Apa Itu Digital Marketing : Panduan Pemula 2019 – Projasaweb

apa itu digital marketing

 Apa Itu Digital Marketing. Istilah ini menjadi sangat menarik, bukan hanya karena kedengaran cukup keren ketika diucapkan tapi juga karena istilah ini memberikan pengaruh yang besar terhadap bisnis anda.

Sudah cukup  banyak orang yang membicarakan hal ini, tapi beberapa diantaranya masih sedikit bingung mengenai apa sebenarnya yang dimaksud Digital Marketing.

Nah Panduan Digital Marketing ini akan membantu anda memahaminya secara lebih mendalam. Tak hanya pengertiannya saja, tapi juga seluk beluk mengenai digital marketing yang perlu anda ketahui.

Sebagian dari anda mungkin sudah pernah mencari dan menemukan pengertian digital marketing yang diberikan oleh wikipedia

Digital Marketing adalah segala bentuk pemasaran yang melibatkan perangkat digital

Pada artikel berjudul Apa itu Digital marketing ini kita akan membahas tak hanya pengertian Digital marketing tetapi juga banyak hal terkait tema tersebut. Karena digital marketing ini merupakan bahasan yang sangat luas, maka kita tidak dapat memahaminya dari satu sisi saja.

Jadi silahkan siapkan dirimu, karena bahasan ini mungkin akan jadi sangat panjang namun lengkap dan terperinci sehingga dapat dengan mudah dimahami. Mari kita mulai dari pengertian Digital marketing.

Asal Muasal Digital Marketing

Jika kita ingin membahas tentang pengertian Digital marketing, maka hal pertama yang harus kita sadari adalah asal muasal istilah tersebut. Istilah Digital marketing bukan dari Indonesia. Oleh karena itu untuk mendapatkan pengertian yang tepat mari kita coba merujuk kepada sumber dari luar.

Merujuk kepada Wikipedia, Istilah pemasaran digital pertama kali digunakan pada tahun 1990an. Tapi jika kita tarik lagi ke belakang maka praktek Digital marketing telah dilakukan oleh SoftAd Group, sekarang ChannelNet sejak pertengahan tahun 1980-an. Mereka menerima kiriman kartu balasan pembaca yang mereka cetak pada majalah mereka. Kemudian sebagai balasan dari kartu tersebut mereka akan menerima floppy disk yang berisi konten promosi seputar mobil dan test drive gratis. Itulah praktek Digital marketing pertama yang tercatat dalam sejarah.

Pengertian Digital Marketing Dari Berbagai Sumber

 

Pengertian Digital Marketing Menurut Wikipedia

Masih dari sumber yang sama yaitu wikipedia, menjelaskan bahwa digital marketing atau pemasaran digital adalah istilah umum untuk pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama Internet,  tetapi tidak terbatas pada internet saja. Digital marketing juga mencakup ponsel, display advertising, dan media digital lainnya.

Pengertian Digital Marketing Menurut Hubspot

jika kita merujuk kepada apa yang disampaikan hubspot maka arti digital marketing adalah an umbrella term for all of your online marketing efforts. Businesses leverage digital channels such as Google search, social media, email, and their websites to connect with their current and prospective customers.

Jika melihat pengertian digital marketing menurut hubspot, maka pemasaran digital dapat diartikan sebagai istilah umum untuk semua upaya pemasaran online. Dan itu mencakup semua yang memanfaatkan saluran digital seperti penelusuran Google, media sosial, email, dan situs web untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Digital Marketing adalah istilah umum untuk semua upaya pemasaran yang menggunakan media digital. Dan itu mencakup semua yang memanfaatkan saluran digital seperti penelusuran Google, media sosial, email, dan situs web untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Disadari atau tidak bahwa jika Anda selama ini menawarkan barang melalui media sosial seperti Facebook (FB) atau Instagram (IG) secara tidak langsung Anda sudah melakukan sebuah aktivitas digital marketing. Dimana proses transaksi dan komunikasi dengan calon konsumen Anda lakukan dengan melalui cara online di media sosial tersebut.

Media dan Sarana yang Tepat Untuk Digital Marketing

Mau tidak mau memang kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi dalam melakukan digital marketing tersebut. Era internet yang semakin memasuki dan menguasai di segala lini kehidupan masyarakat menjadi salah satu penyebab maraknya bisnis online. Nah, Anda harus mengetahui apa saja media serta sarana online yang biasa digunakan untuk melakukan digital marketing tersebut.

Beberapa media yang bisa digunakan misalnya seperti FB, IG, channel You Tube, situs website, dan sejenisnya. Tentunya para pelaku bisnis digital atau bisnis online akan memilih cara yang paling efektif agar lebih cepat mendapatkan hasil yang diharapkan. Untuk lebih jelasnya akan dibahas dalam poin selanjutnya.

Keunggulan Digital Marketing

Mengapa bisnis yang dilakukan di masa sekarang pada era internet membutuhkan digital marketing yang tepat agar hasilnya maksimal. Kita harus mulai berpikir maju agar bisa menyesuaikan diri dengan tuntutan jaman kalau memang ingin menjadi pemenang dalam persaingan.

Bukan berarti metode pemasaran konvensional itu tidak bagus hanya saja sudah ketinggalan jaman dan kurang sesuai dengan apa yang dibutuhkan saat ini. Apa saja kelebihan pemasaran yang dilakukan dengan cara digital jika dibandingkan dengan cara konvensional? Ini jawabannya.

Bisa menjangkau konsumen yang jauh lebih luas tidak terbatas pada jarak serta waktu.

Produk atau jasa yang ditawarkan bisa menjangkau ke luar negeri dengan cara yang relatif mudah.

Penggunaan media sosial dan platform digital lainnya secara tepat akan membuat hasilnya lebih bagus cukup mudah untuk dilakukan.

Digital marketing relatif lebih mudah dan murah untuk dilakukan dan hasilnya juga relatif lebih cepat bisa dirasakan.

Dengan digital marketing kita bisa mengetahui perkiraan jumlah calon konsumen dan membuat pemetaan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Itulah beberapa kelebihan atau keunggulan dari digital marketing jika dibandingkan dengan cara kuno yang masih konvensional. Dulu saat orang belum memanfaatkan internet secara maksimal untuk melakukan digital marketing bisa membuat produk yang dijual dikenal oleh orang dari berbagai penjuru dunia adalah hal yang mustahil dan mungkin hanya akan menjadi mimpi saja. Tetapi dengan ilmu digital marketing mimpi Anda akan terwujud.

Sebelumnya tadi sudah disinggung tentang media dan sarana apa yang efektif dan tepat untuk melakukan digital marketing. Dibawah ini nanti akan kita bahas lebih detail mengenai hal tersebut. Inilah cara atau media yang cukup efektif untuk melakukan pemasaran secara digital atau digital marketing.

Media Untuk Melakukan Digital Marketing yang Efektif

Pemasaran Melalui Media Sosial / Social Media Marketing

Sekilas tadi sudah dijelaskan bahwa sarana digital marketing yang bisa digunakan dan termasuk paling mudah dan murah adalah sosial media. Siapa sih orang yang tidak memiliki akun media sosial di jaman sekarang ini.

Dari anak-anak hingga orang tua setidaknya memiliki 1 jenis media sosial dan inilah “toko” yang tepat untuk berjualan karena lebih banyak menjangkau segala kalangan dan mudah diakses siapa saja.

Beberapa media sosial yang sudah sangat dikenal dan banyak digunakan oleh orang di berbagai negara bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk melakukan digital marketing. Media sosial tersebut antara lain adalah Facebook (FB) yang merupakan platform terbesar dan paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia.

Anda juga bisa menggunakan Instagram (IG) dimana orang akan lebih mudah untuk menemukannya melalui tagar (#) yang Anda gunakan untuk produk yang Anda jual. Media sosial lainnya yang bisa digunakan selain FB dan IG misalnya Twitter meskipun yang juga menggunakan tanda tagar dan trending.

Ketiga sosial media terbesar tersebut memiliki pengguna yang cukup banyak yang berasal dari berbagai belahan dunia. Keunggulannya adalah mudah diakses dan mudah ditemukan oleh penggunanya yang dalam hal ini adalah calon konsumen potensial bagi produk atau  jasa yang Anda jual. Apalagi jika Anda bisa membuat tagar yang tepat dan menjadi trending saat itu.

Menggunakan Optimalisasi Pencarian (SEO)

Anda pasti juga sudah sering mendengar istilah SEO seiring dengan jaman internet ini. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dimana akan menentukan seberapa besar atau prosentase kemungkinan produk milik Anda bisa ditemukan dan dilihat oleh orang melalui pencarian di internet.

Lebih mudahnya adalah saat orang melakukan penjelajahan atau browsing melalui mesin pencarian seperti Google maka dia akan menuliskan kata tertentu yang bisa dikatakan sebagai keyword.

Kata kunci atau keyword yang diketikkan pada search engine kemudian akan memunculkan hasil yang paling relevan atau sesuai. Makin sesuai dengan kata kunci dalam pencarian artinya makin tinggi SEO-nya sehingga akan makin besar kemungkinan untuk tampil di halaman pertama pada layar pencarian.

Jika produk Anda bisa tampil di halaman pertama apalagi bisa di baris teratas maka akan semakin besar orang untuk membuka dan mengetahuinya. Dengan begitu artinya semakin terbuka juga kemungkinan orang akan membeli produk Anda.

Menggunakan E-mail

Jaman sekarang hampir semua bentuk surat menyurat dan cara komunikasi dilakukan  melalui surat elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-mail atau email. Electronic mail atau surat elektronik juga bisa dijadikan sarana untuk melakukan digital marketing.

Anda mungkin termasuk orang yang sering mendapatkan email berisi promo dari sebuah merk atau brand yang menawarkan produk mereka. Itulah yang disebut dengan digital marketing.

Biasanya email berasal dari akun atau web yang telah Anda ikuti atau subscribe sebelumnya. Atau produk dimana Anda terdaftar menjadi member. Contoh produk yang biasa menggunakan email sebagai sarana digital marketing misalnya adalah restoran ayam cepat saji atau toko online terkemuka.

Cara ini juga cukup efektif digunakan karena biasanya orang diharuskan untuk menuliskan alamat email saat dia mengisi form member card dan sejenisnya. Di jaman Android ini semua orang memiliki email dan sering menggunakannya.

Mobile Marketing

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk aktivitas digital marketing adalah dengan menggunakan perangkat mobile. Jaman sekarang hampir semua aktivitas manusia dilakukan melalui ponsel pintar atau smartphone. Nah, celah ini bisa Anda gunakan sebaik-baiknya untuk memasarkan produk Anda.

Mungkin Anda juga termasuk orang yang sering menerima SMS penawaran produk atau jasa, inilah contoh digital marketing yang sering kita jumpai. SMS juga sering dilakukan untuk promosi produk terbaru dari sebuah brand. sering juga dilakukan oleh provider seluler untuk menawarkan paket internet dan lain sebagainya.

Pay per Click (PPC)

Dalam dunia digital marketing dikenal juga istilah Pay per Click atau PPC yaitu cara pengiklanan melalui internet. Metode yang digunakan adalah dengan penghitungan per klik pada iklan Anda. Biasanya iklan model seperti ini dipasang pada website atau situs-situs yang memiliki banyak pengikut dan peminat.

Sebagaimana iklan yang ditayangkan di media lain seperti televisi maka setiap klik yang dilakukan maka ada harga tertentu yang harus dibayarkan kepada pemilik web atau situs seperti You Tube. Google Adwords merupakan salah satu contoh dari media digital marketing dengan sistem PPC.

Content Marketing

Anda juga bisa melakukan pemasaran dengan membuat konten digital seperti blog atau video. Jika bicara tentang blog atau video digital ini maka tidak bisa lepas dari persoalan SEO yang telah dibahas sebelumnya. Agar konten dalam blog atau video yang Anda buat bisa ditemukan dan dilihat oleh banyak orang buatlah yang memiliki SEO tinggi.

Anda bisa membuat konten sendiri untuk mengisi blog atau bisa juga dengan menggunakan jasa penulisan SEO yang ada. Membuat isi atau konten untuk blog yang menarik dan bisa tampil di urutan atas dari hasil pencarian akan membantu membuka peluang produk atau jasa yang Anda tawarkan lebih dilihat dan menarik perhatian orang.

Sedangkan menurut penelitian yang pernah dilakukan mendapatkan hasil bahwa mereka yang tinggal di Amerika Serikat setidaknya menonton atau melihat setidaknya 1 video setiap bulannya.

Dan frekuensi tersebut akan jauh lebih banyak pada kalangan anak muda. Dengan begitu memasang iklan pada channel video juga merupakan cara digital marketing yang cukup efektif. Bentuk lainnya adalah videotron sebagai alat untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa.

Aset Untuk Digital Marketing

Dalam bisnis agar bisa mendatangkan hasil yang optimal hal yang harus kita lakukan adalah memaksimalkan aset digital kita. Pemaksimalan aset digital dilakukan untuk memperkuat branding atas produk milik kita sehingga akan lebih mudah diingat dan tidak mudah dilupakan oleh orang lain. Aset digital yang digunakan untuk pemasaran produk tersebut terdiri dari :

Situs website

Konten dalam blog

Identitas dari produk misalnya seperti logo

Jejak digital, contohnya adalah review atau testimoni dari konsumen

Nah, setelah Anda mengetahui cara atau jalur apa yang bisa ditempuh untuk melakukan digital marketing yang efektif selanjutnya adalah ketahui istilah-istilah penting dalam hal tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan suatu saat Anda akan menemui istilah yang biasa digunakan dalam digital marketing tersebut. Lebih jelasnya baca dalam penjabaran berikut ini.

Tentang Digital Marketer

Definisi dan Tanggung Jawab Digital Marketer

Pelaku atau orang yang melakukan kegiatan digital marketing disebut dengan istilah digital marketer. Mereka memiliki tugas dan harus bertanggungjawab atas beberapa hal antara lain :

Membangun brand awarness pada konsumen sehingga produk akan selalu diingat oleh konsumen.

Membuat lead generation yaitu mengumpulkan data-data konsumen dengan memakai media yang gratis ataupun yang berbayar yang dimiliki. Yang termasuk di dalamnya adalah situs web, media sosial, email, iklan dan sejenisnya.

Membuat dan menyusun langkah kerja yang harus dilakukan untuk digital marketing.

Mengelola dan mengurus segala hal yang berkaitan dengan SEO seperti memantau traffic pada situs atau blog yang dimiliki.

Jabatan atau Peran Dalam Digital Marketing

Meskipun bisnis dilakukan secara online tetap ada peranan atau “jabatan” yang tertentu yang tujuannya agar semua tugas bisa dilakukan secara terencana sehingga hasilnya akan lebih bagus. Beberapa jabatan atau peranan yang biasa disandang oleh digital marketer antara lain adalah :

Manager SEO bertugas untuk memastikan bahwa konten yang dimiliki akan selalu mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian Google. Tugas lainnya adalah berusaha bagaimana caranya agar web, situs, blog atau video mereka selalu bisa naik peringkatnya.

Spesialis Pembuat Konten Marketing yang memiliki tanggung jawab untuk membuat konten atau bahan promo digital berupa tulisan, gambar ataupun video yang mampu menarik banyak orang. Konten bisa berupa Dia juga bertugas untuk melakukan pengaturan terhadap traffic media promo digital seperti blog dan yang lainnya.

Social Media Manager tugasnya cukup sederhana yaitu melakukan posting di media sosial yang dimiliki. Dia jugalah yang bertanggungjawab untuk membuat strategi digital marketing di media sosial yang efektif.

Koordinator Otomasi Marketing yang bertugas untuk melakukan pemilihan dan pengelolaan terhadap perangkat lunak atau software yang akan digunakan untuk mengukur dan memantau bagaimana kecenderungan perilaku pada calon konsumen.

Jika dilihat sekilas memang untuk bisa melakukan digital marketing atau menjadi digital marketer yang handal memerlukan proses dan waktu. Learning by doing, practise makes perfect begitu istilah yang mungkin bisa digunakan. Memang harus dilakukan bertahap sambil belajar sehingga lama kelamaan akan mengetahui bagaimana digital marketing yang efektif dan menguntungkan bagi bisnis Anda.

Lalu apakah strategi digital marketing tersebut akan bisa efektif dan berhasil dilakukan pada semua jenis usaha atau bisnis? Sebenarnya semua kembali kepada cara penerapannya karena masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Untuk lebih jelasnya simak pemaparan di bawah ini.

Jenis Bisnis yang Menggunakan Strategi Digital Marketing

Business to Business (B2B)

Jenis usaha yang memakai model B2B atau bisnis to bisnis maka penggunaan strategi digital marketing atau pemasaran online difokuskan pada usaha untuk pengumpulan data konsumen (lead generation).

Sehingga karena tujuannya adalah untuk pemetaan calon konsumen maka dibutuhkan strategi marketing yang bisa menarik agar bisa mendatangkan konsumen yang potensial bagi bisnis Anda ini. Penerapan sistem digital marketing untuk jenis usaha B2B ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial khusus bisnis seperti Linkedin misalnya.

Apakah itu yang dimaksud dengan jenis usaha B2B ini? Yaitu kegiatan bisnis yang dilakukan oleh 2 pihak yang sama-sama menjadi pelaku usaha. Transaksi yang dilakukan adalah dengan cara elektronik berupa pertukaran dokumen bisnis antara perusahaan menggunakan sebuah aplikasi melalui komputer dengan format Electronic Data Interchange (EDI).

Business to Costumer (B2C)

Konsep digital marketing akan berbeda lagi strategi dan penerapannya jika model usaha Anda adalah bisnis ke konsumen atau business to customer (B2C). Perbedaan yang mencolok antara jenis usaha B2B dan B2C adalah tujuannya. Jika pada B2B fokusnya pada pengumpulan data konsumen (lead generation) maka pada B2C tidak 100% menitikberatkan pada hal tersebut.

Jenis usaha B2C lebih berfokus kepada membuat sebuah perjalanan yang menarik bagi calon pembeli atau konsumen (customer journey) yang telah mengunjungi web, blog, media sosial dan media pemasaran online milik perusahaan yang lainnya. Ini semacam memberikan kesan yang menyenangkan sejak konsumen masuk ke web sampai mereka melakukan transaksi pembelian.

Dalam jenis bisnis B2C ini Anda tidak memerlukan seorang perantara atau sales untuk menjual produk pada pembeli atau konsumen. Yang Anda butuhkan hanyalah konten digital marketing yang menarik dan kemudian melakukan call to action (CTA) atau ajakan untuk membeli atau menggunakan produk Anda kepada calon konsumen.

Secara mudahnya bisnis ini adalah jenis usaha dimana konsumen langsung berinteraksi dengan konsumen dengan memakai media elektronik. Contoh media digital yang biasa dan bisa digunakan misalnya adalah Instagram (IG).

Pemesanan atau pembelian oleh konsumen kepada pembeli dalam model bisnis B2C ini dilakukan secara langsung. Biasanya para penjual atau pelaku usaha sudah memberikan atau mencantumkan harga dari barang atau jasa yang dijual tersebut.

Sedangkan untuk transaksinya dilakukan dengan metode electronic cash atau pembayaran elektronik seperti transfer bank. Bisa juga memakai metode secure payment system seperti gateaway.

Terakhir adalah bagaimana membuat konten yang bagus sebagai sarana untuk melakukan digital marketing yang efektif dan mampu mendatangkan banyak konsumen bagi bisnis Anda. Tidak  bisa dipungkiri bahwa konten merupakan “nyawa” bagi pemasaran secara digital yang Anda lakukan. Orang tidak akan berminat pada konten yang mereka anggap hanya “sampah” saja.

Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membuat Konten

Lakukan Pemetaan

Tujuan dari pemetaan ini adalah sebagai berikut :

Memahami karakteristik calon konsumen sehingga bisa mengetahui metode pemasaran yang cocok untuk dilakukan.

Memperkirakan seberapa potensi orang untuk membeli atau melihat posisi calon konsumen pada customer journey.

Membuat Jenis Konten yang Sesuai

Setelah melakukan pemetaan maka saatnya menentukan dan membuat jenis konten pemasaran digital yang sesuai dengan karakter dan segmen calon konsumen. Mulailah dengan membuat profil atas target atau segmen konsumen yang ingin diraih.

Ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan template gratisan jadi tidak membutuhkan biaya. Setelah itu temukan apa yang menjadi keinginan dari konsumen Anda. Dengan begitu maka konsumen akan dibuat senang dan tertarik dengan promo digital milik Anda.