Just another LandingpageID site

Apa Itu Digital Marketing

Digital Marketing. Istilah ini menjadi sangat menarik, bukan hanya karena kedengaran cukup keren ketika diucapkan tapi juga karena istilah ini memberikan pengaruh yang besar terhadap bisnis anda.

Sudah cukup  banyak orang yang membicarakan hal ini, tapi beberapa diantaranya masih sedikit bingung mengenai apa sebenarnya yang dimaksud Digital Marketing.

Nah Panduan Digital Marketing ini akan membantu anda memahaminya secara lebih mendalam. Tak hanya pengertiannya saja, tapi juga seluk beluk mengenai digital marketing yang perlu anda ketahui.

Sebagian dari anda mungkin sudah pernah mencari dan menemukan pengertian digital marketing yang diberikan oleh wikipedia

Digital Marketing adalah segala bentuk pemasaran yang melibatkan perangkat digital

Pada artikel berjudul Apa itu Digital marketing ini kita akan membahas tak hanya pengertian Digital marketing tetapi juga banyak hal terkait tema tersebut. Karena digital marketing ini merupakan bahasan yang sangat luas, maka kita tidak dapat memahaminya dari satu sisi saja.

 

Jadi silahkan siapkan dirimu, karena bahasan ini mungkin akan jadi sangat panjang namun lengkap dan terperinci sehingga dapat dengan mudah dimahami. Mari kita mulai dari pengertian Digital marketing.

Asal Muasal Digital Marketing

Jika kita ingin membahas tentang Apa itu Digital marketing atau pengertian Digital marketing, maka hal pertama yang harus kita sadari adalah asal muasal istilah tersebut. Istilah Digital marketing bukan dari Indonesia. Oleh karena itu untuk mendapatkan pengertian yang tepat mari kita coba merujuk kepada sumber dari luar.

Merujuk kepada Wikipedia, Istilah pemasaran digital pertama kali digunakan pada tahun 1990an. Tapi jika kita tarik lagi ke belakang maka praktek Digital marketing telah dilakukan oleh SoftAd Group, sekarang ChannelNet sejak pertengahan tahun 1980-an. Mereka menerima kiriman kartu balasan pembaca yang mereka cetak pada majalah Mereka kemudian sebagai balasan dari kartu tersebut mereka akan menerima floppy disk yang berisi konten promosi seputar mobil dan test drive gratis. Itulah praktek Digital marketing pertama yang tercatat dalam sejarah.

Pengertian Digital Marketing Dari Berbagai Sumber

pengertian digital marketing menurut wikipedia

Pengertian Digital Marketing Menurut Wikipedia

Masih dari sumber yang sama yaitu wikipedia, menjelaskan bahwa digital marketing  atau pemasaran digital adalah  istilah umum untuk pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama Internet,  tetapi tidak terbatas pada internet saja. Digital marketing juga mencakup ponsel, display advertising, dan media digital lainnya.

Pengertian Digital Marketing Menurut Hubspot

Digital marketing is an umbrella term for all of your online marketing efforts. Businesses leverage digital channels such as Google search, social media, email, and their websites to connect with their current and prospective customers.

Jika melihat pengertian digital marketing menurut hubspot, maka pemasaran digital dapat diartikan sebagai istilah umum untuk semua upaya pemasaran online. Dan itu mencakup semua yang memanfaatkan saluran digital seperti penelusuran Google, media sosial, email, dan situs web untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan.