarian domain. Ketik nama domain yang anda inginkan lalu cek ketersediaannya. Jika nama domain sudah digunakan oleh pengguna lain maka akan muncul beberapa opsi pilihan.

Kemudian anda perlu menyelesaikan beberapa langkah dan klik pada tombol Checkout Sekarang dan lakukan pembayaran untuk domain yang sudah anda pilih. Setelah dibeli dan terdaftar maka dapat diakses untuk dikelola control panel yang dilengkapi semua tool yang dibutuhkan.

Cara Mentransfer Domain

Selain membeli domain secara langsung, domain juga dapat ditransfer dari seorang register ke register lainnya, istilah lainnya adalah pindah nama. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses transfer berjalan dengan mudah:

  1. Umur domain minimal adalah 60 hari dari masa regitrasi atau transfer terakhir kalinya.
  2. Domain tidak boleh dalam kondisi redemption atau pending delete.
  3. Harus memiliki EPP code atau kode otorisasi domain
  4. Informasi kepemilikan haruslah valid dan layanan pelindung privasi juga harus dimatikan.

Cara transfer ini dapat dilakukan dimanapun, prosesnya juga tidak memakan waktu lama hanya 4 hingga 7 hari.

Tips Memilih Nama Domain

Berikut kami menyajikan beberap tips untuk memuat domain secara efektif mengingat domain adalah hal yang sangat penting.  Perhatikan beberapa langkah berikut:

  1. Buatlah nama yang mudah diingat

Pertama, tentukan nama domain yang akan dibuat. Pilihlah nama yang mudah diingat dan tidak rumit. Nama yang sulit dan rumit akan membuat pengunjung kesulitan dalam mengeja. Pengunjung biasanya menyukai nama yang pendek dan unik. Semakin unik nama domain maka pengunjung akan semakin tertarik untuk mengunjunginya. Perlu diingat, jangan gunakan nama yang bertentangan dengan norma dan berbau SARA.

  1. Tentukan target penggunaan berdasarkan area

Tentukan target pengunjung pada halaman Anda. Jika target Anda adalah warga indonesia maka gunakan domain bahasa indonesia. Jangan lupa pula untuk menyertakan keyword trending topic agar sering muncul pada web browser.

  1. Sesuaikan isi website

Tak kalah penting juga sesuaikan nama dengan produk yang Anda sediakan. Misalkan Anda menyediakan sepatu maka Anda dapat menggunakan nama sepatubagus.com atau nama nama lain yang sesuai dengan produk yang Anda sediakan.

Trik Memilih Tempat Membeli Domain

Selain beberapa tips di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa trik untuk memilih jasa hosting untuk membuat domain yang baik. Mengingat bahwa domain termasuk hal yang penting dalam keamanan kenyamanan pengguna website. Terdapat banyak jasa layanan hosting internet yang ada di Indonesia.

Mengingat banyaknya penyedia layanan hosting dengan memberikan layanan yang berbeda-beda, Anda perlu selektif dalam memilih. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih penyedia hosting terbaik untuk membuat domain website diantaranya :

  1. Bersikap selektif

Di dunia dengan dengan kemajuan internet saat ini membuat kita dapat memilih dengan bebas. Pilihlah berbagai penyedia jasa hosting dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Karena semua penyedia mempunyai pelayanan berbeda, rajinlah membaca dan memahami berbagai kelebihan dan kekurangan dari berbagai testimoni konsumen lainnya. Pilihlah jasa hosting dengan testimoni yang baik.

  1. Memilih domain dengan harga sesuai kebutuhan

Tidak hanya spesifikasi dan fasilitas yang diterima saja, Anda juga dapat mempertimbangkan harga agar tidak melebar dari budget yang disediakan. Harga setiap domain berbeda tergnatung pada kegunaan berkisar dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga tersebut biasanya berlaku untuk satu tahun. Harga domain yang tinggi memungkinkan juga sangat efektif dalam mesin pencarian sehingga alamat Anda sangat mudah dikunjungi oleh pengunjung.

  1. Gunakan promo khusus

Ibarat beli satu dapat dua, siapa yang tidak tergiur. Penyedia jasa hosting juga sering melakukan promo kepada para pelanggan. Jadi jangan tinggalkan promo-promo tersebut untuk lebih menghemat pengeluaran ya guys.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah dijelaskan di atas maka kita dapat menarik beberapa kesimpulan terkait domain :

  1. Domain adalah sebuah nama sebagai alamat suatu tempat yang dituju.
  2. Nama domain terdiri dari dua elemen yaitu nama website seperti facebook dan ekstensi nama domain seperti .com
  3. Domain dikelola oleh suatu organisasi bernama ICANN
  4. Cara kerja domain adalah mengarahkan pengunjung pada alamat domain yang dituju tanpa menggunakan IP.
  5. Domain .com merupakan paling populer dan banyak digunakan, tetapi juga banyak jenis domain yang tersedia.
  6. ccTLD merupakan domain yang digunakan oleh suatu negara sebagai karakteristik atau petunjuk dari keberadaan alamat website.
  7. gTLD merupakan domain yang digunakan sesuatu jenis dan tujuannya.
  8. Domain global merupakan domain yang dapat digunakan di seluruh dunia
  9. Domain lokal merupakan domain yang hanya dapat digunakan di suatu wilayah tertentu.
  10. Setiap provider domain menawarkan proses daftar domain yang berbeda-beda
  11. Domain dapat ditransfer dari satu pengguna ke pengguna lain dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  12. Domain disimpan pada server pusat
  13. Hosting disimpan pada server dimanapun dan terhubung dengan internet

Referensi

  1. Website.com.
  2. Referensi.
  3. Referensi.
  4. Referensi.

Mengingat domain merupakan hal yang sangat penting untuk pembuatan website maka hal-hal diatas jangan sampai terlupakan. nah demikianlah artikel tentang apa itu domain, jika ada pertanyaan silakan cantumkan dalam kolom komentar.

Leave a Comment