Apa Itu Blogger? Cara Menjadi Blogger

apa itu blogger

Apa itu blog? Apa itu blogger? Di zaman yang serba teknologi ini tentu semua orang sudah mengenal istilah blog atau blogger. Apa sih sebenarnya blog atau blogger itu?

Banyak yang mengatakan bahwa berkecimpung di bidang blog atau blogger itu seperti bisnis yang menghasilkan uang. Atau beberapa juga bilang bisa membawa ketenaran. Keduanya memang benar, bermain blog atau menjadi blogger bisa menghasilkan uang dan membuat seseorang jadi terkenal. Yuk, bahas lebih detail mengenai blog dan blogger.

Apa Itu Blog?

Blog adalah suatu halaman atau platform atau media yang digunakan untuk menulis apa saja di Internet.

Jebih jauh mengenai pengertian blog, dan bagaimana blog bisa menghasilkan uang, silakan baca artikel berikut.

Apa Itu Blogger?

Sedangkan jika kita merujuk kepada kamus Oxford maka blogger dapat difinisikan sebagai :

Blogger adalah seseorang yang secara teratur menulis untuk blog.

Blog memang banyak diminati baik dari kalangan remaja hingga dewasa bahkan orang tua. Blogger memiliki latar belakang yang sama yaitu suka menulis dan berbagi tulisan mereka dengan memanfaatkan internet.

Apa Itu Blogger.com?

Blogger.com adalah layanan pembuatan blog gratis yang dimiliki oleh Google. Blogger.com pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs, kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003.

Penyedia Layanan Blog Gratis

Berikut ini beberapa penyedia layanan blog gratis yang bisa anda gunakan

  1. tumblr.com
  2. blogger.com
  3. medium.com
  4. WordPress.com

Cara Menjadi Blogger

Menjadi blogger yang baik berarti harus konsisten menulis. Dengan begitu, blog akan dikunjungi oleh banyak user/pengguna Internet. Selain itu, blog juga bisa jadi ladang bisnis untuk menghasilkan uang dan menjadi terkenal. Lalu bagaimana cara menjadi blogger terkenal dan banyak menghasilkan uang? Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjadi blogger sukses, antara lain: 

  1. Buatlah Blog untuk Tujuan yang Baik

Jika ingin menjadi blogger, perlengkapan utama yang perlu disiapkan adalah membuat blog. Caranya cukup mudah dan tidak perlu modal uang, karena membuat blog di internet 100% gratis. Penyedia blog gratis yang banyak diminati oleh blogger khususnya pemula yaitu blogger.com dan wordpress.com.

Selanjutnya, rutin lah menulis untuk membangun blog sehingga menjadi besar dan dikenal banyak orang. Yang terpenting isilah blog tersebut dengan tulisan yang baik dan memberi manfaat bagi pembaca. Karena berbuat baik akan menghasilkan kebaikan juga.

  1. Tentukan Tema Blog

Blogger yang sukses dan terkenal biasanya menggeluti bidang atau tema tertentu. Tema blog memang seharusnya memiliki konsep sehingga pengunjung blog juga satu komunitas dan tidak melebar ke mana-mana. Lagi pula jika temanya terlalu luas, isi blog juga setengah-setengah. Lebih baik fokus saja dengan satu tema dan kembangkan tulisan-tulisan kreatif.

Tema blog yang bisa dijadikan contoh seperti berikut ini:

    • Teknologi dan internet; tutorial android/komputer; tips dan trik media sosial Facebook/Instagram/Twitter/dan lainnya
    • Otomotif; jual beli aksesoris mobil dan lainnya
    • Kuliner dan makanan khas; Wisata lokal maupun interlokal bahkan internasional
    • Desain grafis; desain arsitektur, interior, eksterior, exhibition, dan lainnya
    • Kecantikan, produk dan aksesoris kecantikan
    • Pertanian, perhutanan, ilmu tanaman/tumbuhan
    • Kesehatan, obat-obatan, peralatan kesehatan
    • Dan lain sebagainya
  1. Blogger Harus Suka Menulis

Namanya juga blog, isinya tulisan atau artikel, jadi harus suka menulis agar lebih menjiwai profesinya sebagai blogger. Namun, saat ini dunia blog dan blogger sudah berkembang pesat. Banyak juga yang memanfaatkan blog sebagai sarana berdagang atau media promosi dan lain sebagainya. Banyak juga yang membangun blog dengan tim, sehingga bisa diatur juga siapa pemilik blog, penulis, editor, dan lainnya.

  1. Blogger Harus Konsisten

Satu hal yang membuat blog akan disukai pengunjung yaitu blog yang konsisten. Sebagai blogger yang bertanggung jawab, menulis atau mengisi blog haruslah konsisten. Konsisten dalam pengertian waktu dan tema. Konsisten waktu artinya blogger harus menulis rutin misalnya setiap hari, seminggu sekali atau dua kali, sebulan sekali, dan lainnya. Sebenarnya bebas tetapi jika rutin atau terjadwal maka akan jadi kebiasaan baik juga.

Sedangkan konsisten tema artinya menulis sesuai dengan tema utama dalam blog, tidak terlalu menyebar luas ke tema lain. Biasanya jika pengunjung suka dengan tema tulisan, maka ia akan mengunjungi blog dan mencari lebih banyak tulisan dengan tema yang sama. Itulah mengapa tema blog juga harus konsisten, agar pengunjung betah dan berlama-lama di blog Anda.

  1. Kembangkan Blog Untuk Menghasilkan Uang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bermain blog atau menjadi blogger bisa jadi terkenal bahkan menghasilkan uang. Berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan blog sehingga dapat menghasilkan uang, antara lain:

    • Menampilkan iklan di Blog
    • Menjual produk/barang
    • Menjual jasa lewat Blog
    • Membuat buku dari tulisan Blog

Jenis-Jenis Blog

Nah, itulah pengertian dan penjelasan singkat mengenai apa itu blog dan blogger serta apa saja yang diperlukan untuk menjadi blogger sukses. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.