Apa itu Distributor

Dalam dunia ekonomi maupun marketing pada bidang perdagangan memang cukup populer dengan adanya istilah distributor. Peran yang dimilikinya bisa dibilang cukup berpengaruh dalam pemasaran sebuah produk. Maka dari itu, ada baiknya para pebisnis mengerti dengan detail apa itu distributor, fungsi dan juga informasi lengkapnya agar pemasaran produk bisa berjalan dengan lancar.

Para pebisnis yang menggeluti dunia bisnis memang harus mengetahui hal seperti ini sebagai sebuah pengetahuan. Pasalnya dengan adanya peran penting ini bisa membuat proses penyaluran dan pemasaran barang pada konsumen bisa dilakukan secara cepat dan juga tepat. Dengan begitu bisnis yang dirintis pun bisa berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

Jika berminat untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai apa itu distributor dan hal lainnya, maka simak ulasannya di bawah ini antara lain:

Pengertian Apa Itu Distributor

Banyak orang masih belum paham apa itu distributor itu sendiri, padahal satu peran yang penting dalam dunia bisnis ini diambil dari bahasa inggris yaitu distribute yang berarti menyalurkan. Jadi apabila diartikan secara lengkap, maka distributor merupakan seseorang atau suatu kelompok yang menyalurkan produk pada konsumen.

Bisa dibilang peran distributor sendiri yaitu membeli produk kepada produsen dan kemudian menyebarkannya dengan cara menjualnya ke pengecer ataupun konsumen secara langsung. Biasanya distributor sendiri akan membeli produk dalam jumlah banyak dan menjualnya dengan harga cukup miring karena mendapat potongan harga dari produsen. Namun meskipun begitu, tentunya masih tetap memperoleh keuntungan yang sesuai keinginan.

Fungsi Distributor Dalam Dunia Marketing

Setelah mengerti apa itu distributor, ada baiknya untuk mengetahui apa fungsi atau peran yang dimilikinya. Fungsinya yaitu sebagai penghubung antara produsen dan juga konsumen, serta beberapa hal berikut ini, antara lain:

1. Melakukan Pembelian Barang Atau Jasa

Fungsi pertama seorang distributor adalah melakukan pembelian barang atau jasa kepada produsen. Maksudnya disini pembelian barang tersebut dibeli untuk disalurkan kembali, baik melalui pengecer ataupun secara langsung pada konsumen. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh dalam proses penyaluran barang.

2. Menyimpan Barang Atau Jasa

Selanjutnya yaitu melakukan penyimpanan barang atau jasa dalam waktu tertentu. Dalam hal ini tidak mengherankan apabila banyak distributor yang memiliki gudang penyimpanan cukup besar untuk menyimpan barang sebelum menjualnya pada konsumen.

3. Menjual Barang Atau Jasa

Setelah disimpan dalam gudang penyimpanan, maka fungsi selanjutnya seorang distributor adalah menjual atau menyalurkan barang tersebut pada konsumen. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan cara menjualnya ke pedagang kecil, tengkulak ataupun secara langsung pada konsumen. Keuntungan pun bisa didapatkan dari penjualan tersebut sesuai keinginan.

4. Memindahkan Produk Atau Barang

Distributor juga memiliki fungsi atau peran untuk memindahkan barang. Maksudnya disini adalah dengan memastikan bahwa penyaluran produk dari produsen ke konsumen bisa dilakukan secara aman.

5. Mengklasifikasi Barang/ Jasa

Tidak hanya itu, distributor juga berperan untuk mengelompokkan dan juga mengklasifikasi jenis barang maupun jasa yang disalurkan. Mulai dari memilih produk sesuai jenis, ukuran, warna dan lain sebagainya sebelum sampai pada konsumen. Hal ini juga akan memudahkan para pedagang kecil maupun konsumen yang membelinya.

6. Menginformasikan Barang

Para distributor sangat perlu untuk mengenal dan juga sekaligus menginformasikan barang pada konsumen. Hal ini agar calon pembeli mengetahui jumlah ketersediaan barang, perkiraan harga dan informasi lainnya untuk membuat proses penyaluran barang jadi semakin mudah.

7. Mempromosikan Produk

Fungsi terakhir seorang distributor dalam dunia pemasaran adalah melakukan promosi produk. Hal ini dilakukan untuk lebih mengenalkan produk barang atau jasa kepada konsumen secara rinci dan lebih baik. Dijamin proses penyaluran barang jadi lebih lancar.

Jenis-Jenis Distributor

Terdapat beberapa jenis distributor yang wajib diketahui oleh pelaku bisnis. Hal ini dikelompokkan berdasarkan dari barang-barang yang disalurkan, yaitu antara lain diantaranya:

  • Distributor Barang: Jenis distributor yang pertama adalah distributor barang. Hal ini dikarenakan produk yang disalurkan adalah berupa barang, mulai dari perlengkapan rumah tangga, makanan, minuman dan lainnya. Para produsen dalam hal ini akan mempercayakan produk tersebut secara langsung pada distributor barang untuk disalurkan ke konsumen.
  • Distributor Jasa: Tidak hanya mengetahui apa itu distributor secara umum, namun harus pula mengerti mengenai distributor jasa yang seringkali ditemui.
  • Distributor Individu Atau Perorangan: Selain distributor jasa, ada pula distributor individu atau perorangan yang menyalurkan barang secara pribadi ke konsumen. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bisnis MLM yang secara langsung menawarkan produknya ke tiap orang atau individu masing-masing.

Bagaimana Cara Distributor Memasarkan Produk?

Tidak hanya mengetahui apa saja jenis-jenis distributor, mengetahui cara kerja dari profesi ini sangatlah penting. Berikut inilah cara kerja distributor yang perlu diketahui untuk melancarkan proses penyaluran produk tersebut, antara lain:

1. Membuat Rantai Distributor

Untuk memasarkan atau menyalurkan sebuah produk, para distributor menggunakan rantai distributor menjadi sebuah kunci utama dalam pemasaran. Caranya adalah dengan memperluas jaringan atau menawari orang lain untuk menjadi seorang distributor. Sehingga proses penyaluran produk jadi lebih mudah dan dalam jumlah banyak pula.

2. Menawarkan Harga Murah

Bukan hanya membuat rantai distributor atau memperluas jaringan saja, namun para distributor harus memutar otak dengan cara menawarkan produk berharga murah dan bersaing dengan kompetitornya. Hal ini tentunya bisa menjadi pertimbangan seorang konsumen untuk melakukan pembelian.

Bahkan jika beruntung untuk menarik minat para konsumen, maka mereka tidak akan segan untuk melakukan pembelian kembali dan secara berulang. Sangat menarik untuk diikuti, bukan?

3. Menyalurkan Produk Dengan Cepat

Dengan semakin cepat perputaran penyaluran produk barang atau jasa, maka hal tersebut semakin baik bukan? hal inilah yang membuat para distributor harus melakukan segala cara termasuk bekerja sama dengan agen maupun reseller produk. Sehingga produk bisa tersalurkan pada konsumen secara cepat dan tepat.

Itulah informasi mengenai apa itu distributor, fungsi, jenisnya hingga bagaimana cara distributor memasarkan produk yang ada. Bahkan tidak hanya menjadi pengetahuan bagi para pebisnis saja, namun bisa pula dijadikan patokan untuk para distributor bekerja sebagaimana mestinya. 

Dengan begitu, proses pemasaran dan juga penyaluran produk pada konsumen pun semakin mudah dan cepat laku. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru ya!