Apa Itu Brand Identity? Pengertian Identitas Merek

Apa itu brand identity? Istilah brand pasti sudah diketahui oleh sebagian besar orang, namun bagaimana dengan brand identity? Ternyata, sebagian besar orang masih mengira bahwa brand identity atau identitak merek berkaitan dengan logo perusahaan atau logo produk.

Pada kenyataannya, brand identity memilki peran yang lebih penting dari itu. Adanya brand identity bisa membentuk persepsi konsumen agar tertarik terhadap produk yang Anda jual.

Sebelumnya kita membahas cera mendetil mengenai pengertian merek atau brand. Nah pada kersempatan kali ini kita akan membahas lebih detil mengenai identitas merek.

Brand identity merupakan segala macam elemen yang ada di dalam sebuah brand itu sendiri dan membangunnya menjadi brand yang besar. Beberapa di antaranya yaitu penyampaian karakter dan nilai sebuah produk agar semakin dikenal oleh konsumen.

Pengenalan produk tersebut bisa melalui aspek warna, gambar, simbol, dan lain sebagainya. Itulah mengapa brand identity sering dikenal sebagai logo perusahaan.

Apa Itu Brand Identity?

Menurut thebalancesmb.com, pengertian brand identity adalah sebagai berikut :

Identitas merek adalah kumpulan semua elemen yang dibuat perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya.

Identitas merek berbeda dari “citra merek” dan “branding,” namun istilah ini kadang-kadang disalahgunakan.

Manfaat Brand Identity

Mengingat begitu pentingnya brand identity yang kuat bagi sebuah perusahaan, Anda harus bisa membangun karakter yang kuat secara terus-menerus. Nah, berikut ini manfaat yang akan Anda peroleh jika berhasil membentuk brand identity yang kuat, antara lain:

  1. Kepercayaan dari Distributor

Dengan adanya brand identity yang kuat, masyarakat akan semakin percaya dengan produk dari brand perusahaan Anda. Hal ini juga berpengaruh pada kepercayan distributor dalam menyalurkan produk atau jasa yang Anda jual. Dengan begitu, masalah distribusi produk/jasa bisa lebih lancar dan lebih mudah sampai di masyarakat.

  1. Kepercayaan dan Kesetiaan Konsumen

Jika masyarakat sudah mengenal dan mengingat brand Anda, bahkan sudah pernah menggunakan dan merasakan manfaatnya, maka konsumen akan menaruh kepercayaan. Dengan adanya kepercayaan, konsumen akan setia menggunakan produk tersebut, terlebih lagi dibarengi dengan adanya peningkatan kualitas produk.

  1. Mendapatkan Referensi Profesional

Selain itu, anda juga akan mendapatkan referensi profesional terkait dengan review produk yang Anda jual. Dengan adanya brand identity yang kuat, Anda bisa dengan mudah mendapatkan referensi dari profesional. Adanya review atau referensi tersebut bisa menarik konsumen untuk mengenal dan membeli produk Anda. Setelah itu, jika produk sangat membantu dan bermanfaat, konsumen akan membeli kembali.

Nah, berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun atau membentuk brand identity, antara lain:

Faktor yang Mempengaruhi Brand Identity

  1. Jangan Terlalu Berkutat dengan Nama

Nama, logo dan elemen kecil lainnya memang sangat penting dalam membangun branding design sebuah brand atau merek. Namun, jangan terlalu berkutat dengan nama dan mengabaikan hal lain yang sebenarnya lebih penting. Sebelum membuat brainstorming tentang nama dan logo perusahaan, sebaiknya Anda memikirkan strategi pemasaran terlebih dahulu karena banyak yang perlu dipertimbangkan.

  1. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar adalah langkah utama dan yang paling penting dalam membangun sebuah brand. Hal ini karena kondisi pasar lah yang akan menentukan sebuah brand mampu bertahan atau tidak. Pastikan Anda tidak salah menentukan target pasar untuk penjualan dan pemasaran produk yang Anda jual. Setelah itu, Anda juga bisa mengumpulkan survey untuk mencari tahu pola pikir atau keinginan pasar.

  1. Fokus dan Jangan Berpatokan pada Kompetitor

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor dengan produk penjualan atau target pasar yang sama, Anda pun bisa menjadikan kompetitor sebagai acuan. Namun, jangan terlalu terpaku atau berpatokan dengan apa yang dilakukan oleh kompetitor dan berusahan menyainginya. Daripada berlomba-lomba melakukan satu hal yang sama, lebih baik Anda fokus dan memikirkan cara lain untuk menarik perhatian konsumen.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membangun dan mempertahankan brand identity pada sebuah perusahaan. Pelaku bisnis harus selalu fokus untuk memperhatikan dan mempertahankan brand identity akan tetap mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan konsumen.

Semoga artikel mengenai apa itu brand indentity bermanfaat ya.

Leave a Comment